Lifestyle

Tahukah Kamu Perbedaan Masker Bedah Dan Masker Respirator

Bagikan Artikel Ini:

Sudah tahukah Anda apa perbedaan dari masker bedah dan masker respirator? Kedua masker ini adalah jenis masker yang banyak digunakan oleh tenaga medis untuk melindungi diri ketika bertugas.

Kedua jenis masker ini menjadi salah satu masker terbaik untuk menghalau droplets dan virus masuk melalui hidung dan mulut. Namun keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Apa saja perbedaannya? Berikut ini adalah perbedaan kedua masker ini:

  1. Bentuk Masker

Perbedaan yang paling terlihat dari masker beda dan respirator adalah bentuknya. Bentuk dari kedua masker ini sudah sangat berbeda. Masker bedah pada umumnya berbentuk persegi panjang dengan tali pengikat di belakangnya. Sedangkan bentuk masker respirator adalah agak bulat dengan bentuk menyesuaikan lekuk dari hidung dan wajah.

Dari segi bentuk, masker jenis respirator dapat mengcover area mulut dan hidung tanpa adanya celah. Bentuknya juga nyaman digunakan sehingga membuat pemakainya betah menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan masker bedah yang seringkali masih ada sedikit cela jika tidak diikat dengan benar.

2. Fungsi Masker

Fungsi dari kedua masker ini sebenarnya juga berbeda. Walaupun sama-sama dapat menghalau partikel kecil namun masker bedah hanya bisa menghalau droplets dan partikel debu. Sedangkan partikel yang berbentuk airbone dan aerosol masih belum bisa dihalau oleh masker jenis ini.

Berbeda dengan masker jenis respirator, masker ini memang didesain khusus untuk melindungi pemakainya agar dari partikel kecil. Partikel kecil berbentuk airbone dan aerosol bisa terhalau dengan menggunakan masker ini.

Fungsi dari masker bedah sendiri sebenarnya hanya untuk melindungi mulut dan hidung dari darah dan cipratan cairan kimia ketika melakukan tindakan pembedahan. Sedangkan masker respirator difungsikan untuk menghalau gas beracun dan partikel kecil berbahaya lainnya.

3. Penggunaan Masker

Masker filter udara dan masker bedah mempunyai perbedaan pada penggunaannya. Penggunaan masker bedah hanya terbatas pada tenaga medis dan orang yang sakit agar tidak menularkannya. Masker ini kurang cocok digunakan oleh pekerja proyek dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Sedangkan masker jenis respirator penggunaannya tidak hanya terbatas pada tenaga medis saja tapi juga dapat digunakan oleh pekerja proyek. Masker ini pada dunia medis juga boleh digunakan oleh tenaga medis yang menangani langsung penyakit menular.

4. Bahan dan Lapisan dalam Masker

Masker respirator medis dan masker bedah juga berbeda pada bahan dan lapisan yang ada di dalamnya. Jenis masker bedah hanya terdiri dari 3 lapisan saja, yaitu spunbond, filter melt blown, dan dilapisi dengan spunbond lagi.

Lapisan pertama yang terbuat dari bahan spunbond mempunyai sifat anti air. Sedangkan lapisan kedua berfungsi sebagai penyaring. Pada lapisan ketiga atau bagian dalam adalah lapisan untuk menyerap air dari mulut pengguna.

Berbeda dengan masker respirator yang terdiri dari 4 sampai dengan 5 lapisan. Banyaknya lapisan pada masker ini membuatnya lebih aman untuk digunakan menghalau partikel kecil.

5. Harga Masker

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis masker ini adalah harganya. Tentu saja harga masker jenis respirator lebih mahal dibandingkan dengan masker bedah. Beda harga keduanya cukup jauh, tentu saja ini sesuai dengan fungsi dan bahan dari kedua masker tersebut.

Ada banyak merk masker respirator yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri baik ketika bekerja ataupun bepergian keluar rumah. Salah satu masker jenis respirator terbaik adalah uvex.

Masker dari uvex didesain khusus melindungi mulut dan hidung dari partikel kecil yang berbahaya untuk tubuh. Semua masker dari uvex sudah mendapatkan sertifikat internasional jadi sudah pasti keamanannya. Selain itu uvex juga menyediakan produk lainnya seperti Harga Ear Plug, sarung tangan chemical dan masih banyak lainnya.

UVEX SAFETY SINGAPORE PTE. LTD.

Representative Office Indonesia

Jakarta Menara Standard Chartered 30th Floor Menara Standard Chartered Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 164 Jakarta 12930

T +62 21 2555 5637
F +62 21 2555 5601
E [email protected]

Find our dealers:  https://www.uvex-safety.co.id/id/beli/asisten-pembelian/pencari-dealer/

1. Apa fungsi dari masker bedah?

Fungsi dari masker bedah sendiri sebenarnya hanya untuk melindungi mulut dan hidung dari darah dan cipratan cairan kimia ketika melakukan tindakan pembedahan. Sedangkan masker respirator difungsikan untuk menghalau gas beracun dan partikel kecil berbahaya lainnya.

2. Apa keunggulan dari masker respirator?

Masker jenis respirator dapat mengcover area mulut dan hidung tanpa adanya celah. Bentuknya juga nyaman digunakan sehingga membuat pemakainya betah menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Masker jenis respirator penggunaannya tidak hanya terbatas pada tenaga medis saja tapi juga dapat digunakan oleh pekerja proyek. Masker ini pada dunia medis juga boleh digunakan oleh tenaga medis yang menangani langsung penyakit menular.

3. Apa saja perbedaan dari masker bedah dan masker respirator?

1. Bentuk Masker 2. Fungsi Masker 3. Penggunaan Masker 4. Bahan dan Lapisan dalam Masker 5. Harga Masker

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close