Kuliner

Makanan Khas Sunda Paling Terkenal dan Enak

Bagikan Artikel Ini:

Sunda adalah nama salah satu suku ataupun kelompok etnis yang ada di Indonesia, yakni yang tepatnya berada di provinsi Jawa Barat dan sekitarnya, yaitu yang ada di sisi bagian barat dari pulau Jawa. Suku Sunda ini memiliki kekayaan kuliner, makanan khas sunda, yang luar biasa, enak dan sehat menunya serta sudah terkenal hingga seantero nusantara. Sebenarnya tiap daerah di Indonesia ini memiliki kekhasan kulinernya masing-masing, yang unik-unik dan lezat.

Pada masakan Sunda ini adalah dengan kekhasan kuliner Sundanya yang terkenal didominasi bahan dari aneka sayuran, terutama sayuran mentah dan ikan, sedangkan untuk rempah bumbunya lebih didominasi rempah bumbu berupa kencur atau cikur kalau dalam bahasa Sundanya, serta koneng atau kunyit. Jika dibandingkan dengan jenis masakan Jawa, seperti yang ada di Jawa Tengah, Solo atau Yogyakarta yang jauh lebih manis cita rasanya, maka masakan sunda ini dapat disebut lebih bercita rasa gurih, ada juga unsur pedasnya namun untuk cita rasa pedas maka itu lebih tepat disematkan pada kuliner dari Jawa Timur, kalau cita rasa masakan sunda ini lebih kepada rasa yang gurih dan dari bahan-bahan yang fresh segar, yakni berupa sayuran mentah dan ikan air tawarnya yang juga diolah pada saat bahan masih segar.

Perbedaan dengan olahan khas Indonesia bagian timur yang didominasi masakan berbahan ikan juga, namun bahan ikannya adalah ikan laut. Bahan ikan pada masakan Sunda ini adalah berupa ikan jenis ikan air tawar, yakni seperti ikan Mas, ikan Gurame dan lain sebagainya. Di Jawa Tengah juga menggunakan ikan air tawar, namun jenisnya agak berbeda, yakni seperti ikan gabus, atau lele, atau wader, atau ikan manyung. Sedangkan untuk kuliner khas Banten dan Betawi meski sama-sama berbahan ikan air tawar namun jenis ikannya berbeda, yakni menggunakan bahan ikan bandeng dan dominasi rempah bumbu berupa bawang merah, ada juga penggunaan kluwek seperti yang digunakan di kuliner Jawa Timur bernama rawon, namun masakan Betawi itu aslinya tidak menggunakan bawang putih. Masakan Sunda ini banyak yang cocok dan suka. Berikut beberapa masakan khas kuliner Sunda yang terkenal dan enak.

Karedok

Photo By: http://1.bp.blogspot.com/

Dimulai dari makanan pembukanya, yakni saladnya kuliner Sunda, berupa Karedok. Makanan berbahan aneka sayuran mentah ini sudah terkenal sebagai kuliner khas Sunda yang enak juga sehat. Bumbunya adalah kacang tanah yang disangrai diulek dengan cikur, terasi bakar, air asam jawa, gula merah dan berbagai rempah lainnya. Sedangkan sayuran mentah untuk karedok adalah kacang panjang, daun kemangi, kol, tauge, terong bulat hijau kecil, mentimun, dan lain sebagainya. Berbeda dengan trancam di Jawa Tengah, yang sama-sama menggunakan sayuran mentah, tapi bumbunya parutan kelapa parut kukus. Juga terdapat perbedaan antara karedok dengan gado-gado, salad khas kuliner Betawi dan pecel, salad khas Jawa Timur, yakni pada racikan dan komposisi bumbu kacangnya selain itu juga terdapatnya sayuran rebus yang tidak terdapat pada karedok. Menyantap karedok ini biasanya bersama dengan nasi panas dan lauknya, yang bisa berupa tahu atau tempe atau kerupuk atau ikan atau ayam goreng. Karedok ini di Sunda disebut juga sebagai lotek atah yang artinya adalah lotek mentah.

Lotek

Kuliner Sunda juga memiliki salad dari sayuran rebus, yakni berupa lotek. Meski sama-sama berbumbu saus kacang tanah, tapi komposisi bumbu saus kacang lotek ini berbeda dengan karedok, pada lotek masih menggunakan cikur juga, namun tidak menggunakan terasi seperti Karedok. Sayuran rebus pada lotek biasanya adalah bayam, kacang panjang, tauge, kol ada yang menggunakan juga kangkung, sawi hijau, sawi putih, labu siam, buncis, kembang kol, wortel rebus iris panjang dan lain sebagainya. Lotek biasanya disajikan bersama dengan lontong atau ketupat iris. Disajikan dengan ditaburi bawang merah iris goreng.

Pepes atau Pais

Photo By: https://img.okezone.com/

Berikutnya yang khas Sunda juga adalah berbagai hidangan pepes atau pais, sebagai makanan Sunda paling enak. Rasanya gurih sedap penuh rempah bumbu-bumbu. Makanan ini bahan utamanya bisa berupa ikan, seperti ikan Mas, atau jamur atau tahu atau ayam juga bisa yang diberi bumbu-bumbu pepes, yang antara lain ada serai, daun kemangi, daun salam, kunir, kunyit, tomat, dan lain sebagainya yang dibalutkan pada bahan utamanya lalu dibungkus dengan daun pisang dan lalu dikukus atau dibakar. Hidangan ini disajikan sebagai lauk nasi hangat. Pais atau pepes Sunda ini sudah sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar karena enak sekali rasanya. Makan dengan lauk pepes atau pais ini bisa menghabiskan banyak nasi.

Nasi Tutug Oncom

Kuliner Sunda yang terdiri dari berbagai varian kreasi berbahan nasi ada banyak, salah satunya adalah nasi Tutug Oncom. Rasanya gurih. Tutug dalam bahasa Sunda berarti ditumbuk. Jadi menu nasi Tutug Oncom ini adalah berupa hidangan nasi yang ditumbuk dicampur dengan oncom. Oncom itu adalah semacam tempe yang sama-sama hasil peragian atau mengalami fermentasi, namun oncom ini adalah yang sudah menghasilkan spora, kalau tempe adalah yang belum menghasilkan spora. Bahan baku oncom bisa berupa ampas kelapa, ampas singkong, bungkil kacang tanah atau oncom hitam dan ampas tahu atau oncom merah.

Hidangan nasi Tutug Oncom ini disajikan bersama dengan aneka lauk pelengkapnya, yakni seperti Tahu goreng, tempe goreng, ikan Goreng, ayam goreng atau ati ampela goreng, atau jerohan sapi goreng, ada babat, atau paru atau empalnya, atau telur dadar atau ikan asin, ikan jambal dan lain sebagainya. Dengan sambalnya yang bisa berupa sambal tomat atau sambal terasi atau sambal bawang, dan lalapan atau bersama dengan sayur asam.

Sayur Asam

Photo By: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Masakan Sunda lainnya yang tak kalah populernya adalah sayur asam. Hidangan ini ada banyak versi di tiap daerah, ada sayur asam betawi, sayur asem di jawa tengah dan lain sebagainya. Masakan ini disebut sayur asam karena menggunakan asam jawa sebagai perasa pada kuahnya. Sayur asam ini terdiri dari bahan berbagai sayuran seperti ada daun melinjo atau so, kacang panjang, kol, labu siam, jagung manis, kacang tanah utuh kupas, tomat dan lain sebagainya sesuai selera. Rasanya gurih, asam manis segar. Penyajiannya biasanya dengan nasi hangat dan lauk pelengkapnya, bisa berupa ikan asin, atau tempe goreng, tahu goreng atau ayam goreng, atau ikan goreng dan lain sebagainya.

Nasi Timbel

Makanan khas Sunda yang terkenal juga adalah Nasi Timbel atau Sangu Timbel, yakni berupa nasi pulen hangat yang dibungkus daun pisang yang dilengkapi dengan lauknya yang berupa ikan asin jambal roti, atau ayam goreng bumbu kuning, atau tahu goreng bumbu kuning atau tempe goreng bumbu kuning. Nasi timbel ini dulunya adalah makanan bekal bagi para petani yang berangkat bekerja di sawah.

Nasi Liwet Sunda

Photo By: https://www.blibli.com/

Kemudian masih berupa aneka varian hidangan berbahan nasi ada lagi menu Nasi Liwet khas Sunda. Berbeda dengan nasi liwet Solo yang menggunakan santan, maka nasi liwet Sunda ini hanya menggunakan aneka rempah seperti, daun salam, batang serai, bawang merah, daun kemangi dan lain sebagainya tanpa memakai santan kelapa. Sehingga rasanya juga gurih, namun dengan nuansa yang berbeda. Lauk pelengkap nasi liwet ini, bisa berupa pepes ikan, atau ikan goreng, ayam goreng dan lain sebagainya.

Soto Bandung

Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki hidangan kuliner sotonya masing-masing. Demikian pula dengan di Jawa Barat, yakni ada soto Bandung. Rasanya gurih enak, segar, warna kuahnya kuning bening. Bahan utamanya dari tetelan daging sapi, dengan bumbu-bumbu berupa lengkuas, serai, jahe, dan lain sebagainya yang ada juga irisan lobak dan irisan tipis kentang goreng dan juga taburan kacang kedelai goreng.

Soto Mie

Photo By: https://pingpoint.co.id/

Kuliner khas Bandung yang terkenal ada juga soto mie, yakni hidangan berkuah soto yang bahan utamanya bisa lebih bervariatif, yakni bisa dari jeroan dan daging sapi, atau ayam yang dihidangkan dengan mie, dan risol bihun. Rasanya segar gurih, membuat ketagihan.

Bekakak Hayam

Ada juga hidangan kuliner khas Sunda bernama Bekakak Hayam. Hidangan ini adalah merupakan masakan ayam panggang khas Sunda yang diolah dengan bumbu rempah khas Sunda dan santan. Ada gula merah, jahe, ketumbar, kunyit, kemiri juga daun salam, merica, daun jeruk dan lengkuas di dalam racikan bumbu rempahnya. Rasanya gurih legit. Bahan utamanya dari ayam kampung utuh.

Doclang

Photo By: https://www.bogohbogor.com/

Ada juga hidangan khas Sunda bernama doclang, yakni hidangan berbumbu kacang dari bahan berupa pesan atau lontong besar yang dibungkus dengan daun pata dengan irisan kentang rebus, telur rebus dan emping tangkil sebagai kerupuknya. Bisa juga dihidangkan dengan taburan bawang goreng supaya lebih gurih lagi rasanya. Tingkat kepedasannya juga bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya makanan ini disantap di pagi hari sebagai menu sarapan.

Empal Gepuk Sapi

Hidangan berbahan daging sapi ini diolah dengan aneka bumbu rempah khas Sunda dan cara membuatnya yang dengan cara menepuk atau memukul-mukul irisan daging sapi atau empalnya sehingga bisa menjadi empuk. Rasanya gurih manis karena menggunakan gula merah juga pada bumbunya.

Sate Marangi

Ada juga sate khas Sunda, yakni dari bahan sapi, namanya sate Maranggi.

Photo By: https://cdn2.tstatic.net/

Bahan daging sapi tersebut direndam dalam aneka bumbu rempahnya dalam waktu yang cukup lama sebelum dibakar. Disajikan tanpa disertai saus sebagaimana hidangan sate lainnya, karena bumbu satenya sudah meresap dalam dagingnya. Sate Maranggi ini disantap bersama dengan taburan bawang goreng dan irisan tomat segar.

Laksa Bogor

Kemudian ada juga hidangan berupa laksa Bogor, dengan ciri khasnya yakni laksa yang dihidangkan bersama dengan mie dan juga oncom. Warna kuah laksanya kuning karena menggunakan bumbu kunyit.

Tahu Gejrot

Photo By: https://i1.wp.com/

Lalu ada juga makanan khas Sunda yakni tahu gejrot. Tahu Sumedang yang digoreng lalu diramu bersama dengan bumbunya berupa cabai rawit, bawang dan air kecap manis, garam dan air gula jawa dan kecap asin yang dicampur dengan cara di ulek.

Colenak

Ada juga panganan khas Sunda berupa Colenak, yang terbuat dari tape singkong aatu peyeum yang dibakar lalu dicocol dengan saus gula atau kinca. Rasanya manis legit.

Itulah makanan khas Sunda paling terkenal yang menyesal jika belum pernah mencicipi rasanya. Ada juga panganan dari bahan sagu, namanya cilok, cimol dan cireng yang boleh juga untuk dicoba saat berkunjung ke Jawa Barat.

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close