motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi
Bagikan Artikel Ini:

Kegiatan motor touring memang menyenangkan. Berikut adalah panduan lengkap berisi tips bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan motor touring murah.

Apakah kalian pernah melakukan motor touring?

Kegiatan ini sangat menyenangkan untuk kalian lakukan, baik secara mandiri maupun bersama dengan teman-teman.

Untuk melakukan motor touring murah, tidak ada batasan jenis motor yang bisa kalian pakai. Kalian bisa menggunakan motor touring murah maupun mahal, atau motor touring matic hingga motor touring 500cc.

Singkatnya, kalian tidak perlu bingung karena kalian bisa menggunakan jenis kendaraan apapun untuk melakukan motor touring murah.

Melakukan kegiatan motor touring memungkinkan kalian bertualang di berbagai kota serta membuat banyak kenangan indah untuk kalian kenang di masa mendatang. Pesona inilah yang membuat kegiatan motor touring memiliki banyak penggemar.

Meski begitu, motor touring merupakan kegiatan yang cukup membutuhkan ketelitian, kesabaran serta persiapan yang matang. Hal ini karena kalian akan menempuh perjalanan yang jauh dengan tingkat kesulitan rute yang tidak menentu. 

Perlengkapan touring motor harus di perhatian demi menghindarkan diri dari masalah yang tidak kalian inginkan di perjalanan.

Untuk mencegah hal itu, terdapat beberapa perlengkapan touring motor yang harus kalian pahami dan lakukan sebelum memulai perjalanan. Berikut adalah panduan perlengkapan touring motor.

Tips Saat Melakukan Motor Touring

  • Motor Harus dalam Kondisi Prima

Hal pertama dan paling penting yang harus kalian perhatikan adalah kondisi kendaraan kalian. Buatlah jadwal dengan bengkel langganan kalian dan lakukan pengecekan secara menyeluruh.

Kesempatan pengecekan ini juga bisa kalian gunakan untuk melakukan modifikasi motor agar sesuai dengan kebutuhan kalian saat berkendara.

motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi
motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi

Sudah banyak bengkel yang menawarkan jasa modif motor touring murah yang bisa kalian pilih.

Selain untuk menghindarkan diri dari kecelakaan, mengecek kondisi motor juga membuat kendaraan kalian semakin nyaman digunakan.

  • Siapkan Kondisi Fisik

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi fisik kalian mumpuni untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ini karena touring motor merupakan perjalanan yang melelahkan.

Untuk menjaga kesehatan, kalian bisa rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, menjalani pola makan seimbang, serta mengonsumsi suplemen kesehatan.

Agar semakin yakin, kalian bisa mulai melakukan rutinitas tersebut setidaknya satu minggu menjelang hari keberangkatan.

  • Lakukan Riset Tentang Medan Perjalanan

Touring motor merupakan kegiatan yang memakan waktu cukup panjang. Maka dari itu, pengetahuan akan medan dan rute perjalanan yang akan kalian tempuh tentunya akan sangat membantu kalian.

Untuk melakukan riset ini, kalian bisa mencari referensi dari blog atau orang-orang yang juga melakukan touring motor. Untuk memperkaya opsi, kalian juga bisa menonton program tv, radio atau podcast dengan tema terkait.

Bergabung dengan komunitas touring motor juga bisa kalian jadikan opsi. Selain untuk mencari informasi, kalian juga bisa menambah kenalan baru.

  • Catat Nomor Telepon Penting

“Preparation is key”, begitulah kalimat yang sering terdengar di telinga.

Meski tidak ada satu pun orang yang ingin mengalami kesulitan selama touring, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga untuk menghadapi hal yang tidak kalian inginkan.

Mencatat nomor telepon bisa membantu kalian melakukan tindakan cepat dalam menghadapi masalah. Berikut nomor telepon penting yang perlu kalian sediakan:

  • Bengkel

Demi kenyamanan saat touring, catatlah nomor telepon bengkel yang ada di rute yang akan kalian lewati.

Akan lebih bagus bila rute yang akan kalian lewati memiliki bengkel resmi kendaraan kalian.

Namun, apabila tidak ada bengkel resmi, kalian bisa mencatat nomor telepon bengkel lainnya. Tentu saja, kalian harus memilih bengkel yang terpercaya.

  • Penyedia Jasa Towing / Derek

Dalam touring motor, ada kemungkinan kalian akan melewati daerah yang tidak ramai atau jauh dari bengkel. Apabila kendaraan kalian mengalami masalah di daerah seperti ini, kalian bisa menghubungi penyedia jasa towing atau derek terdekat.

  • Polisi

Mencatat nomor kontak polisi merupakan langkah penting agar kalian bisa bertindak cepat saat ada kejadian yang tidak kalian inginkan, misalnya saja penjambretan atau tindakan kriminal lainnya.

Kantor polisi di setiap daerah memiliki nomor kontak yang berbeda. Namun, kalian bisa menghubungi nomor universal kepolisian di 110.

  • Asuransi

Mencatat nomor kontak jasa asuransi merupakan tindakan preventif agar kejadian yang tidak kalian inginkan bisa tertangani secara tepat dan cepat.

  • Ambulans

Untuk mengurangi risiko keterlambatan penanganan saat terjadi kecelakaan ketika motor touring, kalian wajib memiliki nomor kontak ambulans.

Untuk menghubungi ambulans dengan cepat, kalian bisa menghubungi 112.

  • Siapkan Data Diri dan Kontak Darurat

Melakukan perjalanan yang jauh dari rumah berarti kalian akan pergi dan bertemu dengan orang-orang yang tidak kalian kenal. Maka dari itu, kalian bisa menyiapkan catatan mengenai data diri.

motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi
motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi

Data diri yang bisa kalian catat adalah nama, tanggal lahir, golongan darah, serta kontak orang-orang terdekat yang bisa dihubungi.

Demi kemudahan akses, kalian bisa meletakkan catatan ini di dalam kendaraan atau dompet kalian.

  • Susun Jadwal Perjalanan dengan Mendetail

Menyusun jadwal saat hendak melakukan touring motor sangat penting kalian lakukan.

Informasi ini bisa menjadi patokan untuk seluruh anggota touring agar kalian bisa menikmati perjalanan dan bisa menghampiri spot pemberhentian yang kalian idam-idamkan tanpa menambah durasi perjalanan.

Hal ini berlaku terutama apabila kalian melakukan touring secara rombongan atau memiliki jangka waktu yang terbatas.

  • Perlengkapan Touring Motor Penunjang Perjalanan

Dewasa ini, teknologi sudah semakin maju dan banyak orang mengganti peta manual dengan ponsel. Jika ingin menggunakan metode seperti ini, kalian bisa memasang phone holder dan juga charger sebelum memulai perjalanan.

  • Tentukan Formasi Touring

Touring beramai-ramai memang mengasyikkan. Meski begitu, harus kalian ingat bahwa jalanan adalah milik bersama.

Agar tidak menyebabkan kemacetan, ada baiknya kalian mengatur formasi touring sebelum melakukan perjalanan.

Untuk rombongan touring beranggotakan lebih dari 10 orang, sebaiknya melakukan pemisahan tim serta memberlakukan jeda keberangkatan.

Selain untuk menghindari kemacetan, formasi ini juga membuat komunikasi peserta touring semakin mudah.

  • Tentukan Peran Anggota Touring

Sebelum memulai perjalanan, kalian harus menentukan peran anggota touring. Pada umumnya, dalam setiap touring terdapat lima peran sebagai berikut:

Yang pertama adalah captain touring. Captain touring yang bertugas untuk mengambil keputusan sesuai kebutuhan kondisi perjalanan.

Yang kedua adalah safety officer yang bertugas memimpin perjalanan. Orang yang berperan sebagai safety officer harus paham mengenai kondisi rute yang kalian lalui.

Selanjutnya adalah sweeper, yang bertugas memastikan kondisi setiap anggota touring tetap aman dan terhindar dari masalah.

Selain itu, ada juga tenaga teknis yang bertugas melakukan pengecekan saat ada kendaraan yang bermasalah, serta tenaga medis yang harus siap melakukan tindakan jika terjadi kecelakaan di tengah touring.

  • Pahami Hand Signal

Dalam melakukan touring, terdapat beberapa hand signal atau rambu tangan yang harus kalian pahami.

Rambu tangan ini berguna sebagai metode untuk menyampaikan pesan mengenai kondisi jalanan dari pemimpin touring untuk seluruh anggota touring.

Sebelum melakukan touring, sebaiknya pastikan seluruh anggota memahami hand signal ini. Kalian juga bisa menambahkan hand signal sendiri. Yang terpenting adalah memastikan seluruh anggota memahami hand signal dengan baik.

  • Estimasi Pengeluaran Motor Touring Murah

Layaknya berwisata pada umumnya, banyak kebutuhan yang harus kalian penuhi selama touring.

Selain untuk perawatan kendaraan dan melengkapi perlengkapan sebelum memulai perjalanan, kalian juga perlu mengalokasikan anggaran untuk makanan dan minuman dan biaya bensin.

Selain itu, kalian juga perlu mengalokasikan anggaran transportasi jika kalian melakukan penyeberangan laut, biaya penginapan, serta biaya untuk berjaga-jaga jika terjadi hal di luar rencana.

  • Sediakan Uang Tunai

Salah satu tips penting yang harus kalian ingat adalah untuk selalu menyediakan uang tunai selama perjalanan.

Tidak semua daerah memiliki ATM atau familiar dengan metode pembayaran cashless. Maka dari itu, penting untuk menyediakan uang tunai agar kalian tidak kerepotan.

Selain itu, akan semakin bagus bila kalian menyiapkan uang tunai dalam berbagai pecahan.

  • Gunakan Perlengkapan yang Aman dan Memadai

Dalam perjalanan jarak jauh, faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang utama. Untuk itu, ada beberapa perlengkapan touring motor yang bisa kalian siapkan.

Perlengkapan ini bisa dengan mudah kalian dapatkan di toko perlengkapan touring motor.

  • Helm Berstandar SNI

Perlengkapan touring motor yang harus kalian miliki untuk melakukan touring adalah riding helmet. Selain itu, pastikan helm kalian sudah berlabel SNI.

Helm SNI memiliki desain yang tahan terhadap berbagai material yang bisa mengganggu kenyamanan kalian dalam berkendara, seperti minyak, bensin, deterjen, sabun dan lain-lain.

Selain itu, helm SNI juga tidak terpengaruh oleh sinar UV, resisten terhadap perubahan suhu, mampu mencegah iritasi serta memiliki ketahanan terhadap air.

Apabila kalian berencana pergi ke kota kecil atau berkendara di malam hari, kalian bisa memilih helm yang memiliki visor bening. Kalian juga bisa mengganti visor bila visor helm kalian sudah buram atau memiliki banyak goresan.

  • Kacamata

Selain berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan silau karena sinar matahari, perlengkapan touring motor satu ini juga bisa menunjang gaya kalian selama perjalanan.

Pilihlah kacamata dengan frame yang pas dengan lekuk wajah kalian. Selain itu, gunakan lensa anti polarisasi yang bisa menyesuaikan warna dengan kondisi ruangan, serta memiliki fitur anti gores.

  • Masker Riding atau Balaclava

Debu dan polusi merupakan hal yang lumrah di jalanan. Selain mengganggu konsentrasi, debu dan polusi juga bisa menyebabkan berbagai penyakit saluran pernapasan.

Oleh karena itu, perlengkapan touring motor yang tidak boleh terlewatkan adalah masker riding atau balaclava saat melakukan touring. Bawalah lebih dari satu masker untuk menghindari penumpukan debu pada masker.

  • Jaket Riding

Menggunakan jaket selama berkendara dapat melindungi kalian dari terpaan angin yang berpotensi menimbulkan penyakit. Pilihlah jaket yang memiliki fitur anti air dan anti angin.

  • Pelindung Siku dan Lutut

Pelindung siku dan lutut atau elbow and knee decker merupakan atribut pelindung yang bisa memproteksi kalian apabila terjatuh dari kendaraan dan bergesekan dengan aspal.

  • Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi sebagai perlengkapan safety untuk melindungi tangan kalian dari teriknya sinar matahari serta angin dan hujan.

Maka dari itu, pilihlah sarung tangan dengan bahan yang bisa melindungi tangan kalian, namun juga breathable.

Apabila kalian menggunakan fitur maps di ponsel, pastikan juga desain di bagian ujung jari sarung tangan memungkinkan kalian untuk mengakses layar sentuh tanpa perlu melepas sarung tangan.

  • Sepatu Riding

Selain mata dan tangan, kaki merupakan bagian tubuh yang paling aktif bergerak saat melakukan motor touring. Karena hal itulah, bagian kaki perlu mendapat perhatian lebih.

Saat memilih sepatu riding, hendaknya kalian memilih sepatu yang sesuai dengan postur tubuh saat sedang berkendara. Hal ini penting untuk kalian perhatikan karena berkaitan dengan kenyamanan saat melaju.

Selain itu, pilihlah sepatu yang cukup fleksibel dan tidak terlalu kaku, namun tetap memiliki eksterior yang kokoh.

Faktor sirkulasi udara juga perlu menjadi perhatian. Pilihlah sepatu yang memiliki cukup sirkulasi udara.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah mencari sepatu yang memiliki fitur anti air.

Untuk melindungi sepatu dari gesekan, kalian juga bisa menambahkan bantalan shifter pada sepatu.

  • Jas Hujan

Meski terkesan simpel, memilih jas hujan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, terutama bila kalian akan menggunakannya untuk melakukan touring jarak jauh.

Dalam memilih jas hujan, lebih baik hindari menggunakan jas hujan model ponco. Model jas hujan ponco yang cukup lebar dan panjang bisa mengganggu dan mengalihkan fokus kalian saat berkendara.

Kalian juga bisa memperhatikan bentuk jahitan jas hujan tersebut.

Untuk bisa benar-benar melindungi dari hujan, terutama hujan yang sangat deras, pastikan jas hujan kalian minim jahitan.

Kalaupun ada, pastikan alur jahitannya tertutup rapi agar tidak ada air yang merembes hingga pakaian.

Agar terhindar dari karat, pastikan juga resleting atau kancing jas hujan kalian menggunakan bahan kuningan atau tembaga. Hindari resleting atau kancing yang terbuat dari plastik dan besi.

motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi
motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi

Yang terakhir, pilihlah jas hujan yang berwarna terang. Ini berfungsi untuk membantu kalian lebih terlihat oleh pengguna jalan lainnya, sehingga potensi kecelakaan bisa dihindari.

  • Bawa Perlengkapan Bengkel Standar

Salah satu perlengkapan untuk touring motor yang harus kalian siapkan adalah toolkit sederhana.

Salah satu contoh peralatan yang harus kalian bawa antara lain adalah tang, pisau lipat atau gunting, obeng, kunci L, kabel, kunci inggris, selotip dan kabel ties.

Tentu saja, akan lebih baik bila kalian memiliki pengetahuan mengenai mesin kendaraan kalian.

  • Siapkan Botol Berisi Bahan Bakar Cadangan

Kehabisan bensin merupakan salah satu musuh utama dalam motor touring. Apalagi, tidak semua daerah memiliki fasilitas untuk mengisi bensin.

Untuk berjaga-jaga, kalian bisa membawa satu buah botol berisi bahan bakar cadangan untuk kalian gunakan sewaktu-waktu.

  • Siapkan Ban Dalam Cadangan

Memulai perjalanan touring motor dengan kondisi kendaraan yang prima memang merupakan sebuah kewajiban. Namun, kalian juga harus bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk kemungkinan terhadap pecah ban.

Untuk mengatasinya, kalian bisa membawa satu buah ban dalam cadangan. Persiapan ini juga bisa bermanfaat bagi rekan touring kalian yang tidak membawa ban dalam cadangan.

  • Siapkan Perlengkapan Self-Defense

Berada jauh dari kenyamanan rumah, kalian harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi peristiwa kriminal saat touring. Menyiapkan peralatan self-defense untuk membela diri bisa jadi akan membantu kalian saat keadaan terdesak.

Berikut beberapa peralatan self-defense yang bisa menjadi pilihan saat touring:

  • Semprotan Merica

Semprotan merica adalah perlengkapan self-defense yang paling populer dan bisa kalian beli di mana saja.

Cairan di dalam semprotan merica mengandung capsaicin. Zat capsaicin juga bisa kalian temukan di dalam cabai.

Cairan ini memicu munculnya air mata apabila kalian semprotkan ke arah mata. Efeknya adalah untuk melumpuhkan lawan untuk sementara.

Maka dari itu, gunakan semprotan ini secara bijaksana dan gunakan saat sedang terdesak saja.

  • Stik Pemukul Lipat

Stik pemukul lipat atau expandable baton merupakan stik yang ukurannya bisa kalian perkecil untuk kemudian kalian gunakan saat keadaan darurat.

Stik pemukul ini bisa kalian temui dengan mudah di berbagai e-commerce. Selain yang berbentuk lipat, ada juga stik pemukul yang lebih besar.

Meski begitu, ukuran yang lebih besar tentu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar juga, sehingga tidak terlalu praktis jika kalian gunakan saat touring motor.

  • Pistol Kejut

Pistol kejut atau stun gun juga merupakan peralatan self-defense yang mudah untuk kalian dapatkan.

Alat ini mampu menghasilkan voltase yang cukup tinggi, dan berfungsi untuk memberikan efek ‘sengatan listrik’ kepada lawan. Efek kejutnya bisa membuat gerakan lawan terhenti seketika.

Kebanyakan stun gun menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Namun, ada juga stun gun yang bisa kalian charge ulang.

  • Pilih Container Bawaan yang Tepat untuk Kebutuhan

Touring motor seringkali membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selama perjalanan, kalian tentunya membutuhkan tempat untuk menyimpan barang bawaan pribadi.

Saat ini sudah tersedia berbagai macam pilihan container yang bisa kalian pilih untuk berkendara. Namun, tentu saja semua opsi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Maka dari itu, kalian perlu mengetahui container apa yang cocok untuk kebutuhan touring kalian. Berikut adalah daftarnya.

  • Box Motor

Box motor merupakan opsi yang cukup populer untuk membawa barang bawaan saat touring.

Box ini memiliki berbagai opsi kapasitas yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan selama touring. Fungsinya adalah melindungi barang bawaan dari pencurian serta dari air dan debu.

Box motor dipasang pada bagian belakang motor dengan menggunakan braket yang bisa kalian rakit di bengkel terdekat. Penggunaan braket mampu meminimalisir adanya goresan pada badan motor.

Karena ukurannya yang cukup besar, pemasangan box pada motor bisa mempengaruhi pengendalian setang saat berkendara. Maka dari itu, gunakanlah box motor yang tidak lebih lebar dari jarak setang kendaraan kalian.

  • Tail Bag

Hampir serupa dengan box, tail bag juga diposisikan di bagian belakang motor.

Meski begitu, tail bag tidak menggunakan braket untuk menjaga posisinya agar tetap stabil, melainkan menggunakan tali pengencang yang terpasang di badan motor.

Tail bag sangat berguna bagi kalian yang tidak ingin menggunakan box karena bentuknya yang lebih praktis.

Meski begitu, menggunakan tail bag artinya kalian tidak bisa membawa penumpang saat touring.

  • Tank Bag

Sesuai namanya, tank bag merupakan tas penyimpanan yang dipasang pada bagian atas tangki bahan bakar pada motor sport.

Dengan memanfaatkan bagian atas tangki bahan bakar, tank bag tidak akan memakan tempat duduk kalian terlalu banyak.

Cara pemasangan tank bag sangat mudah. Tank bag bisa otomatis terpasang pada bagian tangki karena memiliki magnet yang kuat.

Jika kalian memiliki motor dengan tangki depan berbahan plastik, kalian juga bisa menggunakan tali untuk memasang tank bag.

  • Side Bag

Selain box, pegiat hobi touring juga sering menggunakan side bag sebagai container barang bawaan.

Side bag bisa menjadi opsi yang praktis karena untuk memasangnya, kalian hanya perlu menyangkutkan tas ini di badan motor. Selain itu, keunggulan lain dari side bag adalah kapasitasnya yang cukup besar.

Meski begitu, akan lebih baik bila kalian memiliki side bag dengan ukuran yang tidak melebihi setang agar kalian tetap bisa mengendarai motor dengan stabil.

  • Susun Barang Bawaan dengan Rapi

Setelah menentukan jenis container, maka sekarang saatnya kalian menyusun barang bawaan agar bisa lebih efisien. Ini adalah langkah yang bisa kalian terapkan:

  •  Mengelompokkan Barang Bawaan sesuai Jenis

Untuk memudahkan pencarian barang saat dibutuhkan, kalian bisa mengelompokkan barang sesuai jenisnya. Kalian bisa menggunakan packing cubes untuk memisahkan kelompok barang.

  • Atur Barang Sesuai Bobot

Untuk mencegah kerusakan barang, letakkan barang dengan bobot yang lebih berat di bagian bawah container. Trik ini juga bisa membuat container penyimpanan lebih luas.

  • Atur Barang Sesuai Jangkauan

Dalam mengendarai motor, tangan kanan kalian akan lebih aktif bergerak daripada tangan kiri. Maka dari itu, sebaiknya simpan barang-barang penting di bagian kiri badan kendaraan kalian.

Selain itu, menyimpan barang penting di sebelah kiri juga bisa meminimalisir potensi kerusakan bila ada kendaraan yang menyerempet dari arah yang berlawanan.

  • Mulai Perjalanan di Pagi Hari

Waktu ideal untuk memulai perjalanan touring adalah di pagi hari.

Periode waktu ini sangat tepat karena kondisi tubuh anggota touring sedang berada pada kondisi prima setelah beristirahat di malam hari.

motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi
motor touring-21 Tips Touring Motor Agar Tetap Safety Saat Berkendara-Candi

Selain itu, akan lebih baik memulai perjalanan saat hari masih terang. Proses penyusunan jadwal pun akan lebih mudah disusun.

  • Disiplin Rambu dan Tidak Terburu-buru

Ini adalah tips terakhir namun tidak kalah penting.

Dalam melakukan touring, tetaplah taat terhadap rambu-rambu lalu lintas. Selain untuk menjaga keselamatan, patuh terhadap rambu lalu lintas merupakan bentuk hormat kalian terhadap pengguna jalan lain.

Tetaplah fokus dan taati keputusan captain touring, serta jaga kecepatan berkendara kalian.

Apabila lelah, kalian juga bisa beristirahat sebelum kembali memulai perjalanan.

Pada akhirnya, touring motor merupakan kegiatan yang memberikan kesenangan. Maka dari itu, nikmatilah perjalanan kalian dan hindari bertindak secara terburu-buru.

Melakukan kegiatan touring motor memang memerlukan persiapan yang matang. Tidak hanya perlengkapan perawatan kendaraan, kalian juga harus mempersiapkan kesehatan fisik dan mental.

Meski begitu, melakukan motor touring memang bisa menawarkan pengalaman yang tiada duanya. Segala persiapan tersebut akan terbayar saat kalian bisa menikmati perjalanan bersama rekan-rekan touring. Kepuasan tersendiri seperti itu lah yang tidak akan tergantikan.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Candi (@candi.id.official)

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *