Oleh-oleh Khas Bali, Liburan ke Bali, Oleh-oleh Murah di Bali, Aktivitas di Bali - Jangan Lupa Mampir ke Tempat Ini Untuk Beli Oleh-Oleh Khas Bali - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Liburan ke Bali rasanya tidak lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh khas Bali. Berikut beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh murah di Bali.

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Bali? Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang boleh dibilang “surga”-nya para wisatawan. Di sini kalian akan dimanjakan dengan destinasi wisata dan oleh-oleh khas Bali yang sangat beragam.

Sejak tahun 70-an hingga saat ini wisatawan dari berbagai negara terus menerus berdatangan melakukan aktivitas di Bali. Ada yang datang karena ingin berlibur bersama keluarga, honey moon, meeting, dan masih banyak lagi.

Di Bali kalian tidak perlu heran kalau melihat anjing dan kera berkeliaran. Selain itu kalian juga akan banyak menemukan sesajen dan pura kecil di tiap rumah. Ini mungkin menjadi asal muasal gelar “pulau dewata” dan “pulau seribu pura.”

Tempat Recommended Untuk Beli Oleh-oleh Khas Bali

Berbelanja boleh jadi merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan bila kalian melakukan perjalanan. Ini supaya kalian bisa terus menyimpan kenangan kalian di daerah tersebut.

Setiap daerah memiliki oleh-oleh khasnya masing-masing, termasuk Bali. Bali yang terkenal di kancah internasional karena keindahannya memiliki beragam barang dan makanan khas yang menanti untuk kalian beli.

Liburan ke Bali rasanya kurang lengkap bila tidak membawa pulang buah tangan. Oleh karenanya, berikut tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Bali. Perhatikan baik-baik ya.

1. Desa Beng: Surganya Kaos Barong Murah Oleh-oleh Khas Bali

Ini adalah tempat oleh-oleh murah di Bali yang terkenal dengan kaos barongnya. Kalau kalian datang ke tempat lain, satu kaos barong harganya sekitar Rp 30.000 – 70.000. Di tempat ini kalian hanya perlu mengeluarkan Rp. 9.000 – 15.000 saja.

Sangat murah bukan?

Desa Beng berlokasi di Kabupaten Gianyar. Tempatnya pun dekat dengan kantor Bupati Gianyar, yang artinya masih termasuk daerah kota.

2. Jalan Nangka: Pie Susu Nikmat, Harga Bersahabat

Pie susu adalah makanan yang tidak boleh kalian lewatkan kalau berkunjung ke Bali. Selain karena khas makanan Bali, rasanya pun sangat nikmat.

Oleh-oleh Khas Bali, Liburan ke Bali, Oleh-oleh Murah di Bali, Aktivitas di Bali - Jangan Lupa Mampir ke Tempat Ini Untuk Beli Oleh-Oleh Khas Bali - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/579697783281653472/

Di Jalan Nangka, Denpasar kalian bisa mendapat makanan ini dengan harga yang bersahabat. Kalau biasanya harga 10 pcs pie susu mulai dari Rp 23.000, di sini kalian hanya perlu menambah Rp. 12.000 untuk menikmati 25 pcs.

Masih mahal buat? Tenang, kalian juga bisa membeli pie susunya satuan. Harganya pun hanya Rp. 1.500.000 per 1 pcs.

Di tempat ini kalian bisa menemukan rumah-rumah produksi pie susu terkenal, seperti Pie Susu Dhian dan Pie Susu Enak. Wah, menarik bukan?

3. Ceking: Pusatnya Aksesoris Oleh-oleh Khas Bali

Ceking adalah desa yang warganya kebanyakan merupakan pengrajin kayu. Bahkan, kalian mungkin akan menemukan toko aksesoris di hampir tiap rumah.

Tempatnya cukup dekat dengan Ubud. kalian hanya perlu pergi sekitar 30 menit ke arah Desa Wisata Tegalalang untuk menemukan surganya aksesoris Bali.

Harganya pun akan membuat kalian tertegun. Hanya dengan uang Rp. 3.000, dan tidak lebih dari Rp. 15.000, saja kalian sudah bisa mendapatkan pajangan dinding atau meja.

Bahkan galeri-galeri waga di sini juga menjadi pemasok aksesoris di pasar seni Kuta atau Seminyak. Biasanya ketika barang tersebut sudah masuk pasar seni harganya akan naik drastis. Jadi, dengan datang ke Ceking kalian bisa menghemat uang untuk membeli oleh-oleh lain.

4. Bali Banana: Tempat Bersantap di Bandara Ngurah Rai

Mungkin kalian sudah sering menemukan olahan pisang, namun Bali Banana mungkin merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat barusan landing di Ngurah Rai.

Yap, lokasi gerainya masih berada di Bandara Internasional Ngurah Rai. Tepatnya di Gate 6.

Kalian hanya perlu mengeluarkan Rp 35.000 untuk menikmati satu kotak banana cake berbagai topping dan rasa ini. Harga ini sangat worth it untuk rasanya yang memanjakan lidah.

5. Pasar Sukawati: Tempat Mengasah Skill Tawar-Menawar

Kalau kalian punya kemampuan yang hebat dalam melakukan tawar-menawar harga, cobalah berkunjung ke pasar yang terkenal di Bali ini.

Oleh-oleh Khas Bali, Liburan ke Bali, Oleh-oleh Murah di Bali, Aktivitas di Bali - Jangan Lupa Mampir ke Tempat Ini Untuk Beli Oleh-Oleh Khas Bali - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/791718809488798645/

Bila kalian menemukan beragam kerajinan, tas, atau baju yang harganya kurang pas, cobalah tawar dari setengah harganya. Kalau penjualnya menolak, beraktinglah pura-pura pergi.

Eits, tapi perhatikan harganya juga ya. Di sini tempat belanja oleh-oleh murah di Bali.

Tertarik? Kalian bisa mengunjungi pasar Sukawati yang berlokasi di Gianyar ini. Cukup dekat dengan salah satu destinasi Bali yang wajib dikunjungi, Denpasar.

6. Seniman Coffee: Muara Kopi Nusantara

Bagi kalian pecinta kopi atau kafe, cobalah untuk mampir ke Seniman Coffee di Ubud. Di sini kalian bukan hanya bisa menemukan berbagai macam kopi, tapi juga kopi dan makanan daerah Indonesia.

Lalu bagaimana dengan harganya? Harganya cukup beragam, mulai dari Rp 80.000.

Kalau kalian ingin membelinya dari hotel, kalian juga bisa memesannya melalui Shopee, Gofood, Tokopedia, dan Grab. Tidak perlu susah-susah keluar hotel, deh. 

7. Bali Pulina: Tempatnya Minum dan Belajar Cara Mengolah Kopi

Kalau di Seniman Coffee kalian bisa merasakan kopi dari berbagai daerah di Indonesia, di Bali Pulina kalian khusus menikmati kopi Bali. Rasanya pun tidak perlu kalian tanyakan lagi. Tentu saja nikmat.

Oleh-oleh Khas Bali, Liburan ke Bali, Oleh-oleh Murah di Bali, Aktivitas di Bali - Jangan Lupa Mampir ke Tempat Ini Untuk Beli Oleh-Oleh Khas Bali - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/196751077458083062/

Bali Pulina bisa kalian kunjungi di Buleleng, Bali Utara. Selain bisa membeli kopi luwak yang harganya sangat ramah, kalian juga dapat belajar cara mengolah kopi-kopian. Ini akan makin melengkapi liburanmu di Bali.

8. Krisna Oleh-Oleh Khas Bali: Kerjaan Oleh-Oleh Bali

Bagi kalian yang berkunjung ke Bali, Krisna Oleh-Oleh mempunyai motto yang menunjukkan perjalanan kalian belum lengkap kalau tidak mampir ke sini. Yap, tempat ini bisa jadi penutup aktivitas di Bali.

Banyak wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke tempat ini, walaupun ada banyak toko oleh-oleh yang mirip. Ini membuktikan bahwa Krisna oleh-oleh khas Bali sangat terpercaya.

Kalau berminat, kalian bisa mengunjungi outlet Krisna Oleh-Oleh Bali yang tersebar di tujuh titik di pulau Bali, salah satunya di Tuban, Kuta. Bahkan, outlet-nya juga bisa kalian temukan di Surabaya, Jawa Timur. 

Toko yang buka 24 jam ini menjual berbagai macam jenis oleh-oleh khas Bali, seperti aksesoris, kerajinan tangan, gantungan kunci, camilan, sandal, lulur, kain pantai, pakaian, dan pie susu. Lengkap sekali bukan?

9. Bali Mall Galleria: Beli Oleh-oleh Khas Bali di Mall? Kenapa Tidak!

Kalian suka berkunjung ke Mall? Bali Mall Galleria boleh jadi tempat yang recommended untuk kalian kunjungi.

Komplek yang tidak pernah sepi pengunjung ini boleh terbilang sangat luas. Bahkan, di sini kalian bisa menemukan kebun terbuka untuk bersantai.

Di sini kalian bisa menemukan berbagai macam santapan yang berbeda-beda dan tentu saja rasanya sangat nikmat. Jadi, kalian bisa membawanya juga untuk dijadikan oleh-oleh.

Tempatnya pun tidak terlalu jauh dari Ngurah Rai, tepatnya Simpang Dewa Ruci, Kuta. Karena lahannya yang luas, di sini kalian tidak perlu takut tidak kebagian parkir.

10. Joger Bali: Tempatnya Cari Kaos Unik Untuk Oleh-oleh Khas Bali

Siapa yang tidak pernah lihat baju bertulisan “Joger Jelek”? Kalian tentu sudah pernah melihat atau mendengar nama tempat ini sebelumnya. Nah, sekarang saatnya kalian berbelanja di tempat ini.

Tempat yang bajunya sangat terkenal dengan kekhasan kata-katanya ini bisa kalian kunjungi di Luwus Bedugul. Toko ini tidak memiliki cabang dimanapun. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk datang ke Joger Bali.

Di Joger Bali kalian bisa membeli beberapa barang oleh-oleh khas Bali, misalnya kaos, jaket, gelas, pensil, tempelan lemari es, dan masih banyak lagi. 

Untuk membeli kaosnya yang khas kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 – 100.000. Meski begitu, harga tersebut masih bisa berubah kemudian hari. Dengan kualitasnya yang bagus, harganya relatif murah.

11. Jalan Legian: Tempatnya Membeli Alat Surfing

Jalan yang mirip dengan nama pantai, Pantai Legian, ini terletak di dekat Kuta. Di sekitar tempat ini ada nama gang yang sangat terkenal. Yap, Popies Lane.

Bagi kalian para penggemar SID tentu tidak asing dengan nama gang ini. Gang Popies adalah penghubung antara Jalan Legian dan Pantai Kuta.

Beragam barang seni hingga baju bisa kalian temukan di sepanjang tempat ini. Bukan cuma itu, kalian bahkan bisa membeli peralatan surfing di toko-toko sekitar sini.

Bagaimana? Pernahkah terpikir untuk menjadikan perlatan surfing sebagai oleh-oleh? Kenapa tidak!

Alangkah baiknya agar kalian bisa menikmati suasana jalan ini, kalian bisa menggunakan motor atau berjalan kaki agar lebih mudah kalau hendak mampir ke toko-toko sepanjang jalan.

Tempat yang juga ada Tugu Peringatan Bom Bali-nya ini kalau malam berubah menjadi pusat kehidupan malam. Ini dikarenakan ada banyak diskotik, kafe, dan bar yang buka sampai pagi hari.

12. Pasar Seni Kuta: Belanja di Dekat Pantai Terkemuka

Kuta boleh jadi merupakan destinasi Bali 2021 yang wajib kalian kunjungi. Keindahan dan keramaiannya pun serasa tak lekang oleh waktu.

Kalau kalian berkunjung ke Kuta, mampirlah di pasar seni Kuta Bali. Tempat ini menjual sangat banyak aksesoris dan souvenir khas pulau dewata dan kalian bisa dapatkan oleh-oleh murah di Bali

Di sini kalian bisa menemukan toko-toko kecil di dalam bangunan utama dan enam ruko utama. kalian juga bisa menemukan beragam kaos, perkakas, dan kerajinan khas Bali yang sangat indah.

Untuk menyambanginya, kalian perlu berjalan hingga ujung jalan Bakungsari. Bila kalian menginap di Kuta Paradiso Hotel, maka pasar ini sudah sangat dekat jaraknya.

13. Pasar Seni Ubud: Beli Oleh-oleh Khas Bali Setelah dari Pura

Setelah kalian berkenalan dengan pasar seni Kuta, jangan lupa untuk berkunjung juga di pasar Seni Ubud. Liburan ke Bali wajib datang ke Ubud dan membeli kerajinan tangan sebagai oleh-oleh murah di Bali. 

Di tempat ini kalian akan menemukan berbagai macam kerajinan tangan, misalnya kain pantai, anyaman tas atau topi khas Bali, patung kayu, dan masih banyak lagi.

Sesuai namanya, lokasi pasar Seni Ubud ini ada di Ubud Bali. karena jaraknya yang sangat dekat, setelah dari pasar seni ini kalian bisa juga mengunjungi destinasi wisata seperti Pura Taman Saraswati atau Puri Saren Ubud.

14. The Keranjang Bali: Dari Belanja Oleh-oleh Khas Bali Hingga Spa

Tempat ini boleh dibilang unik. Ia berusaha menggabungkan konsep wisata tradisional dengan modern. 

Di tempat ini kalian bisa menemukan beragam kerajinan tangan dan pakaian yang menarik. Bukan hanya berbelanja, The Keranjang Bali juga menyediakan fasilitas spa.

Wah, cocok sekali untuk kalian yang lelah setelah berlibur di Bali.

Untuk menikmatinya kalian harus menuju Jln. Raya Kuta, Badung. Sampai sana kalian juga bisa menikmati berbagai hiburan menarik lainnya.

Lengkap sekali ya The Keranjang Bali ini!?

15. Kampung Nusantara: Pesona Gerai Lukisan

Kalau kalian ingin membawa pulang lukisan, cobalah datang ke Kampung Nusantara. Karena ketenarannya, tempat beli oleh-oleh murah di Bali seolah tidak sepi oleh pengunjung.

Kampung Nusantara menyediakan gerai lukisan. Di sana kalian bisa membeli lukisan yang kalian sukai tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain membeli lukisan yang berbagai macam, kalian juga bisa membeli beragam makanan tradisional di Kampung Nusantara. Jadi tempat ini cukup recommended bagi kalian yang ingin membeli cinderamata.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali Wajib Kalian Beli

Dalam memilih oleh-oleh kalian bisa juga menyesuaikan kebutuhan dengan beberapa jenis oleh-oleh ini. Makanan dan cemilan khas Bali yang bisa kalian beli diantaranya adalah:

  • Heavenly chocolate
  • Pie susu
  • Kacang asin
  • Kopi Kintamani
  • Salak Bali

Oleh-oleh makanan biasanya lebih murah dan bisa dinikmati bersama teman atau keluarga. Namun, kategori ini tidak bisa tahan lama alias bisa busuk. So, kalau kalian ingin yang lebih awet, coba kategori barang fashion.

Sementara itu, untuk kategori barang fashion yang bisa kalian beli diantaranya adalah:

  • Kaos Joger
  • Kain pantai Bali
  • Baju barong
  • Batik Bali
  • Gelang Bali

Yap, barang fashion memang oleh-oleh yang tahan lama dan bermanfaat, meskipun harganya mungkin sedikit mahal. Kalau kalian ingin oleh-oleh yang lebih murah tapi juga bisa selalu terkenang, coba kategori souvenir.

Terakhir, untuk kategori souvenir dan pajangan, kalian bisa membeli:

  • Lukisan
  • Produk spa
  • Alat musik
  • Kerajinan kayu
  • Gantungan kunci 

Keunikan Bali

Selain membeli oleh-oleh khas Bali, kalian juga bisa menyaksikan berbagai tradisi uniknya. Bali memiliki beberapa keunikan atau kekhasan yang mungkin tidak ditemukan di belahan dunia manapun. Beberapa keunikan Bali adalah:

Upacara Ngaben/Plebon

Ngaben merupakan upacara yang sebenarnya ditujukan untuk meng-kremasi mayat. Ini merupakan tradisi Hindu di Bali, yaitu orang yang sudah meninggal akan dibakar.

Oleh-oleh Khas Bali, Liburan ke Bali, Oleh-oleh Murah di Bali, Aktivitas di Bali - Jangan Lupa Mampir ke Tempat Ini Untuk Beli Oleh-Oleh Khas Bali - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/401453754260846474/

Upacara ini menjadi unik karena penggunaan sarana untuk mengangkut dan membakar mayat. Wadah yang digunakan umumnya memiliki dua bentuk, ada yang bentuknya seperti pura kecil dan ada yang bentuknya seperti binatang.

Pura Tengah Danau

Pulau yang dikenal juga sebagai pulau seribu pura ini terkenal dengan beragam keunikan budayanya. Salah satu objek wisata yang tergolong unik adalah pura yang berada di tengah danau.

Pura yang namanya adalah Pura Ulun Danu ini terletak di tengah Danau Beratan Bedugul. Pemandangannya sangat indah dengan background gunung berkabut.

Bukan hanya pemandangannya, lokasinya yang berada di dataran tinggi ini juga menambah keasrian dan kesejukan area di sekitar Pura Ulun Danu. Tentunya lokasi ini sangat indah untuk masuk di Instagram kalian.

Perang Pandan

Keunikan lain dari tradisi di Bali adalah perang pandan. Tradisi ini dilaksanakan di Desa Tenganan Pegringsingan, Karangasem, Bali. 

Tradisi yang juga dikenal dengan sebutan geret pandan atau mekare-Kare. Disamping menjadi pertunjukan, perang pandan juga menjadi ritual yang dipercaya orang desa sebagai cara agar terhindar dari hal negatif.

Beli Oleh-Oleh Khas Bali Kalian Sekarang!

Bali adalah destinasi yang sangat bagus untuk liburan atau kegiatan lainnya. Tempat ini menyimpan sejuta keindahan dan keunikan.

Bila kalian sudah liburan ke Bali, agak kurang afdol bila kalian tidak membawa kenang-kenangan. Bisa berupa barang, pakaian, atau bahkan makanan yang akan memanjakan lidah.

So, itu tadi tempat membeli oleh-oleh khas Bali yang bisa kalian kunjungi dan rekomendasi barang atau makanan yang bisa kalian beli di sana. Jadi, tunggu apa lagi? Beli oleh-oleh khas Bali kalian sekarang juga!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *