Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan - Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Liburan di Lembongan tidak kalah seru dengan Nusa Penida atau Nusa Ceningan. Ada banyak kegiatan wajib di Lembongan, mulai dari snorkeling, surfing, zipline, melihat sunset, menyelam, sampai wisata kuliner.

Pulau Nusa Lembongan dilihat dari ukurannya memang jauh lebih kecil dari Pulau Bali. Akan tetapi, kalau masalah tempat wisata dan berbagai kegiatan seru, Nusa Lembongan tidak kalah. Ada banyak wisata, hiburan, dan berbagai kegiatan yang wajib dilakukan di Lembongan karena  pastinya seru dan cuma disana. 

Pulau dengan panjang 4,6 km dan lebar 1,5 km tersebut, biarpun kecil tapi sangat lengkap dan tidak kalah dari pulau lain. Kalau kalian sudah kesana dan menjajal berbagai aktivitas serunya, pasti ketagihan kembali lagi, tidak percaya?

Sebelum kita membahas berbagai kegiatan serunya, ada yang tidak kalah penting. Sudahkan kalian tahu bagaimana cara ke Nusa Lembongan dari Bali? Harus naik kapal apa, biayanya berapa, dan dari mana?

Cara Menuju Nusa Lembongan dari Bali

Bagi kalian yang belum tahu bagaimana menuju Lembongan dari Bali, jangan khawatir? Cara menuju kesana sangat mudah, dan ada berbagai jalur yang bisa kalian tempuh. Selain itu mengenai biaya juga fleksibel, tergantung kapal yang kalian naiki. 

Ayo langsung saja kita bahas tuntas mengenai cara menuju Nusa Lembongan dari kapal, harga, sampai waktunya, ya. 

1. Menaiki Kapal Cruise Mewah dari Tanjung Benoa

Kapal Bounty Cruise merupakan kapal pesiar mewah yang melayani paket tour Nusa Lembongan, berkeliling lembongan dan sekitarnya. Jadi, tidak cuma menyeberang saja, kalian juga akan ikut berkeliling mengitari Lembongan sampai kembali lagi. Biasanya dari paket tour Nusa Lembongan ini bukan cuma keliling, tapi ada fasilitas lain seperti makanan. 

Tarif kapal pesiar mewah ini cukup mahal, biaya totalnya kira-kira sekitar Rp640.000/orang. Kalian bisa memilih mau menempati dek 1, 2, atau 3 yang berada di bagian paling atas. Perjalanan menggunakan cruise dari Tanjung Benoa ke Lembongan, kurang lebih memakan waktu 45 menit. 

2. Menaiki Kapal Cepat

Kapal cepat atau fast boat bisa menjadi opsi kalau kalian merasa cruise terlalu mahal. Ukuran kapal ini tidak sebesar cruise tapi walaupun begitu tetap nyaman dan aman.

Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan - Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan - Candi
Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan – Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan – Candi

Biaya tiket kapal cepat sendiri tergantung dari masing-masing kapal dan yang menawarkannya. Umumnya tiket Nusa Lembongan untuk wisatawan domestik dari Rp85.000-Rp120.000, dan untuk mancanegara Rp110.000-Rp150.000.

Fast boat berangkat sesuai jadwal dan umumnya 3 kali sehari dari Bali dan 3 kali sehari juga dari Lembongan. Setiap harinya jadwal keberangkatan dari Pantai Sanur yaitu :

Dari Sanur Dari Lembongan
09:00 WITA 08:30 WITA
14:00 WITA 12:30 WITA
17:00 WITA 16:00 WITA

Jadwal pemberangkatan kapal terakhir dari Lembongan adalah pukul 4 sore. Jadi, apabila kalian melewati waktu ini, mau tidak mau harus menginap dan menunggu jadwal kapal besok pagi. Perjalanan menggunakan fast boat cukup singkat, hanya 30 menit saja. 

3. Naik Kapal Umum

Kapal umum biayanya lebih murah dan kebanyakan yang memakai rombongan karena bisa nego. Hanya saja, dari segi keamanan dan kecepatan, kapal umum ini lebih lambat dan lebih riskan. 

Bentuk kapalnya sendiri persis kapal nelayan, sehingga buat kalian yang belum pernah, wajib pegangan, ya. Kapal sendiri juga tidak memiliki kursi atau bangku, jadi sedikit kurang nyaman. Lama perjalanannya, paling cepat 90 menit dari Sanur ke Lembongan. 

Terakhir perlu kalian perhatikan jika tiket hanya berlaku satu kali jalan. Ketika kembali, kalian harus membeli tiket lagi untuk pulangnya. Kecuali, untuk cruise yang terkadang sudah ada paket tertentu. 

Sampai disini, kalian sudah tahu bukan bagaimana caranya menuju Nusa Lembongan? Tinggal pilih saja mana kapal yang sesuai baik itu dari segi harga, kecepatan, dan kenyamanan. 

Kalau sudah tahu, sekarang saatnya kita membahas kegiatan apa saja yang wajib kalian lakukan di Nusa Lembongan. Kira-kira apa saja ya kegiatan yang bisa kalian lakukan disana?

Penasaran ingin tahu? Ayo simak berbagai hal menarik dan seru yang bisa kalian rasakan sekaligus wajib dicoba ketika berlibur ke Nusa Lembongan :

1. Snorkeling Seru di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan memiliki alam bawah laut yang indah dengan arus yang lumayan tenang. Jadi, buat kalian yang belum bisa dan tidak punya sertifikat menyelam, tidak perlu sedih karena bisa melihat keindahannya juga. 

Spot snorkeling di Lembongan cukup banyak, kalian tinggal pilih saja ingin melihat permata laut yang mana. Ada spot Pantai Gamat, Crystal, Toyapakeh, sampai Manta Poin.

Masing-masing spot menawarkan keindahan bawah laut berbeda. Akan lebih baik kalau kalian punya waktu, mengunjungi semua spot yang ada. 

Perbedaan Spot Snorkeling di Nusa Lembongan

Poin yang membuat spot snorkeling di tiap pantai berbeda adalah apa yang bisa kalian lihat di bawah laut. Berikut ini kami akan sedikit membahas surga bawah air apa saja yang bisa kalian nikmati keindahannya di masing-masing spot.

Pantai Gamat

Lokasi spot snorkeling yang berangkat dari Pantai Gamat berada di seberang Nusa Ceningan. Kalian bisa melihat berbagai koral dan ikan berwarna-warni yang lalu lalang. 

Buat yang masih amatir atau belum pernah snorkeling sama sekali, spot ini juga paling cocok. Dari keadaan arus dan semua kondisi laut paling stabil, sehingga peluma tidak akan kesusahan. 

Manta Poin

Manta Poin berada lebih dekat ke Nusa Penida dari pada ke Lembongan. Akan tetapi, kalian tetap bisa kok berangkat dari sini. 

Pada Manta Poin kalian punya kesempatan untuk melihat langsung Manta Ray dari dekat. Hanya saja, mengingat ini alam dan tidak ada yang bisa mengatur, prosentase kalian bisa melihat Pari Manta tidak 100%. Adakalanya, pengunjung tidak bisa melihat manta sama sekali. 

Apabila hal seperti itu terjadi, pihak jasa operator yang kalian sewa akan menawarkan spot lain. 

Crystal Bay

Buat yang penasaran ingin melihat langsung Nemo dan teman-teman bisa memilih Crystal Bay. Airnya yang jernih dan permukaan laut cukup tenang membuat spot ini jadi favorit. 

Toyapakeh

Dari anemon, terumbu karang, berbagai ikan kecil yang imut, bisa kalian lihat pada spot ini. Kedalaman laut juga termasuk cukup dangkal, membuat semuanya terlihat jelas dari atas. Toyapakeh ini berada di Nusa Penida, kalian perlu naik perahu dari Lembongan ke Nusa Penida, atau sekalian pakai perahu snorkeling saja.

Biaya Snorkeling

Biaya Snorkeling di Nusa Lembongan bervariasi tergantung dari paket yang kamu ikuti. Jika mendaftar paket snorkeling lengkap umumnya biaya sekitar Rp900.000 per orang. Biaya ini sudah mencakup peralatan, penjemputan, foto, tour, guide, makan dan semua hal yang kalian butuhkan sampai kapal. 

Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan - Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan - Candi
Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan – Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan – Candi

Sedangkan, apabila kalian ingin menyewa sendiri tanpa melalui jasa atau mengikuti paket tour, biayanya sekitar :

  • Sewa kapal Rp500.000-Rp800.000
  • Alat snorkeling Rp50.000

Biaya di atas memang terlihat lebih murah, akan tetapi hal lain seperti transportasi masih belum masuk hitungan, ya. Misalnya kalian mau menyewa kamera untuk foto bawah laut, biayanya sekitar Rp450.000. 

Waktu yang Tepat untuk Snorkeling

Waktu yang tepat untuk snorkeling adalah pukul 9-3 sore, saat air sudah surut dan tenang. Setiap hari kecuali cuaca buruk, kalian bisa menikmati snorkeling di Nusa Lembongan dengan gembira. 

2. Menikmati Keindahan Hutan Mangrove Sambil Bersantai Naik Kano

Hutan Mangrove yang ada di Nusa Lamongan cukup panjang, kalian bisa berkeliling naik kano beramai-ramai. Umumnya satu kapal bisa menampung 4 orang sekaligus. 

Satu kali perjalanan menyusuri Hutan Mangrove seluas 55 hektar, biasanya memakan waktu 30 menit. Ada dua jenis spesies yang akan banyak kalian lihat, yaitu api-api dan juga tinjang.

Titik pemberangkatan hanya ada pada Pelabuhan Jungut Batu yang berada di sisi barat daya Pulau Nusa Lembongan. Oleh karena itu, kalian jangan sampai salah arah bila ingin menyusuri hutan bakau, ya? Langsung saja menuju Pelabuhan Jungut Batu, atau turun saja pada pelabuhan ini. 

Biaya Mengitari Hutan Mangrove

Harga sewa perahu kano lengkap dengan jasa guide hanya Rp100.000 untuk 30 menit, murah bukan? Apabila kalian tidak ingin naik kano dan pengen mencoba mengendarai paddle board juga bisa. Biaya sewa paddle board sama saja Rp100.000 untuk 30 menit.

Jam Buka Hutan Mangrove Lembongan

Setiap hari, kalian bisa berkeliling naik kano mulai pukul 06:30 – 17:30 WITA. Pastikan datang saat cuaca mendukung agar tidak kecewa, ya?

3. Devil’s Tears, Tempatnya Pemandangan Sunset Tiada Dua

Satu kegiatan yang sayang bila kalian lewatkan saat berlibur di Nusa Lembongan adalah melihat sunset dari Devil’s Tears. Bayangkan saja, hamparan batu karang eksotis ditemani deburan ombak jingga dari refleksi sunset, sangatlah indah. 

Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan - Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan - Candi
Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan – Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan – Candi

Apalagi sejau mata memandang, tidak ada penghalang hanya ada matahari terbenam ke dalam lautan. 

Selain sunset, di Devil’s Tears kalian juga bisa melihat laguna. Terkadang apabila sedang cerah, kalian bahkan bisa melihat pelangi diantara batu karang. 

Untuk menuju kesana, dari Pelabuhan Jungut Batu cukup berkendara ke arah barat daya. Kurang lebih 3.5 km yang bisa kalian tempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan. 

Harga Tiket di Devil’s Tears

Sementara ini, harga tiket masuk di Devil’s Tears masih 100% gratis tanpa biaya. Jika kalian ingin sedikit menghemat pengeluaran liburan tapi tetap mengunjungi tempat yang oke, pas banget kan?

Jam Kunjungan Devil’s Tears

Selama 24 jam penuh kalian bebas mengunjungi Devil’s Tears tanpa ada batasan, atau jam tutup. Hanya saja, bila ingin melihat sunset datanglah sebelum pukul 17:30 WITA. Hal ini supaya kalian bisa mendapatkan posisi menonton sunset yang bagus serta tidak ketinggalan sunset yang mulai terlihat pada 18:08 WITA.

4. Surfing di Sekitar Pantai Jungut Batu

Pencinta olahraga menantang surfing, kalian juga punya spot yang sangat bagus di Nusa Lembongan yang kecil ini. Lokasi surfing yang bagus ada di sekitar Pantai Jungut Batu.

Ombak di Jungut Batu frekuensinya dari sedang sampai tinggi, jadi enak buat surfing. Cuma, ada sedikit catatan kecil yaitu terkadang keadaan ombak bisa jadi tenang. Pengaruhnya berbagai faktor, seperti cuaca dan hal lainnya. 

Ciri-ciri keadaan sedang bagus untuk surfing adalah ketika banyak orang yang bermain. Jika, hanya satu atau dua orang saja maka kalian harus berhati-hati kalau belum begitu mahir. Nanti, bukannya surfing malah jadi jatuh terus karena ombak yang terlalu kecil dan tidak bersahabat. 

Tarif Masuk dan Biaya Surfing di Pantai Jungut Batu

Tarif masuk ke pantai 100% gratis, jadi kalian hanya perlu membayar biaya sewa papan surfing saja. Biaya sewanya sendiri sekitar Rp50.000/jam. Apabila kalian beruntung menyewa saat sepi, waktu sewa bisa lebih lama yaitu 2.5 jam dengan harga yang sama. 

Bagi yang belum bisa berselancar tapi ingin belajar, biaya kursus kilat surfing adalah Rp200.000. Biaya ini mencakup pelatih serta papan selancar selama durasi waktu kurang lebih 2 jam.

5. Menyelam di Sekitar Pulau Lembongan

Bagi yang punya sertifikat menyelam, sangat sekali kalau sudah ke Nusa Lembongan tapi tidak menyelam. Bayangkan saja, melihat keindahan bawah laut yang dangkal dengan snorkeling saja sudah indah, apalagi yang lebih dalam?

Nusa Lembongan sendiri, memiliki beberapa spot diving favorit para penyelam ketika mereka liburan di Bali. Titik favorit tersebut diantaranya Manta Poin dan Crystal Bay.

Pastikan kalian sudah punya sertifikat penyelaman, ya? Jika masih pemula, pastikan juga bahwa waktu terakhir kalian menyelam tidak lebih dari 1 tahun yang lalu. 

Ingat menyelam adalah kegiatan berbahaya, jadi jangan main-main, ya? Oh ya, bagi kalian yang sudah ahli bisa menjajal menyelam pada malam hari. Sensasinya berbeda loh, beberapa terumbu karang akan terlihat bersinar. 

Untuk membuktikan bahwa kalian sudah ahli, ba sertifikat “Advanced Adventurer”, ya. Jangan sampai sertifikat tertinggal karena ini sangat penting sekali. 

Biaya Penyelaman di Nusa Lembongan

Biaya yang harus kalian keluarkan untuk menyelam berbeda-beda tergantung lokasinya. Rata-rata bila mengunjungi hanya satu lokasi sekitar Rp1.080.000, sudah termasuk alat selam dan kapal. Sedangkan bila beberapa spot sekaligus kurang lebih Rp1.600.000. 

Satu lagi, jika yang kalian kunjungi menawarkan hal khusus seperti berenang bersama Manta Ray, biayanya berbeda. Untuk satu orang paket lengkap alat dan kapal serta guide Rp1.650.000.

Waktu Terbaik untuk Menyelam

Selama cuaca bagus, kalian bisa menyelam kapan saja, bahkan malam hari. Akan tetapi, kalau ada hal khusus yang ingin kalian lihat ada patokan waktunya. Berikut waktu terbaik untuk menyelam pada berbagai spot di Nusa Lembongan :

  • Manta Poin paling bagus sekitar bulan April dan Mei. 
  • Crystal Bay Agustus – Oktober adalah bulan yang paling tepat karena kalian bisa melihat Mola Mola atau Sunfish

Sedangkan, waktu umum untuk menyelam terbaik dengan cuaca yang ideal mulai bulan Mei – November. 

6. Berenang dan Bersantai di Dream Beach

Dream Beach memiliki pasir putih yang lembut dan tidak membuat kaki perih saat menginjaknya. Bibir pantainya juga cukup panjang dan lebar, sehingga kalian bisa bermain pasir atau sekedar berjemur disana. 

Di sekeliling pantai ada ayunan-ayunan yang bisa kalian gunakan untuk bersantai, fasilitas di pantai ini gratis, ya. Mendekati bibir pantai juga terdapat kursi malas yang bisa kalian pakai untuk berjemur. Setiap dua kursi pantai ada payung yang membuat teduh, jadi kalau berjemur juga tidak terlalu silau. 

Biasanya wisatawan yang mampir bukan cuma bersantai dan berenang, tapi juga sekalian wisata kuliner. Harga makanan di sekitar pantai terhitung standar untuk tempat wisata. Akan tetapi, kalau kalian ragu dengan harga makanannya, silahkan tanya dahulu atau cari daftar harganya, oke?

Pada malam hari, banyak juga wisatawan yang menginap pada villa-villa kecil di depan bibir pantai.

Tarif Masuk dan Biaya Selama di Dream Beach

Ongkos masuk Dream Beach gratis, kalian hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp2.000 (motor), atau Rp5.000 (mobil). Biaya lain, perlu kalian keluarkan bila mau menginap, biayanya mulai dari Rp250.000-Rp750.000/malam. Tarif ini tergantung jenis villa apa yang kalian pesan.

Waktu Terbaik Mengunjungi Dream Beach

Dream Beach buka 24 jam setiap harinya, kalian bisa datang kapan saja ke pantai yang berada di sebelah selatan pulau. Waktu yang paling ideal untuk berkunjung adalah sebelum matahari terik atau sore hari agar tidak terlalu panas. Kalau mau sekalian melihat sunset dan menginap, sore hari lebih baik.

7. Menikmati Indahnya Blue Lagoon di Nusa Ceningan

Nusa Ceningan berada di sebelah timur Pulau Nusa Lembongan, jarak kedua pulau sangat dekat. Kalian cukup menyebrang jembatan kuning atau yellow bridge bila ingin ke masing-masing pulang. Untuk menyebrang, biayanya gratis dan kalian bebas mau sambil berjalan kaki atau naik motor. 

Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan - Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan - Candi
Lembongan, Paket Tour Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan – Kegiatan Super Fun Saat Liburan Lembongan – Candi

Buat sampai ke Blue Lagoon dari jembatan kuning, cukup belok kanan dan terus ikuti jalan atau arah barat daya. Selama perjalanan hati-hati, ya? Jalannya cukup sempit dan berbatu setelah jalan aspal habis. 

Begitu sampai di Blue Lagoon, air laut berwarna turquoise yang indah langsung memanjakan mata. Deburan ombak yang menghantam sisi kanan dan kiri laguna juga terdengar indah. 

Oh ya, Blue Lagoon ini masih sangat asri dan belum ada pembangunan signifikan loh, jadi memang seindah itu. Hanya saja, karena belum dikembangkan, tidak ada fasilitas seperti tempat beribadah atau makan, cuma toilet dan parkir saja. 

Tarif Masuk ke Blue Lagoon

Lagi-lagi tarif masuk wisata Nusa Lembongan ini gratis. Kalian hanya perlu membayar ongkos parkir saja, Rp3.000 (motor), dan Rp5.000 (mobil).

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Walaupun Blue Lagoon bisa kalian kunjungi kapan saja, tapi paling pas ya saat cuaca bagus dan siang hari. Pada siang hari, pancaran biru turquoise pada permukaan laut sangatlah indah. Jika kamu beruntung, bahkan bisa melihat pelangi hasil dari pertemuan cahaya dan air ombak.

8. Menjajal Zipline Menantang Melewati Laut

Surfing sudah, snorkeling juga sudah, sekarang bagaimana kalau kalian mencoba ziplining? Jarang-jarang bukan ziplining di atas laut? Tidak semua tempat menyediakan kegiatan atau hiburan menantang seperti ini. 

Wahana zipline sendiri dikelola oleh sebuah resort Ceningan Island. Lintasannya melintas dari ujung karang ke ujung karang dan melewati lautan, seru ya?

Zipline ini sudah terstandarisasi dan memiliki perlengkapan keamanan yang lengkap, sehingga aman. Kalian tidak perlu khawatir, karena selalu dilakukan pengecekan secara rutin. 

Bagi yang ingin menaiki zipline, kalian tidak perlu harus menginap kok. Fasilitas ini bisa kalian coba tanpa perlu memesan kamar, atau menjadi pengunjung. 

Biaya Zipline di Nusa Ceningan

Biaya zipline sekali jalan adalan Rp50.000, murah sekali bukan? Akan tetapi, jangan heran bila ada kenaikan harga saat puncak liburan, ya? Kalian bisa menanyakan harganya dahulu sebelum membeli tiket naik, oke?

Waktu yang Tepat Bermain Zipline

Waktu yang tepat atau pas bermain zipline tentu saat cuaca sedang cerah, tapi juga tidak terlalu terik. Kemudian, hindari hari akhir pekan karena pada saat itu antrian bisa panjang.

9. Mencoba Merilekskan Badan dengan Yoga di Dalam Laut

Yoga di atas karpet sudah pernah, pilates dengan tali yang menggantung juga banyak tempat yang menawarkannya. Akan tetapi, kalau yoga di dalam laut bagaimana? Apakah melakukan yoga dengan tidak biasa ini juga biasa dan sering kalian jumpai?

Jawabannya tidak bukan? Untuk itu, mumpung lagi main di Nusa Lembongan dan sekitarnya, ayo coba merilekskan badan dengan yoga di dalam laut. Kapan lagi coba punya kesempatan seperti ini.  

Dalam melakukan yoga, nantinya kalian harus memakai baju menyelam lengkap dengan kaki katak dan oksigen. Instruktur akan mengarahkan gaya apa yang harus kalian lakukan dan bagaimana melakukannya. Di dalam air tubuh tidak menanggung berat badan, jadi yoga ini akan terasa ringan. 

Di Nusa Lembongan, kalian bisa menemukan banyak tempat yang menyediakan fasilitas yoga di dalam laut. 

Biaya Yoga di Dalam Laut

Biaya yoga di dalam laut tergantung dari tempat dimana kalian mendaftar dan juga durasi dan instruktur. Setiap tempat memiliki biaya berbeda-beda, setidaknya kalian perlu menyiapkan kocek sekitar RP500.000 ke atas.

Waktu yang Tepat melakukan Yoga

Untuk yoga sendiri, waktu yang ideal umumnya pagi atau sore hari. Akan tetapi, karena ini di dalam laut, tentunya keadaan cuaca dan arus bawah laut berpengaruh.

10. Berburu Kuliner Sedap di Nusa Lembongan

Kegiatan yang tidak bisa kalian lupakan saat berlibur apalagi di Nusa Lembongan tentu saja berburu kuliner. Di Lembongan tidak hanya makanan khas Bali, tapi berbagai kuliner lezat dari bermacam-macam negara sampai fusion ada loh. 

Bagi kalian yang muslim, sebaiknya tanyakan dahulu apakah makanan tersebut halal atau tidak, ya. Jangan sampai sudah duduk dan pesan, ternyata kalian tidak bisa mengkonsumsinya karena mengandung alkohol atau hal lain. 

Saat berburu kuliner disana, tidak perlu bingung mau mulai dari mana. Cukup susuri saja sepanjang jalan di dekat pantai, pasti banyak restoran, cafe, sampai bar yang enak. Sembari makan, view tempat makan di sana pasti oke punya karena kebanyakan pemandangan langsung ke laut lepas. 

10 kegiatan di atas, sayang sekali kalau kalian lewatkan begitu saja. Kapan lagi coba punya kesempatan untuk berlibur di Lembongan, pasti jarang bukan? Jadi, mumpung ada di Lembongan, ayo manfaatkan semaksimal mungkin. 

Untuk melakukan semua kegiatan di atas, pastinya satu hari tidak cukup bukan? Kalau begitu, sekalian menginap saja, Lembongan beach club dan resort ada dimana-mana. Kalian tidak akan kesulitan menemukan Nusa Lembongan Resort yang sesuai keinginan dan pastinya sesuai bujet pula. 

Rata-rata harga per malam hotel atau penginapan di Lembongan dan sekitarnya mulai dari Rp350.000. Tarif di atas tentunya untuk kamar biasa, apabila kalian ingin kelas bungalow per malam bisa mencapai 1 jutaan. Harga tersebut masih standar jika mengingat ini daerah wisata yang selalu ramai peminat. 

Semua topik mengenai apa saja sih kegiatan yang wajib dilakukan di Lembongan sudah kita bahas dengan tuntas. Mulai bagaimana cara ke Lembongan dari Bali lengkap dengan harga sampai kegiatannya sendiri. Jadi, ayo sekarang giliran kalian merasakan sendiri betapa serunya berlibur di Pulau Nusa Lembongan. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *