Sponsored

9 Cara Mencegah dan Membasmi Rayap

Bagikan Artikel Ini:

Rayap adalah golongan hama serangga yang dapat memakan zat selulosa pada kayu, kardus, kertas, kain wol, bahkan gypsum. Ada 3 jenis rayap yang populer di Indonesia, yaitu rayap tanah, rayap kayu kering, dan rayap kayu lembab. Sifat rayap bukan hanya pengganggu saja, namun merusak. Sehingga jika dibiarkan begitu saja, kerugian yang anda dapat akan semakin besar karena semakin banyaknya furniture yang rusak.

Rayap atau anai-anai merupakan jenis serangga sosial yang hidup berkoloni. Serangga ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda di masing-masing daerah, misalnya di Sumatera spesies ini disebut anai-anai, di Jawa Tengah disebut rangas, sedangkan di daerah Jawa Barat hewan ini disebut rinyuh atau sumpiyung.

Serangan serangga ini memang dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang besar, namun sekarang sudah ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk membasminya. Di sisi lain, hewan yang dikenal sebagai hama perusak kayu ini ternyata memiliki peranan lain bagi lingkungan di sekitarnya.

Spesies ini sudah hidup sejak 200 juta tahun silam sehingga termasuk binatang purba. Selain itu, spesies ini juga memiliki  bayak hal-hal unik lainnya yang mesti anda ketahui. Berikut Forester Act merangkum segala hal yang berkaitan dengan rayap secara lengkap.

Tanda-tanda di Rumah Anda Terdapat Rayap

Hal ini yang harus diperhatikan untuk melihat tanda-tanda keberadaan dan serangan rayap di rumah yang mudah Anda kenali dan deteksi sejak awal. Selain dapat meminimalisir kerusakan yang diciptakan, mengetahui tanda-tanda serangan rayap di rumah bisa mencegah serangan di masa mendatang.

Photo by Olga Serjantu on Unsplash

1. Pondasi kayu terasa kopong dan tipis

Untuk mengetahui keberadaan rayap di rumah Anda, cobalah cari sebuah pondasi kayu atau benda lainnya yang terbuat dari kayu. Coba Anda ketuk-ketuk kayu tersebut. Jika terasa kopong dan kosong, maka dapat dipastikan terdapat rayap di dalam pondasi kayu tersebut. Rayap biasanya memakan lapisan kayu yang mereka temui. Sekumpulan rayap akan menyelinap ke dalam lapisan kayu dengan cara memakan lapisan luar terlebih dahulu, kemudian mulai menggerogoti ke dalam. Oleh karena itu, sebuah pondasi kayu yang sudah dimakan rayap akan terasa kopong, ringan dan kosong karena lapisan dalam kayu tersebut sudah dimakan oleh rayap.

2. Terdapat kotoran rayap

Tanda-tanda keberadaan rayap berikutnya yang bisa Anda kenali adalah dengan melihat kotorannya. Cara mengetahui kotoran rayap bisa dilihat di bagian pojokan dari pondasi kayu tersebut. Jika terdapat sekumpulan benda berbentuk serbuk pasir berwarna putih kekuning kuningan serta serbuk tersebut mengeras seperti tanah terkena air dan mengeras, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah kotoran rayap. Kotoran tersebut merupakan hasil dari konsumsi sekumpulan rayap yang memakan pondasi kayu tersebut dari dalam. Selain itu, keberadaan kotoran rayap juga bisa dideteksi dengan baunya. Biasanya, kotoran rayap akan mengeluarkan bau apek dan tercium seperti kayu lembab. Berhati-hatilah saat membersihkan kayu atau benda yang terdapat kotoran rayap.

3. Pondasi kayu terasa ringan

Setelah Anda curiga terhadap keberadaan rayap di sebuah pondasi kayu, untuk membuktikan kecurigaan Anda, coba goyangkan atau angkat sebuah benda atau pondasi kayu yang menurut Anda telah digerogoti rayap. Jika benda atau pondasi tersebut ringan, maka dapat dipastikan memang terdapat rayap di dalamnya. Bagian dalam sebuah pondasi kayu telah habis dimakan dan digerogoti oleh rayap sehingga bagian dalam dari sebuah pondasi kayu akan menjadi kopong. Kondisi kayu yang kopong membuat terbentuknya ruang udara di bagian dalam sebuah pondasi batang kayu. Hal ini membuat berat sebuah pondasi terasa sangat ringan

4. Terdapat jalur

Tanda-tanda keberadaan serangan rayap di rumah Anda selanjutnya adalah keberadaan jalur rayap di sekitar fondasi. Setelah memakan dan menggerogoti sebuah pondasi kayu dari dalam ataupun mengkonsumsi beda lainnya, koloni rayap akan membuat sebuah kerajaan koloni. Kerajaan koloni ini mereka bangun di sekitar benda atau pondasi kayu yang mereka jadikan sebagai sumber makanan. Setelah membangu kerajaan koloni, para rayap tersebut akan membangun jalur yang menghubungkan sumber makanan mereka dengan kerajaan koloni mereka. Biasanya, kerajaan koloni mereka bangun di bawah tanah atau di celah tembok. Atau untuk mengetahui letak kerajaan koloni sebuah rayap, cukup perhatikan jalur rayap yang menghubungkan sumber makanan rayap tersebut dengan kerajaan koloni yang mereka bangun.

Cara mencegah dan membasmi rayap

  • Memperbaiki pipa dan keran bocor. Selain itu, penting juga untuk menjaga agar struktur bangunan tetap kering agar tidak memberi sumber air untuk rayap.
  • Tutup semua celah di sekitar pipa air agar rayap tidak melalui jalur ini untuk mencari makanan.
  • Hapus semua sumber makanan rayap, meliputi balok-balok kayu yang tidak terpakai, tunggul pohon atau puing-puing dari tempat Anda.
  • Hindari menggunakan mulsa atau lembaran plastik penutup tanaman pada taman yang bersebelahan dengan rumah Anda
  • Hapus semua kemunculan cabang pohon yang menyentuh struktur rumah.
  • Carilah tabung penampungan rayap yang dibuat oleh jenis rayap tanah dari lumpur, kotoran dan air liur untuk memudahkan mereka bergerak di bawah tanah keatas permukaan tanah untuk mencari makanan.
  • Menggunakan jasa membasmi rayap, jasa pembasmi rayap sangat dibutuhkan untuk mengusir rayap pengganggu yang ada dirumah, namun juga harus memperhatikan jasa basmi rayap yang terpercaya, seperti Fumida.FUMIDA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pest control yang mengedepankan kualitas pekerjaan agar selalu maksimal, perusahaan ini bergerak maju karena kepercayaan dari banyak klien yang merasakan kepuasan layanannya. Perusahaan ini Resmi & TERDAFTAR Sebagai perusahaan professional yang terdaftar dalam asosiasi dan memiliki sertifikat dan Izin Operasional resmi. Fumida menggunakan solusi pengendalian hama inovatif yang dikembangkan oleh para ahli. Sebagai sebuah bisnis yang merangkul teknologi baru yang muncul dan berusaha untuk berinovasi dan memanfaatkan solusi baru. Hubungi Fumida untuk melindungi keluarga dari serangan hama, Contact person : 021-29049130 dan 0822-1132-1132.
  • Buat jebakan Rayap dengan kardus basah secukupnya.
  • Gunakan air sabun

Itulah cara mencegah dan membasmi rayap yang ada dirumah, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya yang merasa terganggu dengan adanya rayap dirumah, selamat mencoba.

Apa pengertian rayap dan jenis-jenisnya?

Rayap adalah golongan hama serangga yang dapat memakan zat selulosa pada kayu, kardus, kertas, kain wol, bahkan gypsum. Ada 3 jenis rayap yang populer di Indonesia, yaitu rayap tanah, rayap kayu kering, dan rayap kayu lembab. Sifat rayap bukan hanya pengganggu saja, namun merusak. Sehingga jika dibiarkan begitu saja, kerugian yang anda dapat akan semakin besar karena semakin banyaknya furniture yang rusak.

Bagaimana tanda-tanda dari munculnya rayap?

1. Pondasi kayu terasa kopong dan tipis Untuk mengetahui keberadaan rayap di rumah Anda, cobalah cari sebuah pondasi kayu atau benda lainnya yang terbuat dari kayu. Coba Anda ketuk-ketuk kayu tersebut. Jika terasa kopong dan kosong, maka dapat dipastikan terdapat rayap di dalam pondasi kayu tersebut. 2. Terdapat kotoran rayap Tanda-tanda keberadaan rayap berikutnya yang bisa Anda kenali adalah dengan melihat kotorannya. Cara mengetahui kotoran rayap bisa dilihat di bagian pojokan dari pondasi kayu tersebut. 3. Pondasi kayu terasa ringan Coba goyangkan atau angkat sebuah benda atau pondasi kayu yang menurut Anda telah digerogoti rayap. Jika benda atau pondasi tersebut ringan, maka dapat dipastikan memang terdapat rayap di dalamnya. 4. Terdapat jalur Tanda-tanda keberadaan serangan rayap di rumah Anda selanjutnya adalah keberadaan jalur rayap di sekitar fondasi. Setelah memakan dan menggerogoti sebuah pondasi kayu dari dalam ataupun mengkonsumsi beda lainnya, koloni rayap akan membuat sebuah kerajaan koloni.

Apa saja cara untuk mencegah dan membasmi rayap?

1. Memperbaiki pipa dan keran bocor. Selain itu, penting juga untuk menjaga agar struktur bangunan tetap kering agar tidak memberi sumber air untuk rayap. 2. Tutup semua celah di sekitar pipa air agar rayap tidak melalui jalur ini untuk mencari makanan. 3. Hapus semua sumber makanan rayap, meliputi balok-balok kayu yang tidak terpakai, tunggul pohon atau puing-puing dari tempat Anda. 4. Hindari menggunakan mulsa atau lembaran plastik penutup tanaman pada taman yang bersebelahan dengan rumah Anda 5. Hapus semua kemunculan cabang pohon yang menyentuh struktur rumah. 6. Carilah tabung penampungan rayap yang dibuat oleh jenis rayap tanah dari lumpur, kotoran dan air liur untuk memudahkan mereka bergerak di bawah tanah keatas permukaan tanah untuk mencari makanan. 7. Menggunakan jasa membasmi rayap, jasa pembasmi rayap sangat dibutuhkan untuk mengusir rayap pengganggu yang ada dirumah, namun juga harus memperhatikan jasa pembasmi rayap yang terpercaya. 8. Buat jebakan Rayap dengan kardus basah secukupnya 9. Gunakan air sabun

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close