Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Media Sosial merupakan salah satu tempat paling beracun jika berbicara tentang tempat wisata yang lagi hits dan happening. Tentu saja hal ini termasuk tempat wisata Kintamani, salah satu wilayah administratif di Pulau Dewata Bali yang menjadi perbincangan hangat akan destinasi wisatanya.

Tidak akan ada habisnya membicarakan destinasi wisata di Bali, salah satu tujuan yang paling banyak pemburunya di Indonesia. Tapi, tentu saja kalian tidak akan memiliki banyak waktu untuk menjarah semuanya. Nah, di sini Kintamani hadir menjadi satu dari banyaknya destinasi paling hits dan tepat untuk kalian kunjungi.

Apa sih Daya Tarik Kintamani, Bali Itu?

Pertanyaan ini pasti akan muncul di antara kalian yang sering mendengar Kintamani, tapi belum tahu apa yang menarik dari daerah wisata yang lagi happening dan populer ini. Buat kalian yang penasaran apa saja daya tarik Kintamani, ini dia beberapa di antaranya.

  • Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Alam Indah di Bali

Bisa dibilang, keindahan wisata alam merupakan salah satu destinasi jempolan di Kintamani. Salah satunya adalah bentang alam Gunung Batur yang begitu fenomenal. Daerah wisata Kintamani juga populer dengan daerah pegunungannya yang asri dan memiliki hawa sejuk yang sangat naman.

Kintamani juga merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata bagi masyarakat kota yang ingin liburan ke Bali dengan tempat yang tenang serta jauh dari keramaian kota.

  • Kintamani Merupakan Daerah Pertanian Subur

Karena letaknya berada di kaki Gunung Batur yang masih aktif, membuat daerah ini menjadi lebih subur daripada daerah-daerah lainnya yang jauh dari pegunungan. Oleh sebab itulah, Kintamani jadi daerah dengan pertanian yang subur.

Sama seperti daerah lain yang juga berada di kawasan pegunungan, hasil pertanian di kawasan Kintamani juga sangat baik karena tanahnya yang sangat subur. Beberapa hasil pertanian dari daerah Kintamani adalah sayur-sayuran sawi, kembang kol, cabe, bawang daun, dan masih banyak lagi.

  • Fasilitas dan Akomodasi untuk Wisata yang Sangat Memadai

Salah satu hal yang sangat berpengaruh dari sebuah tempat wisata adalah peralatan, serta sarana dan prasarana yang memadai. Tentu saja hal ini termasuk infrastruktur dan transportasi. Sebagai daerah wisata yang populer, tentu saja Kintamani telah menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk memudahkan wisatawan.

Di Kintamani, kalian tidak perlu khawatir tentang transportasi. Tempat makan Kintamani juga bertebaran di mana pun, mulai dari warteg sampai cafe. Bagi kalian yang ingin berlibur dalam waktu lama, kalian juga tidak perlu khawatir karena di sana juga tersedia banyak penginapan.

Rekomendasi Wisata Kintamani Pulau Dewata Bali yang Sedang Happening 2021 

Apakah kalian termasuk yang tertarik untuk berwisata ke Kintamani Bali? Atau jangan-jangan sudah berencana tapi bingung destinasi mana saja yang akan kalian kunjungi? Jangan khawatir! Berikut ini beberapa rekomendasinya. Dijamin puas liburannya, deh!

1. Desa Penelokan, Suguhkan Bentang Alam Gunung Batur, Kintamani

Desa Penelokan menjadi destinasi wisata pertama yang direkomendasikan untuk kalian kunjungi saat memutuskan untuk berwisata ke Kintamani. Apa kalian tahu? Desa Penelokan merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diburu oleh wisatawan, lho.

Desa Penelokan merupakan destinasi wisata hits yang terletak di jalan Raya Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasi destinasi wisata ini ada di sebelah selatan Desa Batur Tengah di kecamatan yang sama.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Jika kalian mengambil rute dari Kota Bangli, kalian hanya akan menempuh rute sejauh 20 km. Jika kalian langsung menuju ke Desa Penelokan dari Bandara Ngurah Rai, kalian hanya perlu menempuh perjalanan sepanjang 60 km.

Salah satu pertanyaan yang pasti akan terlintas di pikiran kalian adalah, apa daya tarik wisata desa Penelokan? Destinasi wisata ini memiliki daya tarik panorama alam khas dataran tinggi. Kalian bisa menikmati pemandangan sekaligus menikmati kuliner di restaurant, atau sambil staycation di penginapan dengan view menawan.

2. Danau Batur, Kaldera Terindah di Dunia 

Tidak jauh dari destinasi wisata Desa Penelokan, kalian harus banget untuk mengunjungi destinasi wisata Danau Batur, kaldera yang letaknya di Desa Penelokan Utara. Lokasinya berada di lereng Gunung Batur.

Seperti judulnya, bagi wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke Danau Batur pasti tidak akan menyanggah pernyataan bahwa destinasi ini merupakan salah satu kaldera terindah di dunia. Selain airnya kebiruan memantulkan warna langit, alamnya yang asri sekaligus Gunung Batur yang megah, begitu sangat memukau.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Selain pemandangannya yang sangat menakjubkan, destinasi wisata Danau Batur juga sangat populer dengan legenda tentang Perjanjian Kebo Iwa dan penduduk desa setempat. Legenda ini begitu menarik lho, kalian harus cari tahu infonya di internet!

Untuk mengunjungi destinasi yang eksotis di Bali ini, kalian hanya perlu menempuh waktu 2 jam waktu berkendara dari Kota Denpasar. Atau 1,5 jam perjalanan jika kalian datang dari arah Singaraja.

Jika kalian tertarik mengunjungi danau yang dianggap sebagai kaldera terbaik di dunia, kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orangnya. Murah bukan?

3. Gunung Batur, Gunung Tertinggi ke-2 di Pulau Dewata Bali

Setelah membahas destinasi wisata Desa Penelokan dan Danau Batur, tidak lengkap rasanya juga tidak membahas objek utama di antara dua objek sebelumnya. Objek utama itu adalah Gunung Batur dengan segala keindahan panorama alamnya.

Harus kalian tahu, gunung yang berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani ini merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah gunung Agung. Selain itu,sampai saat ini, Gunung Batur masih berstatus aktif.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Tentu saja, daya tarik utama dari Objek Wisata Kintamani Bali ini adalah pemandangan yang menakjubkan. Apalagi hamparan batuan hitam pasca letusan yang menampilkan panorama eksotis

Selain keindahan alamnya, Gunung Batur juga terkenal di antara kalangan pecinta olahraga pendaki gunung. Cocok bagi kalian yang ingin merasakan sensasi baru mendaki gunung. Oh iya, bagi kalian yang ingin mendaki gunung Batur, jangan lupa registrasi di Pos Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur dulu, ya.

4. Pura Ulun Danu Batur, Salah Satu Pura Terpenting di Bali

Selain menikmati pemandangan memanjakan mata di destinasi wisata alam Kintamani, kalian harus banget mengunjungi destinasi budaya sekaligus tempat ibadah umat Hindu di Bali yang satu ini. Harus kalian tahu, Kintamani adalah satu dari banyaknya daerah di Bali yang kebudayaan lokalnya masih sangat kental.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pura Ulun Danu merupakan salah satu pura terpenting di Bali. Tidak heran jika pura ini disebut sebagai Pura Kahyangan, pura pemelihara keharmonisan dan kestabilan seluruh pulau.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Saat mengunjungi Pura Ulun Danu, suasana damai dan tenang yang khas akan langsung menyambutnya. Tentu saja, hal ini juga karena fungsi utama Pura Ulun Danu yang menjadi tempat beribadah warga setempat.

Karena pura ini fungsi utamanya adalah tempat beribadah, sebaiknya tetap menjaga sikap selama berada di area pura, ya. Oh iya, untuk mengunjungi pura ini, kalian wajib mengenakan kain khusus khas bali. Tidak perlu khawatir, di sana sudah ada tempat khusus untuk menyewa kainnya, kok.

5. Taman Wisata Ampupu Kembar

Tidak jauh dari lokasi destinasi wisata Danau Batur, kalian bisa bersantai di lokasi wisata Taman Ampupu Kembar. Destinasi wisata yang satu ini masih sangat alami dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Danau Batur, destinasi Taman Wisata Ampupu Kembar merupakan tempat yang strategis untuk beristirahat. Baik setelah treking maupun setelah mandi air panas.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Destinasi satu ini sebenarnya adalah hutan pinus di Kintamani yang belum banyak pengunjung. Karena itulah, Taman wisata Ampupu kembar menjadi salah satu tempat terfavorit bagi kalian yang suka kedamaian dan ketenangan saat menikmati keindahan alam.

Perlu kalian ketahui, karena tempatnya yang masih alami dan asri, menjadikan lokasi yang satu ini sulit dijangkau dengan kendaraan, baik itu motor sekalipun. Jadi, untuk menuju ke taman wisata ini kalian harus berjalan kaki. Meski begitu, lokasinya yang instagramable dan indah dijamin tidak bikin capek, deh.

6. Toya Bungkah, Pemandian Air Panas Kintamani, Pulau Dewata Bali

Apakah kalian pernah membayangkan mandi air hangat di kolam yang lokasinya tepat berada di sebuah landscape alam dengan keindahan luar biasa? Jika belum, kalian wajib coba merasakan sensasi ini di pemandian air panas Kintamani, Toya Bungkah.

Perlu kalian ketahui, air panas yang dimaksud di destinasi wisata satu ini bukan dipanaskan oleh alat, lho. Air Panas ini bersumber dari Gunung Batur. Sehingga, kalian bisa merasakan kealamian sensasi bermandi di kolam air panas dengan pemandangan memanjakan mata.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Toya Bungkah Batur ini memiliki beberapa jenis kolam yang berbeda. Mulai dari kolam pemandian air panas untuk anak dan kolam natural therapy hot Spring Water. Selain itu juga ada kolam Floating Sunburn Batur Natural Hot Spring dan kolam renang Toya Bungkah.

Lokasi salah satu tempat wisata di Bali ini berada di Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah, Kabupaten Banglli. Pemandian air panas alami ini diyakini memiliki khasiat baik untuk berbagai penyakit. Tahukah kalian? Bahkan suhu terpanas di destinasi wisata ini mencapai 50oC. Tertarik buat coba?

7. Desa Trunyan, Prosesi Adat dan Tradisi Budaya yang Unik

Setelah puas menjelajah berbagai lokasi wisata yang menakjubkan lainnya di Bali, rasa-rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi destinasi wisata Desa Trunyan, desa dengan tradisi budaya yang bikin berdecak kagum.

Apa yang terlintas di pikiran kalian jika mayat tidak dikubur atau dikremasi, dan hanya diletakkan di tanah begitu saja? Pasti akan mengeluarkan aroma khas yang sebenarnya kurang sedap, bukan? Tapi hal ini tidak akan terjadi di Desa Trunyan.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Desa Trunyan memang lengket dengan budaya pemakaman yang berbeda dari umumnya. Cara penguburan orang meninggal bukan dengan dikubur di dalam tanah atau ngaben, tetapi hanya diletakkan di atas tanah.

Tapi anehnya, meski dalam jangka waktu lama, jasad orang yang sudah meninggal di sini tidak mengeluarkan aroma khas seperti pada umumnya. Fenomena ini dikaitkan dengan keberadaan pohon-pohon bernama Pohon Taru Menyan. Pohon yang berusia ribuan tahun dan dianggap keramat oleh Masyarakat Bali.

8. Gunung Abang. Spot Sunrise dan Tempat Wisata Alam yang Damai

Selain Gunung Batur, saat berwisata di Kintamani, Bali, kurang lengkap juga tanpa melihat pemandangan sunrise dari Gunung Abang. Sama seperti destinasi wisata Desa Penelokan, apabila melihat dari salah satu sisi Gunung Abang, kalian dapat menyaksikan keindahan alam landscape Danau Batur yang menakjubkan.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Destinasi wisata ini juga cocok untuk kalian yang suka melihat pemandangan indah matahari terbit. Apalagi ketinggian puncak Gunung Abang sendiri mencapai 2151 meter diatas permukaan laut. Sebuah perpaduan komplit untuk melihat keindahan bentang alam Danau Batur dan pemandangan sunrise.

Karena letaknya yang tinggi, kondisi udara di sini juga sangat sejuk dan menenangkan. Selain itu, lokasinya yang jauh dari kebisingan kota juga menambah kenikmatan berwisata di Gunung Abang.

9. Museum Geopark Batur

Berlibur ke Kintamani, Bali juga kurang lengkap jika belum mengunjungi Museum Geopark Batur, rekomendasi tujuan wisata Kintamani yang berikutnya.

Seperti yang kalian ketahui, Kintamani merupakan kawasan wisata yang destinasinya kebanyakan mengandalkan landscape Gunung Batur. Namun, daya tarik Kintamani juga tidak hanya pada spot alam indah Gunung Batur dan Penelukan saja. Apalagi kalau bukan Museum Geopark Batur.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Untuk kalian yang tertarik menikmati dan mempelajari budaya dan sejarah, Museum Geopark Batur merupakan salah satu tujuan yang wajib kalian kunjungi. Lokasi museum ini sendiri berada di Jl Raya Penelokan, Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Tentu saja kalian pasti sudah bisa menebak apa saja yang akan ada di dalamnya. Di dalam museum ini, kalian bisa melihat-lihat secara langsung koleksi artefak, gambaran budaya, koleksi batuan, dan hal-hal lainnya tentang Batur.

10. Desa Pinggan

Kalian suka berkemah? Kintamani merupakan daerah wisata yang cocok untuk hal itu dan kalian wajib melakukannya di sini. Selain karena wisata alamnya yang menawan, Kintamani juga terkenal akan lokasinya yang friendly untuk hal kemping atau berkemah.

Jika sebelumnya kalian sudah menjelajah Penelokan dan ingin mengunjungi tempat berkemah terbaru di Kintamani, kalian bisa mencoba untuk mengunjungi desa Pinggan dan berkemah di bukit yang letaknya tidak terlalu jauh.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Karena jalan menuju lokasi rumahnya tidak terlalu jauh dan curam, lokasi ini juga jadi salah satu rekomendasi bagi kalian yang suka dengan kehidupan alam namun tidak suka mendaki gunung. Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam Desa Pinggan adalah saat matahari terbit dan lebih indah saat langit cerah.

Destinasi wisata yang satu ini juga sudah memiliki infrastruktur jalan yang baik. Kalian bahkan bisa menaiki transportasi umum. Namun, karena desa ini belum sepenuhnya menjadi desa wisata, beberapa perlengkapan pribadi mungkin tidak tersedia dan kalian harus membawanya sendiri.

11. Toya Devasya Natural Hot Spring

Jika tadi kita sudah bahas pemandian air panas Toya Bungkah, ada lagi satu tempat pemandian air panas yang juga tidak boleh terlewatkan saat berwisata ke Kintamani. Destinasi ini bernama Toya Devasya Natural Hot Spring.

Kolam air panas Toya Devasya memiliki daya tarik untuk berendam dengan sumber mata air panas yang berasal dari Gunung Batur. Sejauh ini, sudah banyak wisatawan yang berkunjung dan menghabiskan waktu untuk berendam sembari menikmati keindahan pemandangan alam Kintamani Bali.

Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani  Bali yang Sedang Happening di 2021 - Tempat Wisata Kintamani - Candi
Wow, Inilah 11 Tempat Wisata Kintamani Bali yang Sedang Happening di 2021 – Tempat Wisata Kintamani – Candi

Jadi salah satu solusi untuk kalian yang sudah bosan dengan liburan di pantai, atau kalian yang ingin merasakan sensasi wisata alam yang berbeda langsung aja sambangi Kintamani karena sudah terbukti memiliki banyak destinasi wisata mengagumkan dan keren. Tentunya sayang untuk kalian lewatkan saat berkunjung ke Bali.

Nah, itulah tadi daftar 11 Tempat Wisata Kintamani yang direkomendasikan untuk kalian yang tertarik atau bahkan sedang merencanakan liburan ke pulau Dewata Bali. Apakah ulasan ini menambah informasi kalian? Jangan lupa untuk share ke sosial media tentang destinasi wisata Kintamani Bali ini, ya!


Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *