Wisata

13 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Bagikan Artikel Ini:

Lombok menjadi salah satu pulau yang populer dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Tempat wisata Lombok tidak kalah menakjubkan dengan Bali yang berada di sebelah baratnya. Anda bisa menikmati keindahan alam Gunung Rinjani dan deburan ombak Pantai Kuta Lombok. Masih banyak lagi tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi di pulau ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok yang Paling Indah

Lombok - 13 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi - Candi

Ada 15 tempat wisata di Lombok yang recommended dan wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke sana, yaitu:

1. Pantai Senggigi

Rekomendasi pertama di Lombok adalah Pantai Senggigi yang ada di daerah Batu Layar, Lombok Barat. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu destinasi wajib ketika Anda berlibur ke Lombok. Suasana pantai ini sangat mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Bali, namun ombak di pantai ini lebih tenang sehingga Anda bisa berenang.

Banyak juga para wisatawan yang melakukan kegiatan snorkeling di pantai ini. Garis Pantai Senggigi cukup panjang dengan pasir yang indah dan air yang jernih. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Untuk memasuki pantai ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 15.000,- per orang. Anda juga bisa memilih untuk menginap di sekitar pantai ini, di sekeliling pantai ini sudah banyak hotel dan penginapan untuk para wisatawan. Untuk Anda yang memilih berbulan madu di Lombok bisa memilih penginapan di dekat pantai ini.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani termasuk salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Rinjani menjadi salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia.Ketinggian dari gunung ini adalah 3.700 mdpl dan menjadi gunung tertinggi ketiga yang ada di Indonesia.Bagi orang yang beragama Hindu, gunung ini mempunyai spiritual yang tinggi. Mereka percaya bahwa Gunung Rinjani merupakan tempat tinggal bagi para dewa.

Pendakian ke Gunung Rinjani menjadi salah satu pendakian yang diimpikan oleh banyak para pendaki Indonesia. Tidak hanya karena ketinggiannya tapi juga karena pemandangannya yang sangat indah. Di kawasan Gunung Rinjani juga banyak wisata alam yang menarik seperti danau segara anak, air terjun, dan lain sebagainya. Lombok wisata Gunung Rinjani ini menjadi destinasi wisata alam terbaik yang ada di Lombok.

3. Pura Batu Bolong

Daerah Senggigi Lombok mempunyai wisata populer dan unik yaitu Pura Batu Bolong. Pura ini menjadi unik karena terletak di atas batu karang yang menyerupai sebuah gua di bawahnya. Batu karang ini menjorok ke laut dan membuat suasana pura semakin unik. Anda yang ingin masuk ke Pura Batu Bolong ini diharuskan untuk menggunakan kain kuning yang diikatkan ke pinggang. Ini adalah salah satu adat dan bentuk penghormatan.

Berada di pura ini Anda akan merasa nyaman dan tenang, cocok untuk Anda yang ingin melakukan meditasi. Latar pemandangan pura ini adalah Gunung Agung Bali yang sangat indah. Biasanya banyak wisatawan yang datang ke pura ini di sore hari untuk menikmati matahari tenggelam.

4. Air Terjun Sendang Gile

Lombok - 13 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi - Candi

Di daerah Lombok Utara terdapat sebuah air terjun yang sangat indah bernama Sendang Gile. Air terjun ini ada di daerah Senaru tepatnya 60 km dari Kota Mataram. Untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan darat. Air terjun ini adalah pintu masuk ke Gunung Rinjani, untuk Anda yang ingin mendaki gunung Rinjani pasti akan melewati air terjun ini.

Tidak hanya pemandangannya yang indah, air terjun ini juga mempunyai air yang jernih dan menyejukkan. Mitos yang beredar bahwa air di sini bisa membuat awet muda. Karena hal inilah banyak orang yang datang kesini menyempatkan diri untuk mandai atau sekedar membasuh wajah. Untuk sampai ke air terjun ini memang tidaklah mudah, Anda harus menaiki anak tangga sejumlah 200 buah. Kelelahan menaiki tangga akan terbayar ketika Anda sudah sampai ke lokasi air terjun ini.

5. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan wisata di Lombok timur tepatnya di Lembuak yang lokasinya 10 km dari kota Mataram. Keberadaan taman ini sudah ada sejak tahun 1727 dibangun oleh Kerajaan Mataram. Luas dari taman ini sekitar 2 hektar yang dulunya berfungsi sebagai tempat melaksanakan upacara dan beristirahat raja dan keluarganya. Taman ini masih terjaga dengan baik dan sekarang dijadikan sebagai tempat wisata alam.

Keunikan dari taman ini adalah desainnya yang dibuat mirip dengan Gunung Rinjani. Bisa dikatakan Taman Narmada ini adalah bentuk mini atau replika dari Gunung Rinjani. Di taman ini juga terdapat kolam yang sumbernya langsung dari mata air Rinjani yang dipercaya bisa membuat awet muda. Untuk Anda yang ke Lombok dan belum bisa melakukan pendakian ke Gunung Rinjani bisa datang ke taman ini. Setidaknya Anda bisa menikmati replika Gunung Rinjani sebelum mendaki langsung ke gunung aslinya.

6. Gili Trawangan

Tempat wisata di Lombok yang cukup terkenal dan wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan ini merupakan sebuah pulau yang ada di Lombok dengan pemandangan bawah laut yang indah. Pulau ini termasuk dalam 3 pulau besar yang ada di gugus Gili di Lombok. Gili Trawangan sendiri baru ditemukan pada tahun 1980 oleh para backpacker yang datang ke Lombok.

Di pulau ini Anda tidak akan menemukan satupun kendaraan, jadi untuk berkeliling pulau Anda harus berjalan kaku atau menyewa sepeda.Banyak para wisatawan yang melakukan snorkeling dan berselancar di sini. Anda juga bisa melakukan meditasi di sini karena suasananya yang menenangkan.

7. Danau Segara Anak

Anda yang berkunjung ke Lombok wajib untuk mengunjungi Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani. Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di Lombok dengan pemandangannya yang sangat indah. Banyak orang yang masih percaya bahwa danau ini merupakan pecahan dari lautan yang muncul di permukaan pulau. Airnya yang berwarna biru seperti air laut inilah yang membuat orang percaya akan cerita tersebut.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di danau ini cukup banyak, seperti memancing, dan bersantai di pinggir danau. Anda bisa menikmati pemandangan yang indah Gunung Rinjani. Untuk mencapai danau ini Anda harus melakukan perjalanan selama 9 jam dengan menggunakan jalur darat. Karena perjalanannya lama maka sangat di sarankan Anda untuk menginap di sini. Suasana malam hari di danau ini sangat tenang cocok untuk melakukan meditasi.

8. Hutan Monyet Pusuk

Masih di lokasi Gunung Rinjani, ada sebuah hutan yang ditinggali oleh monyet yaitu Hutan Monyet Pusuk. Hutan ini akan Anda lewati ketika akan berwisata ke Gunung Rinjani.Anda bisa beristirahat sejenak disini untuk menikmati pemandangan dan melihat ratusan monyet liar.Untuk Anda yang akan ke Air Terjun Sendang Gile juga akan melewati hutan ini. Anda harus berhati-hati karena kebanyakan monyet disini sangat liar dan sering mengambil makanan para wisatawan.

9. Pantai Sire

Lombok - 13 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi - Candi

Pantai Sire ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Lombok. Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah dari pantai ini.Untuk mencapai Pantai Sire Anda bisa berkendara dari kota Mataram kurang lebih selama 1 jam. Jarak antara pantai ini dan Kota Mataram hanya sekitar 35 km.

Pantai Sire ini merupakan salah satu pantai berpasir putih dengan garis pantai yang panjang yaitu sekitar 4 km. Anda bisa melakukan banyak aktivitas di pantai ini seperti snorkeling, berenang, memancing, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu membawa peralatan memancing atau snorkeling sendiri karena di sekitar pantai banyak tempat persewaan alat tersebut.

10. Pantai Kuta Lombok

Salah satu tempat wisata di Lombok yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi adalah Pantai Kuta Lombok. Wisatawan Lombok lebih mengenal pantai ini sebagai Pantai Merica karena pasirnya yang sangat lembut seperti merica. Pantai ini mempunyai pemandangan yang indah dan masih terjaga keasriannya.

Anda bisa berselancar di pantai ini dengan deburan ombaknya yang tidak terlalu tenang. Pantai Kuta Lombok ini juga dikenal sebagai pantai dengan keindahan bawah lautnya yang indah. Banyak orang yang melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini. Anda juga bisa berkuda di sekitar pantai yang indah ini.

11. Gili Nanggu

Selain Gili Trawangan ada juga Gili Nanggu yang ada di lepas pantai Lombok. Gili ini merupakan gili paling kecil dengan pemandangan bawah lautnya yang indah. Banyak wisatawan yang datang kesini memilih untuk berkemah dan melakukan snorkeling maupun diving.

Air di gili ini sangat jernih dan banyak ditinggali ikan-ikan tropis yang indah. Di sini Anda bisa memberi makan ikan secara langsung dengan remahan roti. Di gili ini Anda bisa melakukan kemah secara gratis namun Anda tetap harus menghubungi pihak terkait untuk meminta izin. Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan jika berkemah di sini.

12. Dusun Sade

Lombok mempunyai suku yang cukup terkenal yaitu Suku Sasak yang ada di Lombok Tengah. Suku Sasak ini dikenal sebagai suku yang masih mempertahankan budaya leluhurnya. Dusun Sade ini merupakan wisata budaya yang ada di Lombok dan wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke sini. Di sini Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional Suku Sasak yang terbuat dari bambu dan ilalang.

Setiap rumah di sini mempunyai bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Tidak hanya melihat rumah tradisional, Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan ikat tradisional Lombok. Bahkan Anda bisa belajar untuk menenunnya. Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda bisa menyaksikan upacara adat penduduk Dusun Sade ini.

Anda bisa mendokumentasikannya dan mengobrol langsung dengan suku asli Pulau Lombok ini. Namun tentu saja Anda harus menjaga sopan santun.

13. Pantai Tanjung Aan

Lombok - 13 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi - Candi

Pantai ini merupakan pantai yang masih bersih dan letaknya tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok. Anda bisa mengunjungi pantai ini dalam sehari setelah mengunjungi Pantai Kuta Lombok. Jarak pantai ini hanya sekitar 3 km saja dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum.

Deburan ombak yang lembut di pantai ini membuat suasana tenang dan nyaman untuk beristirahat. Anda juga bisa menikmati keindahan batu karang yang ada di sekitar pantai. Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, Anda bisa melakukan selanjar dan snorkeling di sini. Pantai ini sering dijadikan sebagai tempat latihan para peselancar muda yang baru belajar.

13 tempat wisata Lombok ini wajib Anda masukkan ke dalam list tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Lombok. Pilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Lombok agar Anda bisa menikmati liburan Anda.

Berapakah Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi?

Rp 15.000,- per orang.

Berapakah ketinggian Gunung Rinjani?

Ketinggian dari gunung Rinjani adalah 3.700 mdpl dan menjadi gunung tertinggi ketiga yang ada di Indonesia.

Lombok mempunyai suku yang cukup terkenal yaitu ?

Suku Sasak

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close