Coffee Shop Jakarta, Cafe Jakarta, Tempat Nongkrong Jakarta, Cafe Instagramable Jakarta - Best Coffee Shop Jakarta Wajib Dicoba - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Tinggal di Jakarta, penikmat kopi atau bukan pastinya sering nongkrong ke coffee shop Jakarta. Berikut Cafe Jakarta terbaik, dari cafe instagramable di Jakarta sampai asiknya tempat nongkrong di Jakarta.

Berjamurnya budaya minum kopi di Indonesia selama beberapa tahun kebelakang berhasil meningkatkan geliat bisnis kopi, terutama di ibu kota. Coffee shop Jakarta pun sudah tak terhitung jumlahnya.

Tidak hanya menjadi wadah bagi para pecinta kopi tanah air, coffee shop  juga sudah menjadi pilihan utama tempat nongkrong di Jakarta.

Dengan keunikannya masing-masing, coffee shop Jakarta tidak hanya menyuguhkan racikan kopi yang nikmat, namun juga fasilitas lain, mulai dari area outdoor hingga peraturan pet friendly.

Berikut adalah daftar coffee shop Jakarta yang wajib kalian coba.

1. Dancing Goat Coffee

‘Hangat’ merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan interior Dancing Goat Coffee.

Coffee Shop Jakarta, Cafe Jakarta, Tempat Nongkrong Jakarta, Cafe Instagramable Jakarta - Best Coffee Shop Jakarta Wajib Dicoba - Candi
Sumber: https://www.instagram.com/p/CJ23yQ_hlCx/

Coffee shop yang terletak di bilangan Jakarta Barat, tepatnya di Ruko Grand Puri Niaga ini memiliki dua lantai. Daya tampung Dancing Goat cukup besar, sehingga kalian tidak perlu khawatir jika mampir bersama rombongan.

Di lantai dua, kalian akan menemukan meja panjang dengan kursi individu yang langsung menghadap jendela besar. Area ini cocok sekali untuk kalian yang ingin bekerja atau berbincang dengan suasana yang sedikit lebih private.

Salah satu keunggulan Dancing Goat adalah jam operasionalnya yang terbilang cukup pagi, yaitu mulai dari jam 8 pagi. Kalian jadi tidak perlu bingung lagi memenuhi kebutuhan kopi di pagi hari.

Selain menu racikan kopi, Dancing Goat juga menyediakan minuman non-kopi, makanan berat, snack, hingga cake.

2. Fillsgood Coffee

Sedang mencari coffee shop hidden gem di Jakarta Barat? Fillsgood-lah jawabannya.

Coffee Shop Jakarta, Cafe Jakarta, Tempat Nongkrong Jakarta, Cafe Instagramable Jakarta - Best Coffee Shop Jakarta Wajib Dicoba - Candi
Sumber: https://www.instagram.com/p/CL6j9t8gOji/

Mengusung konsep minimalis ala Korea, coffee shop yang berlokasi di daerah Kebon Jeruk ini cocok sekali untuk kalian jadikan tempat beristirahat selepas berolahraga akhir pekan.

Fillsgood tidak memiliki area duduk di bagian dalam kedai. Namun, tersedia tempat duduk outdoor berupa kursi panjang serta tempat duduk di area rooftop.

Bila kalian hobi berfoto OOTD, kalian bisa memanfaatkan tanaman merambat yang ada di Fillsgood sebagai pemanis.

Jika ingin mampir ke Fillsgood, sebaiknya kalian menggunakan kendaraan umum atau kendaraan roda dua.

Bila ingin menggunakan kendaraan roda empat, ada baiknya kalian menghubungi terlebih dahulu agar kalian tidak kesulitan mencari lahan parkir.

3. SEDJUK Bakmi & Kopi

Bakmi ayam oven merupakan menu yang unik. Namun, bagaimana jadinya bila bakmi ayam oven berpadu dengan kopi?

Kombinasi unik ini bisa kalian temukan di SEDJUK Bakmi & Kopi yang berlokasi di daerah SCBD, tepatnya di Jalan Tulodong, Jakarta Selatan.

Sesuai dengan namanya, SEDJUK memang memberikan kesan sejuk. Tidak hanya karena areanya penuh dengan tanaman hias dan tanaman merambat, SEDJUK juga memberikan kesan ‘homey’ dengan kehadiran joglo yang berfungsi sebagai dining area.

Interiornya yang tertata dengan apik membuat SEDJUK menjadi salah satu opsi cafe instagrammable di Jakarta.

Karena kelezatan menunya, SEDJUK tidak pernah sepi dari pengunjung. Namun, tenang saja, SEDJUK juga memiliki cabang di daerah Cinere dan Cikeas yang bisa kalian sambangi.

4. Twin House Coffee & Kitchen Cipete

Ingin mengadakan garden party, namun tidak tahu lokasi cafe Jakarta yang memiliki lahan yang luas? Jangan khawatir, kalian bisa melaksanakannya di Twin House Coffee & Kitchen.

Coffee shop yang berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya di Cipete. Cafe ini juga memiliki cabang di daerah Bintaro dan Blok M. Meski begitu, hanya cabang Cipete yang menyediakan area outdoor yang cukup luas.

Twin House mengusung konsep homey dengan penggunaan furnitur kayu. Selain itu, dominasi warna putih dengan aksen kuning pada interior Twin House bisa menjadi pemanis bagi kalian yang gemar berfoto.

Kabarnya, nama Twin House dipilih karena susunan cafenya yang memiliki dua bangunan yang terletak berdampingan.

Twin House memiliki pilihan menu yang beragam. Tidak hanya menu nasi dan pasta, Twin House juga menyediakan berbagai olahan shirataki, dessert hingga smoothies. Ini membuat Twin House cocok untuk kalian datangi bersama keluarga.

5. Phyllo Coffee & Kitchen

“Creating an oasis, in the middle of hectic neighborhood”. Ini adalah motto yang sesuai untuk Phyllo Coffee & Kitchen yang berhasil menyabet gelar ‘best hidden gem’.

Coffee Shop Jakarta, Cafe Jakarta, Tempat Nongkrong Jakarta, Cafe Instagramable Jakarta - Best Coffee Shop Jakarta Wajib Dicoba - Candi
Sumber: https://www.instagram.com/p/CE5yJGkhyNw/

Cafe Jakarta outdoor yang berlokasi di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara ini memang memiliki lokasi yang agak tersembunyi, sehingga kalian harus jeli dalam mencari.

Tidak jarang banyak pengunjung yang mengira bahwa Phyllo tidak beroperasi karena pintu gerbangnya yang tertutup. Bila kalian mengalami hal ini, kalian bisa infokan ke satpam agar bisa memasuki area.

Phyllo memilih menggunakan kaca sebagai sekat antara area indoor dan outdoor untuk menimbulkan kesan lapang. Lokasi Phyllo yang dihiasi berbagai pohon dan tanaman hias juga mampu membuat kalian betah nongkrong berlama-lama di sini.

6. Sallo Coffee

Belum lengkap rasanya berkunjung ke daerah Tebet tanpa menyambangi Sallo Coffee. Kedai kopi yang satu ini memang memiliki banyak penggemar, terbukti dengan ramainya jumlah pengunjung, terutama di malam hari.

Tidak hanya karena racikan kopinya yang ciamik, Sallo Coffee juga menjadi favorit karena merupakan salah satu opsi coffee shop Jakarta 24 jam.

Selain itu, Sallo Coffee juga menjadi salah satu destinasi cafe Jakarta live music. Live music tersedia di Sallo setiap Jumat dan Sabtu.

Tentu saja, di era pandemi ini, Sallo Coffee memutuskan menyesuaikan jam operasional mereka menjadi 09.30 – 21.00.

Dining area di Sallo Coffe terbagi dua, yaitu area indoor dan outdoor. Sallo Coffee cocok sekali untuk menjadi tempat nongkrong di Jakarta Selatan.

7. Say Something Coffee

Menghabiskan akhir pekan bersama anabul atau anak bulu memang menyenangkan, terutama bila kalian lakukan sambil menyeruput segelas kopi yang nikmat.

Cafe pet friendly di Jakarta memang belum terlalu banyak jumlahnya. Namun, hal ini tidak berlaku di Say Something Coffee.

Say Something Coffee berbagi lahan dengan Como Park, sebuah dog park di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Warna hitam, putih dan coklat mendominasi interior Say Something Coffee hingga menimbulkan kesan maskulin namun juga hangat.

Selain menyediakan racikan kopi, Say Something Coffee juga memiliki pilihan menu makanan berat, baik makanan khas nusantara maupun western.

Menikmati secangkir kopi sambil bermain dengan hewan peliharaan di akhir pekan, rasa-rasanya bisa menghapus rasa lelah setelah beraktivitas selama sepekan penuh, bukan?

8. Kaneki Jakarta

Dalam bahasa Jepang, Kaneki memiliki arti ‘karantina’. Sungguh nama yang pas dan catchy untuk Kaneki Jakarta. Pasalnya, coffee shop ini berdiri saat pemerintah sedang menjalankan operasi PSBB dalam rangka meminimalisir penyebaran virus kala pandemi.

Coffee Shop Jakarta, Cafe Jakarta, Tempat Nongkrong Jakarta, Cafe Instagramable Jakarta - Best Coffee Shop Jakarta Wajib Dicoba - Candi
Sumber: https://pergikuliner.com/restaurants/kaneki-duren-sawit/gallery

Tidak hanya nama, Kaneki juga mengambil unsur dan ornamen Jepang dalam pemilihan desain interiornya. Misalnya dari bentuk logo Kaneki yang sekilas terlihat seperti kaligrafi Jepang, serta tempat order berupa jendela kecil yang mengingatkan pada restoran mungil Jepang yang ada di manga.

Kaneki berlokasi di daerah Jakarta Timur, tepatnya di Duren Sawit. Karena terletak di kompleks perumahan, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau kendaraan online apabila hendak mampir ke sini.

Kaneki mematok harga murah untuk pilihan menunya. Harga segelas kopi di Kaneki tidak sampai Rp 30.000. Selain itu, Kaneki juga memiliki berbagai menu makanan yang juga bernuansa Jepang seperti olahan mentai, saikoro dan shirataki.

Kaneki memiliki porsi dining area outdoor yang lebih banyak daripada area indoor. Untuk kalian yang gemar bersepeda, coffee shop yang beroperasi dari jam 10.00 pagi ini juga cocok untuk kalian sambangi sehabis berkeliling. Disini tersedia parkir untuk kendaraan pribadi serta tiang pengunci sepeda.

9. Kopi Toko Djawa

Apakah kalian familiar dengan Jalan Braga di Kota Bandung? Jika jawabannya ya, kemungkinan besar kalian pernah melihat keberadaan coffee shop mungil bernama Kopi Toko Djawa di sana.

Kopi Toko Djawa di Bandung memiliki banyak penggemar. Outlet-nya tidak sepi dari pengunjung, baik yang take away maupun dine in.

Berkat kepopulerannya, Kopi Toko Djawa memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke Jakarta. Tak tanggung-tanggung, Kopi Toko Djawa langsung memiliki dua lokasi, yaitu di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan dan daerah  Menteng di Jakarta Pusat.

Kopi Toko Djawa bisa kalian jadikan opsi cafe instagrammable murah di Jakarta berkat interiornya yang hangat. Penggunaan furnitur kayu dan warna merah bisa membuat kalian seperti berada di rumah.

Menu favorit di Kopi Toko Djawa adalah Es Kopi Awan dan Es Kopi Djawa. Sebagai pelengkap, kedai ini juga menyediakan berbagai camilan seperti cookies, croissant hingga keripik tempe.

10. Deja Coffee & Pastry

Terapit dengan ruko lain yang berwarna abu-abu, Deja Coffee & Pastry yang menggunakan warna hijau emerald ini terlihat mencolok. Coffee shop satu ini tidak mungkin terlewatkan oleh mata kalian.

Deja Coffee & Pastry memang berbeda dari kebanyakan coffee shop yang menganut desain minimalis.

Pemilihan warna pink salmon yang berpadu dengan hijau emerald serta hadirnya furnitur kayu menjadi keunikan tersendiri. Selain itu, aksen neon lights dan tanaman hias juga membuat cafe ini sangat instagrammable dan cocok menjadi destinasi untuk berfoto ria.

Deja menyediakan banyak sekali menu yang bisa kalian pilih, mulai dari makanan berat, pasta, hingga snack. Kebanyakan menu makanannya bernuansa western.

Untuk minumannya, ada banyak racikan kopi yang bisa kalian pilih. Jika sedang tidak ingin minum kopi, kalian juga bisa pilih seduhan teh khas Deja atau berbagai minuman ice blended.

 

Mencari tempat nongkrong di Jakarta tidaklah sulit. Tiap coffee shop Jakarta memiliki keunikan, baik dari segi interior maupun menunya.  Tidak heran, banyak orang yang senang menyambangi cafe-cafe Jakarta di sela-sela waktunya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *