Backpacker Bandung Murah, Jalan-Jalan Bandung Ala Backpacker, Itinerary Backpacker Bandung, Backpacker Jogja Bandung - Tips Fun Backpacker Ke Bandung Murah Meriah - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Mau jalan-jalan ke Bandung ala backpacker? Ikuti tips backpacker ke Bandung murah meriah dan buat itinerary backpacker ke Bandung!

Backpacker merupakan salah satu cara berlibur yang sedang viral akhir-akhir ini. Apalagi backpacker ke berbagai destinasi wisata cenderung menghemat pengeluaran. Salah satunya berwisata backpacker ke Bandung murah yang cocok untuk kalian yang sedang berhemat tapi pengen liburan. 

Memangnya bisa ya jalan-jalan ke bandung ala backpacker tanpa mengeluarkan banyak uang buat jajan dan keperluan liburan seperti umumnya? Bisa, dong! Namanya juga Backpacker. Tapi, kalian bisa semakin menghemat uang liburan dengan berbagai tips cerdas backpacker ini.

Tips Backpacker ke Bandung Murah

Nah, buat kalian yang ingin pergi ke Bandung dengan lebih hemat ala backpacker, kalian bisa lihat beberapa tips berikut.

1. Ke Bandung dengan Transportasi Umum

Transportasi umum terkadang bisa menjadi solusi cerdas bagi kalian yang ingin liburan ke Bandung dengan harga terjangkau. Seperti yang kalian ketahui, Bandung dapat diakses dengan segala macam cara. Baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Agar kalian bisa semakin menghemat pengeluaran, transportasi darat kereta api lebih recommended daripada alternatif lain. Selain karena waktu keberangkatannya yang sudah pasti, potensi keterlambatan juga bisa terminimalisir dan tidak akan merusak jadwal liburan. 

Sebagai gambaran, jika kalian memulai perjalanan dari Stasiun Gambir, kalian bisa menggunakan kereta Argo Parahyangan kelas ekonomi menuju Stasiun Kiaracondong atau Bandung. Kalian hanya perlu mengeluarkan tiket kereta Rp85.000-Rp90.000.

Backpacker Bandung Murah, Jalan-Jalan Bandung Ala Backpacker, Itinerary Backpacker Bandung, Backpacker Jogja Bandung - Tips Fun Backpacker Ke Bandung Murah Meriah - Candi
Sumber: https://www.tiket.com/kereta-api/ka/argo-parahyangan

Tidak suka naik kereta? Bus juga bisa jadi cara murah ke Bandung lainnya. Sebagai contoh, jika kalian memulai perjalanan dari wilayah Tanjung Priok dan memilih moda transportasi bus ber AC, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya perjalanan mulai dari Rp80.000 saja. 

Tentu saja biaya ini hanya permisalan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Bisa saja saat ini harganya jauh lebih terjangkau. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu cek harga perjalanannya, ya. 

2. Pilih Penginapan Terjangkau

Di daerah yang penuh dengan destinasi wisata seperti Bandung tentu saja penginapan bukanlah suatu masalah besar. Pasalnya, di sekitaran destinasi wisata sudah tentu ada berbagai pilihan penginapan yang bisa kalian cari. Namun, bagaimana cara memilih penginapan yang memiliki harga sewa terjangkau?

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan “nebeng”. Ya, kalian tidak salah baca. Nebeng merupakan cara pertama yang bisa kalian pilih untuk trip ke Bandung lebih hemat. Tentu saja cara yang pertama ini hanya khusus untuk kalian yang memiliki teman atau kenalan di Bandung. 

Selain dengan nebeng, tentu saja kalian harus sewa kamar. Nah, untuk mendapatkan harga yang seminimal mungkin, kalian bisa mulai dari melakukan pemesanan secara online. Umumnya, harga tiket online bisa jadi lebih murah daripada harga saat booking di tempat. 

Harga miring penginapan juga bisa kalian peroleh dengan mencari harga promo dari penginapan yang kalian incar. Untuk itu, rajin-rajinlah cek promo penginapan di berbagai website pemesanan tiket penginapan atau hotel. Pesan tiket jauh-jauh hari kemungkinan akan merubah harga tiket pemesanan.

3. Persiapan Jangan Terlalu Santai

Salah satu hal yang paling umum dan sering backpacker lakukan adalah prepare yang terlalu santai dan cenderung meremehkannya. Contohnya terlalu percaya diri dengan kondisi tubuh dan tidak menyiapkan obat-obatan pribadi.

Padahal, backpacker merupakan berwisata low budget dan biasanya dilakukan tanpa orang lain. Ini bisa jadi hal yang merepotkan, dan jangan sampai kalian melewatkannya. 

Ketidaksiapan dalam perjalanan bisa sangat berbahaya. Parahnya ini bisa menyebabkan hal yang fatal. Untuk itu, jangan remehkan persiapan dan lakukan yang terbaik agar backpacking kalian menyenangkan

4. Booking Hotel Dekat dengan Destinasi Wisata

Selain memburu penginapan dengan harga terjangkau, kalian juga bisa memilih penginapan atau hotel yang lokasinya dekat dengan tujuan wisata. Memangnya kenapa? Bukankah hotel atau penginapan dekat wisata justru memiliki harga yang relatif mahal?

Memang sudah jadi rahasia umum jika penginapan yang lokasinya dekat dengan destinasi wisata cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, tentu saja bukan berarti semua hotel backpacker Bandung menerapkan cara yang sama, bukan?

Salah satu faktor pendukung untuk membooking penginapan dekat destinasi di Bandung adalah untuk menekan biaya perjalanan dan transportasi. Terlebih jika kalian ingin backpacker ke Jogja dan Bandung yang notabenenya membutuhkan banyak biaya untuk transportasi.

5. Tentukan Destinasi Wisata dan Buat Itinerary Backpacker ke Bandung

Menentukan paket wisata Bandung merupakan tips jitu bagi backpacker untuk liburan yang terjangkau. Memangnya apa hubungan antara keduanya? Simpel saja. Dengan memilih dan menentukan destinasi wisata mana saja yang akan kalian kunjungi, akan membuat waktu liburan berjalan dengan disiplin.

Apa maksud disiplin? Jadi, ketika tujuan sudah ditentukan, akan kecil kemungkinan kalian mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang tidak kalian pilih sebelumnya. Selain itu, memilih destinasi wisata juga akan membuat pengeluaran untuk beli oleh-oleh lebih terkontrol.

Pengeluaran yang sebenarnya hanya untuk beli oleh-oleh atau hal yang kurang begitu penting biasanya akan membengkak begitu tiba di lokasi yang tidak terencana sebelumnya. Oleh sebab itulah, memilih lokasi terlebih dahulu sebelum berangkat merupakan salah satu tips yang harus kalian perhitungkan. 

Bandung sendiri juga memiliki banyak destinasi wisata keren yang wajib buat kalian datangi. Mulai dari wisata alam, sampai wisata budayanya. Kalian juga bisa membuat itinerary backpacker ke Bandung. Dengan membuat itinerary, kalian bisa mengestimasikan sendiri biaya yang kalian perlukan. 

6. Pilih Destinasi Wisata Low Budget

Destinasi boleh low budget, tapi tempat-tempat wisata yang kalian kunjungi harus tetap memiliki nilai bagus, tidak kalah dengan destinasi wisata mahal. Lagi-lagi, pemilihan tempat wisata ini penting dan bertujuan untuk menghemat pengeluaran traveling Bandung. Ingat, kalian tidak memiliki banyak uang untuk misi foya fisi foya, hehe.

Sebenarnya di Bandung sangat banyak rekomendasi destinasi wisata yang memiliki harga terjangkau. Beberapa di antaranya seperti Museum Geologi Bandung.

Backpacker Bandung Murah, Jalan-Jalan Bandung Ala Backpacker, Itinerary Backpacker Bandung, Backpacker Jogja Bandung - Tips Fun Backpacker Ke Bandung Murah Meriah - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/376261743837720897/

Bisa juga Maribaya, Dago Pakar, Tebing keraton, destinasi Taman Hutan Raya Ir. Juanda, dan masih banyak lagi. 

7. Wisata Kuliner Low Budget

Tujuan utama backpacker adalah untuk liburan yang low budget. Selain memilih transportasi, penginapan, dan destinasi wisata yang memiliki harga terjangkau, tentu saja kalian harus siap dengan kuliner low budget. Tenang saja, di Bandung juga banyak destinasi wisata kuliner low budget, kok. 

Saat mengunjungi Bandung memang rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kulinernya yang beraneka ragam. Tapi seperti yang dikatakan sebelumnya, kalian jangan sampai tergoda untuk mencoba cafe-cafe atau restoran mewah yang sedang viral di Sosial Media. 

Salah satu solusinya adalah mencoba berbagai kuliner asli Bandung di warteg atau pedagang kaki lima. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau, kalian juga justru merasakan kenikmatan berburu kuliner khas Bandung dari pedagang kaki lima tersebut.

Misalnya saja di sekitaran Gedung Sate, landmark kota Bandung. Di sana bisa kalian temukan banyak pedagang kaki lima menjual berbagai olahan dan kuliner khas Bandung. Untuk backpacker, tempat destinasi kuliner low budget ini wajib kalian kunjungi dengan sensasi menikmati kota Bandung yang tak terlupakan. 

8. Keliling Destinasi dengan Transportasi Umum

Meskipun backpacker dan cenderung low budget, bukan berarti kalian tidak mengunjungi banyak tempat di Bandung. 

Tapi bukankah itu justru semakin membuat pengeluaran bengkak karena ongkos perjalanan? Tenang, selain memilih destinasi wisata terjangkau, kalian juga harus pandai-pandai memilih moda transportasi.

Bandung merupakan kota yang besar dan tidak mungkin kalian memaksakan untuk berjalan kaki dari satu destinasi ke destinasi yang lainnya. Jika kalian khawatir dengan biaya perjalanan, kalian sebaiknya menggunakan transportasi umum. 

Transportasi umum merupakan sarana yang digunakan oleh warga dan cenderung merakyat. Karena itulah, ongkosnya pun ikut merakyat. Ini bisa jadi kesempatan tersendiri bagi kalian para backpacker yang ingin liburan keliling bandung dengan low budget

Tidak sedikit backpacker yang bepergian menggunakan transportasi umum ketika berlibur di Bandung. Umumnya, backpacker akan berkeliling dari Bandung Kota ke daerah Lembang atau Ciwidey.

9. Berburu Pakaian di Factory Outlet

Bicara tentang Bandung, rasanya juga tidak lengkap tanpa membicarakan factory outlet. Kedua hal ini memang tidak dapat dipisahkan. Bagi yang belum mengetahuinya, factory outlet merupakan salah satu outlet yang viral dengan penjualan pakaian yang sedang trend namun dengan harga murah.

Backpacker Bandung Murah, Jalan-Jalan Bandung Ala Backpacker, Itinerary Backpacker Bandung, Backpacker Jogja Bandung - Tips Fun Backpacker Ke Bandung Murah Meriah - Candi
Sumber: https://tempatwisatadibandung.info/factory-outlet-di-bandung/

Di mana lokasinya? Factory outlet bisa kalian temukan di sepanjang jalan Dr. Setiabudi dan beberapa lokasi lain. Untuk memaksimalkan belanja, sebaiknya kalian memanfaatkan diskon yang sedang berlaku. 

10. Kedepankan Hemat Meskipun Belanja Oleh-oleh

Meskipun backpacker dituntut untuk menghemat pengeluaran, bukan berarti kalian tidak boleh membeli oleh-oleh. Boleh, tapi setidaknya memperhatikan kondisi keuangan yang kalian punya. Singkatnya, belilah oleh-oleh sesuai keadaan kantong. 

Untuk mendapatkan oleh-oleh dengan harga terjangkau, ada tips hemat nih. Sebaiknya kalian membeli buah tangan atau oleh-oleh di toko-toko yang ada di Cihampelas, Cibaduyut, Pasar dadakan di Gasibu, Jalan Riau atau Pasar Baru – ITC Kebon Kelapa, dan Gang Tamim, 

Kondisi barang di tempat-tempat tersebut umumnya memiliki kualitas yang bagus. Tidak kalah dari pusat-pusat perbelanjaan pada umumnya. Selain itu, harganya pun juga relatif lebih terjangkau daripada pusat perbelanjaan. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Backpacker

Seperti yang sudah kalian ketahui, backpacking identik dengan perjalanan atau liburan dengan budget minim. Oleh sebab itu, kalian harus mengutamakan yang namanya efisiensi agar tidak panik dan bingung di tengah-tengah liburan karena persediaan habis dan semacamnya. 

Berikut ini ada hal-hal yang sebaiknya backpacker pemula perhatikan sebelum memulai perjalanannya. Simak sampai selesa, ya!

1. Sebaiknya Pilih Ransel Tipe Carrier

Dari namanya saja, ‘’backpacker’’ terdapat kata ‘’backpack’’ yang identik dengan tas atau ransel. Nah, tips pertama yang harus kalian perhatikan sebelum memulai perjalanan adalah memilih tas berjenis carrier

Backpacker Bandung Murah, Jalan-Jalan Bandung Ala Backpacker, Itinerary Backpacker Bandung, Backpacker Jogja Bandung - Tips Fun Backpacker Ke Bandung Murah Meriah - Candi
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/46936021095831511/

Kenapa harus carrier? Namanya saja backpacker dengan low budget dan seminimal mungkin barang bawaan, bukan? Pemilihan tas bertipe backpack dinilai lebih simple dan efisien daripada koper dan sejenisnya. 

Jika memang waktu liburan yang kalian inginkan cenderung singkat, kalian bisa menggunakan tas daypack ukuran 20-30 liter. Setelahnya, kamu juga bisa menambahkan tas semi carrier ukuran 30-40 liter atau carrier ukuran 45 – 50 liter untuk liburan dalam kurun waktu yang cukup. 

2. Bawa Barang Seperlunya

Siapa sih yang tidak ingin terlihat keren saat berlibur? Namun, kekerenan itu bukanlah hal wajib dan sebaiknya dibuat sesimple mungkin untuk kalian yang ingin backpacking. Hal ini tentu saja berkaitan dengan jumlah barang yang harus kalian bawa. 

Tidak perlu tampil terlalu mencolok untuk backpacking. Kalian hanya perlu membawa basic skincare dan pakaian yang nyaman kalian gunakan. 

3. Budget First

Pengalokasian dana untuk backpacker merupakan hal yang terpenting dan krusial jika kalian ingin hidup dengan damai. Sebelum berangkat, kalian bisa membuat daftar prioritas, mana yang lebih penting dan kalian butuhkan terlebih dahulu. 

Baik itu makan, akomodasi, transportasi, sampai jajan, semua harus dialokasikan dengan tepat. Jangan heran jika banyak backpacker yang bermalam di hostel alih-alih di hotel berbintang, atau makan di pinggir jalan. Ini adalah bagian dari budget first!

4. Bawa Obat Nyamuk, Vitamin, Serta Obat-obatan Pribadi

Karena namanya saja backpacker, tentu saja semua keputusan berada di tangan kalian, termasuk dengan apa yang akan terjadi selama backpacker. Umumnya, backpacker sudah siap sedia dengan berbagai kondisi yang kurang memungkinkan. 

Menggunakan transportasi umum, makan di pinggir jalan, menginap di penginapan low budget, tentu saja membutuhkan keperluan khusus. Seperti misalnya, obat-obatan, obat nyamuk, maupun keperluan pribadi yang biasanya kalian gunakan namun tidak ada dalam fasilitas backpacker

5. Pelajari Lingkungan Sekitar

Sebagai informasi untuk kalian, backpacking merupakan aktivitas yang menyenangkan, terutama buat kalian yang doyan berpetualang ke tempat baru. Backpacking adalah salah satu cara bagaimana kalian bisa mempelajari tempat baru dan menghadapi permasalahan sendirian. 

Destinasi wisata dan perjalanan selama backpacking ke tempat baru memang sebuah pengalaman seru dan menegangkan. Maka dari itu, penting bagi backpacker untuk senantiasa memperhatikan sekitar, terlebih rambu-rambu dan nama jalan di setiap arah. Hal ini bertujuan agar kalian tidak tersesat. 

Selain itu, kalian juga perlu memperhatikan atmosfer sekitar. Mulai dari masyarakat, etiket, tabu, bahasa, dan kebiasaan. Hormati penduduk setempat dengan berbicara sopan, tidak sembarang berbuat dan bertindak. Bila perlu, kalian bisa bertanya kepada mereka. 

6. Menyingkir dari ‘’Comfort Zone’’

Siapa sih yang tidak mau tidur nyaman, makan enak, dan belanja sepuasnya saat berlibur di tempat baru? Sayangnya, comfort zone atau yang biasa disebut zona nyaman merupakan tempat yang sulit ditinggalkan. Namun, suatu keharusan untuk kalian tinggalkan saat backpacking

Selama backpacking, zona nyaman harus kalian jauhi, seolah kalian akan memasuki ‘’alam liar’’ yang berbeda dari sebelumnya. Dengan backpacking, kalian akan melakukan sesuatu yang baru, yang tentu saja akan jauh dari zona nyaman. 

7. Jangan Menghindari Orang Lokal

Salah satu hal yang secara tidak langsung kalian butuhkan ketika melakukan backpacking adalah informan dari tempat yang kalian pijak. Hal ini juga yang akan menambah pengalaman dan kesan yang menarik tentang tempat yang kalian tuju. Dengan ini, pemikiran kalian juga akan semakin terbuka. 

Poin penting yang harus kalian ketahui saat backpacking adalah mengingat bahwa setiap orang memiliki sifat dan kebudayaan yang berbeda-beda. Di tempat lain yang jauh dari kota asal kalian, jangan takut untuk bertanya kepada orang baru apalagi orang lokal. 

Jika memang kalian merasa tidak yakin, setidaknya kalian jangan menunjukkan gelagat menjauhi. Hal ini bisa jadi akan berdampak buruk karena setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda. Jangan sampai gerak gerik kalian membuat orang tersinggung, ya. 

Penutup

Backpacker merupakan salah satu jenis liburan yang umumnya dilakukan oleh mereka yang ingin berlibur tanpa memakan banyak pengeluaran. Tentu saja hal tersebut tidak dapat kalian lakukan sembarangan. Ada persiapan matang dan hal lain yang harus kalian perhatikan. 

Itulah tadi beberapa tips backpacker ke Bandung murah dan berbagai hal menarik yang harus kalian ketahui sebelum berangkat. Apakah kalian mendapatkan pengetahuan baru hari ini? Jangan lupa tinggalkan jejak dan membagikan info menarik ini ke teman-teman, ya. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *