Susu kambing etawa memang tidak sepopuler susu sapi. Namun kini susu kambing etawa sudah mulai dikenal dan menjadi alternatif yang kaya akan khasiatnya dan terjamin kualitasnya.

Pernah mencicipi susu kambing? Para penjual susu kambing biasanya menyebut produknya sebagai susu kambing Etawa, yakni jenis kambing asal India yang pertama kali diimpor ke Indonesia pada tahun 1950-an. Meski yang paling populer adalah susunya, kambing ini bisa juga diambil dagingnya. Persilangan kambing Etawa dengan kambing lokal oleh para pemain ternak disebut kambing PE alias Peranakan Etawa.Mengapa susu kambing tidak sepopuler susu sapi? Karena aroma khas susu kambing yang tercium kuat. 

Produsen susu kambing pun masih diwakili produsen kecil dan industri rumah tangga yang memasarkannya via distributor. Jual susu kambing terdekat akan jadi incaran, dimana Susu merupakan salah satu pangan asal hewan yang diproduksi oleh hewan betina yang sedang laktasi atau menyusui anak. Bahan pangan yang satu ini dikenal bermutu tinggi karena kandungan gizinya lengkap dalam komposisi yang serasi.

Ada beberapa macam susu kambing yang dipasarkan, yakni susu cair murni dan susu bubuk. Versi bubuk lebih banyak dijual, karena umur simpan yang versi cair terbatas dan harus disimpan dalam kulkas. Dan, ada beberapa produsen yang membagi lagi susu kambing bubuk dalam 2 bentuk, yaitu bentuk bubuk murni (susu cair murni, hanya ditambahkan gula) dan bentuk bubuk rekombinan (susu cair murni dicampur bahan pengisi dan flavor). Susu kambing murni agak kental dan rasanya gurih. 

Dibutuhkan 7 liter susu kambing cair untuk membuat 1 kg susu bubuk murni. Hewan yang dibudidayakan untuk memproduksi susu disebut dengan nama ternak perah. Ada beberapa ternak perah di Indonesia yang produksi susunya biasa dikonsumsi masyarakat, yaitu susu sapi, susu kerbau, susu kambing dan susu kuda.

Sesungguhnya, susu kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sampai-sampai ada yang mengatakan kalau manfaatnya hampir setara dengan ASI (Air Susu Ibu). Susu kambing memang lebih mudah dicerna dari pada susu sapi, karena memiliki partikel lemak yang ukurannya lebih kecil. Itu sebabnya kenapa selama proses pengolahan, susu kambing tidak membutuhkan proses homogenisasi (untuk menyeragamkan partikel lemak susu) seperti halnya susu sapi.


Cukup banyak juga penelitian yang menyebut bahwa susu kambing mengandung kandungan asam lemak esensial (asam linoleat dan asam arachidonat) dan memiliki persentase asam lemak jenuh rantai pendek hingga sedang yang lebih banyak dibanding susu sapi. Asam lemak jenuh rantai pendek hingga sedang ini lebih mudah dicerna dan diserap, sehingga menjadi sumber energi yang lebih baik.Selain susu sapi, jual susu kambing etawa juga banyak digemari oleh masyarakat. Sekarang sangat mudah menjumpai susu kambing, bahkan sudah dibuat dalam bentuk kemasan untuk usaha jual susu kambing murni terdekat yang mempermudah seseorang untuk langsung mengonsumsinya.

 

Meningkatkan produksi Susu Kambing Etawa

Di Bali, ternak yang dapat dikembangkan sebagai ternak perah adalah kambing,sehingga sekarang sudah banyak usaha jual susu kambing terdekat yang bisa dikunjungi. Sapi perah tidak dikembangkan di Bali. Sapi yang dikembangkan di Bali hanya sapi bali, tipe sapi potong yang dijaga kelestarian dan kemurnian genetiknya sebagai ternak unggul ras asli Indonesia. Kambing yang diternakkan oleh petani pada umumnya untuk jual susu kambing etawa adalah jenis kambing PE singkatan dari Peranakan etawah. Kambing jenis ini disukai oleh petani/peternak karena cepat pertumbuhannya, mudah berkembang biak, pakannya berupa dedaunan tersedia cukup banyak dan kambing PE juga dapat diperah susunya sehingga bisa menjalankan usaha jual susu perah.

Jual susu kambing murni terdekat, kambing perah etawa dengan tingkat produktivitas susu yang rendah tetap dapat meningkatkan produktivitas kambing perah etawa ras Kaligesing dengan beberapa cara berikut. Meskipun tidak begitu populer, jual susu kambing etawa ini mempunyai nutrisi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Jual susu kambing etawa terdekat, Susu kambing etawa diketahui mempunyai kandungan selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Berbagai kandungan susu kambing etawa Araca Milk sebagai susu terkenal pun dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan, hinga gangguan kesehatan tulang.

Beberapa manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

 

Pakan yang diberikan

Untuk meningkatkan produktivitas kambing perah untuk jual susu kambing etawa, Anda dapat memberikan pakan berupa legume atau hijauan lain dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Kadar protein tersebut mampu memengaruhi kadar lemak susu yang dihasilkan. Legume yang bisa Anda berikan adalah daun singkong, gliricidia, kalinadar, daun sengon, daun nangka, mahoni, rumput taiwan, dan rumput gajah.

Pakan hijauan sebaiknya diberikan di pagi hari sebelum pakan tambahan diberikan dan sore hari setelah pakan tambahan. Jumlah yang diberikan sebanyak 10 persen dari berat harian, dengan cara ini usaha jual susu perah akan meningkat.

Berikan pakan tambahan

Anda tidak bisa hanya mengandalkan konsentrat untuk meningkatkan produktivitas kambing perah untuk jual susu kambing etawa. Anda perlu menambahkan onggok singkong basah, bekatul padi, dan kedelai pecah rebus. Pakan tambahan diberikan di pagi hari setelah pakan hijauan dan sore hari sebelum pakan hijauan. Jumlahnya sebanyak 1—2 persen dari bobot harian. Komposisi pakan tambahan yang bagus terdiri atas onggok singkong 50 persen, bekatul padi 25 persen, dan kedelai rebus 25 persen.

Pepaya muda dan umbi singkong

Berikan cacahan buah pepaya muda dan umbi singkong. Buah pepaya yang diberikan sebaiknya dicuci dan dijemur terlebih dahulu. Sementara itu, umbi singkong harus dibersihkan bagian kulit arinya, lalu dicacah dan diberikan kepada kambing untuk meningkatkan usaha jual susu kambing murni terdekat Anda.

Air minum dan vitamin yang selalu tersedia

Berikan vitamin B kompleks setiap seminggu sekali untuk menjaga daya tahan tubuh kambing. Selain itu, berikan juga garam dapur dan simpan di dalam kandang untuk mencegah kambing kekurangan mineral.

Berikan pijatan di bagian ambing

Pada pagi dan sore hari untuk usaha jual susu sebelum diperah, kambing harus dibasuh dengan air hangat, lalu dipijat dengan posisi telapak tangan ke atas seperti memegang mangkok. Proses pemijatan berlangsung selama 2—5 menit. Proses pemijatan tersebut dapat meningkatkan hasil susu sebanyak 25 persen.

 

Pakan Alternatif untuk Meningkatkan Produksi Jual Susu Kambing Etawa

Ada beberapa pakan alternatif yang dapat diberikan pada kambing perah untuk meningkatkan produktivitas usaha jual susu perah. Berikut penjelasan 7 pakan alternatif yang ampuh menaikkan produksi susu kambing untuk membuka usaha jual susu kambing terdekat.

  1. Daun orok-orok

Daun orok-orok mampu menaikkan produktivitas susu kambing hingga 3,4 liter susu setiap harinya. Jumlah itu lebih banyak dibanding produksi biasa yang hanya menghasilkan 2 liter susu per hari. Daun orok-orok mengandung protein yang cukup tinggi hingga 25—27 persen. Cara pemberian daun orok-orok adalah mencampurnya ke bahan konsentrat, cukup mudah untuk bisa buka usaha jual susu kambing murni terdekat dan mudah ditemui.

  1. Daun tarum

Daun tarum digunakan oleh peternak kambing asal Bogor yang diberikan dengan cara dicampurkan dengan bahan pakan lain. Komposisi pakan yang terbuat dari campuran daun tarum adalah 3 kg daun tarum, 1 kg daun singkong karet, 2 kg rumput gajah, 1,5 kg konsentrat, dan 1 kg ampas tahu. Produksi susu akan meningkat sebanyak 30 persen.

  1. Limbah kulit singkong dan ampas tapioka

Kedua jenis limbah ini dapat diperoleh dari pabrik tapioka dengan harga yang murah. Kedua jenis limbah ini akan menaikkan volume produksi dan membuat rasa susu menjadi lebih gurih untuk usaha jual susu kambing terdekat.

  1. Daun pepaya

Daun pepaya dapat diberikan menjadi pakan alternatif dengan cara diolah menjadi biskuit agar daun pepaya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Daun pepaya dapat diberikan pada pagi dan sore hari sebanyak 2—3 buah yang dicampurkan dengan konsentrat. Penggunaan daun pepaya mampu meningkatkan produksi susu hingga 40 persen.

  1. Daun katuk

Wafer daun katuk dapat meningkatkan produksi susu kambing. Daun katuk dapat diberikan pada pagi dan sore hari. Selain itu, aroma yang dihasilkan akan lebih gurih dan susu terbebas dari bau prengus khas kambing untuk menunjang kepercayaan konsumen untuk usaha jual susu kambing murni terdekat terpercaya.

  1. Buah pepaya muda dan umbi singkong

Potongan buah pepaya muda dan umbi singkong sangat baik untuk meningkatkan produksi susu. Peternak pun dapat menanam sendiri pohon pepaya dan singkong di sekitar area peternakan sehingga dapat menghemat biaya pakan ternak.

  1. Daun nangka, bungkil kedelai, dan singkong

Peternak yang melakukan usaha jual susu perah dapat memanfaatkan daun nangka, bungkil kedelai, dan singkong sebagai bahan meracik pakan alternatif yang mampu menaikkan produksi susu setiap harinya sebanyak1,5 liter untuk dijual pada usaha jual susu kambing murni terdekat sehingga Araca Milk yang menjadi susu terkenal yang akan bisa Anda temui untuk penuhi asupan nutrisi Anda.