Kuliner Bali, Makanan khas Bali, Ayam betutu, Sate Lilit - Super Yummy Kuliner Bali Wajib Coba - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Ke Bali belum lengkap tanpa menikmati kelezatan berbagai jenis kuliner Bali. Berikut rekomendasi menu khas Bali yang wajib kalian coba saat ke Pulau Dewata.

Kalau berbicara tentang kuliner, Indonesia punya segudang varian makanan yang enak-enak. Di tiap daerah punya makanan khas masing-masing dengan rasa yang otentik nan nikmat. Tak terkecuali Pulau Dewata Bali. Ada sederet daftar kuliner Bali yang siap menggoyang lidah para wisatawan yang menjejakkan kaki di Bali.

Di artikel kali ini akan membahas 15 sajian panganan khas Bali. Jadi, kalian yang sedang mencari referensi makanan enak di Bali, kalian berada di halaman yang tepat. Yuk, kepoin daftar menunya!

1. Cita Rasa Pulau Dewata di Hidangan Ayam Betutu

Pecinta olahan ayam dengan rasa pedas yang nendang bisa mencoba hidangan khas Bali yaitu ayam betutu. Ayam yang dimasak lama dengan campuran berbagai rempah dan banyak cabai ini merupakan olahan asli dari daerah Gilimanuk. 

Kuliner Bali, Makanan khas Bali, Ayam betutu, Sate Lilit - Super Yummy Kuliner Bali Wajib Coba - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/279856564324691171/

Tapi sajian ayam betutu tidak hanya bisa ditemui di Gilimanuk, hampir semua tempat makan yang ada di Bali menawarkan menu olahan ayam autentik ini.

Cara penyajian ayam betutu ada dua, dalam olahan kuah kuning dan dengan cara digoreng. Olahan kuah kuning mencampur cabai dan bumbu rempah lainnya saat memasak ayam sehingga cita rasa pedasnya terasa hingga ke seluruh daging ayam. 

Cabai yang digunakan pun khas yaitu cabai Lombok yang memberi sensasi pedas belakangan. Bagi kalian yang tidak begitu menyukai rasa pedas bisa memesan olahan yang digoreng dengan sambal yang terpisah.

2. Sate Lilit, Sate Khas Bali yang Menggoyang Lidah

Hidangan kedua yang khas banget dari Bali, ada sate lilit. Sate lilit ini sedikit unik karena bukan berupa potongan-potongan daging yang ditusuk pakai tusukan dari bambu seperti hidangan sate yang umum kalian jumpai. 

Sate lilit terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan parutan kelapa dan berbagai bumbu yang kemudian dililitkan pada tusukan dari bambu, batang serai atau tebu.

Kalau sate pada umumnya menggunakan saus kacang atau kecap sebagai pendamping. Berbeda dengan sate lilit yang biasa didampingi dengan sambal Matah yang rasanya enak banget.

Cita rasa dari sate lilit ini didominasi oleh rasa pedas, manis dan gurih. Kebayang kan bagaimana enaknya sate ini?

3. Cobain Pedasnya Sambal Matah yang Bikin Nagih

Orang Indonesia sudah terbiasa makan dengan sajian sambal sebagai pendamping. Beberapa daerah di Indonesia bahkan punya sambal khas sendiri-sendiri. 

Tidak terkecuali Bali yang punya olahan sambal khas namanya sambal Matah. Kalau kalian biasa menyantap sambal yang ditumis, olahan sambal matah sedikit berbeda. 

Sambal matah terdiri dari irisan bawang merah, cabai, tomat dan serai yang dicampur dan disiram minyak panas dan diberi perasan jeruk nipis. 

Bisa kebayang rasa pedas-asin yang menyegarkan mendampingi nasi hangat dan berbagai lauk. Lauk seperti ayam dan ikan goreng bakal klop banget dengan sambal matah, kan.

4. Seporsi Nasi Campur Bali, Ada Lauk Apa Aja, yah?

Makan nasi campur sudah biasa, dong! Tapi tahukah kalian kalau di Bali ada hidangan nasi campur yang agak berbeda. Yang membedakannya terletak pada jenis lauk pendamping dari seporsi nasi hangat. 

Lauk pendamping nasi campur Bali terdiri dari ayam suwir, teri kacang atau kacang tanah goreng. Ada juga sayuran berupa lawar buncis, sate lilit yang terbuat dari ikan ataupun ayam, sambal matah dan juga kerupuk.

Lauk yang komplit dalam sepiring nasi campur Bali dijamin bikin puas lidah dan perut kalian. Ada banyak tempat makan di Bali yang menawarkan makanan khas Bali ini. Beberapa yang paling recommended Nasi Ayam Ibu Oki, Nasi Pedas Ibu Andika, Warung Men Weti, dan Nasi Pedas Ibu Hanif.

5. Rujak Kuah Pindang, Penasaran dengan Rasanya!

Kebayang nggak sih, gimana rasanya kuah pindang ikan yang dicampur berbagai potongan buah. Olahan unik berupa rujak kuah pindang ini bisa dengan mudah kalian temukan di berbagai tempat makan di Bali. 

Kuliner Bali, Makanan khas Bali, Ayam betutu, Sate Lilit - Super Yummy Kuliner Bali Wajib Coba - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/505880970646912732/

Kuah ikan pindang yang terbuat dari rebusan kepala ikan tongkol disiram di atas potongan berbagai jenis buah. 

Jenis buah yang ada pada hidangan ini biasanya terdiri dari mangga muda, timun, kedondong, pepaya muda, bengkoang, dan jambu. Tambahan terasi, cabai, dan garam menjadi penambah rasa dalam hidangan ini. 

6. Bebek Bengil yang Menggugah Selera

Satu lagi kuliner khas Bali yang tidak boleh terlewatkan yaitu sajian bebek bengil. Hidangan dari olahan bebek yang satu ini memiliki sensasi renyah dan gurih di setiap gigitannya. 

Daging bebek yang digoreng hingga permukaannya garing ini banyak digemari oleh para wisatawan lokal dan asing. Dalam seporsi bebek bengil terdapat setengah potong bebek goreng dengan pendamping nasi hangat, lawar dan beberapa jenis sambal. 

Daging bebek goreng ini sangat gurih dan wangi rempah karena sebelum digoreng daging bebek telah dimasak terlebih dahulu selama 3-4 jam bersama bumbu dan rempah pilihan. Jadi dijamin daging bebeknya nikmat sampai ke tulang-tulangnya.

7. Icip-icip Panganan Unik Bali, Nasi Jinggo

Kuliner khas Bali berikutnya ada nasi Jinggo. Jangan underestimated dulu hanya dengan mendengar nama hidangan ini. Dibalik namanya yang sedikit nyentrik ada cita rasa yang begitu nikmat yang mungkin belum pernah kalian temui di hidangan lainnya. 

Nasi Jinggo ini mirip dengan nasi kucing khas Jogja. Nasi Jinggo dibungkus dengan daun pisang hingga berbentuk kerucut. Dalam sebungkus nasi Jinggo terdapat lauk pendamping seperti suwiran ayam atau daging sapi, sambal goreng tempe, mie goreng dan sambal. 

Apa ada lauk lain? Ada, penjual nasi Jinggo biasanya menyiapkan lauk lain seperti sate puyuh, babat, usus, hingga ceker ayam. Penjual nasi Jinggo banyak dijumpai di kawasan Kuta dan sekitarnya, jadi kalau kalian jalan-jalan ke Kota jangan lupa mencicipi hidangan nasi Jinggo, yah!

8. Panganan Enak dari Pohon Pisang, Jukut Ares

Baru tahu kalau gedebog pisang atau pohon pisang bisa dijadikan olahan makanan yang nikmat. Namanya jukut ares, hidangan khas Bali yang satu ini memiliki cita rasa gurih dalam sajiannya. 

Jukut ares berupa sayuran berkuah dengan isian utama batang pohon pisang. Sebelum dimasak batang pohon pisang diisi dengan tulang ayam atau bebek. Bumbunya sendiri menggunakan base genep yang merupakan istilah di Bali yang berarti bumbu lengkap. 

Jukut ares sebenarnya merupakan sajian saat upacara Yadnya yang digelar masyarakat Hindu Bali. Tapi jika ingin mencicipi masakan ini, ada beberapa warung makan di Bali yang siap menyajikannya buat kalian.

9. Nasi Tepeng VS Nasi Campur

Nasi Tepeng khas Gianyar, Bali ini menjadi menu sarapan bagi warga lokal. Nasi Tepeng memiliki tekstur yang lembek hampir seperti bubur. Penyajian nasi Tepeng nikmat dengan baluran bumbu rempah khas Bali yang bercita rasa pedas. 

Kuliner Bali, Makanan khas Bali, Ayam betutu, Sate Lilit - Super Yummy Kuliner Bali Wajib Coba - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/658932989229085817/

Nasi Tepeng memiliki rasa yang gurih karena kaya akan bumbu seperti santan, kunyit, daun salam dan garam. 

Penyajian nasi Tepeng dibarengi dengan berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, nangka muda, terong, kacang merah, dan kelapa parut. Selain  itu, juga ada lauk seperti suwiran ayam, telur, dan lain-lain.

Nasi Tepeng umum dijadikan sarapan di hari raya Nyepi bagi umat Hindu Bali. Jika ingin mencoba panganan ini, Nasi Tepeng banyak dijajakan di Pasar Senggol, Gianyar, Bali dengan harga seporsinya 10 ribuan saja.

10. Icip juga Urap Khas Bali, Lawar

Kalau kalian familiar dengan urap khas Jawa, ada panganan yang mirip urap yaitu lawar. Lawar menjadi menu khas Bali yang cukup populer. Campuran daging cincang dengan berbagai jenis sayuran yang ditambah parutan kelapa dan bumbu rempah sangat nikmat disantap bersama nasi hangat dan lauk lainnya. 

Daging yang menjadi campuran lawar bisa berupa daging babi dan ada juga dengan campuran daging bebek bagi kaum muslim. Lawar umumnya mendampingi sajian seperti sate lilit ataupun jukut ares. 

Ada dua jenis lawar yang patut kalian ketahui yaitu lawar putih dan lawar merah. Bedanya, lawar merah menggunakan darah binatang pada proses pembuatannya. Darah binatang yang dipakai tergantung jenis daging  yang digunakan, jadi bisa darah ayam, sapi, ataupun babi. Ekstrem juga, yah! 

11. Rasakan Kenikmatan Sate Plecing Khas Bali

Kalian pasti sudah tidak asing dengan panganan sate, tapi di Bali ada sate yang sedikit berbeda dari sate pada umumnya. Yup, ada sate plecing yang laziz abis! Sate plecing berbahan utama daging. 

Kuliner Bali, Makanan khas Bali, Ayam betutu, Sate Lilit - Super Yummy Kuliner Bali Wajib Coba - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/299559812696526034/

Jenis dagingnya bisa daging babi, sapi, atau ayam. Trus, apa yang beda dari sate plecing ini? Yang beda itu dari sambal yang menemani hidangan sate saat penyajian.

Sambalnya yang dimaksud adalah sambal plecing. Sambal plecingnya ada dua macam ada yang manis dan ada yang pedas, tinggal pilih sesuai selera. Untuk menikmati seporsi sate plecingnya kalian hanya perlu merogoh kocek senilai 20 ribuan aja, lho! Murah, kan?

12. Cicipi Babi Guling yang Memanjakan Lidah

Hidangan khas Pulau Dewata yang satu ini selalu jadi incaran wisatawan terutama wisatawan asing. Ada hidangan babi guling yang menggugah selera. Sama dengan olahan kambing guling, babi guling juga diproses dengan cara dipanggang. 

Sajian yang biasa ada saat upacara adat atau upacara keagamaan ini dihidangkan dalam bentuk potongan-potongan daging yang berdampingan dengan nasi hangat dan lauk khas Bali lainnya.

Bagi kalian yang umat muslim tentunya hidangan ini tidak halal, jadi sebaiknya carilah panganan yang dijamin kehalalannya, ya!

13. Tipat Cantok, Gado-gadonya Bali

Hidangan gado-gado memang tidak pernah salah pasti selalu enak. Karena sudah dijamin enak, kalian patut nyobain kembaran gado-gado yaitu tipat cantok khas Bali. Mirip dengan gado-gado, tipat cantok terdiri dari potongan ketupat dan beberapa jenis sayur yang diguyur saus berbumbu.

Sayuran yang biasa ada dalam sajian tipat cantok terdiri dari kacang panjang, bayam, toge juga kangkung. 

Bumbu siramannya terbuat dari campuran kacang tanah goreng, cabai, gula merah, kencur dan garam yang di ulek hingga halus. Selain mengenyangkan, hidangan ini juga ramah di kantong, jadi isi dompet kalian tetap aman, dong!

14. Cobain Pepes Versi Bali, Tum Ayam

Pecinta olahan ayam kalau ke Bali jangan lupa mencicipi tum ayam. Olahan daging ayam yang dikukus bersama dengan bumbu dan rempah pilihan menggunakan daun pisang. 

Yang membedakan hidangan pepes dengan tum ayam terletak pada bumbunya. Tum ayam menggunakan bumbu lengkap khas Bali yang kaya akan rempah. 

Hidangan tum ayam paling nikmat disantap selagi masih panas sebagai teman pendamping nasi.

15. Sarapan Bubur Mengguh yang Kaya Rempah

Hayo, siapa di antara kalian yang gemar sarapan dengan bubur? Kalau ke Bali sempatin untuk mencoba bubur Mengguh yang khas dari daerah Buleleng, Bali Utara. 

Bahan utama bubur Mengguh tentu saja beras yang dimasak hingga lunak dengan menggunakan santan. Dalam penyajiannya, bubur Mengguh disiram dengan kuah kaldu ayam yang kemudian ditaburi ayam suwir serta urap sayur yang disajikan terpisah. 

Orang Bali biasanya menyantap bubur Mengguh kala cuaca dingin. Kalau kalian tidak mau repot membeli, kalian bisa buat sendiri dengan mengikuti resep bubur Mengguh khas Bali.

16. Dessert Khas Bali, Laklak

Pengen makan kudapan yang manis-manis khas Bali, ada panganan yang namanya Laklak. Pertama kali melihat dessert khas Bali ini, kalian akan teringat dengan kue surabi. Bentuknya memang mirip tapi Laklak memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda. 

Kue Laklak memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding kue surabi. Laklak terbuat dari campuran tepung beras, air, dan pewarna dari daun Suji. Penyajiannya, Laklak diguyur dengan gula merah cair dan kelapa parut. 

Cita rasa manis dan legit akan menyerang lidah di suapan pertama, cocok banget untuk teman minum kopi atau teh, bukan?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *