Wisata

Menikmati Wisata Curug terindah di Bogor

Bagikan Artikel Ini:

Selain dikenal sebagai kota hujan atau juga kota angkot. Ternyata kota Bogor juga menyimpan objek wisata air yang sangat indah, dan lokasinya sedikit tersembunyi. Ini yang membuat orang kemudian menjuluki kota ini dengan sebutan Surga 1000 air terjun, atau dalam bahasa lokal dikenal dengan nama curug. Berikut ini adalah beberapa objek wisata curug di Bogor :

  1. Curug Kiara

Curug Kiara adalah salah satu dari sekian banyak curug terindah di Bogor, dan hampir ada di dalam setiap bucket list pada pemburu air terjun, atau para instagramable yang mempunyai nyali besar.

Photo By: http://cdn2.tstatic.net/

Alasannya tidak lain adalah untuk menikmati air terjun yang indah, yang terjepit diantara tebing yang tinggi menjulang. Mengunjungi kawasan ini, Anda harus ekstra waspada, lantaran harus menuruni tangga bambu licin, dengan kemiringan sekitar 90 derajat. Udara di tempat ini sangat sejuk, airnya jernih, dan dingin. Tiket masuknya sendiri sekitar 10 ribuan rupiah, dan lokasinya ada di kampung Kiara, desa Ciasihan, kec Pamijahan.

  1. Curug Cikawah 
Photo By: http://bogor.indonesia-tourism.com/

Masih di kecamatan yang sama, hanya berbeda desa, kali ini Anda akan mengunjungi desa Ciasmara. Berbeda dengan sebelumnya, air terjun kali ini adalah hasil perpaduan antara air belerang dan air terjun. Sungai di bagian kiri, airnya sangat jernih, dingin dan dapat dikonsumsi. Sedangkan yang bagian kanan airnya cenderung hangat karena sudah bercampur sulfur. Aliran ini yang nantinya akan membentuk sebuah curug bernama Curug Cikawah.

Anda yang ingin mengunjungi salah satu wisata curug terindah tersebut, sebaiknya gunakan sepatu kets, atau sepatu berbahan kuat lainnya. Lantaran jalanan di tempat ini cukup curam, ekstrem dan disertai bebatuan yang cukup besar.

  1. Curug Dengdeng Rumpin 

Kali ini Anda jangan keliru dengan curug yang ada di kota Tasikmalaya. Walaupun namanya sama, tapi air terjun yang satu ini, juga ada di kota Bogor. Tepatnya ada di desa Leuwibatu, kec Rumpin, Bogor.

Photo By: https://2.bp.blogspot.com/

Yang menarik sekaligus menantang, air terjun tersebut, berada di lokasi yang cukup tersembunyi. Dimana Anda harus menanyakan lokasi air terjun tersebut pada warga sekitar. Tidak hanya itu, Anda juga harus melewati kebun warga, menyeberangi hutan, melewat jembatan, dan juga sungai.

Sesampainya di lokasi, pemandangan air terjun nan indah sekaligus mistis tersaji nyata, di antara lekukan formasi bebatuan, yang ada di kanan dan kiri lokasi. Sedikit informasi bagi Anda, air terjun tersebut dianggap keramat oleh masyarakat sekitar, dan salah satu keuntungannya adalah tidak boleh mandi pada jam 12 siang, sedangkan pada waktu lainnya tidak masalah.

  1. Curug Cikuluwung 
Photo By: http://difanews.com/

Banyak sekali orang, yang merasa belum pernah mendengar nama air terjun yang ada di Kampung Suka Asih, desa Cibitung Wetan, kec Pamijahan, Bogor, termasuk orang Bogor itu sendiri. Adalah Curug Cikuluwung, dengan biaya masuk sekitar 10 ribuan rupiah ini, terasa sangat menarik, karena lokasinya yang berada di lembah dengan formasi bebatuan yang terlihat eksotis.

Untuk sampai ke lokasi, memang dibutuhkan kerja keras, karena medannya yang terbilang cukup memacu adrenalin. Tapi suasana air terjun yang alami, ditambah suasana alam yang sangat damai, hanya ada angin dan deburan air. Membuat perjalanan Anda jadi tidak sia-sia!

  1. Curug Leuwi Lieuk
Photo By: https://www.tempatwisataterdekat.com/

1 lagi curug yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bogor. Curug Leuwi Lieuk, yang ada di kampung Wangun Cileungsi, desa Karang Tengah, kec Madang, Bogor. Dengan hanya membayar biaya masuk sekitar 10 ribuan rupiah saja, mata Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah. Pastinya pas untuk melepas lelah. Bebatuan tinggi, air yang mengalir jernih, dan berwarna hijau toska, membuat objek wisata ini masuk ke objek wisata yang instagramable.

Namun sebelum Anda menikmati indahnya air terjun, setidaknya ada harus berjalan kaki sekitar 35 menit dari lokasi parkir, dengan trek yang sedikit curam.

  1. Curug Pasir Reungit

Anda yang suka dengan petualangan yang menantang adrenalin, masukkan Curug Pasir Reungit ke dalam daftar kunjungan Anda. Lokasinya sendiri ada di wilayah desa Pasir Reungit, tepat di kaki Gunung Salak, yang ketinggiannya sekitar 800 – 900 mdpl.

Photo By: https://catatanpringadi.com/

Di lokasi air terjun, Anda akan merasakan udara yang sangat segar, kicauan burung nan merdu, derit suara serangga nan membahana, bahkan sesekali terdengar juga suara monyet yang bersahut sahutan. Untuk aktifitas yang dapat dilakukan di lokasi tersebut, cukup banyak, mulai dari berfoto, atau bahkan berenang. Yang pasti, untuk sampai ke lokasi, dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, seperti harus melintasi bebatuan licin dan yang lainnya.

  1. Curug Balong Endah 

Objek wisata yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, desa Gunung Picung, kec Pamijahan, Bogor ini memang baru dibuka, sekitar tahun 2016 silam. Jadi wajar saja jika belum banyak orang yang tahu. Yang menarik adalah, di lokasi ini terdapat 2 curug dengan lokasi yang berdekatan, lantaran dialiri oleh sungai yang sama. Yaitu Curug Balong Endah, dan Curug Kondang yang letaknya sekitar 200 meter di atasnya.

Photo By: Curug Balong Endah

Terdapat 3 kolam atau balong dengan air yang begitu jernih, dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Untuk sampai ke lokasi air terjun, ada 2 rute yang dapat dilalui, yaitu jalur setapak dan water trekking. Anda yang tertarik mengunjungi kawasan ini harus siap merogoh kocek sekitar 25 ribuan rupiah.

  1. Curug Lontar
Photo By: https://1.bp.blogspot.com/

Curug yang berlokasi di desa Karyasari, kec Leuwiliang ini bernama Curug Lontar, yang menarik dari curug yang masih menjadi bagian dari sungai Cianten, di Pegunungan Halimun Salak, ini adalah sering digunakan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Lantaran ketinggian air terjun yang mengalir terbilang cukup tinggi sekitar 30 meter, dengan debit air yang juga deras, yang artinya mampu menghasilkan aliran listrik yang baik. Berbeda dengan curug lainnya, disini banyak orang yang menikmati keindahan air terjun dari pinggir kolam, yang luasnya sekitar 7.000 meter, dengan kedalaman sekitar 26 meter.

  1. Curug Cikaracak

Ada lagi sebuah curug yang pas untuk para penyuka tantangan adrenalin, Curug Cikaracak yang ada di Jl. Cinagara, Tangkil, kec Caringin, Bogor. Untuk sampai ke lokasi, Anda juga harus menyusuri jalan setapak, dengan perairan milik penduduk di salah satu sisi, pematang sawah, dan bebatuan yang licin.

Photo By: https://2.bp.blogspot.com/

Sesampainya di sana, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat cantik, dengan barisan bukit di kanan dan kiri curug, ada juga hamparan persawahan, udara yang sejuk, dan masih banyak lagi hal menarik lainnya.

  1. Curug Kondang

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang Curug Salak Endah, berikutnya adalah curug Kodang, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari curug tersebut. Curug Kondang ini mempunyai jalur yang relatif datar yang berasal dari bebatuan alam. Di lokasi curugnya sendiri, terdapat sebuah lengkungan kolam alami, yang berada di bawah curug. Anda dapat berendam, berpose atau hal lainnya.

Photo By: https://portalwisata.co.id/

Konon curug ini, sarat akan kisah misteri keraton. Dimana sebagian penduduk masih meyakini bahwa lokasi curug ada kaitannya dengan kerajaan Pajajaran, di era Sri Baduga Maharaja Pakuan Haji Siliwangi.

  1. Curug Bulao / Cibulao

Curug Bulao atau Cibulao, diberi nama demikian, lantaran curug yang berlokasi di kawasan Megamendung Puncak, Bogor ini, memang memiliki kolam tepat di bawah air terjun, berwarna kebiruan. Curug yang aslinya bernama Curug Hulu ini, mempunyai 2 cekungan kolam yang kedalamannya beragam, mulai dari 5 hingga 8 meter. Tapi bagi Anda yang tidak bisa berenang nanum ingin menikmati kawasan tersebut, tidak perlu khawatir, sewa saja pelampung yang tarifnya sekitar 10 ribuan rupiah saja.

  1. Curug Leuwi Hejo
Photo By: https://i.ytimg.com/

Berikutnya ada Curug Leuwi Hejo yang ada di kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang Sentul, Bogor. Curug dengan biaya masuk sekitar 25 ribuan rupiah ini, mempunyai tekstur bebatuan yang unik. Kualitas airnya jernih, dan segar. Anda yang ingin menikmati aliran air terjun tersebut, dapat melakukan berbagai macam cara, seperti duduk bersandar di bebatuan yang besar, melompat dari bebatuan besar ke arah kolam atau yang lainnya.

  1. Green Lagoon Tenjolaya, Curug Ciampea

Ada yang menarik dari curug terindah yang lokasinya ada di Tapos I, Tenjolaya, Ciampea, Bogor. Dengan akses masuk sekitar 20 ribuan rupiah, Anda akan menikmati aliran air yang jernih, namun juga dapat dijadikan sebagai spot underwater. Karena aliran dan debit airnya yang sangat jernih, dan bening, banyak orang menyebutnya dengan Green Lagoon Tenjolaya.

Photo By: https://adrianhartantolokaria.files.wordpress.com/

Walaupun akses masuk ke lokasi ini tidak bisa dibilang mudah, namun indahnya panorama alam yang ada, tidak menyurutkan orang untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut. Sebaiknya datang pagi hari, agar suasana alam dan udara yang ada terasa lebih sejuk.

  1. Curug Kembar Ciburial 

Satu lagi curug unik yang ada di kota Bogor, tepatnya di Jl. Gunung Wangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Namanya adalah Curug Kembar Ciburial, seperti namanya, maka air terjun yang ada tidak hanya 1, melainkan 2, yang  letaknya sangat berdampingan.

Photo By: https://fatahilaharis.files.wordpress.com/

Seperti curug pada umumnya, suasana alam di kawasan ini sangat indah, dengan air yang juga jernih. Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati keindahan alam di lokasi tersebut. Sebagai catatan, Anda yang ingin berenang di kawasan tersebut, harus waspada, mengingat aliran air ini terbilang cukup deras.  Untuk menikmati kawasan tersebut, Anda sebaiknya merogoh kocek sekitar 10 ribuan rupiah saja.

  1. Curug Goa Lumut Indah
Photo By: https://www.pegipegi.com/

Masih di kawasan Taman Nasional, tepatnya di Gunung Salak Endah, Anda akan menemukan sebuah air terjun unik, karena bebatuan yang ada di sekitar lokasi ditutupi dengan lumut. Curug Goa Lumut Indah, berada di sebuah ceruk bebatuan, yang penampakannya mirip seperti mulut goa. Tinggi air terjunnya sendiri sekitar 7 meter, namun hadirnya kolam yang sangat jernih dengan warna kehijauan ini, menjadi salah satu daya tarik utama lokasi tersebut.

  1. Curug Cipeuteuy & Leuwi Anteng 

Curug Cipeuteuy sendiri ada 2, yaitu di Majalengka, dan di Bogor. Ini termasuk objek wisata baru ! Yang walaupun ukuran air terjunnya mini, namun tetap unik untuk dinikmati. Di tempat ini, Anda juga akan menemukan Leuwi Anteng atau sebuah kolam air, berukuran kecil. Yang dalamnya sekitar 1 meter. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan, dalam menikmati keindahan curug, salah satunya adalah dengan berkemah. Namun sebelumnya Anda harus melewati hutan pinus nan rindang terlebih dahulu !

Photo By: https://adrianhartantolokaria.files.wordpress.com/

Selain nama-nama curug yang disebutkan di atas, masih ada beberapa curug di Bogor lain yang dapat dikunjungi. Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahinya, tidak ada salahnya jika mencoba mengunjungi kawasan wisata curug tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close