Kuliner

12 Rekomendasi Kuliner di Jawa Barat

Bagikan Artikel Ini:

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi yang memiliki banyak kuliner unik. Tak jarang traveller jauh-jauh datang hanya untuk mencicipi kuliner di Jawa Barat. Tak sedikit kulinernya legendaris dan menjadi langganan para pesohor tanah air.

Bila Anda sedang berkunjung ke Jawa Barat jangan lupa untuk mencicipi kuliner dibawah ini. Selain dikenal lezat harga untuk kulinernya juga sangat ramah di kantong.

Kuliner Malam Bandung - 12 Rekomendasi Kuliner di Jawa Barat - Candi

1. Pecel Oranye

Pecel orange sudah dikenal sejak 1923 yang didirikan oleh ibu Supinah. Sebelumnya pecel orange pernah berganti nama menjadi pecel Asia saat penjajahan Jepang. Setelah Jepang pergi dari nusantara namanya diubah kembali menjadi pecel orange. Pecel orange dijajakan mulai pukul 09.00-20.00 WIB. pecel orange sendiri terdiri dari kacang panjang, kol, tauge dan aneka sayuran hijau dengan bumbu kacang halus. Untuk dapat menikmatinya Anda bisa datang ke jalan Empang No.27 kota Tasikmalaya. Warung ini memiliki kapasitas 15 orang dengan suasana tempo dulu yang amat kental. Sepiring pecel orange dihargai tak sampai Rp10.000. Selain menjajakan pecel warung ini juga menyediakan menu rujak cuka dan gado-gado.

2. Sate Ulah Lali

Bila Anda sedang berada di wilayah Kuningan cobalah mencicipi sate Ulah Lali yang ada di jalan Raya Jalaksana No.180. RT.04 RW.01. Warung sate Ulah Lali Kuningan buka setiap hari dan tutup pukul 21.00 WIB. Sate Ulah Lali sendiri merupakan sate kambing tanpa lemak yang dijual seharga Rp3.500 per tusuknya. Sate disini terkenal sangat lembut dan empuk ditambah bumbunya yang khas. Selain menyajikan sate kambing Anda juga bisa memesan sate ayam seharga Rp2.500 per tusuknya. Ada pula sop iga yang ditawarkan warung sate ini. Selain dikenal dengan nama sate Ulah Lali warga sekitar juga sering menyebutnya dengan sate Jalaksana.

3. Ketempling

Bagi yang ingin membawa pulang oleh-oleh dari Jawa Barat bisa mencoba Ketempling. Ketempling sendiri merupakan kerupuk berbahan dasar singkong dan tepung tapioka. Ketempling sendiri merupakan camilan khas kota Kuningan. Tekstur ketempling sendiri renyah dan bisa dijadikan pendamping makanan berkuah seperti bakso. Rasa ketempling juga beragam ada yang keju, ubi ungu dan rasa pedas. Ketempling sendiri berbentuk bulat kembung dan bagian tengahnya kosong. Ketempling juga dikenal sebagai gemblong karena bahannya yang sama-sama memakai singkong. Satu bungkus ketempling bisa dihargai Rp17.000-Rp30.000. Jajanan ini umum dijajakan di warung atau toko oleh-oleh di Kuningan. Selain renyah ketempling juga tahan lama sehingga bisa dinikmati dalam jangka waktu lama.

4. Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Toge goreng ibu Hj.Omah merupakan kuliner khas kota Bogor. Warung ibu Hj.Omah beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. kuliner satu ini sudah ada sejak tahun 1973 dan sering dijadikan ampiran para presiden RI bila datang ke Bogor. Saking enaknya warung ini bahkan sudah diundang lima kali ke Istana Bogor. Mulai dari presiden Megawati hingga presiden Jokowi telah mencicipi kelezatan toge goreng ibu Hj.Omah. kuliner ini sendiri berupa tauge goreng yang diberi bumbu racikan tauco dan kecap manis. Tauconya sendiri dibuat sendiri oleh pemilik warung. Tauco sendiri terbuat dari biji kedelai yang biasanya baunya menyengat seperti terasi. Tauco milik ibu Hj.Omah ini tidak memiliki bau yang tajam seperti tauco kebanyakan. Selain tauge makanan ini juga dilengkapi tahu dan ketupat. Taugenya sendiri direbus dengan kayu bakar sehingga memiliki bau yang segar. Untuk seporsi toge goreng ibu Hj. Omah dihargai Rp14.000 saja. Untuk mencicipi kelezatannya Anda bisa datang ke jalan Jenderal Sudirman No.23 A. warung ini juga menerima pesanan untuk khitanan maupun pesta pernikahan.

5. Captain’s Seafood

Bagi yang gemar mencicipi makanan laut bisa pula mencoba seafood Bandung yang ada di Captain’s Seafood. Tempat ini berada di Jl. R.E. Martadinata No. 217, tepat di tengah kota Bandung. Makanan laut disini dihargai rata-rata Rp25.000-Rp100.000 per orangnya. Captain seafood bisa jadi kuliner malam Bandung yang tutup pukul 22.00 WIB setiap harinya. Menu spesial dari warung makan ini diantaranya ialah Ikan Kuro bakar asin, udang goreng telur asin hingga yang paling banyak dicari adalah kepiting asap super jumbo. Dekorasi tempat makan ini juga unik karena menggunakan konsep bajak laut. Anda bisa dengan mudah menemukan kendali kapal dan jangkar pada dinding tempat makannya. Ada pula harta karun berupa kerang hingga aneka mutiara di tengah ruangan.

6. Kupat Tahu Gempol

Suasana subuh Bandung paling nikmat jika ditemani dengan kuliner kupat tahu Gempol. Kupat tahu Gempol ini sudah dijajakan sejak pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. Cocok sebagai menu sarapan maupun makan siang bila sedang berada di dekat gedung sate Bandung. Kuliner legendaris Bandung ini sudah ada sejak tahun 1975 yang berada di jalan Gempol Kulon No.53, Citarum. Sajian ini sendiri terdiri dari ketupat, tauge, tahu, kerupuk merah yang disiram dengan bumbu kacang. Seporsi kupat tahu Gempol dihargai Rp15.000 saja. Anda juga bisa pesan menu lontong sayur di warung ini. Biarpun kupat tahu lebih dikenal sebagai menu andalan Magelang namun cita rasa kupat tahu Gempol tak kalah untuk dicoba.

7. Nasi Jamblang Mang Dul

Dari Bandung kita mampir dulu ke kota Cirebon. Disini ada sajian unik bernama nasi jamblang Mang Dul yang dibungkus dengan daun jati. Untuk mencobanya Anda bisa ke jalan Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kesambi. Kuliner satu ini sudah ada sejak 1970 yang dirintis oleh Muhammad Abdullah atau kerap disapa dengan mang Dul. Warung ini juga dikenal sebagai langganan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tersedia 30 lauk berbeda dari tempe goreng, pepes bahkan tumis balakutak. Satu porsi nasi jamblang mang Dul bisa dihargai dengan Rp17.000. Harga ini mencakup nasi, sayur tahu, cumi hitam dan sambal. Jam buka warung sendiri dimulai pada pukul 17.00 WIB.

8. Wedang Ronde Alkateri

Bila Anda berkunjung Bandung pada malam hari maka paling enak mencicipi kuliner hangatnya. Pada jam Bandung saat ini Anda bisa mencicipi wedang ronde Alkateri yang ada di jalan Alkateri No.1, Braga. Kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Tahukah Anda bahwa wedang ronde ini sudah ada sejak 1984 yang lokasinya dekat dengan alun-alun kota Bandung. Ronde ini terdiri dari kuah jahe dan ronde berukuran besar dan kecil. Tekstur rondenya sendiri kenyal dan berwarna-warni. Andapun bisa memilih menggunakan gula merah maupun gula putih untuk pemanisnya. Aroma jahe yang kuat dan menghangatkan paling pas menemani Anda menikmati indahnya malam di Bandung.

9. Sego Lengko

Indramayu juga punya kuliner enak bernama sego lengko atau nasi lengko. Nasi lengko kaya akan protein dan mudah untuk dibuat. Nasi lengko yang paling terkenal di Indramayu adalah warung nasi lengko milik Hj. Karyani. Letaknya di jalan Cimanuk, Kab.Indramayu yang telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Racikan nasi lengko sendiri terdiri dari nasi, tahu, tauge, telur dan mentimun yang disiram dengan bumbu kacang. Nasi lengko biasa disantap bersama dengan oncom maupun semangkuk sayur lombok yang pedas. Anda bisa menjadikan nasi lengko ini sebagai pilihan menu makan siang. Ditambah dengan es teh yang menyegarkan di siang hari.

10. Hucap Ma Iroh

Hucap merupakan singkatan untuk tahu kecap yang merupakan makanan khas Kuningan. Hucap sendiri terdiri dari tahu yang disiram dengan sambal kacang dan kecap. Menu ini biasa dijadikan menu sarapan warga Kuningan , Jawa Barat. Cita rasanya manis dan gurih dengan warna hitam yang pekat dari kecap. Salah satu hucap terenak di wilayah Kuningan ialah Hucap Ma Iroh yang terletak di jalan Dewi Sartika. Warung ini sudah mulai berjualan sejak pukul 07.00 dan tutup pukul 19.00 WIB. Saking enaknya warung ini bahkan pernah dikunjungi oleh mantan presiden RI yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Hucap Ma Iroh ini memang terbilang berbeda dibandingkan tahu kecap lainnya. Tahu goreng yang disajikan renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Cita rasanya gurih dan pas di lidah sehingga pantas menjadi primadona.

11. Lontong Kari Kebon Karet

Kota Bandung memang tak habisnya menelurkan berbagai macam kuliner yang menarik hati. Salah satunya ialah lontong kari kebon karet ini. Untuk menemukan sajian ini Anda harus masuk gang sempit yakni gang Kebon Karet No.28. Lokasinya tidak jauh dari gedung Pakuan atau jalan Otto Iskandar Dinata. Warung yang menjajakan menu ini hanya berukuran 30 meter persegi. Biarpun begitu warung ini bisa menampung 40 pelanggan. Lontong kari kebon karet ini berdiri pada tahun 1966. Lontong karinya berisi potongan daging sapi, telur rebus, kentang rebus, emping, bawang goreng hingga kacang. Ditambah lagi sambal jika ingin menambah rasa pedas ditemani jeruk nipis dan acar untuk meningkatkan kesegarannya. Lontong kari kebon karet juga dijajakan dengan harga terjangkau. Anda cukup merogoh Rp.19.000 untuk satu porsi lontong kari kebon karet biasa. Jika ingin yang lebih spesial dihargai Rp21.000 dengan tambahan lauk yang lebih banyak.

Kuliner Malam Bandung - 12 Rekomendasi Kuliner di Jawa Barat - Candi

12. Soto Mang Ahri

Berkunjung ke kota Garut tak lengkap bila tak mencicipi soto Mang Ahri. Soto mang Ahri berada di gang Hardjo, Pasar Baru Garut, jalan Mandalagiri. Soto ini merupakan generasi kedua soto haji Achri. Seporsi soto mang Ahri terdiri dari daging sapi, bawang goreng, taburan kacang kedelai goreng ditambah daun seledri. Kuah soto ini menggunakan santan sehingga warnanya kekuning-kuningan. Warung Mang Ahri sendiri buka mulai 07.30 pagi hingga 17.00 WIB setiap harinya. Itulah tadi ragam kuliner menarik yang ada di Jawa Barat. Ada yang bisa jadi oleh-oleh, menu sarapan pagi hingga makan malam.

Kebanyakan menu makanan diatas merupakan resep turun temurun yang terjaga cita rasanya hingga saat ini. Tak sedikit yang menjadi makanan favorit para petinggi tanah air. Jadi dari menu di atas Anda akan mencoba kuliner di Jawa Barat yang mana dulu nih?

Pecel orange sudah dikenal sejak 1923 yang didirikan oleh?

Ibu Supinah

Sate Ulah Lali sendiri merupakan sate kambing tanpa lemak yang dijual seharga ?

Rp3.500 per tusuk

Nasi lengko yang paling terkenal di Indramayu adalah warung nasi lengko milik?

Hj. Karyani

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close