Wisata

7 Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagikan Artikel Ini:

Tempat wisata alam di Jawa Tengah – Indonesia memiliki berbagai macam jenis destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dijelajahi serta beragam budaya dan sejarah sejarahnya yang masih banyak belum kita ketahui keseluruhannya. Terutama daerah Jawa Tengah. Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Jawa yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.

Jawa Tengah ini memiliki luas sekitar 32.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Jawa Tengah memiliki banyak wisata alam yang tersebar di berbagai penjuru kota dan kabupaten.

Hamparan alam yang masih asri ditambah dengan udara sejuk membuat banyak obyek wisata di Jawa Tengah menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak wisata alam di Semarang yang dapat menyegarkan mata. Objek wisata alam ini bisa Kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan ketika berlibur ke Jawa Tengah. Nah, jika Kamu memang ingin berlibur ke Semarang, berikut tempat wisata alam di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi supaya liburan Kamu lebih berwarna.

Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah

1. Dataran Tinggi Dieng

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by http://asiaadventuretrips.com/

Dataran tinggi Dieng, sebuah tempat yang membuat siapa saja akan betah lama-lama di sana. Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di kawasan Wonosobo. Selain udara yang sejuk, Dieng juga memiliki keindahan alam yang masih terjaga dan lestari. Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

Tidak hanya keindahan alam yang masih terjaga dan lestari, Dataran Tinggi Dieng juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi dan menjadi tempat favorit orang banyak karena di sekitar kawasan Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, ditambah adanya Dieng Culture Festival yang selalu diadakan di tempat ini. Berbagai destinasi objek wisata di Dieng yang dapat dikunjungi, mulai dari candi, pegunungan, kawah, telaga, dan juga danau di tempat ini. Lokasi wisata di Dataran Tinggi Dieng juga tidak terlalu jauh, banyaknya tempat seru dan juga menarik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kawasan wisata Dieng.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by https://fotoceritablog.wordpress.com/

Ada beberapa destinasi wisata di Dieng yang terkenal seperti Puncak Sikunir, Telaga Warna, Candi Dieng, Kawah Sikidang dan Goa Semar Dieng. Harga tiketnya pun bisa di bilang relatif murah dan terjangkau, jadi sangat cocok untuk menjadikan Dieng menjadi salah satu dari objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng memiliki salah satu spot untuk melihat Golden Sunrise Asia. Bagi Kamu yang suka memburu foto sunrise, Kamu bisa pergi ke Puncak Sikunir. Jadi ketika berlibur ke Dataran Tinggi Dieng, pastikan kamu tidak melewatkan sunrise seeking ini ya karena ini adalah salah satu alasan para turis mau rela bersusah payah tracking ke sini.

Baca juga:

Fakta menarik wisata candi Gedong Songo

Tempat Wisata Instagramable Hits Di Bandung

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu berada di Tajuk Salatiga, Jawa Tengah dan merupakan gunung berapi yang terletak di di tiga kabupaten. Lereng sisi sebelah barat berada di wilayah Kabupaten Magelang, lereng sisi sebelah timur berada di wilayah Kabupaten Boyolali dan lereng sisi sebelah utara berada di wilayah Kabupaten Semarang. Gunung Merbabu memiliki ketinggian mencapai 3.145 meter diatas permukaan laut ini menyimpan pesona wisata alam yang menakjubkan sehingga menjadi salah satu tujuan favorit untuk melakukan aktivitas pendakian bagi para pendaki gunung.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by http://www.shorts-trip.com/

Gunung Merbabu memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan yaitu terdapat area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi/MCK, tempat istirahat, dan masih banyak lagi. Bagi Kamu yang ingin mengunjungi objek wisata Merbabu yang berada di Tajuk Salatiga, Kamu dapat mengunjungi tempat tersebut kapan saja karena dibuka selama 24 jam. Harga tiket masuk nya pun terbilang murah. Gunung Merbabu memiiki beberapa fakta menarik yang perlu diketahui, yaitu:

  • Adanya 3 puncak utama yang bisa dijelajahi di Gunung Merbabu, puncak itu adalah Puncak Trianggulasi, Puncak Kenteng Songo, dan Puncak Syarif.
  • Dari ketiga puncak utama, Kamu bisa melihat gunung-gunung tinggi lainnya di Jawa, seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Lawu dan Gunung Selamet.
  • Gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut ini memiliki lima jalur pendakian yaitu jalur Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Swanting dan Selo.
  • Jalur yang paling populer adalah jalur Selo, sehingga lebih ramai dibanding jalur lainnya. Salah satu keunggulan jalur ini adalah pemandangan sabana yang memanjakan mata, apalagi jika sedang musim mekar bunga edelweiss.
  • Dari ketinggian puncak Gunung Merbabu akan terlihat panorama gunung-gunung di Jawa Tengah yang indah dan menakjubkan.
  • Dekat dengan Gunung Merapi yang menjadikan Gunung Merbabu ini bisa dijelajahi melalui jalur yang sama ketika hendak mendaki Gunung Merapi, yaitu melalui Jalur Selo.
  • Keindahan Sunrise di Gunung Merbabu sangat bagus dan mempesona.

Selain fakta menarik tentang Gunung Merbabu ini, ada  juga saran dan tips sebelum menuju ke tempat wisata Gunung Merbabu di Tajuk Salatiga, Jawa Tengah. Kamu perlu mempersiapkan keperluan yang akan dibutuhkan seperti bekal makanan, air minum, serta beberapa barang tambahan seperti kamera, dan bawa juga perlengkapan kesehatan. Siapkanlah fisik dan kendaraan Kamu agar liburan Kamu berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Jaga kondisi diri Kamu dan selalu berhati-hati. Jangan menggunakan rute lain selain rute yang telah diresmikan.

3. Taman Nasional Karimunjawa

Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratannya sekitar 1.500 hektar dan luas perairannya sekitar 110.000 hektar.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by https://wisatatulungagung.com/

Karimunjawa ini dikenal bagus keindahan alamnya dan populer. Destinasi wisata ini memiliki 5 ekosistem sekaligus, seperti terumbu karang, hutan pantai, mangrove, hutan hujan tropis dataran rendah, padang lamun dan rumput laut. Ditempat ini, Kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat mengangumkan mulai dari keindahan terumbu karang, pantai yang bersih dan gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa.

Tidak hanya itu, beberapa pemandangan bukit yang pesonanya juga sangat menakjubkan dan agar dapat melihatnya dengan mengunjungi Bukit Love, Bukit Joko Tuo dan Bukit nyamplungan. Keindahan dari Karimunjawa memang sangat mempesona. Disamping itu, ada beberapa kegiatan yang bisa Kamu lakukan di Karimunjawa, seperti olahraga selam, snorkeling, mandi di pantai dan berjemur, memancing, menaiki glass bottom boat untuk melihat keindahan bawah laut, bermain jetski dan banana boat, dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Karimunjawa juga memiliki daya tarik tersendiri, seperti keasrian alam, dapat menikmati kuliner khas di Alun-alun Karimunjawa, serta banyaknya pilihan penginapan.

4. Baturaden Purwokerto

Baturaden merupakan tempat wisata yang berada di sebelah utara Kota Purwokerto atau lebih tepatnya di lereng gunung selamet. Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan dari lokal maupun luar negeri.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by https://travelspromo.com/

Di kawasan Baturaden terdapat hotel dan vila indah dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang mempesona sehingga membuat para wisatawan betah tinggal di setiap hotel maupun vila yang ada di sini. Ada berbagai destinasi menarik yang ada di Baturaden, seperti:

  • Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh, merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar melalui tujuh pancuran. Untuk menuju kesana perlu berjalan kaki sekitar 2,5 km dari tempat wisata Baturaden, atau menggunakan kendaraan pribadi.
  • Telaga Sunyi, merupakan surga di Purwokerto yang cocok untuk melepaskan penat. Destinasi yang berada sekitar 2,8 km dari tempat wisata baturaden ini menawarkan keindahan yang dibarengi dengan kesunyian.
  • Bumi Perkemahan Wanawisata Baturaden, tempat ini memiliki nuansa kesejukan dan bebas dari segala jenis pencemaran udara. Biasanya, Wanawisata baturaden sering digunakan untuk acara-acara kampus seperti malam keakraban atau acara kegiatan pramuka.
  • Teater Alam Baturaden, merupakan bioskop yang berbentuk seperti pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia yang berdiri di atas tanah seluas 600 meter. Bioskop ini hanya menayangkan film tentang alam dan budaya tanah air Indonesia.

5. Pantai Menganti

Salah satu tempat yang terlintas di kepala adalah ketika membayangkan keindahan pantai dengan perbukitan hijau di sekitarnya. Biasanya kita harus pergi ke luar negeri agar dapat menikmati keindahan pantai tersebut. Namun ternyata Indonesia juga mempuyai panorama seperti itu, yaitu di Pantai Menganti. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by https://www.idntimes.com/

Baturaden merupakan tempat wisata yang berada di sebelah utara Kota Purwokerto atau lebih tepatnya di lereng gunung selamet. Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan dari lokal maupun luar negeri.

Pantai Menganti berjarak sekitar 30 km dari pusat Kecamatan Gombong dengan waktu tempuh kurang-lebih sekitar satu jam. Rute tercepat menuju Pantai Menganti adalah dari Kecamatan Gombong melalui Kecamatan Ayah, kemudian melewati Jalan Pantai Menganti.

Para pengunjung bisa menjamah kawasan yang berada di timur-selatan Pantai Menganti. Panorama yang bisa dilihat dari Ranjung Karangbata memang begitu mempesona. Beberapa spot untuk berfoto juga dibuat oleh pihak pengelola, salah satunya berada di sisi barat daya Tanjung Karangbata yang juga terdapat jembatan berwarna merah yang berdiri di atas batuan karang.

6. Pantai Marina

Pantai Marina menjadi salah satu pilihan destinasi favorit dan sangat terkenal dikalangan banyak orang. Terutama untuk berekreasi dan bersenang-senang menyegarkan hati. Pantai Marina terletak di Semarang, Jawa Tengah. Harga tiketnya untuk memasuki kawasan Pantai Marina cukup murah dan Kamu sudah bisa menikmati pesona Pantai ini dengan segala aktivitas-aktivitas pantainya. Pantai Marina menawarkan banyak hal yang mengasyikkan.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by https://dolanyok.com/

Kebersihannya juga selalu terjaga yang membuat para pengunjung nyaman dan betah berekreasi di sana. Objek wisata Pantai Marina juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang baik, sehingga Kamu tidak perlu khawatir dalam melakukan aktivitas yang menyenangkan pada saat di pantai. Seperti melihat sunset, hunting foto, berenang dan bermain pasir, wisata kuliner ala marina, dan berkeliling dengan kapal.

7. Goa Rong

Goa Rong atau Bukit Rong merupakan tempat wisata paling populer di Tuntang, objek wisata ini menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang dari ketinggian. Goa Rong sendiri berada di ketinggian sekitar 690 meter diatas permukaan laut dan terletak di tengah perkebunan karet. Setiap harinya Goa Rong selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama kalangan anak muda dan para orang tua yang berlibur dengan anak-anaknya.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah
Photo by https://alidesta.wordpress.com/

Selain itu, di Goa Rong Kamu juga dapat melihat indahnya matahari terbit yang terlihat diantara Gunung Merbabu, sehingga Goa rong menjadi salah satu spot favorit di Kabupaten Semarang untuk melihat sunrise dan sunset. Ketika Kamu sudah puas berkeliling, Kamu bisa bersantai di kawasan wisata Goa Rong sudah disediakan banyak gazebo yang bisa Kamu gunakan untuk beristirahat secara gratis.

kesimpulan

Apa saja wisata alam di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan yang indah?

1. Telaga Sunyi Baturaden

2. Dataran Tinggi Dieng

3. Gunung Merbabu

Dimana tempat wisata alam di Jawa Tengah yang bisa melihat Golden Sunrise Asia ?

Di Puncak Sikunir, Dataran Tinggi Dieng

Bagaimana cara agar dapat sampai ke Gunung Merbabu ?

Dengan melewati jalur Selo. Kamu juga dapat melihat pemandangan sabana yang memanjakan mata, apalagi jika sedang musim mekar bunga edelweiss.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close