Makanan Khas Cirebon - 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Indonesia dikenal sebagai negara dengan ribuan kota unik dan kuliner lezat, salah satunya adalah makanan khas Cirebon. Kota Udang ini tak henti menunjukkan pesona di dunia kuliner sejak abad ke-15.

Bagi Anda yang sedang ingin tamasya ke Cirebon, berikut ini rekomendasi makanan khas Cirebon spesial dari Candi.ID.

Kota Kesultanan Islam dengan Ribuan Makanan Khas Daerah

Jika Indonesia membuat peringkat kota dengan makanan khas daerah terenak, Cirebon akan masuk daftar 5 teratas.

Saat berkunjung ke Kota Udang, dijamin Anda akan sering menemukan makanan khas Cirebon yang tidak dapat Anda temui di tempat lain.

Kelezatan dan keunikan makanan khas Cirebon berkaitan erat dengan sejarah kota ini sebagai pusat kesultanan Islam. Pernikahan Prabu Siliwangi dengan dua istri beragama beda (Islam dan Hindu) mempengaruhi cita rasa dan ragam kuliner Cirebon.

Selain silsilah kerajaan, lokasi juga mempengaruhi keunikan kuliner Cirebon. Saat pertama kali didirikan Walangsungsang, pusat kota Cirebon terletak di pesisir pantai. Hal ini mengakibatkan kuliner Cirebon tidak lepas dari rasa makanan laut, utamanya udang.

20+ Rekomendasi Kuliner Cirebon Terenak yang Bisa Anda Coba

Faktanya, ada ratusan jenis kuliner Cirebon yang patut Anda coba. Akan tetapi di bawah ini, Candi.ID mencoba merangkum 20+ rekomendasi kuliner Cirebon terenak yang WAJIB Anda coba. Siap-siap meneteskan air liur!

Makanan Khas Cirebon - 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba - Candi
Makanan Khas Cirebon – 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba – Candi

1. Tahu Gejrot Kanoman

Tahu Gejrot Kanoman adalah kuliner Cirebon pertama yang wajib Anda rasakan. Kuliner Cirebon satu ini sangat cocok jadi makanan khas daerah pertama saat baru menginjak kota Cirebon.

Kelezatan tahu goreng dengan kuah kombinasi gula aren, cabe rawit, dan bawang akan membuat Anda berliur bahkan sebelum mencicipinya.

Sejauh ini, sentra tahu gejrot terenak terletak di sekitar Jalan Kanoman, 12 menit dari Stasiun Cirebon. Harga untuk 1 porsi besar tahu gejrot Cirebon adalah Rp7.000 sampai Rp15.000.

2. Empal Gentong Mang Darma

Seperti namanya, kuliner Cirebon ini diolah di dalam gentong, atau tempat air dari tanah liat yang biasa digunakan orang tempo dulu.

Sebelum disajikan, seluruh kaldu daging dan bumbu terlebih dulu dimasak di dalam gentong, sehingga rasanya pun sangat khas. Kuliner Cirebon satu ini menjadi primadona dan sering di jadikan oleh oleh khas Cirebon

Saat ini, tempat makan di Cirebon terbaik untuk mendapat empal gentong adalah Mang Darma. Harga satu porsi empal gentong di Mang Darma berkisar antara Rp20.000 sampai Rp35.000.

3. Mi Koclok

Mi Koclok adalah salah satu rekomendasi kuliner Cirebon yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Kombinasi mi, ayam suwir, telor, bawang goreng, dan santan membuat mi Koclok terasa sangat gurih. Sambal korek di atasnya juga membuat mi Koclok semakin menggugah selera.

Sebagian besar penjual mi Koclok di Cirebon telah bertahan selama sekitar 50 tahun, sehingga makanan ini termasuk makanan khas daerah yang legendaris.

Harga rata-rata 1 porsi mi Koclok adalah Rp10.000 sampai Rp25.000.

4. Es Cuwing

Sampai ke Cirebon di siang bolong? Kuliner pertama yang harus Anda cari adalah es cuwing!

Es cuwing adalah campuran cincau, bubur sumsum, dawet, gula aren, kelapa muda, dan santan yang dipadukan dengan es serut/batu. Meski tampak mirip es kopyor, es cuwing sangatlah unik karena mengandung cita rasa cincau alami buatan Cirebon.

Penasaran kan bagaimana kesegaran kuliner cirebon satu ini?

Untuk mendapat semangkok es cuwing nan segar, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp4.000 sampai Rp5.000 saja.

5. Gado-Gado Ayam

Pernah membayangkan bagaimana rasanya gado-gado dicampur kuah kari ayam kental? Anda tidak perlu membayangkannya lagi, karena makanan khas daerah Cirebon ada yang namanya gado-gado ayam!

Sebelum merasakan kuliner Cirebon satu ini, Anda mungkin akan ragu dengan rasanya. Tapi serius, Candi.ID benar-benar merekomendasikan Anda untuk mencobanya saat berburu oleh oleh khas Cirebon. Kalau sampai tidak makan gado-gado ayam, dijamin Anda akan menyesal!

Gado-gado ayam bisa Anda nikmati dengan kisaran harga Rp10.000 sampai Rp30.000. tergantung tempat Anda membelinya.

6. Mi Petruk Lemahwungkuk

Lemahwungkuk adalah salah satu sentra tempat makan khas daerah di Cirebon dengan hidangan super lezat, salah satunya adalah mi Petruk.

Sebenarnya, mi Petruk tampak seperti mi goreng pinggir jalan kebanyakan, yang terbuat dari mie kuning, tomat, sawi, irisan sayur, kecap, dan cuka. Bedanya, penjual mi Petruk tidak memasak dengan minyak tanah/gas, melainkan dengan arang!

Meski tampak sepele, perbedaan cara masak ini rupanya berdampak besar pada rasanya. Penasaran dengan makanan khas daerah satu ini? Cukup siapkan uang Rp15.000 dan langsung datang ke Lemahwungkuk sekarang!

7. Serabi Pulasaren : Oleh Oleh Khas Cirebon

Serabi Pulasaren adalah salah satu oleh oleh khas Cirebon yang wajib Anda beli sebelum pulang ke rumah.

Tidak seperti serabi-serabi di daerah Indonesia lainnya, serabi Pulasaren masih dimasak dengan teknik sangat sederhana. Penjual serabi di jalan Pulasaren menggunakan cetakan tanah liat dan arang untuk mengolah serabi, sehingga rasanya sangat khas.

Selain cara masak, hal unik dari serabi Pulasaren adalah rasanya yang beraneka ragam. Anda bisa memesan serabi dengan atasan gurih seperti tauge, tempe, sampai daging ayam. Selain itu, Anda juga bisa memesan serabi manis dengan topping coklat, keju, sampai potongan buah.

Harga serabi Pulasaren bervariasi tergantung tempat beli dan ukuran, mulai dari Rp1.500 sampai Rp5.000 per biji. Yuk,buruan beli oleh oleh khas cirebon

8. Pedesan Entog Mas Nana

Bagi anda yang hidup di kota, barangkali jarang mendengar istilah “entog”. Sebenarnya, entog adalah salah satu jenis unggas ternak seperti ayam dan bebek. Akan tetapi, rasanya lebih khas dengan tekstur daging lebih padat.

Daging entog ini kemudian diolah menjadi satu dengan berbagai bumbu pedas yang bisa Anda pilih sendiri.

Untuk rekomendasi tempat makannya, kami menganjurkan Anda datang ke stan Mas Nana di daerah Pekalipan.

Harga satu porsi pedesan entog Mas Nana sekitar Rp25.000 sampai Rp30.000. sudah termasuk nasi. Selamat mencoba makanan khas daerah satu ini!!!

9. Sate Kalong Kesambi

Sebelum Candi.ID review rasanya, kami beri disclaimer dulu: kalong di sini bukanlah kelelawar, melainkan kerbau.

Sate kalong Kesambi adalah salah satu rekomendasi kuliner Cirebon wajib bagi Anda pecinta daging, karena tidak banyak tempat di Indonesia menjual kuliner berbahan dasar daging kerbau.

Makanan Khas Cirebon - 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba - Candi
Makanan Khas Cirebon – 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba – Candi

Meski dari daging kerbau, Anda tidak perlu meragukan kelezatannya. Terlebih lagi, Anda bisa memilih bumbu sendiri, mau sate dengan dominan rasa asin atau rasa manis. Selain itu, Anda juga bisa memilih ingin memakan sate daging atau sate jeroan.

Harga sate kalong Kesambi rata-rata berkisar antara Rp1.000 sampai Rp2.500 per tusuk.

10. Nasi Jamblang Bu Nur

Ingin merasakan sensasi makan beralaskan daun jati? Yuk berburu nasi jamblang Bu Nur! Warung Bu Nur ini adalah salah satu tempat makan di Cirebon yang tertua, karena sudah berdiri puluhan tahun. Konon, warung ini juga memiliki sebuah hidangan legendaris terenak satu Cirebon, yaitu cumi saus hitam khas Bu Nur.

Jika ingin merasakan lezatnya nasi jamblang dan cumi saus hitam Bu Nur, pastikan datang ke warung di antara waktu Senin – Jumat jam 7 pagi – 9 malam, atau akhir pekan antara jam 7 pagi – 7 malam.

Meski tergolong tempat makan legendaris, harga makanan di warung Bu Nur sangatlah terjangkau, mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000 per porsinya.

11. Nasi Kuning Pekalangan

Sudah mulai ngidam ingin ke Cirebon sekarang juga? Tunggu dulu, masih banyak kuliner-kuliner menggiurkan yang bisa Anda coba. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah nasi kuning daerah Pekalangan.

Berbeda dari nasi kuning dari daerah lain, nasi kuning Pekalangan memiliki porsi jumbo dan super komplit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan rendang sapi besar di atas nasi kuning Anda.

Meski porsinya sangat besar, harga maksimal nasi kuning Pekalangan adalah Rp21.000 sampai Rp25.000. Harganya bisa lebih rendah dari itu, tergantung variasi lauk pilihan Anda.

12. Kue Tapel Makanan Khas Cirebon Terpopuler

Oleh oleh khas Cirebon satu ini sudah nyaris punah, karena konon diciptakan sejak ratusan tahun lalu. Jadi saat berkunjung ke Kota Udang, sempatkanlah sebentar mencari kuliner kue tapel.

Seperti namanya, kue tapel cara pembuatannya ditapel, yang artinya dilipat dan ditekan di atas arang.

Selain dari nama dan cara olah, kuliner Cirebon juga punya bahan-bahan yang unik, yaitu adonan kelapa, potongan pisang, dan gula merah.

Meski tergolong jajanan langka, harga kue tapel masih sangat ramah di kantong, yaitu sekitar Rp5.000 sampai Rp10.000.

13. Docang

Kue tapel memang unik, tapi docang tidak kalah uniknya. Candi.ID berani jamin, kuliner Cirebon satu ini tidak akan Anda temukan di tempat lain (kecuali ada orang Cirebon buka usaha docang di kota rantau).

Docang adalah perpaduan lontong, tauge, dan daun singkong yang kemudian disiram dengan kuah merah oncom. Biasanya, docang dihidangkan dengan kerupuk untuk menambah kelezatan cita rasa.

Harga docang sangat terjangkau, mulai dari Rp8.000 sampai Rp10.000 saja.

14. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Di poin kelima tadi, kita sudah membahas bagaimana lezatnya kari ayam dicampur gado-gado. Kali ini, kita akan membahas saingan terberat gado-gado ayam, yaitu bubur sop ayam Mang Kapi.

Yep, seperti tebakan Anda, kuliner khas Cirebon olahan Mang Kapi ini merupakan perpaduan bubur dan kaldu ayam. Porsi kuahnya jauh lebih banyak dari bubur, sehingga Anda tidak perlu takut kekenyangan saat melahapnya (meskipun Anda bisa tambah porsi, tentu saja).

Harga bubur sop ayam Mang Kapi dibanderol mulai dari Rp17.000 sampai Rp25.000.

15. Es Durian Kanoman

Es durian pasar Kanoman adalah salah satu makanan khas daerah unik yang wajib Anda coba, terutama saat siang hari. Tidak seperti es durian di tempat lain, es durian di pasar Kanoman tidak menggunakan es serut/es batu, melainkan es krim.

Perpaduan daging durian asli, es krim, dan sirup tjampolay khas Cirebon akan membuat Anda merasakan cita rasa manis gurih yang unik. Meski dijual di pinggir jalan, Anda harus sabar mengantri, karena es durian Kanoman sangat digemari oleh pecinta makanan khas daerah.

Satu porsi besar es durian Kanoman dapat Anda beli dengan harga Rp10.000 sampai Rp20.000. Harganya sangat wajar karena durian yang digunakan asli dan banyak.

16. Tahu Petis Kertasari

Kalau sedang wisata ke Kota Udang, rugi rasanya tidak membawa tahu petis, oleh oleh khas Cirebon yang masih viral sampai sekarang.

Tahu petis khas Cirebon sebenarnya bisa Anda beli di mana saja di tepian jalan, terutama di pintu masuk dan keluar Cirebon. Akan tetapi, sentra tahu petis yang paling enak ada di daerah Tukmudal, dengan nama outlet Tahu Petis Kertasari.

Di outlet Kertasari, rasa petisnya sangat khas. Cita rasa udangnya juga sangat terasa, dengan tekstur bumbu sedikit kasar. Makanan khas daerah satu ini di bandroli dengan harga per kotaknya adalah Rp10.000 sampai Rp15.000.

17. Es Kopyor 4848 Kejaksan

Jenis minuman khas Cirebon berikutnya yang perlu Anda rasakan adalah es kopyor 4848 di daerah Kejaksan. Minuman es kopyor mungkin bisa Anda temukan di mana saja, tapi es kopyor khas Cirebon ini berbeda.

Perbedaan es kopyor 4848 dengan es kopyor di tempat lainnya adalah cita rasa sirupnya yang khas. Pemilik es kopyor 4848 meracik sendiri sirup es kopyor dengan resep rahasia yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Karena rasanya sangat original, wajar jika es kopyor satu ini dijual seharga Rp30.000 per gelas. Selain minum di tempat, Anda juga bisa membeli sirup istimewa dari outlet 4848 untuk dijadikan oleh oleh khas cirebon.

18. Empal Dengkil Mang Kojek

Tidak banyak yang tahu kalau bagian terenak daging sapi justru terletak di dalam tulang lututnya. Dan Anda bisa merasakan kenikmatan menyeruput kaldu sumsum lutut sapi ini dengan mengonsumsi empal dengkil makanan khas  daerah Cirebon.

Salah satu tempat makan di Cirebon penjual empal dengkil terenak adalah Mang Kojek. Tidak seperti di tempat lain, Anda tidak perlu khawatir kekurangan porsi saat makan di warung Mang Kojek.

Makanan Khas Cirebon - 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba - Candi
Makanan Khas Cirebon – 20+ Makanan Khas Cirebon Super Enak yang Wajib Dicoba – Candi

Hanya dengan merogoh kocek Rp30.000, Anda sudah bisa mendapat satu porsi besar soto dengkil dengan porsi nasi yang tidak terbatas. aduh, makanan khas daerah cirebon satu ini memang menggugah selera.

19. Roti Ruby

Roti Ruby adalah salah satu oleh oleh khas Cirebon yang wajib Anda bawa pulang. Jajanan satu ini tidak dapat Anda beli di tepian jalan, karena sudah ada outlet-outletnya. Salah satu outlet terbesar Roti Ruby adalah di Cirebon kota, daerah jalan Tentara.

Roti Ruby punya berbagai menu roti dengan isi yang tidak biasa, mulai dari udang sampai suwiran daging. Selain isinya yang unik, porsi isiannya juga sangat banyak di dalamnya.

Salah satu menu roti primadona di Roti Ruby adalah roti isi daging ayam, dengan ayam yang lebih banyak dari rotinya. Harga menu isi daging ayam Roti Ruby adalah Rp9.500 (jika tidak ada perubahan harga). Sangat cocok jadi oleh oleh khas Cirebon bukan?

20. Pojok Kuliner Khasanah

Jika Anda ingin mengonsumsi banyak makanan Cirebon sekaligus dalam satu tempat atau anda ingin membeli oleh oleh khas Cirebon, Pojok Kuliner Khasanah adalah jawabannya. Di tempat ini, Anda bisa menikmati banyak kuliner Cirebon, mulai dari empal gentong sampai bubur sop ayam.

Selain kuliner Cirebon, Pojok Kuliner Khasanah juga menyediakan jenis makanan lain seperti mi bakso, ayam panggang, dan sebagainya yang bisa di jadikan oleh oleh khas Cirebon untuk keluarga.

21. Haji Moel Seafood Pusat Cirebon

Rekomendasi kuliner Cirebon terakhir dan paling juara versi Candi.ID adalah restoran seafood milik Haji Moel, yang terletak di pusat kota Cirebon.

Di sini, Anda bisa makan jenis seafood apa saja, mulai dari cumi-cumi sampai kepiting dan lobster.

Hingga saat ini, restoran Haji Moel masih jadi primadona nomor #1 penyedia hidangan seafood di Cirebon. Meski sudah berdiri sejak 30 tahun lalu, cita rasa olahan seafood di restoran ini masih tidak ada yang menandingi.

Meski rasanya sangat lezat, harga seafood di Haji Moel tergolong miring. Anda bisa membeli olahan seafood di sini mulai dari harga Rp15.000 saja, menyenangkan bukan?

Makanan Khas Cirebon - Hobby Kuliner? Ini 20+ Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba - Candi
Makanan Khas Cirebon – Hobby Kuliner? Ini 20+ Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba – Candi

 Demikian rekomendasi kuliner Cirebon yang bisa Candi.ID berikan! Sebenarnya, masih ada sangat banyak kuliner khas Cirebon dan oleh oleh khas Cirebon yang patut Anda cicipi. Jadi silakan datang langsung ke Kota Udang langsung dan lakukan wisata kuliner bersama keluarga!



Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *