Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi
Bagikan Artikel Ini:

Ingin motor touring Anda tetap aman dan menyenangkan saat masa new normal? Simak panduan lengkap cara dan perlengkapannya berikut ini!

Dua tahun terakhir, dunia motor touring agak kacau. Gara-gara COVID-19, rencana touring motor banyak dibatalkan. Jangankan mau perjalanan jauh ke tempat wisata, keluar kabupaten saja bukan main susahnya.

Untungnya, di tahun 2021 kita sudah masuk era new normal. Motor touring adalah salah satu kegiatan yang sudah mendapat izin, walau tetap dibatasi intensitasnya. Jadi, buat Anda yang ingin touring motor saat new normal, simak panduan dari Candi.ID berikut ini dulu ya.

Kondisi Jalan Era New Normal di Indonesia

Per artikel ini ditulis, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 1,9 juta, dengan 1,7 juta sembuh dan 53 ribu meninggal dunia.

Sebenarnya di awal tahun 2021, angka kasus COVID per hari sudah menurun. Akan tetapi semenjak arus mudik Lebaran Mei 2021, angkanya kembali meningkat drastis.

Oleh sebab itu, saat ini pemerintah kembali memperketat arus transportasi di jalan. Meski sudah tidak ada lockdown, Anda tetap harus hati-hati jika ingin motor touring sekarang. Tetap patuhi protokol kesehatan dan prinsip road safety agar touring Anda aman dan menyenangkan.

Persiapan Touring Motor Masa New Normal

Jika ingin motor touring bersama teman-teman selama new normal di Indonesia, ada beberapa barang wajib yang perlu Anda siapkan sebelum berangkat. Pastikan jangan meninggalkan satu pun barang di bawah ini agar perjalanan Anda tidak terkendala.

  • Perlengkapan umum: jaket riding, sarung tangan kulit, helm, sepatu, kaos kaki, kacamata, syal tambahan, baju cadangan, uang cash secukupnya, ponsel, GPS, kamera, jas hujan
  • Perkakas reparasi: tool kit obeng, alat tambal ban portable, pisau lipat serbaguna, senter, korek
  • Protokol kesehatan: kotak P3K, obat-obatan, masker 3 ply (minimal 3 set), hand sanitizer, sabun
  • Dokumen-dokumen penting: ATM, KTP, SIM, STNK, Surat Keterangan Negatif COVID (bila perlu)

10 Cara Aman Motor Touring Saat New Normal, Tapi Tetap Fun

Setelah melakukan persiapan touring motor, berikut ini ada beberapa cara aman motor touring saat new normal yang bisa Anda dan rombongan lakukan. Tips-tips di bawah ini sudah disesuaikan dengan standar new normal di Indonesia, sehingga Anda bisa langsung menerapkannya.

Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi
Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi

1. Perkirakan Jarak yang Ingin Ditempuh

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum motor touring adalah memperkirakan jarak yang ingin Anda dan rombongan tempuh. Selama new normal di Indonesia, pemerintah sangat membatasi jarak bepergian.

Oleh karena itu, jika tidak ingin ditilang/disuruh putar balik, pastikan touring Anda dan rombongan menempuh jarak aman. Akan lebih aman lagi jika meeting point touring-nya tidak keluar daerah.

2. Berangkat dengan Rombongan Kecil

Cara motor touring berikutnya yang harus Anda lakukan adalah berangkat dengan rombongan kecil, maksimal 10 sampai 15 orang. Jika berangkat dengan terlalu banyak orang, Anda berpotensi membuat kerumunan di jalan, dan ini akan mengundang perhatian polisi.

Di samping menjaga jumlah rombongan, jangan lupa melakukan briefing terlebih dulu sebelum touring. Atur urutan keberangkatan agar rombongan bisa menjaga jarak dengan motor sebelumnya. Selain itu, selalu ingatkan kepada rekan-rekan bikers untuk social distancing saat di jalan.

3. Pastikan Tubuh Fit Sebelum Berangkat

Meskipun sudah new normal, Anda tidak bisa meremehkan virus COVID-19. Oleh karena itu, pastikan daya tahan tubuh Anda kuat sebelum melakukan touring.

Minum suplemen vitamin C yang banyak beberapa hari sebelum keberangkatan agar Anda tetap fit di hari-H. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawanya saat motor touring agar Anda dapat mengkonsumsinya saat dibutuhkan.

4. Cek Juga Kondisi Kendaraan

Agar tidak jadi hambatan selagi di perjalanan, Anda harus memastikan kondisi kendaraan prima sebelum berangkat touring. Coba lakukan pengecekan menyeluruh ke motor, mulai dari kondisi ban, rem, pelumas, sampai remnya.

Di masa new normal ini, banyak usaha tutup karena sepi, salah satunya bengkel. Jika tidak hati-hati, motor Anda bisa-bisa mogok di tempat jauh dari tempat reparasi.

5. Tetap Jaga Jarak dengan Orang Lain

Tips touring motor kelima di masa new normal adalah tetap menjaga jarak. Ke mana pun nanti Anda touring, baik di jalan, di fasilitas umum, atau di tempat wisata, pastikan Anda selalu waspada dengan lingkungan sekitar.

Tetap jaga jarak minimal 1 – 2 meter dari orang lain, terutama orang di luar rombongan Anda. Di perjalanan, mungkin Anda akan ketemu rekan lain sesama bikers. Jangan lupa selalu memakai hand sanitizer setiap setelah kontak fisik dengan mereka.

6. Bawa Tes Negatif COVID-19

Saat ini, pemerintah mensyaratkan wajib tes COVID-19 dengan hasil negatif bagi siapa saja yang ingin bepergian. Oleh karena itu, supaya perjalanan aman bebas hambatan, sebaiknya Anda dan rombongan melakukan tes dulu.

Soal harga tes COVID-19, Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang ada beberapa opsi tes yang Anda pilih. Jika touringnya hanya di dalam provinsi, Anda bisa memilih tes Genose yang biayanya sekitar Rp150 ribu saja.

7. Usahakan Cari Rute Alternatif

Poin ini bukan bermaksud mengajari Anda menghindari razia. Akan tetapi, alangkah baiknya jika di masa new normal ini, Anda dapat melakukan touring via rute alternatif.

Selain pemandangan rute alternatif biasanya lebih bagus, rute alternatif juga umumnya lebih sedikit dilewati orang, sehingga Anda tidak berisiko membuat kerumunan/terlalu dekat dengan orang lain saat di jalan.

8. Patuhi Standar Road Safety

Selain menghindari membuat kerumunan di jalan, jangan lupa juga untuk selalu mematuhi standar road safety.

Jalanan di era new normal ini akan lebih lengang dari biasanya. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda bisa seenaknya di jalan. Tetap patuhi rambu lalu lintas dan berkendaralah dengan kecepatan sewajarnya.

9. Cuci Tangan dan Bersih Diri Lebih Sering

Sebagai seorang bikers, pertemuan dengan rekan bikers di jalan adalah sebuah rezeki. Namun karena kita masih di masa pandemi, berhati-hatilah saat berinteraksi dengan sesama.

Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi
Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi

Bersalaman atau peluk solidaritas itu boleh, tapi setelahnya jangan lupa pakai hand sanitizer/cuci tangan sekalian. Bahkan lebih baik lagi, Anda bisa mampir untuk bersih diri (ganti pakaian/mandi) setelahnya.

10. Jangan Lupa Istirahat

Di masa pandemi ini, kekuatan imunitas penting agar kita terlindung dari jangkitan virus. Oleh karena itu, saat motor touring, jangan lupa beristirahat di titik-titik tertentu lebih sering daripada sebelum pandemi.Selama istirahat, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur sekilas, makan, dan membersihkan badan. Selama proses istirahat ini, sempatkan juga untuk mengingatkan rombongan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

5 Rekomendasi Tempat Motor Touring Masa New Normal

Selama masa new normal di Indonesia, banyak tempat wisata yang biasanya didatangi bikers berhenti beroperasi. Tapi tidak usah sedih, di bawah ini Candi.ID punya beberapa rekomendasi destinasi tujuan motor touring yang dapat Anda dan rombongan jadikan meeting point.

1. Gunung

Tempat motor touring pertama paling Candi.ID rekomendasikan adalah pegunungan. Udara segar dan asrinya daerah gunung akan membuat pikiran Anda lebih mudah fresh. Selain itu, hormon endorfin Anda juga akan naik, sehingga imunitas pun juga ikut menguat.

Jika ingin touring ke gunung, Anda tidak perlu menetapkan target muluk-muluk seperti Semeru, Rinjani, dan semacamnya. Cukup ke daerah-daerah pegunungan landai seperti gunung Gede Pangrango, Dieng, dan Bromo.

2. Taman Nasional

Rekomendasi tempat motor touring masa new normal berikutnya adalah taman nasional. Destinasi touring satu ini adalah salah satu tempat wisata dibuka paling pertama sejak pandemi.

Saat touring di taman nasional, Anda dapat menyaksikan keindahan alam asli Indonesia, beserta flora fauna khasnya. Selain itu, ada banyak track menantang yang wajib Anda coba bersama motor di sana, sehingga touring Anda pasti akan sangat seru.

Ada beberapa taman nasional yang mulai saat ini dapat Anda kunjungi, misalnya Taman Nasional Bromo, Raden Surya, Baluran, dan Merbabu Jawa Tengah.

3. Pantai

Jika memungkinkan, Anda dan rombongan bisa melakukan touring ke pantai. Akan tetapi, pantai yang dimaksud di sini bukanlah pantai ramai seperti Ancol, Kuta, dan semacamnya. Soalnya, pantai-pantai populer seperti ini pasti penjagaannya ketat di masa pandemi.

Saat ingin touring ke pantai, sebaiknya Anda memilih pantai-pantai terpencil di pinggiran daerah. Jika Anda berasal dari pulau Jawa, ada berbagai pantai di daerah Selatan Jawa yang belum banyak dijamah manusia. Biasanya, pantai-pantai tersebut hanya dikelola masyarakat lokal saja.

4. Kota Wisata

Jika Anda dan rombongan dapat izin melakukan touring ke luar kota, Anda dapat mencoba berkunjung ke kota wisata terdekat dengan kampung halaman Anda.Berkat perkembangan pariwisata di Indonesia, saat ini ada banyak kota wisata berkembang di berbagai provinsi. Sebagai contoh, provinsi Jawa Timur memiliki kota wisata Batu, Malang, Blitar, dan Kediri. Sedangkan di Banten, ada perkampungan Baduy.

Akan tetapi ingat, berhati-hatilah saat memasuki kota di luar wilayah Anda dan rombongan. Sebelum menetapkan kota tujuan, cari tahu bagaimana kondisi persebaran pandemi di sana. Selain itu, jangan lupa juga membawa surat keterangan negatif COVID-19, untuk jaga-jaga saat melewati perbatasan daerah.

5. Road Tour

Jika Anda dan rekan-rekan sesama bikers tidak memungkinkan pergi ke tempat wisata atau daerah lain, jangan dipaksakan. Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan road tour bersama rekan-rekan satu daerah.

Saat melakukan road tour, Anda dan rombongan bebas menelusuri jalan di wilayah kampung halaman. Selain itu, Anda dan rombongan juga dapat memilih rute-rute dengan pemandangan menarik sesuai keinginan.

Bukan hanya lebih aman untuk kesehatan, melakukan road tour juga merupakan sarana bersenang-senang tanpa menghabiskan banyak biaya. Kegiatan road tour ini bahkan dapat Anda dan rombongan lakukan dengan rutin, misalnya setiap Minggu pagi (sunmori) atau saat hari libur.

Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi
Touring motor-10 Cara Super Aman Touring Motor Saat New Normal di Indonesia-Candi

Demikianlah panduan cara aman touring motor saat new normal di Indonesia yang dapat Anda lakukan. Motor touring adalah salah satu kegiatan melepas penat makin ampuh, terutama di masa karantina pandemi seperti sekarang.

Oleh karena itu, jangan lupa sempatkan ya! Ajak sesama rekan bikers Anda touring sekarang juga, tentu dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *