Syarat Masuk Bali - Liburan Super aman? Ini 8 Syarat Masuk Bali di Kala Pandemi Versi Candi - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Di masa pandemi seperti ini, apa bisa liburan ke Bali dengan aman?  Apa saja syarat masuk Bali? Di artikel kali ini banyak tips liburan ke Bali yang akan diulas.

Pesona Bali memang tidak pernah ada habisnya. Beberapa orang  yang belum banyak mengeksplor Bali akan beranggapan kalau di Bali hanya ada pantai. 

Benarkah? Kenyataannya, Bali punya banyak tempat wisata saat pandemi spektakuler seperti air terjun, ngarai, gua hingga pura laut yang sayang jika dilewatkan. 

So, simak info selengkapnya hanya di sini.

Syarat Masuk Bali di Masa New Normal

Di era New Normal banyak sekali tempat wisata saat pandemi yang dapat di kunjungi. Hanya saja kalian harus ekstra dalam hal menjaga kebersihan dan mengikuti PSBB Bali  demi kesehatan kalian sendiri. 

Untuk lebih amannya, pastikan kalian melakukan rapid antigen di Bali untuk mendukung protokol kesehatan yang ada. Berikut syarat – syarat masuk Bali yang wajib kalian ketahui.

1. Selalu Patuhi PSBB Bali

Semenjak pandemi, masyarakat sudah mulai dibiasakan untuk melakukan beberapa hal demi mendukung PSBB Bali dan mencegah penularan virus Covid-19. Kebiasaan yang dimaksud berupa protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan serta menjaga jarak. 

Membawa hand sanitizer jadi hal penting selama liburan untuk menjaga tangan tetap bersih. Perlu diperhatikan untuk tidak menyentuh areal wajah jika tidak yakin tangan kalian bersih.

Menjauhi kerumunan mungkin agak sulit dihindari selama liburan. Karena kemungkinan besar kalian akan melalui antrian di bandara, stasiun, atau antrian pembelian tiket masuk objek wisata di Bali. Untuk itu, pastikan jaga jarak aman dengan orang lain selama berada di antrian.

Syarat Masuk Bali - Liburan Super aman? Ini 8 Syarat Masuk Bali di Kala Pandemi Versi Candi - Candi
Syarat Masuk Bali – Candi

Mungkin kalian sudah memperoleh vaksin Covid-19 tapi tindakan tersebut tidak 100% menjamin kalian tidak akan terjangkit virus. Olehnya itu, pemerintah tetap menganjurkan untuk mematuhi PSBB Bali walaupun telah divaksin. 

Selain mencegah penularan, melakukan rapid antigen di Bali diharapkan rantai penularan bisa terputus dan tidak memunculkan sumber penularan baru.

Dengan mematuhi protokol kesehatan menjadi langkah pencegahan terbaik untuk bisa tetap menikmati liburan dengan aman.

2. Pikir Lagi jika Ingin Makan Di Restoran

Sejak virus Corona mewabah, dan PSBB Bali mulai di terapkan. Konsumen yang ingin makan dianjurkan untuk tidak makan di tempat melainkan dibungkus untuk dibawa pulang. Mengapa larangan ini muncul? Hal ini dikarenakan ketika orang makan harus membuka masker. 

Kontak yang terjadi ketika membuka masker bisa memungkinkan terjadinya penularan dan penyebaran virus. Apalagi jika setting kursi makan tidak ada jarak dan jarak antar meja juga terlalu berdekatan. 

Belum lagi jika makan sambil ngobrol, maka virus bisa menular dan menjangkiti siapa saja yang ada di dalam restoran.  Kemungkinan-kemungkinan tersebutlah yang beresiko mampu menyebar virus. 

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa teman ataupun anggota keluarga kalian sehat dan negatif covid-19. Jadi untuk amannya, selama liburan kalian tidak mampir dan makan langsung di restoran. Lebih baik gunakan jasa pesan-antar makanan untuk meminimalisir interaksi dengan orang lain.

Jika ingin ekstra amannya lagi, kalian bisa membawa peralatan makan sendiri dari rumah yang tentunya bisa kalian jamin kebersihannya.

3. Sebaiknya Memilih Aktivitas Liburan di Luar Ruangan

Kasus Covid-19 yang terjadi di Bali masih cukup tinggi. Jika demikian, aktivitas liburan di luar ruangan menjadi pilihan terbaik dan teraman. Kenapa?

Aktivitas indoor selama liburan seperti menonton pertunjukan seni, nongkrong di kafe atau bar atau bermain di taman bermain indoor sangat tidak dianjurkan. Karena sirkulasi udara yang kurang baik di dalam ruangan akan mempermudah penyebaran virus. 

Ruangan dengan ventilasi yang kurang baik ataupun ruangan ber-AC sangat beresiko terjadinya penularan virus. Apalagi virus Covid-19 bertahan hidup lebih lama di ruang tertutup.

Nah, ada baiknya kalau kalian memilih aktivitas outdoor seperti menghabiskan waktu di pantai, berenang, snorkeling, diving, rafting, trekking ke kawasan gunung berapi, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pilihan aktivitas dan destinasi outdoor sangat beragam ketika kalian sudah tiba di Bali. Jadi, kalian tidak bakalan bosan selama menghabiskan waktu liburan.

Kalau kalian tidak ingin kebingungan mau berkunjung kemana selama di Bali, kalian bisa menggunakan paket liburan di Bali yang banyak ditawarkan pihak jasa tour Bali. 

Paket liburan ke Bali 2021 menawarkan banyak pilihan paket liburan untuk keluarga, pasangan, hingga paket untuk rombongan. Pilihan destinasinya juga ada banyak dengan kelengkapan akomodasi dan transportasi yang menjamin liburan kalian anti ribet.

4. Perhatikan Kebersihan Tempat Menginap

Memilih tempat untuk menginap selama liburan di Bali khususnya di masa pandemi harus ekstra jeli. Agar aman, pilihlah penginapan yang menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Dengan mengunjungi website resmi hotel ataupun villa, kalian bisa mengetahui apakah layanan yang ditawarkan dibarengi penerapan protokol kesehatan atau tidak.

Syarat Masuk Bali - Liburan Super aman? Ini 8 Syarat Masuk Bali di Kala Pandemi Versi Candi - Candi
Syarat Masuk Bali – Candi

Tempat penginapan dengan protokol kesehatan akan menerapkan hal-hal berikut:

  • Melakukan tahapan desinfeksi di seluruh kamar hotel, serta seluruh area hotel secara rutin.
  • Memberikan marka social distancing di lift, restoran, ruang meeting, dan areal pertemuan lainnya.
  • Melakukan pengecekan suhu tubuh bagi tamu dan seluruh karyawan hotel
  • Menyediakan area khusus untuk mencuci tangan sebelum memasuki hotel dan di beberapa titik lainnya.
  • Mewajibkan karyawan hotel dan juga tamu untuk memakai masker. Beberapa hotel bahkan mewajibkan pemakaian sarung tangan bagi seluruh karyawan hotel.

5. Pastikan Anda Bisa Tetap Sehat Selama Liburan

Melakukan liburan di masa pandemi memang cukup beresiko tapi dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga tubuh bisa tetap sehat selama liburan akan menjamin liburan kalian tetap menyenangkan. 

Jadi penting untuk memastikan tubuh tetap sehat saat di Bali. Kalian bisa melakukan vaksinasi untuk menurunkan resiko tertular virus Covid-19. 

Jika imunitas tubuh baik dan kebersihan tetap terjaga, kalian bisa tetap aman melakukan berbagai aktivitas liburan. Beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit diantaranya:

  • Selalu jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan serta memakai hand sanitizer. Hindari untuk menyentuh areal sekitar wajah sebelum mencuci tangan.
  • Mengkonsumsi vitamin atau suplemen bisa membuat daya tahan tubuh lebih kuat. 
  • Memperbanyak mengkonsumsi air putih penting kalian lakukan selama liburan. Tubuh yang tetap terhidrasi dengan baik akan memberikan imunitas lebih baik.
  • Menjaga asupan makanan dan minuman saat wisata kuliner perlu kalian lakukan. Ketahui kandungannya dan cek kembali kebersihan makanan atau minuman yang kalian beli untuk menjamin sistem pencernaan tetap dalam kondisi baik. 
  • Jangan biarkan tubuh terlalu lelah karena terlalu memaksakan diri mengeksplor banyak tempat saat liburan. Kalian harus istirahat yang cukup agar tubuh tetap bugar dan sehat.

6. Memilih Transportasi yang Aman

Saat liburan di Bali dan ingin mengunjungi banyak tempat kalian tentunya perlu transportasi. Di masa pandemi seperti ini sebaiknya kalian tidak menggunakan transportasi umum yang memiliki kemungkinan besar terjadinya penyebaran virus. 

Jika kalian berkunjung ke Bali dengan keluarga, kalian bisa memanfaatkan jasa rental mobil atau motor yang dijamin lebih aman. 

Saat ini sudah banyak jasa penyewaan transportasi yang menerapkan protokol kesehatan. Pihak jasa akan menjamin seluruh armada dan sopir dalam keadaan bersih dan sehat. Penyemprotan desinfektan secara rutin pada kendaraan menjadi langkah wajib yang juga pihak penyedia rental lakukan.

Saat menggunakan transportasi, selalu gunakan masker saat di dalam mobil serta hindari untuk melakukan aktivitas makan dan minum selama perjalanan. 

7. Menggunakan Peralatan Pribadi

Penyebaran virus Corona juga mungkin terjadi dengan menyentuh benda mati yang terkontaminasi virus ini. Virus Corona  dapat bertahan hidup di permukaan benda mati dalam hitungan jam hingga hari.

Olehnya itu, kalian perlu melakukan langkah antisipasi dengan selalu menggunakan peralatan pribadi yang lebih terjamin kebersihannya.

Peralatan pribadi seperti handuk, sikat gigi, sabun memang tersedia gratis di tempat penginapan tapi tidak ada yang bisa menjamin kebersihannya. Jadi, baiknya bawalah peralatan mandi, peralatan makan serta peralatan ibadah sendiri ketika hendak bepergian.

8. Melakukan Rapid Antigen di Bali

Tips tambahan buat kalian agar bisa terjamin bebas virus Corona,  ada baiknya untuk melakukan rapid antigen di Bali sebelum dan setelah atau sepulang dari perjalanan liburan. Hal ini sebagai langkah pencegahan resiko menulari keluarga ataupun kerabat sepulangnya ke rumah.

Bagusnya lagi jika kalian melakukan isolasi mandiri beberapa hari sepulangnya dari perjalanan liburan. Jadi, kalian dan keluarga tetap aman, kan!

Syarat Liburan Ke Bali

Pihak Pemprov Bali memberlakukan beberapa syarat bagi wisatawan lokal dan asing yang ingin masuk ke tempat wisata saat pandemi di Bali. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mencegah resiko penyebaran virus. Berikut syarat masuk  Bali terbaru 2021.

  • Jika kalian menggunakan moda pesawat terbang saat menuju Bali. Kalian wajib menunjukkan beberapa dokumen berikut:
  1. Hasil negatif dari uji tes PCR yang harus kalian lakukan paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  2. Hasil negatif rapid test antigen yang terbit paling lambat 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Hasil negatif tes GeNose C19 paling lambat 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Jika kalian menggunakan kendaraan lewat jalur darat dan laut. Maka, wajib membawa keterangan hasil negatif tes PCR atau Rapid Test Antigen yang terbit paling lambat 3 x 24 jam sebelum berangkat.
  • Anak usia di bawah 5 tahun tidak wajib membawa keterangan tes PCR atau tes antigen.
  • Kalian perlu mengisi kartu kewaspadaan sehat atau Health Alert Card (HAC) secara elektronik melalui aplikasi atau bisa juga diperoleh di bandara.

Persyaratan di atas wajib kalian lakukan untuk bisa masuk dan berlibur dengan aman selama PSBB Bali berjalan. Jadi, pastikan kalian melengkapi dokumen yang dibutuhkan, ya!

Tempat Wisata Saat Pandemi dengan Protokol Ketat

Objek wisata yang ada di Bali rata-rata sudah menerapkan protokol kesehatan dan juga menjaga kebersihan kawasan tempat wisata. Berikut beberapa rekomendasi objek wisata dengan proses yang ketat.

Syarat Masuk Bali - Liburan Super aman? Ini 8 Syarat Masuk Bali di Kala Pandemi Versi Candi - Candi
Syarat Masuk Bali – Candi

1. Tanah Lot

Belum ke Bali kalau belum ke Tanah Lot. Salah satu tempat wisata saat pandemi yang menjadi ikon pulau Bali ini tetap bisa kalian kunjungi di masa pandemi. Pihak pengelola sudah menjamin keamanan kawasan wisata dengan menerapkan PSBB Bali.

Kawasan Tanah Lot menjadi kawasan wajib masker. Prosedur cek suhu tubuh dan mencuci tangan juga diwajibkan bagi para pengunjung. Selain itu, pihak pengelola juga membatasi jumlah pengunjung untuk mencegah kerumunan. 

2. Tari Kecak di Pura Uluwatu

Meski sempat dihentikan sementara akibat wabah covid, saat ini pementasan tari kecak khas Bali sudah bisa dinikmati kembali. Hanya saja ada sedikit penyesuaian yang dilakukan pihak pengelola demi keamanan saat menyaksikan pertunjukan tari.

Para penari yang tidak menggunakan topeng sekarang sudah wajib untuk mengenakan masker. Sebelumnya mereka juga melakukan rapid antigen di Bali. Jumlah penari berkurang dengan pengaturan jarak antar penari disesuaikan dengan proses.

Syarat Masuk Bali – Candi

Selain itu terdapat pula  ketentuan jumlah penonton maksimal dan pengunjung harus taat prokes untuk bisa menyaksikan tarian.

3. Pulau Nusa Penida

Tempat wisata saat pandemi yang tak kalah asik adalah Nusa Penida.Kawasan pulau kecil paling indah di Bali yaitu pulau Nusa Penida menjadi salah satu objek wisata yang juga menerapkan PSBB Bali.

Kalian yang ingin mengeksplor dan menjajal wisata alam yang satu ini bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan saat berkunjung kesini.

Di Nusa Penida kalian bisa menikmati keindahan pantai sambil berenang. Tidak hanya itu, tersedia juga aktivitas snorkeling dan diving buat kalian yang ingin mengeksplorasi dunia bawah laut.

Liburan di Nusa Penida bersama keluarga atau pasangan bakal bikin momen liburan kalian tak terlupakan, deh!

Namun jangan lupa untuk melakukan test rapid antigen di Bali terlebih dahulu sebelum menyebrang.

4. Destinasi Wisata Kintamani

Objek wisata recommended yang wajib kamu kunjungi saat di Bali, ada destinasi wisata Kintamani. Di kawasan ini, pengunjung akan dimanjakan dengan wisata alam nan indah dan eksotis. Mulai dari keindahan Danau Batur yang bak lukisan dengan latar gunung Batur.

Ingin berendam air panas? Di kawasan Kintamani ada tempat berendam air panas tepatnya di desa Toya Bungkah. Terdapat pula objek wisata religius yaitu Pura Ulun Danu Batur dan Pura Ulun Danu Beratan. Pokoknya, kalau kesini bakal banyak pengalaman seru dan menyenangkan yang bisa kalian temukan.

5. Garuda Wisnu Kencana

Tempat wisata yang sedang tren karena tampilan bukit kapurnya wajib kalian kunjungi saat di Bali. Garuda Wisnu Kencana (GWK) akhir-akhir banyak menarik minat pengunjung. 

Keindahan bukit kapur yang mempesona dengan patung Garuda Wisnu Kencana yang megah bisa kalian nikmati saat kesini. Tidak sampai disitu, kalian juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan budaya yang tidak akan kalian jumpai di manapun.

Seluruh staff telah mengikuti protokol kesehatan dan juga melakukan rapid antigen di Bali ini.

Puas menikmati kawasan GWK, kalian bisa berburu buah tangan dengan berbelanja di Street Teater. Ada banyak barang unik dan souvenir khas GWK yang bisa kalian bawa pulang.

Nah, kalian sudah tahu kan syarat masuk Bali yang bisa menjamin liburan kalian tetap fun dan tetap aman juga. Jadi, tidak perlu takut untuk travelling ke tempat wisata saat pandemi, ya! Selama kalian selalu menerapkan PSBB Bali dimanapun kalian berada saat di Bali, kemungkinan tertular virus Corona bisa terhindarkan. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Candi (@candi.id.official)


Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *