Wisata Pantai Di Indonesia sepertinya memang menjadi salah satu kebanggaan Indonesia yang memang memiliki daya tarik tersendiri. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Indonesia, Surganya Bagi Para Pecinta Wisata Pantai

Membahas tentang pantai tentunya banyak orang yang begitu mengagumi tempat yang satu ini. Pantai identik dengan debur ombak, hamparan pasir serta menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan sunset maupun sunrise. Pantai juga bisa menjadi tempat untuk bersantai sambil menikmati ombak berkejaran serta berjemur dan bermain bersama orang – orang tercinta ketika berlibur.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pantai selalu disukai oleh banyak orang dan selalu ramai oleh pengunjung khususnya saat akhir pekan dan musim liburan. Jika membahas pantai tentunya Indonesia memiliki banyak sekali wisata pantai andalan. Indonesia yang merupakan negara kepulauan membuat negara tercinta kita ini menjadi surganya wisata pantai.

Photo by felfin05 evin on Unsplash

Pantai paling indah di Indonesia juga tidak bisa jika harus disebutkan satu per satu karena memang wisata pantai paling indah ini tersebar di hampir setiap wilayah di seluruh nusantara. Tidak sedikit wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang begitu mengagumi keindahan dan keunikan alam Indonesia, terutama keindahan pantainya. Dan dari sekian banyaknya keindahan alam yang ada di Indonesia ini, pantai menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan.

Mengenai wisata pantai ini sepertinya memang sangat sulit jika harus disebutkan semuanya. Hal ini karena Pantai paling indah yang ada di Indonesia terlalu banyak dan juga belakangan ini mulai bermunculan pantai – pantai baru yang belum terlalu diekspor oleh masyarakat. Sehingga bisa dipastikan bahwa ketika wisatawan asing datang ke Indonesia, tak perlu merasa khawatir kehabisan ide untuk jalan – jalan karena pilihan destinasi wisata khususnya wisata pantainya yang sangat banyak.

Pilihan wisata pantainya juga beragam, mulai dari wisata pantai yang sudah tersohor hingga yang masih tergolong baru dan belum terlalu populer. Masing – masing memiliki ciri khas tersendiri yang akan memberikan pengalaman berwisata yang seru dan menyenangkan. Anda berencana untuk berwisata? Simak beberapa pilihan wisata pantai di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya berikut ini.

Beberapa Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Indonesia

Indonesia memang sangat kaya terutama dalam hal kebudayaan, kuliner serta keindahan alamnya. Keindahan alam Indonesia bahkan sudah banyak diakui oleh dunia internasional dimana sebagian besar sudah dapat dinikmati oleh siapapun karena dijadikan sebagai tempat wisata. Meskipun memang masih banyak keindahan alam Indonesia yang bahkan belum terjamah.

Photo by Lrns on Unsplash

Salah satu bukti keindahan alam Indonesia terletak pada wisata pantainya. Banyak pantai Indonesia yang terkenal indah dan eksotis. Semua daerah hampir memiliki pantai yang luar biasa indah sehingga tak heran jika akhirnya wisata pantai Indonesia memang sudah sangat terkenal. Berikut ini adalah beberapa pilihan atau rekomendasi Wisata Pantai Di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi.

  • Pantai Ora, Maluku
Membahas tentang pantai yang indah dengan resort mengapung di tengah laut tak perlu harus jauh – jauh ke luar negeri karena Indonesia pun memiliki pantai dengan resort terindah yaitu Pantai Ora. Pantai yang terletak di Maluku ini dikenal dengan pantainya yang super bersih dan jernih. Bahkan anda bisa melihat bebatuan karang dengan mata telanjang.

Menariknya ada pula resort mengapung di tengah laut bak Maldives yang akan memberikan pengalaman menginap yang unik. Aktifitas yang tak boleh ketinggalan ketika mengunjungi Pantai paling indah di Indonesia ini adalah snorkeling, diving dan juga berenang.

  • Pantai Derawan
Berikutnya ada Pantai Derawan yang juga dikenal dengan keindahannya. Pantai yang ada di Kalimantan Timur ini sudah sangat tersohor bahkan di kalangan internasional. Keindahan pantainya sama seperti Pantai Ora di atas dimana pantai ini juga memiliki air yang jernih dan bersih.

Ketika berada di pantai ini anda bisa berenang atau snorkling kemudian bermain dengan ikan – ikan maupun penyu. Selain karena pantainya yang jernih, yang membuat pantai ini terkenal adalah resortnya. Resort Pantai Derawan sudah terkenal hingga kancah internasional. Bahkan masuk kedalam daftar pantai terbaik yang ada di dunia menurut CNN.

  • Pantai Gili Trawangan
Siapa yang tak kenal dengan Gili Trawangan. Pantai yang satu ini memang sudah banyak didengar oleh sebagian besar masyarakat. Pantai Gili Trawangan menjadi salah satu pantai favorit yang ada di Lombok.

Lombok memang dikenal dengan keindahan pantainya yang luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Gili Trawangan ini. Pantai yang satu ini terkenal berkat hamparan pasir putih dengan airnya yang jernih dan bersih. Belum lagi ditambah koral khas tropisnya sehingga membuat pemandangan menjadi semakin eksotis.

Pantai ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan menunjang kebutuhan para pengunjung. Aktivitas yang biasa dilakukan di sini adalah diving, snorkeling dan tentu saja berenang. Keindahan bawah lautnya menjadikan Pantai Derawan ini menjadi tempat terbaik untuk snorkeling.

  • Pantai Nihiwatu
Ternyata pulau di Indonesia bagian timur memiliki keindahan pantai yang mempesona. Tak hanya Maluku saja, karena Sumba juga memiliki pantai yang menakjubkan bernama Pantai Nihiwatu. Pantai yang satu ini bisa dicapai dari Bali selama 1 jam menggunakan pesawat kemudian ditambah lagi sekitar 1 setengah berkendara.

Tak berbeda jauh dengan ketiga pantai di atas, Pantai Nihiwatu memiliki air laut yang jernih dan juga pasir putih sehingga sangat cocok untuk lokasi diving. Disini juga tempat terbaik untuk menikmati sunset serta bagi para surfer bisa menjadikan pantai yang satu ini menjadi tempat terbaik untuk surfing.

Terlebih lagi resort di pantai ini juga tak perlu diragukan lagi kualitasnya karena memang sudah terkenal hingga mancanegara. Keindahan Pantai Nihiwatu, Sumba termasuk kedalam pantai terbaik yang ada di dunia versi CNN.

  • Pantai Pink
Pantai umumnya berwarna biru atau hijau. Namun bagaimana jika pantai justru berwarna pink? Didunia pantai pink hanya di beberapa negara saja dan Indonesia termasuk didalamnya. Indonesia memiliki pantai berwarna pink yang disebut dengan Pink Beach.

Pink Beach ini berada di Pulau Komodo. Airnya yang jernih dan berwarna kebiruan dipadu dengan hamparan pasir putihnya membuat suasana pantai menjadi terlihat indah. Tak ketinggalan hamparan pasir yang yang sebenarnya berwarna putih namun bercampur dengan koral dan biota laut yang mengeluarkan  warna sehingga akhirnya berubah menjadi warna pink.

Pantai ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk diving dan snorkeling.  Anda juga bisa melihat komodo yang memang populer di pulau ini. Ingin berlibur ke pantai unik? Tak perlu jauh – jauh ke luar negeri karena Pulau Komodo ada pantai berwarna pink yang unik dan berbeda dari pantai pada umumnya.

  • Pantai Tomini
Selanjutnya pantai yang menawarkan pemandangan indah adalah Pantai Tomini. Tomini Bay ini ada di Sulawesi Utara. Bagi anda yang hobi berjemur di pantai, maka pantai yang satu ini adalah yang paling tepat karena lokasinya yang tidak terlalu jauh khatulistiwa.

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan selama berada di pantai ini adalah diving untuk menikmati keindahan biota laut yang ada didalamnya. Dan yang tak boleh ketinggalan tentunya adalah berburu kuliner khususnya seafood yang masih fresh.

  • Pantai Pandawa
Wisata pantai paling indah berikutnya ada di Pulau Bali yaitu Pantai Pandawa. Diantara sekian banyaknya pantai – pantai yang terkenal di Bali, Pantai Pandawa bisa menjadi pilihan yang tepat karena keunikan yang dimilikinya. Pantai terbilang unik karena lokasinya yang berada di balik bukit dan semak. Apalagi akses jalan menuju pantai ini juga cukup unik.

Anda bisa menghabiskan waktu liburan anda di pantai ini dengan diving, naik kano, paralayang dan juga berenang. Dan seperti yang anda tahu bahwa Bali memang dikenal dengan budaya dan tradisinya yang kental sehingga di waktu – waktu tertentu, di pantai ini juga akan dilaksanakan parade kebudayaan.

Sebenarnya masih banyak sekali pantai paling indah yang dimiliki oleh Indonesia, namun beberapa pantai di atas bisa menjadi alternatif pilihannya.

Tips Berwisata Ke Pantai

Tips berwisata ke pantai Photo by Link Hoang on Unsplash

Ketika memutuskan untuk berlibur ke pantai pastinya setiap orang memiliki tujuan yang berbeda. Bisa hanya untuk sekedar menikmati pemandangan dan ada pula yang memang secara khusus ingin bermain air dan mengeksplor segala yang ada didalam pantai tersebut. Namun sebelum anda berlibur ke pantai, sebaiknya menyimak beberapa tips berikut ini.

  • Pergi Saat Musim Panas
Wisata Pantai Di Indonesia paling pas jika dikunjungi saat musim panas karena dengan begitu akan lebih leluasa dalam menikmati dan mengeksplor keindahannya. Misalnya saja menikmati sunset dan sunrise maupun diving, snorkeling, berenang serta berselancar.
  • Jangan Lupa Membawa Sunblock
Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia tergolong negara tropis dimana saat musim kemarau tiba, cahaya matahari sangat terasa panas. Untuk itu agar sensasi berlibur lebih menyenangkan dan tentunya aman pastikan bahwa anda selalu membawa sunblock untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV.
  • Membawa Bekal Makanan
Pantai paling indah di Indonesia memang sangatlah banyak dan tidak semuanya sudah populer. Untuk pantai yang sudah terkenal biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Namun untuk pantai yang belum begitu populer biasanya memang fasilitasnya terbatas.

Bagi anda yang berencana ingin berlibur ke pantai pastikan anda sudah tahu mengenai fasilitas apa saja yang dimiliki oleh pantai tersebut, termasuk juga dengan ada atau tidaknya warung makan maupun toilet. Namun tak ada salahnya juga jika anda juga mempersiapkan bekal makanan dari rumah sebagai antisipasi sekaligus bisa menjadi cara untuk menghemat pengeluaran.

  • Patuhi Peraturan yang Ada
Agar pengalaman anda ketika mengunjungi Wisata pantai paling indah maka sangat disarankan agar anda selalu mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola setempat. Hal seperti ini sangat penting karena secara garis besarnya pengelola pasti jauh lebih mengenal dan memahami karakter pantai sehingga untuk menghindari beberapa hal negatif yang tidak diingin, maka akan sangat baik jika anda memang tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Misalnya saja ketika dilarang berenang karena ombak besar maka sebaiknya anda sebagai pengunjung mematuhi peraturan tersebut.

Dengan beberapa informasi diatas tentunya anda sudah tahu destinasi mana saja yang bisa anda tuju ketika liburan telah tiba karena Indonesia memiliki banyak sekali wisata pantai paling indah yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.