Wisata

Wisata Pantai Losari Malam Hari

Bagikan Artikel Ini:

Indonesia benar-benar merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Indonesia negara kepulauan yang memiliki banyak pantai pantai indah yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Dan pastinya masih banyak pantai yang indahnya seperti surganya dunia yang masih tersembunyi sampai saat ini. Masih banyak pantai yang belum terjamah oleh para wisatawan. Pantai yang indah dengan pasir putih yang halus dan air laut yang biru, tentunya suasana ini dapat mengusir rasa jenuh dan juga kepenatan anda dari segala aktivitas.

Kita patut berbangga karena lahir di Indonesia karena negara ini dianugerahi dengan jutaan lautan dan pantai yang begitu indah dan juga memesona. Jadi untuk apa liburan jauh ke luar negeri, jika di negara sendiri menyimpan keindahan surga dunia yang begitu indah. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai salah satu pantai yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat wisata untuk liburan menghabiskan waktu dengan keluarga, sahabat dan teman. Pantai yang terdapat di kota Makassar, Kota Makassar yang merupakan ujung pandang yaitu ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan.

Terdapat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan untuk dijadikan tempat hiburan. Banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung ke kota ini. Kota yang kaya akan Tradisi, Budaya dan juga landmark kota, bahkan juga terdapat banyak peninggalan bersejarah yang Ikonik.

Kota Makassar

Kota Makassar yang memiliki posisi yang strategis karena letaknya di persimpangan jalur lalu lintas dari arah selatan dan utara dalam provinsi di Sulawesi. Kota Makassar memiliki penduduk sebanyak  1 juta jiwa lebih. Dan kebanyakan berasal dari suku Makassar, Sisanya berasal dari Suku Bugis, Tionghoa, Jawa, Buton, Mandar dan juga Toraja.

Photo By: https://miro.medium.com/

Di Makassar terdapat salah satu pantai yang indah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung dan juga merupakan ikon dari kota Makassar. Pantai Losari Sulawesi Selatan yang merupakan pantai sarana tempat berkumpul dan hiburan bagi semua warga kota Makassar. Pantai ini sering dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat dan juga sarana hiburan.

Pantai Losari selalu ramai dikunjungi pada saat pagi, sore bahkan pada malam hari. Anda dapat berkunjung pada sore hari karena disini anda akan melihat fenomena matahari tenggelam yang sangat indah. Bahkan banyak fotografer atau wisatawan yang mengabadikan keindahan sunrise di pantai indah ini.

Tidak hanya itu saja disini juga dikenal dengan beraneka ragam kuliner yang sangat menggoda lidah dan susah untuk dilupakan. Salah satu kuliner yang banyak dicari oleh para pengunjung adalah Pisang Epe. Pisang epe yang merupakan kuliner khas pantai Losari, Ini adalah jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang digeprek dan dibakar yang disajikan dengan air gula merah yang diencerkan.

Rute menuju ke Pantai Losari

Photo By: https://www.nativeindonesia.com/pantai-losari/

Pantai Losari yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu tepatnya di kota Makassar. Dan Rute untuk menuju ke pantai Losari sangatlah mudah dan tidak rumit sama sekali. Untuk para wisatawan yang datang dari arah Bandara Hasanuddin hanya membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit saja untuk dapat sampai di pantai Losari. Dan untuk para wisatawan yang datang dari arah Pelabuhan Soekarno Hatta maka memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk dapat sampai di pantai Losari.

Pantai Losari yang terletak di Jalan Metro TJ. Bunga, Maloku, Ujung pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk dapat sampai di pantai ini anda juga dapat menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Terdapat beberapa Jalur yang dapat anda lalui untuk dapat sampai di pantai Losari.

  • Rute dari theme Park Trans Studio Makassar yaitu ambil arah utara untuk menuju jalan Metro TJ bunga dan lanjut menuju ke jalan Penghibur, dan kemudian menuju ke pantai Losari. Untuk jarak tempuh sangat dekat hanya memerlukan waktu 20 menit saja.
  • Rute dari Bandara Sultan Hasanuddin yaitu dari arah Jalan Poros Bandara baru lanjut ke Tol Insinyur Sutami, ke Tol Reformasi, lanjut ke jalan Nusantara baru, Selanjutnya ke Jalan Somba OPU, Jalan Penghibur dan sampai di Pantai Losari. Untuk Rute ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Keindahan Pantai Losari Pada Malam Hari

Photo By: https://www.manusialembah.com/

Anda juga dapat mengunjungi pantai Losari malam hari, anda dapat menghabiskan malam anda di Pantai Losari. Setelah menikmati keindahan panorama sunset yang begitu indah anda akan merasakan suasana romantis, hangat, dan juga menghibur. Menikmati suasana sunset yang indah yang menjulang di pelupuk pantai sebelah barat kota Makassar  menambah kesan romantis saat anda bersama dengan pasangan anda.

Dan setelah puas menikmati suasana senja yang begitu indah, maka anda juga dapat menikmati suasana indah yang berbalut dengan lampu-lampu sudut yang hangat. Disini anda juga dapat menikmati beragam kuliner khas kota Makassar dan juga dari olahan laut . Makanan Khas Makassar seperti Es pisang ijo, Menu sop, Konro, Coto Makassar, Pallu butung, dan juga jajanan pisang epe. Pisang epe adalah salah satu makanan favorit bagi para pengunjung pisang bakar yang ditambah gula merah atau juga dengan bermacam-macam topping lainnya.

Untuk anda yang berada di Makassar tidak salahnya jika mencoba untuk menikmati susana malam di pantai Losari. Ditemani dengan suasana yang nyaman, angin pantai dan suara ombak. Anda juga dapat berfoto-foto dengan pemandangan yang indah di pantai Losari. Dengan pesona keindahan pantai losari maka menjadi daya tarik bagi para pengunjung lokal maupun mancanegara. Pantai ini terlihat ramai pada malam minggu. Disini para pengunjung bisa duduk duduk santai, menikmati keindahan pantai, atau juga berfoto-foto karena disini banyak spot foto yang kekinian dan instagramable.

Fasilitas Di Pantai Losari

Di pantai Losari dilengkapi dengan fasilitas untuk membuat para pengunjung merasa nyaman saat berada di Pantai ini. Disini juga terdapat Wifi gratis sehingga para pengunjung betah untuk berlama-lama berada di pantai Losari. Pantai ini bersifat umum dan juga dikelola dengan baik oleh pemerintah dan tidak dipungut biaya apapun. Pantai ini gratis untuk siapa saja yang berkunjung. Disini tersedia beberapa Fasilitas seperti :

  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Wifi

Selain itu juga tersedia hotel dan penginapan yang tidak jauh dari lokasi pantai Losari.

Daya Tarik Pantai Losari

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya, dan berikut ini adalah beberapa daya tarik di pantai Losari :

  • Memancing

Untuk anda yang memiliki hobi mancing maka anda bisa melakukan kegiatan memancing di tepian pantai dengan tanggul batu yang berguna untuk memecahkan ombak. Disini anda akan mendapatkan ikan maupun hasil laut lainnya.

  • Futsal

Disini anda juga dapat bermain futsal yang dilakukan di tepian pantai yang sudah disediakan tempatnya. Tentu ini akan sangat seru bermain futsal di outdoor, dapat dilakukan pada sore hari maupun malam hari.

  • Wahana air

Dipantai ini memang dilarang untuk berenang namun disini anda dapat melakukan hal lain seperti merasakan suasana di lautan dengan menggunakan perahu bebek, menaiki banana boat atau mencoba sepeda udara.

  • Spot Sunset Terbaik

Hampir semua orang menyukai yang namanya suasana matahari tenggelam. Ada keindahan yang dapat menyihir semua orang yang melihatnya. Dan di Pantai Losari adalah salah satu pantai yang memiliki spot sunset terbaik untuk dapat melihat sunset apalagi disaat cuaca cerah.

  • Hotspot Gratis

Anda juga dapat menikmati jaringan hotspot gratis atau Wifi secara gratis. Sehingga disini anda dapat berselancar di dunia maya dengan mudah dan santai.

Hal unik lainnya yang ada di sekitar Pantai Losari adalah terdapat Masjid Amirul Mukminin yang merupakan masjid terapung yang pertama yang ada di Indonesia. Masjid Amirul Mukminin letaknya ada di sisi timur laut pantai Losari dan berhadapan langsung dengan rumah wali kota Makassar. Masjid ini terdiri dari 3 lantai dan memiliki kubah biru yang bisa menampung sebanyak 500 jamaah. Jamaah di Masjid ini mayoritasnya adalah Wisatawan dan banyak wisatawan yang memilih untuk berlama-lama dan menikmati keindahan pemandangan pantai Losari di atas teras Masjid.

Pantai Losari buka selama 24 jam beda dengan tempat-tempat wisata lainnya seperti Museum, Waterpark, air terjun dan tempat-tempat lainnya. Jadi anda bebas untuk datang ke pantai Losari kapan saja. Selain itu disini juga terdapat anjungan-anjungan yang berada di tepi laut yang menjadi fasilitas khas untuk ruang publik dan juga dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung yang datang berkunjung ke pantai Losari. Anjungan yang ada di pantai ini diberi nama berdasarkan dengan suku suku yang ada seperti Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Toraja, dan Juga Suku Makassar. Disini juga ada patung-patung Pahlawan Sulawesi seperti Patung Sultan Alauddin, Sultan Arung Palakka, Dan Sultan Hasanuddin.

Pantai Losari Memiliki sejarah yang cukup panjang, Dulunya pantai Losari ini hanyalah sebuah bentang garis pantai barat kota Makassar. Dan disini terdapat begitu banyak warung yang berjejeran di sepanjang garis sehingga tempat ini dijuluki dengan restoran terpanjang di dunia. Namun kini itu semua tinggal sejarah karena kini warung tersebut telah diganti dengan anjungan. Dan perlu diketahui bahwa pantai Losari merupakan pantai tanpa pasir dan ini menjadi salah satu ciri khas dari pantai ini. Namun meskipun pantai ini memiliki kekurangan sebagai pantai tak berpasir tapi pantai ini tetap memiliki keindahan yang mempesona. Dan setiap hari minggu anda juga dapat mengikuti CFD ( Car Free Day ). Untuk anak-anak bisa bermain di jalan raya dan untuk ibu-ibu bisa menari Zumba atau berjalan kaki di sekitar pantai Losari.

Itulah keindahan wisata pantai Losari Malam hari yang pastinya membuat anda merasa nyaman dan juga terhibur. Pantai indah yang terletak di kota Makassar yang tentunya sangat wajib untuk anda kunjungi. Ajak keluarga dan sahabat untuk liburan dan merasakan serunya wisata di Pantai Losari. Menikmati makanan khas kuliner di Pantai Losari, Menikmati pemandangan yang indah dan sunset, Bahkan anda bisa menikmati keindahan pantai hingga malam hari. Sayang jika anda berada di Makassar tapi tidak  berkunjung ke Pantai Losari, Ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib untuk anda kunjungi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sahabat baca, Sekian dulu untuk ulasan wisata kali ini, Terima kasih.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close