Makanan Khas Malang - Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Sedang berkunjung di kota Malang dan penasaran ingin mencoba makanan khas malang? Tak hanya apel yang menjadi primadona oleh oleh khas malang, banyak sekali kuliner Malang yang wajib kalian cicipi selama berlibur disini.

Malang merupakan kota di Provinsi Jawa Timur yang menyediakan berbagai macam destinasi wisata alam yang menakjubkan dan berbagai tempat makan di Malang yang menggiurkan.

Tidak hanya menikmati pusat kota, kalian juga bisa menikmati sejuknya udara pegunungan di daerah Batu maupun jernihnya air laut di daerah Malang Selatan.

Maka dari itu, tidak heran Malang menjadi one-stop-destination para pelancong, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Selain terkenal dengan wisata alamnya, Malang juga terkenal dengan makanan khas Malang-nya yang lezat.

Terdapat berbagai macam variasi kuliner Malang. Banyak sekali oleh oleh khas Malang legendaris dan unik yang patut kalian coba. Beberapa tempat makan di Malang ini bahkan sudah berjalan sampai tiga generasi, loh.

Artikel ini menyediakan panduan lengkap untuk kalian yang ingin berburu makanan khas Malang.

Rekomendasi Makanan Khas Malang

1. Depot Han Tjwan Sing (HTS)

Tempat makan di malang yang pertama adalah Depot HTS yang terletak di Jl. Wahidin No.123. Kalian bisa menemukan restoran ini di perjalanan dari Surabaya ke Malang maupun sebaliknya.

Restoran yang berdiri sejak 1927 ini pada awalnya hanya menjual jamu dan kue jajanan pasar. 

Namun, berkat tangan dingin sang pemilik, bisnis rumahan ini bisa berkembang menjadi tempat makan di Malang yang menyediakan makanan khas Malang yang legendaris dan juga oleh oleh khas Malang.

Salah satu kuliner Malang yang wajib kalian coba adalah nasi rawon merah, yaitu nasi dengan lauk rawon yang berwarna merah karena tidak menggunakan kluwek. Unik sekali, bukan makanan khas Malang satu ini?

Harga kudapan ini sangat terjangkau. Untuk seporsi nasi hangat dan rawon merah, kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp30.000.

Selain menu tersebut, kalian juga bisa mencoba makanan khas Malang lainnya seperti krengsengan dan nasi garang asem.

Tentunya, santapan kalian tidak lengkap jika tidak sembari menikmati es kelapa kopyor atau wedang jahe yang mantap.

Depot HTS juga menyediakan berbagai oleh oleh khas Malang buatan tangan seperti onde-onde, pastel, kroket, serta berbagai jenis keripik dan kerupuk. Wah,tidak perlu jauh-jauh lagi mencari oleh oleh khas Malang

2. Depot Hok Lay

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jl. KH Ahmad Dahlan, Depot Hok Lay adalah salah satu tempat makan di Malang yang legendaris.

Depot yang sudah berdiri sejak 1946 ini menyediakan berbagai kuliner Malang seperti cwie mie dan lumpia semarang. Racikan bumbunya yang khas membuat banyak orang ketagihan.

Makanan Khas Malang - Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! - Candi
Makanan Khas Malang – Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! – Candi

Selain menu tersebut, kalian juga harus mencoba minuman khas Depot Hok Lay yang jadi kegemaran banyak orang, yaitu es fosco. Es fosco adalah es susu sapi murni rasa cokelat. Yang unik, penyajian es fosco tidak menggunakan gelas biasa, melainkan menggunakan botol minuman soda.

Harga semua makanan khas Malang di Depot Hok Lay bervariasi, namun rata-rata harga menunya berkisar di harga Rp20.000 – Rp.25.000.

3. Es Tawon Kidul Dalem

Sekilas, kuliner Malang bernama es tawon ini memang terdengar aneh. Tidak begitu untuk warga Malang.

Konon katanya, tempat makan di Malang satu ini berada di dekat bawah pohon asam yang memiliki banyak sarang lebah. Lebah-lebah tersebut kemudian berpindah mengerubungi toples sirup gula tebu karena tergiur dengan wangi manisnya.

Kedai es yang berdiri sejak 1955 ini menyediakan berbagai minuman dingin seperti es campur, es kacang hijau dan es alpukat. Tidak mematok harga yang mahal, kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp8000 untuk tiap gelasnya.

Meski menggunakan kata Kidul Dalem, Es Tawon Kidul Dalem, tempat makan di Malang ini tidak berlokasi di daerah Kidul Dalem, melainkan di daerah Klojen, tepatnya di Jl. Zainul Arifin No.15.

4. Bakso Bakar Pahlawan Trip

Makanan khas Malang memang terkenal dengan racikan baksonya yang khas. Selain bakso kuah, Malang juga memiliki sajian bakso bakar.

Bakso Bakar Pahlawan Trip adalah tempat makan di Malang yang ada di Jl. Pahlawan Trip No.3A. Restoran yang sudah berdiri sejak 2006 ini menyediakan berbagai racikan bakso. Salah satu kuliner malang ini yang menjadi favorit pengunjung adalah bakso bakar pedas.

Selain menu bakso, kalian juga bisa menikmati berbagai menu mie, nasi goreng dan menu angkringan. Di sini, kalian juga bisa membeli oleh oleh khas Malang seperti yoghurt, keripik buah dan kaos khas Malang.

Harga untuk seporsi bakso bakar berkisar di Rp15.000. Begitu juga dengan oleh oleh khas Malang nya di bandrol dengan harga yang sangat terjankau.

5. Bakso Bakar Pak Man

Masih seputar bakso bakar, Tempat makan di Malang memiliki banyak kedai bakso bakar yang terkenal dan patut kalian coba. Salah satunya adalah kedai Bakso Bakar Pak Man yang terletak di Jl. Diponegoro No.19 ini.

Kabarnya, Bakso Bakar Pak Man adalah pelopor bakso pertama di Kota Malang. Bakso Bakar Pak Man yang berdiri sejak 1998 ini hanya menjual menu bakso saja. Namun, bumbu pedas racikannya sudah melegenda di kalangan warga Malang. Jika kalian penyuka pedas, kalian wajib mencoba kuliner Malang satu ini.

Sebutir bakso bakar di Bakso Bakar Pak Man dihargai Rp3.000, sementara kudapan penyerta seperti bihun bisa kalian ambil sepuasnya. 

Makanan Khas Malang - Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! - Candi
Makanan Khas Malang – Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! – Candi

Selain bisa makan di tempat, bakso ini juga bisa di jadikan oleh oleh khas Malang. Gimana? Makin penasaran untuk mencoba makanan khas Malang satu ini?

6. Tempat Makan di Malang yang terkenal: Toko Oen

Ingin mencoba makanan khas Malang tempo dulu? Toko Oen adalah pilihan yang tepat.

Berdiri sejak 1922, Toko Oen menyediakan berbagai kuliner malang dan makanan khas Belanda, mulai dari salad, sandwich, hingga steak. Namun, menu unggulan dari Toko Oen adalah pilihan es krim homemade khas Belanda. Kabarnya, resep hidangan di Toko Oen tidak pernah berubah.

Toko Oen berlokasi di Jl. Jenderan Basuki Rahmat No.5, tidak jauh dari pusat kota. Range harga makanan di Toko Oen berkisar dari Rp40.000 hingga Rp80.000. 

Sembari menyantap hidangan yang sedap, kamu juga bisa menikmati interior ala era kolonial Belanda yang eksotis. Ayo,Masukan tempat makan di Malang satu ini ke list kalian!

7. Kuliner Malang : Pangsit Mie Tan

Belum afdol rasanya mengunjungi Malang kalau belum menikmati cwie mie atau mie pangsit khas Malang. Salah satu tempat makan mie pangsit yang melegenda di Malang adalah Pangsit Mie Tan.

Pada awalnya, Nyonya Tan Ay Nio sebagai pendiri Pangsit Mie Tan membuka kedai mie pangsit di Probolinggo. Namun, beliau memutuskan membuka tempat makan di Malang pada tahun 1984. Segera saja, Pangsit Mie Tan menjadi salah satu kuliner Malang yang banyak di gandrungi.

Selain menyediakan menu mie pangsit, kedai yang berlokasi di Jl. Jaksa Agung II No.34 juga menyediakan menu bakso kuah yang lengkap dengan potongan ayam.

Pangsit Mie Tan hanya menyediakan 90 porsi mie pangsit tiap harinya. Maka dari itu, jam operasional Pangsit Mie Tan mulai dari jam 09.00 hingga tidak menentu. Namun jangan khawatir karna tidak dapat mencicipi makanan khas Malang satu ini, kalian juga bisa memboyong mie atau topping frozen yang bisa kalian jadikan oleh oleh khas Malang.

8. Pecel Kawi

Kalian pecinta pecel? Jika ya, maka kalian tidak boleh melewatkan makanan khas Malang yang satu ini.

Pecel Kawi Hj. Musilah, atau kerap disebut Pecel Kawi saja merupakan tempat makan di Malang yang legendaris berada di Jl. Kawi Atas No.43b, Kota Malang.

Selain nasi pecel, kedai nasi pecel yang berdiri sejak 1975 ini juga menjual kuliner Malang yang sangat khas yaitu nasi soto, nasi rawon hingga nasi jagung. Ada juga lauk pauk dan sayur tambahan yang bisa kalian beli secara terpisah, seperti telur ceplok, bakwan jagung atau sayur kangkung.

Harga seporsi nasi pecel sangat terjangkau, hanya Rp15.000 saja. Lauk dan sayur tambahan pun tidak mahal, hanya seharga Rp2.000 hinga Rp15.000.

Makanan Khas Malang - Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! - Candi
Makanan Khas Malang – Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! – Candi

Karena popularitasnya yang meroket, sebaiknya kalian datang sejak pagi atau di luar jam sibuk untuk mencicipi kuliner Malang satu ini agar terhindar dari antrian yang terlalu panjang.

9. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda merupakan destinasi wajib yang harus kalian datangi demi menuntaskan wisata kuliner Batu, Malang.

Kedai yang terletak di area Alun-alun Batu ini menyediakan berbagai kudapan berbahan nasi ketan yang dilengkapi dengan berbagai topping yang menggiurkan, seperti keju, susu, meses, kacang, hingga durian.

Pos Ketan Legenda merupakan opsi jika kalian ingin mencari kuliner malam di Malang, karena kedai ini beroperasi dari jam 10.00 hingga 02.00.

 

Harga seporsi nasi ketan bervariasi, bergantung pada topping yang kalian pilih. Mulai dari Rp6.000, kalian sudah bisa menikmati kudapan nikmat ini.

10. Ronde Titoni

Menyantap ronde memang pilihan yang tepat untuk menghangatkan badan dari suhu Malang yang sejuk. Berlokasi di Jl. Zainul Arifin No. 17, kedai ronde yang sudah berdiri sejak 1948 ini selalu ramai akan pengunjung.

Selain ronde berkuah, Ronde Titoni juga menyediakan ronde kering, yaitu ronde yang tidak menggunakan kuah jahe melainkan ronde yang saus kacang yang dihaluskan. Ada juga menu angsle, serta pelengkap seperti roti goreng dan cakwe.

Tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak untuk menikmati ronde di Ronde Titoni. Hanya dengan Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati seporsi kudapan hangat ini. Menu pelengkap pun mulai dari Rp4.000 saja.

Rujak Semeru

Malang memiliki banyak sekali destinasi kuliner yang meski terlihat sederhana namun pamornya luar biasa. Salah satunya adalah gerai rujak manis di Jl. Semeru No. 54 ini.

Gerai yang lekat dengan sebutan Rujak Semeru ini sudah menjadi favorit warga Malang sejak 1982. Tentu saja, keunggulan rujak ini terletak pada bumbu rujaknya yang tidak hanya kental, namun juga seimbang dengan cita rasa gurih dan manis.

Sepiring rujak manis akan lengkap rasanya jika kalian padukan dengan tahu petis serta segelas es kelapa muda. Harganya pun terjangkau, hanya Rp28.000. Selain melayani makan di tempat, kalian juga bisa membeli bumbu rujaknya saja untuk kalian bawa pulang.

11. Sate Landak Bu Ria

Sate Landak Bu Ria merupakan salah satu opsi kuliner malam Malang yang harus kalian coba. Panganan satu ini memang terkesan ekstrim, namun ternyata memiliki banyak penggemar.

Banyak orang percaya bahwa sate landak dapat menyembuhkan penyakit asma, serta baik bagi penderita diabetes. Secara visual, tampilan sate landak memang tidak jauh berbeda dengan sate ayam atau kambing.

Makanan Khas Malang - Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! - Candi
Makanan Khas Malang – Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! – Candi

Sate Landak Bu Ria yang terletak di Jl. Raya Bugis No.47 ini juga menyediakan sate biawak, sate bulus dan sate kelinci. Untuk menikmati sate landak, kalian harus merogoh kocek berkisar Rp30.000.

Bagaimana, apakah kalian berani mencoba?

12. Warung Malam Pecel & Rawon Ngaglik

Sedang mencari makanan khas Malang 24 jam? Warung Malam pecel & Rawon Ngaglik bisa kalian jadikan pilihan.

Meski tidak benar-benar beroperasi selama 24 jam, warung ini tetap bisa kalian datangi karena beroperasi dari jam 00.00 hingga jam 04.00.

Warung satu ini menyediakan berbagai menu nasi serta sate ala angkringan. Tapi, satu menu yang harus kalian coba adalah nasi pecel dengan kuah rawon. Meski terdengar tidak umum, perpaduan dua menu tersebut sudah menjadi favorit pengunjung sejak lama.

Untuk menikmati sepiring nasi pecel kuah rawon, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp10.000. Jangan khawatir, porsi menu ini tidak main-main hingga kalian pasti merasa kenyang.

Makanan Khas Malang - Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! - Candi
Makanan Khas Malang – Yippie! Inilah 15 Makanan Khas Malang yang Super Bikin Ketagihan! – Candi

13. Depot Gang Djangkrik

Agar berbeda dengan depot lainnya, Depot Gang Djangkring ini cocok untuk kalian yang mencari kuliner Malang non-halal.

Depot ini menyediakan berbagai menu chinese food, namun menu andalannya adalah cwie mie yang bisa kalian lengkapi dengan topping baikut (iga babi), siobak (babi panggang) atau olahan babi lainnya.

Harga makanan di depot yang berada di Jl. Sutoyo No. 136 ini bervariasi, mulai dari Rp40.000 hingga Rp70.000.

Jika kalian penasaran dan ingin mencicipi olahan cwie mie khas Gang Djangkrik namun tidak bisa mengonsumsi makanan non-halal, kalian bisa mengunjungi cabang Mie Gang Jangkrik di Jl. Soekarno Hatta yang menyediakan menu serupa namun halal.

14. Oleh Oleh Khas Malang : Pia Cap Mangkok

Sedang mencari oleh oleh khas Malang untuk teman dan sanak saudara? Pia Cap Mangkok bisa menjadi pilihan kalian.

Seperti namanya, pilihan oleh oleh khas Malang andalan di lokasi ini tentu saja adalah Pia Cap Mangkok, yang masih memegang teguh resep turun temurun  sejak tahun 1959.

Yang membuat istimewa adalah fakta bahwa Pia Cap Mangkok masih dibuat secara handmade alias menggunakan tangan dan bukan menggunakan mesin.

Pia satu ini memiliki beragam rasa seperti coklat, keju, green tea, kopi, durian, nanas, apel, kacang hijau, hingga tangkwee (labu putih).

Sebundel pia cap mangkok isi 5 dibanderol mulai dari Rp18.000. Selain itu ada juga kemasan isi 12 dengan harga mulai dari Rp42.000 dan kemasan isi 24 dengan harga mulai dari Rp84.000.

Selain bakpia, Pia Cap Mangkok juga menjual berbagai oleh oleh khas Malang lainnya seperti keripik buah-buahan, sari apel dan apple strudel.

Pia Cap Mangkok memiliki lima outlet yang tersebar di penjuru Kota Malang. Maka dari itu, kalian pasti tidak akan kesulitan menemukan tempat untuk belanja oleh oleh khas Malang.

Selain daftar destinasi kuliner di atas, Malang masih memiliki sejumlah makanan khas yang harus kalian coba. Untuk mencicipi kuliner di Malang memang tidak cukup sebentar saja. Mari, sisihkan waktu kalian dan mulai petualangan kuliner kalian di Malang dan jangan lupa untuk membawa oleh oleh khas malang!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Candi (@candi.id.official)




Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *