Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Bagikan Artikel Ini:

 

Kalian bisa temukan destinasi snorkeling Indonesia di beberapa titik dari Sabang sampai Merauke. Tidak heran memang, snorkeling menjadi salah satu kegiatan favorite jika pergi ke pantai Indonesia.

Karena memiliki banyak pantai yang indah, tidak salah bila perairannya memiliki banyak tempat untuk dijadikan wahana snorkeling. Kalian tidak perlu repot untuk melakukan snorkeling di luar negeri, Indonesia sendiri punya banyak spot terbaik.

Destinasi  Snorkeling Indonesia Yang Paling Disukai

Kalau kalian penasaran dengan best place untuk snorkeling di Indonesia, tenang saja karena ulasannya akan hadir berikut ini.

1. Pantai Nglambor

Pantai ini menjadi spot snorkeling Gunung Kidul terbaik. Tempat ini cukup terkenal bagi orang-orang penyuka aktivitas snorkeling. Untuk lokasi tepatnya ada pada daerah Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Jika kalian ingin ke pantai ini dari daerah Jogja, waktu tempuhnya sendiri adalah sekitar 3 jam contoh berjarak sekitar 74 km. Namun medan untuk menuju pantai Nglambor cukup sulit, karena jika menaiki mobil tidak akan bisa tidak akan bisa langsung akses lokasi menggunakan kendaraan ini.

Kalian bisa memilih jalan kaki atau menaiki ojek yang tersedia untuk menuju ke pantai Nglambor. Pantai Nglambor memiliki jenis ombak pantai yang cukup besar.

Snorkeling Indonesia - Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Makanya kalian tidak jangan coba-coba untuk berenang di pantai ini karena ombaknya yang ekstrem. Kalian bisa membawa alat snorkeling sendiri ataupun menyewa peralatannya di pantai Nglambor.

Aktivitas snorkeling yang bisa kalian lakukan di pantai ini yakni, ada banyak biota bawah laut laut, bebatuan karang yang cantik hingga ikan hias. Jangan khawatir karena tersedia pemandu untuk snorkeling.

Jadi kalian bisa menemukan titik snorkeling yang benar-benar aman. Bahkan jika memilih paket penyewaan snorkeling, kalian bisa mendapat foto underwater.

Tentu dari kalian banyak yang ingin berfoto di bawah air sambil melakukan aktivitas snorkeling. Masuk ke pantai Nglambor juga cukup murah hanya membutuhkan tiket dengan harga Rp6.000/orang belum termasuk biaya parkir.

2. Bunaken

Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus aktivitas snorkeling kesukaan wisatawan. Kalian bisa temukan beberapa titik Bunaken snorkeling terbaik. Lokasi Taman Nasional Bunaken ada di daerah lepas pantai Manado.

Ada banyak pulau yang bisa kalian temukan di Bunaken. Jadi tidak heran mengapa banyak pula spot snorkeling Bunaken favorit wisatawan di sini. Kalian bisa mencoba mengunjungi pulau Manadotua sebagai salah satu spot snorkeling favorite.

Kalian bisa temukan spot snorkeling di bagian barat laut Bunaken yang luas 1056 km2. Pulau ini menjadi cukup favorit karena terdapat keunikan berupa gunung api di tengah pulau dan juga hutan bakau.

Snorkeling Indonesia - Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Candi
Snorkeling Indonesia – Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Candi

Memiliki pemandangan yang cantik, Pulau Manadotua juga menyediakan pemandangan bawah laut yang menawan. Kalian bisa melakukan aktifitas Bunaken snorkeling dengan menyaksikan banyak terumbu karang cantik dan juga biota laut.

Selain ke Pulau Manadotua, kalian juga harus mencoba beberapa spot snorkeling menarik di Bunaken. Mulai dari Pulau Siladen dengan pantai pasir putih, Fukui Point yang memiliki ragam jenis coral, Tanjung Parigi dan Lekuan.

3. Nusa Penida

Nusa Penida bukan hanya menjadi tempat wisata yang menarik dengan pemandangannya yang indah. Tetapi tempat ini adalah spot snorkeling Bali timur paling favorit banyak orang.

Untuk berkunjung ke Nusa Penida sebagai snorkeling Bali Indonesia, kalian perlu berangkat dari Sanur dengan jarak tempuh 45 menit memakai kendaraan boat. Ada dua tempat snorkeling paling terkenal di Nusa Penida yaitu Manta Point dan Crystal Bay.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Dua-duanya masih bagian Nusa Penida bagian Selatan. Kegiatan paling terfavorit oleh para wisatawan di sana selain snorkeling adalah berenang bersama ikan pari Manta Point. Di sini kalian juga bisa melihat banyak sekali ikan mula-mula yang unik di Crystal Bay.

Ada banyak ikan hias yang bisa kalian temukan di Crystal Bay. Mulai dari ikan terkenal seperti nemo, marlyn, dori dan masih banyak lagi. Tentu saja kalian bisa melihat keindahan terumbu karang di dua spot snorkeling di Nusa Penida.

Untuk biaya snorkeling di Nusa Penida berkisar di harga Rp900.000/orang. Kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika memilih snorkeling bersama 1 atau 2 teman. Karena bisa mendapatkan diskon hingga 500 ribuan.

4. Pulau Kepayang

Spot snorkeling Belitung terfavorit bisa kalian temukan di Pulau Kepayang. Pulau ini menjadi salah satu spot terbaik di Belitung dengan daya tarik utama berupa perairannya yang sangat jernih.

Pulau Kepayang tidak hanya menarik tetapi merupakan pulau terbesar di bagian utara perairan Belitung. Kalian bisa menikmati snorkeling di sini dengan melihat terumbu karang dan juga biota laut.

Tempat ini memiliki ombak yang besar jadi kegiatan snorkeling akan semakin seru. Di Pulau Kepayang, kalian tidak hanya bisa melakukan aktifitas snorkeling tapi juga diving. Pulau Kepayang, menjadi salah satu spot diving terbaik.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Tidak heran kalian bisa menjumpai tempat pembelian juga penyewaan alat diving paling lengkap di sini. Belitung juga punya spot snorkeling menarik lainnya yakni di Pulau Lengkuas. Pulau ini tidak jauh lokasinya dari Pulau Kepayang.

Jika kalian berangkat dari Tanjung binga atau Tanjung Kelayang, jarak tempuhnya maksimal 45 menit. Tetapi sayangnya Pulau ini tidak menyediakan penyewaan alat snorkling ataupun diving. Jadi wajib membawa alat snorkeling sendiri.

Kalian bisa menikmati kegiatan snorkeling dan juga diving pada bagian sisi kanan perairan Pulau Lengkuas.

5. Gili Labak

Gili Labak merupakan tempat snorkeling di Jawa timur tepatnya di daerah Sumenep. Meski tempat ini belum terkenal bagi para wisatawan, tetapi pecinta snorkeling pasti tahu tempat ini merupakan spot terbaik.

Untuk mengunjungi Gili Labak, kalian bisa mengikuti open trip ataupun bepergian secara solo. Untuk ikut open trip biasanya membutuhkan biaya sekitar 200 ribuan dengan titik temu di Pelabuhan Kalianget.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Sementara jika kalian memilih untuk solo trip maka membutuhkan biaya yang lebih besar yakni 600 ribuan. Karena harus menyewa perahu, sopir dan juga peralatan snorkeling.

Untuk menuju ke Gili Labak dari Pulau Kalianget membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan perahu. Kalian bisa melihat banyak sekali terumbu karang dan juga ikan warna-warni.

Ombak di Gili Labak cukup tenang sehingga aman pula untuk kegiatan menyelam. Wisata snorkeling terdekat dari Jakarta ini tentu wajib kalian kunjungi.

6. Pulau Moyo

Selanjutnya ada Moyo yang merupakan spot snorkeling apik dari daerah Sumbawa. Pulau ini adalah paling terkecil di Sumbawa dan paling imut ukurannya, dengan hamparan bawah laut berupa terumbu karang indah.

Sudah pasti tempat ini memiliki daya tarik untuk snorkeling karena terumbu karangnya. Belum lagi, di Pulau Moyo kalian akan menemukan pantai pasir putih dengan air yang biru.

Lokasinya memang cukup jauh dari kabupaten Sumbawa. Tapi soal fasilitas tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk ukuran tempat wisata.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Kalian bisa berkunjung ke pulau ini lewat jalur darat dan udara. Jika lewat jalur darat maka bisa melalui kota Mataram menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok timur. Kemudian harus naik kapal untuk menuju pelabuhan Poto Tano, Sumbawa barat.

Melewati jalur darat untuk sampai ke Sumbawa Besar. Setelah itu menyeberang lagi menggunakan kapal agar sampai ke Pulau Moyo. Tetapi jika kalian menggunakan jalur udara maka bisa memilih penerbangan ke Bandara Sultan Kaharudin.

Dari bandara kalian harus naik kapal laut lagi lalu bisa sampai ke Pelabuhan Aji di Pulau Moyo. Spot snorkeling terbaik di pulau Moyo yaitu Takat Sagele. Kalian bisa melihat gundukan karang yang bisa dieksplorasi dengan aktivitas snorkeling.

7. Pulau Abang

Pulau Abang kini mulai dikenal para wisatawan sebagai tempat snorkeling di Batam. Pulau ini tepatnya berada di Kecamatan Galang. Kalian bisa menikmati pulau ini dengan air yang tenang sehingga cocok bagi para penyelam pemula.

Untuk ingin menikmati snorkeling, kalian tidak hanya bisa melihat keindahan terumbu karang tapi juga bertemu ikan Nemo. Bahkan para wisatawan yang datang tidak hanya dari wisatawan lokal tapi juga mancanegara.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Sudah banyak yang memuji kecantikan wisata bawah laut di pulau ini. Apalagi airnya juga sangat jernih dan biru, jadi sangat menarik hati siapa saja yang mengunjungi pulau ini.

Ukuran pulau ini cukup kecil hanya 10 kilometer persegi. Tetapi kalian bisa menemukan banyak sekali ikan-ikan lucu dan terumbu karang berwarna-warni.

8. Raja Ampat

Sejuta pesona Raja Ampat membuat banyak orang penasaran untuk berwisata ke daerah ini. Ternyata, pulau ini memiliki surga snorkeling bernama Pulau Kri.

Pulau ini tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan, padahal jika dilihat memiliki air yang sangat jernih cocok sekali bagi kalian yang ingin melakukan hobi menyelam.

Kalian bisa snorkeling di Raja Ampat ini, memiliki terumbu karang indah dan sangat rapi berjajar. Tidak heran mengapa menjadi salah satu tempat snorkeling terbaik di dunia.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Untuk melihat biota laut dan berbagai jenis ikan, kalian tidak perlu menyelam terlalu dalam. Ada ratusan spesies ikan dan juga terumbu karang di Pulau Kri. Bahkan kalian bisa berenang bersama hiu dan ikan lainnya tanpa harus menyelam ke dasar laut.

Meski pulau ini belum terlalu terkenal, telah disediakan guide untuk yang ingin menyelam ataupun snorkeling. Untuk berkunjung ke Pulau Kri kalian bisa berangkat dari Sorong atau Waisai.

Jarak tempuhnya jika dari Sorong cukup lama yakni 2 jam dengan menggunakan speed boat. Sementara jika berangkat dari Waisai memiliki jarak tempuh yang lebih cepat yakni hanya 30 menit saja.

Kalian bisa berkunjung ke Pulau Kri pada bulan Oktober sampai April, karena pada bulan tersebut perairan nya tenang. Sedangkan pada Juni sampai Agustus, perairannya cukup ekstrim karena gelombang laut yang tinggi.

9. Pantai Ora

Pantai Ora ini adalah teluk yang memiliki tebing curam. Meski begitu pantai ini memiliki surga tersembunyi di bawah laut dengan pemandangannya yang sangat indah. Pantai Ora ada di daerah Pulau Seram, Ambon.

Kalian bisa berkunjung ke pulau ini dengan akses yang cukup mudah. Misalnya dengan menggunakan speed boat dari Ambon ke Pelabuhan Amahi. Pelabuhan ini berada di Kota Masohi.

Kalian membutuhkan jarak tempuh selama 2 jam untuk ke pelabuhan. Kemudian harus melakukan perjalanan darat lagi dengan mobil selama 3 jam.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Pantai ini memiliki terumbu karang yang indah dengan hewan laut yang masih asri. Karena Ora memang belum terlalu ke terkenal sehingga tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung.

Tapi tenang saja meski perjalanan ke pantai ini cukup lama, untuk yang ingin menikmati pantai kalian bisa tetap kita berlama-lama. Pantai Ora sendiri sudah memiliki resort di daerah Pelabuhan Saleman.

Setelah lelah melakukan aktivitas snorkeling, kalian bisa menikmati indahnya pemandangan di daerah pantai dengan background perbukitan dan juga hutan tropis. Pantai yang memiliki kombinasi lengkap antara keindahan laut dan perbukitannya merupakan paket yang komplit.

10. Pulau Rubiah

Berkunjung ke daerah Aceh tidak lengkap rasanya jika tidak menyambangi pulau yang memiliki titik snorkeling terindah. Pulau Rubiah berada di daerah Kota Sabang.

Yang menyuguhkan panorama surga bawah laut sehingga tidak hanya cocok untuk melihat ragam keindahan laut tapi juga untuk diving. Kalian juga bisa tetap aman melakukan snorkeling di pantai Pulau Rubiah, baik para pemula maupun yang sudah sering snorkeling.

Pulau ini tidak berpenghuni oleh masyarakat Aceh atau luar Aceh alias tidak ada penghuninya, tetapi soal snorkeling sudah banyak yang mengetahui spot di Pulau Rubiah. Karena kecantikan alam bawah lautnya, pulau ini memiliki julukan Taman Laut Rubiah. Airnya juga masih sangat asri dan alami sehingga tentu saja kalian bisa puas untuk snorkeling di Pulau ini.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonesia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Kalian bisa menemui banyak jenis ikan bawah laut, bahkan ikan yang belum banyak kalian temui di tempat snorkeling lain juga ada. Tidak hanya itu kan ada juga terumbu orang dengan berbagai warna variasi, bintang laut, alga hidup dan anemo laut.

Memiliki arus air yang cukup tenang sehingga menjadi destinasi kesukaan menyelam untuk para pemula. Untuk mengunjungi Pulau Rubiah, rute yang bisa dilewati bisa lewat Banda Aceh lalu menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue.

Kalian bisa dengan mudah menggunakan rute penyebaran dengan Kapal Ferry menuju Pulau Weh. Masih belum selesai, perjalanan kam terus berlanjut dengan memakai perahu motor atau speed boat ke pantai Iboih waktu 20 menit.

11. Teluk Biru

Teluk Biru yang berada di Banyuwangi adalah tempat favorit untuk snorkeling. Di bawah laut teluk ini, kalian bisa menemukan terumbu karang dan rumput laut yang masih sangat terjaga.

Ada pula karang warna-warni yang memanjakan mata untuk dilihat dan bisa kalian temukan dengan pemandangan air yang indah. Teluk Biru tepatnya berada di Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Kalian bisa menikmati aktivitas snorkeling dengan melihat terumbu karang dengan banyak jenis ikan. Teluk Biru merupakan perairan yang masih sangat alami dan juga bersih.

Bahkan masyarakat sekitar teluk membantu pelestarian terumbu karang dan ikan-ikan. Dengan menggunakan sistem transplantasi terumbu karang dan fish apartement.

Disini kalian bisa menemukan terumbu karang dan Gangga ikan yang sangat dilindungi. Teluk Biru ini juga merupakan surga bagi para penyelam. Jadi bisa dibilang kalian bisa menikmati aktivitas snorkeling dan juga dan diving.

Ada juga aktivitas lain yang bisa dilakukan selain snorkeling yaitu jetski, memancing dan berenang. Untuk berkunjung ke Teluk Biru kalian bisa melalui akses jalur laut.

Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia - Snorkeling Indonensia - Candi
Destinasi Snorkeling Terindah di Indonesia – Snorkeling Indonesia – Candi

Perjalanan lewat pelabuhan Ikan Desa Mancur dengan jarak tempuh 1 jam dari kota Banyuwangi. Setelah itu lanjut lagi menggunakan kapal nelayan ke Pantai Teluk Biru selama dua setengah jam.

Jalanannya memang terbilang cukup jauh dan lama, semuanya terbayarkan dengan keindahan Teluk Biru. Untuk waktu terbaik berkunjung ke Pantai Teluk Biru adalah pada Oktober sampai Mei.

Sekarang kalian tentu sudah tahu spot snorkeling Indonesia mana saja yang terbaik dan kalian bisa bereksplorasi ke sana. Lalu destinasi snorkeling mana yang paling kalian ingin kunjungi?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *