Tips Liburan ala Backpacker ke Bali yang Wajib Kalian Lakukan - Backpacker ke Bali - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Bali merupakan salah satu tempat wisata paling populer bahkan hingga sampai ke tingkat dunia. Maka tak heran jika Bali selalu menjadi salah satu destinasi favorit untuk wisata baik wisatawan mancanegara maupun domestik. Kalian juga bisa berlibur ala backpacker ke Bali untuk menghemat budget liburan.

Tips Liburan Hemat Ala Backpacker

Siapa bilang liburan ke Bali itu mahal? Jika ingin menghemat biaya atau budget untuk liburan ke salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia ini maka kalian bisa berlibur ala backpacker. Bahkan kalian bisa menghemat biaya backpacker ke Bali hingga tidak sampai 1 jutaan. Apa saja tipsnya?

1. Cari Tiket Promo 

Berlibur menggunakan pesawat terbang notabene memang lebih mahal. Bahkan untuk tiket pulang pergi saja kalian bisa menghabiskan hampir 1 juta atau lebih tergantung dari mana destinasi keberangkatan.

Namun, tak perlu khawatir lagi karena beberapa agen travel menawarkan promo tiket pesawat terbang dengan harga yang lebih murah. Tiket yang tadinya harganya bisa sampai ratusan ribu untuk sekali berangkat bahkan bisa berkurang hingga Rp100.000,00 atau jika beruntung gratis.

Tips wajib buat kalian yang ingin liburan ala backpacker yang ingin menghemat biaya untuk ke Bali adalah dengan pintar-pintar mencari tiket gratis atau murah. Karena tiket seperti ini biasanya harus di-booking jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Bagaimana cara mendapatkan tiket promo? Kalian bisa berlangganan newsletter melalui email dari agen travel wisata, maskapai penerbangan, atau penyedia layanan pemesanan tiket.

Tujuannya agar kalian tidak ketinggalan berita berita atau informasi jika ada tiket promo yang mereka tawarkan. Bisa juga dengan mengikuti website atau media sosial mereka untuk update informasi setiap harinya.

2. Gunakan Transportasi Darat

Jika kalian berasal dari daerah luar Pulau Jawa misalnya Sumatera, Kalimantan, atau Sulawesi tentu akan sulit jika menggunakan transportasi darat dan laut. Karena pastinya itu akan memakan waktu yang lama.

Namun, jika kalian masih tinggal di Pulau Jawa maka opsi ini bisa menjadi pilihan karena biaya yang harus dikeluarkan cenderung lebih murah. Apalagi jika membandingkannya dengan harga tiket pesawat.

Kalian bisa menggunakan kereta atau bis dari daerah tempat tinggal menuju Banyuwangi. Harganya bervariasi tergantung dari dari mana kalian berasal. Ada yang di bawah Rp100.000,00 atau lebih tapi tiket untuk bis dan kereta tidak akan lebih dari satu juta.

Destinasi pertama saat menggunakan transportasi laut untuk penyeberangan ke Bali adalah Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Jaraknya kurang lebih 50 km dari pelabuhan di Bali yakni Gilimanuk dan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.

3. Gunakan Kapal Feri

Kapal feri dengan rute Banyuwangi Bali termasuk yang sangat sibuk dan selalu ada keberangkatan setiap 30 menit sekali. Harga tiket kapal ferry pun sangat terjangkau. Jika kalian tidak membawa kendaraan, maka cukup membayar Rp8.500,00 untuk dewasa dan Rp2.200,00 untuk anak-anak.

Namun, jika membawa kendaraan pribadi seperti sepeda maka harus membayar Rp9.000,00. Sedangkan untuk sepeda motor Rp27.000,00 hingga Rp39.000,00 untuk kendaraan yang tipenya lebih dari 500 cc. Harga akan semakin mahal jika membawa mobil pribadi yakni Rp182.500,00.

Tentu akan lebih murah lagi jika kalian berangkat bersama teman-teman dari tempat keberangkatan menuju Bali menggunakan mobil pribadi. Karena nanti kalian bisa share cost untuk biaya bensin masuk tol dan masuk ke kapal feri.

Saat sampai di tempat tujuan Bali, kalian juga tidak perlu repot-repot lagi untuk menyewa kendaraan karena sudah membawa mobil sendiri. Namun, jika hanya datang sendiri maka lebih baik membawa sepeda motor atau menggunakan kereta.

Hal ini karena jika membawa mobil pribadi jatuhnya bisa lebih mahal. Semakin banyak teman yang diajak untuk share cost, maka semakin murah biaya selama liburan ke Bali.

4. Cari Penginapan Murah

Bali merupakan surganya para wisatawan, jadi mencari penginapan di sini bukan hal yang sulit. Kalian bisa memilih untuk menginap di tempat penginapan mulai dari yang murah hingga paling mahal sekalipun dengan konsep private villa.

Namun, jika ingin menghemat budget tentu saja menginap di private villa bukanlah pilihan yang tepat karena yang ada biayanya akan semakin mahal. Pilihlah tempat penginapan yang murah sekaligus dekat dengan tempat wisata yang akan kalian kunjungi.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan budget transportasi untuk menuju tempat wisata yang ingin kalian kunjungi. Resort dan hotel memang bakal banyak kalian temui di sepanjang Pantai Kuta dan Legian yang terkenal di seantero dunia.

Namun, tak perlu khawatir karena meskipun tempat ini termasuk mahal untuk berwisata kalian masih bisa menemukan tempat penginapan yang murah. Contohnya seperti losmen dengan tarif yang hanya 100 ribuan per malamnya.

Kalian harus menelusuri gang-gang yang ada di sekitar tempat tersebut. Tentu akan lebih murah lagi jika datang bersama teman sehingga bisa share cost.

5. Cari Tempat Wisata Gratis

Beberapa tempat wisata di Bali memang ada yang mengharuskan wisatawan untuk membayar biaya tiket mahal yang mahal. Namun, faktanya masih banyak tempat-tempat wisata lainnya di Bali yang menyediakan destinasi gratis tanpa biaya.

Kalian bisa mengunjungi pantai-pantai di Bali seperti Seminyak, Kuta, Sanur dan lainnya. Meskipun gratis, pantai ini tidak kalah menyuguhkan pemandangan sunset yang begitu indah sehingga banyak orang yang meminati tempat tersebut.

Kalian hanya cukup membayar biaya parkir saja jika membawa kendaraan sendiri. Namun, jika tidak maka tidak ada biaya tambahan lainnya kecuali untuk biaya makan di sekitar tempat wisata.

6. Sewa Motor

Jika hanya datang sendiri atau berdua dan tidak ada kendaraan di sana maka akan lebih baik jika menyewa sepeda motor saja. Apalagi jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Karena selain ribet tentu kalian tidak bisa bebas mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan. Kalaupun ingin maka harus membayar biaya lebih lagi. Biaya sewa motor ada di yang ada di Bali berkisar antara Rp50.000,00 hingga Rp75.000,00.

Super Seru! Ini Dia 14 Tips Buat Kalian Yang ingin Liburan Backpacker ke Bali- Backpacker ke Bali - Candi
Super Seru! Ini Dia 14 Tips Buat Kalian Yang ingin Liburan Backpacker ke Bali – Backpacker ke Bali – Candi

Biasanya para wisatawan yang menyewa kendaraan harus meninggalkan identitas sebagai jaminannya. Tentu saja dengan biaya sewa yang murah itu akan lebih hemat lagi jika bisa sharing cost dengan teman lainnya.

Kalian juga bisa lebih bebas menggunakan kendaraan tersebut untuk berkeliling Bali sepuasnya. Cukup siapkan budget untuk bensin saja.

7. Sewa Mobil 

Opsi dari menyewa mobil ini sangat direkomendasikan bagi Anda kalian yang berlibur backpacker ke Bali bersama teman atau setidaknya lebih dari dua orang. Tujuannya agar bisa menghemat budget.

Biaya sewa untuk mobil di Bali biasanya tergantung dari jenis mobil yang dipilih dan akan lepas kunci atau menggunakan sopir. Satu mobil bisa kalian sewa dengan harga mulai dari Rp200.000,00 hingga Rp500.000,00 per 24 jam.

Jika kalian ada yang bisa menyetir sendiri maka lepas kunci adalah opsi terbaik untuk bisa menghemat budget transportasi backpacker di Bali. Sehingga kalian pun bisa lebih bebas untuk explore Bali ke berbagai tempat menarik dan tidak hanya terpaku di Kuta atau tempat-tempat yang sudah populer lainnya.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya sewa dan bensin selama perjalanan bisa sharing cost bersama teman-teman yang lain agar lebih hemat. Tentunya kalian juga bisa lebih nyaman ketika bisa membawa kendaraan sendiri meskipun itu menyewa dibandingkan dengan naik transportasi umum.

8. Cari Tempat Makan Murah

Jangan bandingkan harga makanan yang ada di restoran mahal atau hotel dengan makanan yang ada di warteg. Tentu saja harganya berbeda jauh. Maka jika ingin menghemat biaya ala backpacker saat berlibur ke Bali pilihlah makanan yang ada di pinggir jalan seperti warteg karena akan jauh lebih hemat.

Jika makan di restoran mahal, maka kalian harus mengeluarkan biaya hingga ratusan ribu untuk sekali makan. Sedangkan di warteg hanya cukup merogoh kocek mulai dari Rp10.000,00 hingga belasan ribu itu pun menunya bisa beragam dan bisa memilih sesuai dengan selera kalian.

9. Bawa Bekal Sendiri

Makan di warteg mungkin memang lebih menghemat daripada makan di restoran mahal atau kafe. Namun, ada cara yang lebih hemat lagi yang bisa kalian lakukan. Cara tersebut adalah dengan membawa bekal dari rumah.

Jika sudah tinggal sendiri maka bisa memasaK sendiri atau bisa meminta orang tua untuk memasarkannya. Selain itu, kalian juga bisa membeli makanan yang awet dan tahan lama di pasar atau swalayan.

Bawalah makanan yang sekiranya bisa tahan lama lebih dari 1 hari atau bahkan seminggu. Contohnya seperti abon, tempe kering, rendang, dan lain sebagainya. Bahkan jika perlu bisa juga membawa rice cooker untuk memasak nasi dan kompor portable serta alat-alat masak yang memungkinkan untuk kalian bawa.

Mungkin ini sangat memungkinkan jika kalian membawa mobil pribadi sendiri. Namun, jika naik kendaraan umum tentu saja Ini sedikit lebih merepotkan. Kalian juga bisa membawa bahan makanan yang sekiranya bisa dimasak seperti telor, mie instan, dan lainnya.

10. Hospitality Dengan Kenalan 

Saat ini sudah banyak sekali situs-situs yang mempertemukan para pelancong dengan penduduk asli yang tinggal di tempat wisata tujuan. Contohnya seperti couchsurfing. Dengan memanfaatkan platform ini maka kalian bisa menemukan seseorang yang mungkin bisa membantu untuk hospitality.

Biasanya mereka akan memberikan penginapan secara gratis tanpa biaya. Tentu saja ini akan lebih menghemat budget. Namun, pastikan untuk membaca review positif dari orang yang nantinya kalian pilih untuk menampung selama berada di daerah mereka.

Mereka tidak akan memberikan tarif untuk menginap. Namun, biasanya seperti ada timbal balik ketika mereka datang ke tempat kalian maka kalian yang akan memberi hospitality dengan sebaik mungkin.

Cara ini tentu saja sangat menghemat budget penginapan apalagi jika kalian liburan hingga berhari-hari di Bali. Maka carilah kenalan baik secara online maupun offline di tempat tujuan yang memiliki kesamaan suka berlibur ala backpacker.

Sehingga mereka memahami bagaimana kondisi kalian. Biasanya sudah ada komunitas-komunitas tertentu yang bisa untuk kalian bergabung di dalamnya agar bisa saling mengenal satu sama lain demi meningkatkan kepercayaan.

11. Buat Rencana Perjalanan Secara Detail 

Hal ini sangat penting untuk kalian lakukan sebelum melakukan perjalanan demi menghindari over budget selama liburan ke Bali. Dengan membuat rencana perjalanan secara detail, maka kalian bisa memutuskan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi.

Mulai dari detail jadwal perjalanan hingga berapa besar biaya yang harus kalian selama berlibur. Detail rencana perjalanan ini sering disebut dengan istilah itinerary.

Super Seru! Ini Dia 14 Tips Buat Kalian Yang ingin Liburan Backpacker ke Bali - Backpacker ke Bali - Candi
Super Seru! Ini Dia 14 Tips Buat Kalian Yang ingin Liburan Backpacker ke Bali – Backpacker ke Bali – Candi

Terkadang memang travelling secara dadakan atau spontan memang menyenangkan dan seru, namun itu juga berisiko. Karena tanpa perencanaan yang matang maka bisa saja nanti akan over budget dari anggaran yang telah kalian tentukan sebelumnya untuk liburan.

Kalian bisa mulai merencanakan detail perjalanan tersebut dari rute transportasi menuju tempat tujuan wisata Bali ala backpacker yang paling murah. Hingga berapa hari lamanya perjalanan liburan tersebut.

Dengan perencanaan yang matang dan detail maka kalian bisa lebih cerdas dan bijak dalam mengeluarkan biaya selama liburan. Tentu saja sebelum membuat rencana perjalanan kalian harus melakukan riset terlebih dahulu. Baik melalui pengalaman teman atau review di internet.

12. Membeli Paket Perjalanan

Bagi kalian yang ingin simpel dan tidak mau ribet maka membeli paket perjalanan bisa menjadi opsi untuk travelling ala backpacker ke Bali yang lebih hemat. Paket perjalanan tidak selalu identik dengan harga yang mahal, namun terkadang ada juga agen wisata yang menawarkan harga murah untuk paket-paket tertentu.

Bahkan ada juga beberapa destinasi wisata yang sebenarnya jauh lebih murah ketika mengambil paket perjalanan. Apalagi ketika membeli paket perjalanan maka kalian akan bergabung dengan wisatawan lainnya meskipun sebelumnya belum kenal.

Sehingga beberapa biaya seperti transportasi dan penginapan akan sangat lebih hemat lagi. Kalian pun tidak perlu ribet untuk mengatur semua perjalanan dari awal sampai akhir karena semuanya sudah diatur oleh pihak agen wisata tour and travel.

Bahkan biasanya mereka juga sudah menyediakan keseluruhan paket mulai dari tiket masuk wisata transportasi penginapan biaya makan hingga tour guide. Kalian pun tinggal terima jadi.

13. Bijak Dalam Membeli Oleh-oleh

Seringkali mungkin kalian akan kalap ketika mendatangi tempat oleh-oleh hingga ingin memborong semuanya. Namun, tentu saja itu semua akan memakan biaya yang mahal apalagi jika harus membelikan banyak orang.

Tips Liburan ala Backpacker ke Bali yang Wajib Kalian Lakukan - Backpacker ke Bali - Candi
Tips Liburan ala Backpacker ke Bali yang Wajib Kalian Lakukan – Backpacker ke Bali – Candi

Pilihlah souvenir yang sekiranya bisa kalian beli dengan harga terjangkau namun berkesan sehingga bisa diberikan kepada orang lain dan mereka pun akan senang. Contoh souvenir yang direkomendasikan untuk dibeli seperti gantungan kunci, baju, topi, dan benda lainnya yang merupakan atau mencerminkan ciri khas Bali.

Akan jauh lebih menghemat dan kalaupun mau membeli oleh-oleh sebaiknya beli di pasar tradisional yang harganya lebih terjangkau. Hindari tempat souvenir yang terkenal mahal.

14. Mempelajari Bahasa Setempat

Mungkin ini bukan tips yang bisa dipukul rata untuk semua orang, namun beberapa wisatawan ada yang berhasil menerapkan tips ini. Apalagi ketika mereka membeli barang seperti oleh-oleh atau makan.

Sudah menjadi rahasia umum jika notabene harga barang-barang atau makanan di tempat pariwisata biasanya akan jauh lebih mahal. Khususnya ketika penjual tersebut menawarkan kepada wisatawan.

Maka jika kalian bisa mempelajari bahasa setempat di Bali dan memiliki logat yang mirip mungkin akan mengecoh para penjual. Sehingga mereka mengira kalian adalah orang lokal. Bukan tidak mungkin mereka bisa memberikan harga yang lebih murah dibandingkan jika ketika mereka memberikan harga kepada wisatawan.

Tips berlibur ala backpacker ke Bali di atas bisa menjadi opsi buat kalian yang ingin liburan ke Bali dengan harga yang murah dan terjangkau, namun tetap menyenangkan. Jika bingung dan tidak ingin lipat maka membeli paket liburan murah Bali juga bisa menjadi salah satu opsi terbaik yang tidak kalah hebatnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *