Wisata

Tempat Wisata Menarik Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagikan Artikel Ini:

Liburan menjadi salah satu momen untuk terlepas dari penatnya urusan sehari-hari. Mengunjungi tempat-tempat baru sembari menikmati keindahan alamnya acap kali mampu me-refresh kondisi otak. Tak jarang, orang pun rela mengeluarkan anggaran yang terbilang besar untuk ke luar negeri. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya Indonesia pun memiliki pesona yang tidak kalah indahnya?

Ya, dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki segudang destinasi wisata yang layak untuk dijelajahi serta keberagaman budaya dan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Salah satunya di daerah Malang. Wilayah yang beriklim sejuk ini dulunya merupakan pusat pemerintahan kerajaan Singasari. Maka tak heran jika beberapa candi menjadi tempat wisata menarik di Malang. Obyek wisata sejarah ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan sewaktu liburan. Selain melihat peninggalan masa lalu, Anda juga bisa menambah ilmu dan wawasan.

Nah, jika Anda bermaksud liburan ke Malang, berikut ini perpaduan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi supaya liburan Anda lebih berwarna dan berkesan.

  1. Tengok Sejarah Candi Singosari, Candi Terkenal Di Malang

Terletak di Jl. Kartanegara No.148 Candirenggo, Singosari, Malang, candi ini merupakan tempat wisata menarik di Malang tuk dikunjungi. Candi bercorak Hindu-Budha ini dibangun sekitar abad ke 12 dan didedikasikan untuk Kertanegara, raja terakhir kerajaan Singasari. Di candi ini terdapat beberapa keunikan yang bisa Anda jumpai. Salah satunya, candi ini dihiasi atau diberi relief yang mengandung cerita bersejarah.

Photo By: https://allesgroen.files.wordpress.com/

Apabila Anda bermaksud mengunjungi candi Singosari, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000 untuk harga tiket masuknya. Kawasan candi ini buka dari jam 08.00-17.00.

  1. Jangan Lupa Mampir Candi Jago Kalau Ke Bromo

Berada di tengah-tengah kecamatan Tumpang yang menjadi salah satu meeting point saat ke Bromo, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir ke tempat wisata Malang ini. Candi yang juga merupakan peninggalan kerajaan Singosari ini dibangun pada abad ke 13. Jika Anda mengunjungi tempat ini dengan kendaraan pribadi, jangan khawatir soal tempat parkir. Kawasan candi Jago memiliki kawasan yang cukup memadai untuk kendaraan bermotor.

Photo By: https://i.pinimg.com/

Selain itu, saat Anda mengunjungi candi Jago, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Cukup dengan membayar biaya parkir saja. Dan bagi Anda yang berencana untuk bermalam, Anda juga bisa menemukan penginapan di sekitaran candi Jago.

  1. Simak Kisah Garudeya Di Candi Kidal

Lokasi candi Kidal bisa dibilang berdekatan dengan candi Jago. Tepatnya di desa Rejokidal, Tumpang, Malang. Bangunan ini terbilang cukup unik, selain bercorak Hindu-Budha, candi Kidal juga memiliki perpaduan corak candi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Photo By: https://ublik.id/

Pada situs bersejarah ini, Anda bisa menjumpai kisah garuda yang terukir dengan cantik. Kisah garuda sendiri diambil dari salah satu serat Jawa Kuno mengenai Garudeya yang menurut mitos merupakan kisah perjuangan seekor garuda yang menggunakan air suci amerta sebagai tebusan untuk membebaskan ibunya dari perbudakan. Jika Anda datang ke candi Kidal menggunakan kendaraan pribadi, Anda langsung saja menuju daerah Tumpang lalu mengikuti petunjuk jalan yang sudah ada.

  1. Candi Badut, Candi Peninggalan Kerajaan Kanjuruhan

Buka dari jam 08.00 sampai jam 15.00, Anda dikenakan biaya senilai Rp. 10.000 saat berkunjung ke candi Badut. Letak dari candi Badut sendiri berada di desa Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kotamadya Malang. Sejarah penamaan candi ini memiliki tiga versi. Ada yang menyebutkan nama Badut dipilih lantaran kawasan sekitar banyak ditumbuhi pohon badut. Versi kedua menyebutkan bahwa nama candi diambil dari nama Gajayana semasa kecil. Sementara versi lain menyebutkan bahwa nama Badut diambil dari kata “Ba” yang bermakna bintang Agastya dan “Dyut” yang bermakna cahaya.

Photo By:https://ngalam.co/

Fasilitas yang bisa Anda jumpai di candi Badut terbilang lengkap. Anda bisa menemukan penginapan di sekitar lokasi, begitu pun dengan lahan parkir dan warung makan.

  1. Mampirlah Ke Candi Sumberawan Untuk Mencoba Air Awet Muda 

Berada 6 km dari candi Singosari atau tepatnya di desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, candi Sumberawan merupakan candi bercorak Budha. Di candi Sumberawan ini Anda bisa mendapati area suci seperti makam, tempat sesajen, dupa, bunga, bahkan Anda juga bisa menjumpai sumber air dingin yang menurut warga setempat bisa membuat wajah lebih cerah dan awet muda. Apa Anda tertarik untuk mencobanya?

Photo By: https://cdn.timesmedia.co.id/

Untuk masuk ke kawasan candi Sumberawan Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 dan biaya parkir kendaraan bermotor Rp. 2000. Cukup terjangkau bukan?

  1. Ingin Jauh Dari Keramaian? Kunjungi Candi Jawar
Photo By: https://blog.traveloka.com/

Lokasi candi Jawar terbilang jauh dari keramaian karena terletak di bukit dengan ketinggian 1400 mdpl. Lebih tepatnya berada di dukuh Kaliputih, desa Mulioasri, Ampelgading, Malang. Dulunya lokasi candi Jawar merupakan tempat persembahyangan raja-raja pada era pemerintahan Majapahit. Bila Anda melakukan perjalanan dari kota Malang, Anda harus menempuh jarak sekitar 32 kilometer untuk bisa sampai di lokasi candi Jawar.

  1. Batu Bengkung, Lengkapi Keindahan Pariwisata Malang

Setelah belajar sejarah dengan mengunjungi situs peninggalan kuno, kini saatnya bagi Anda menikmati wisata terbaik di kota Malang lewat pantai Batu Bengkung. Terletak di kecamatan Gedangan dengan jarak 57 kilometer ke arah selatan dari kota Malang, pantai Batu Bengkung menjadi destinasi wisata yang harus Anda kunjungi.

Photo By: https://id.wikipedia.org/

Dengan membayar tiket masuk senilai Rp. 10.000 per orang, Anda akan dimanjakan oleh keindahan pantai berpasir putih ini. Namun sayangnya ombak di pantai Batu Bengkung bisa mencapai 2 sampai 3 meter, sehingga Anda harus mengurungkan niat jika ingin berenang. Meski begitu, Anda tak perlu bersedih hati. Sebab, saat ombak mulai pasang, akan ada kolam renang alami di bibir pantai.  Anda bisa menggunakan kolam jernih dengan aksen warna hijau toska ini untuk berenang.

  1. Nikmati Lampion Di Batu Night Spectacular

Tempat wisata Malang yang tak kalah menggiurkan untuk dikunjungi adalah Batu Night Spectacular (BNS). Di sini Anda bisa menikmati pertunjukan lampion berwarna-warni yang begitu indah. Setiap harinya, BNS dimulai pukul 3 sore sampai tengah malam.

Photo By: http://ilarizky.com/

Selain menikmati pertunjukan lampion, Anda bisa menikmati berbagai permainan yang ada di sana. BNS juga memiliki beberapa wahana yang patut untuk Anda coba, seperti gallery hantu, slalom test, drag race, mouse coaster, hingga sepeda udara tertinggi. Bagi pengunjung anak-anak, disana juga tersedia kids zone. Untuk tiket masuknya sendiri dibandrol seharga 10 ribu rupiah.

  1. Jatim Park Akan Semarakkan Kunjunganmu Ke Malang

Jika berbicara wisata terbaik di kota Malang tidak afdol rasanya jika tidak menyebutkan Jatim Park. Terletak 20 kilometer dari kota Malang di sebelah barat, ada banyak wahana yang bisa Anda kunjungi di Jatim Park 1. Mulai dari mencoba kolam renang raksasa dengan latar belakang patung Ken Arok, Mpu Gading, dan Kendedes, hingga menghabiskan waktu dengan mencoba beragam wahana lainnya.

Photo By: https://image-korankaltim.sgp1.digitaloceanspaces.com/

Di Jatim Park 1 Anda bisa mencoba puluhan wahana yang begitu sayang apabila dilewatkan. Seperti Mini Jet, Learning Gallery, Baby Zoo, Games Room, Bioskop 3D, Flying Fox, Fish Park, Flower Gallery, 3D Ghost Haunter, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bisa menemukan fasilitas pendukung dengan mudah di sekitar Jatim Park 1, seperti halnya hotel, rumah makan, toilet umum, hingga toko souvenir dan oleh-oleh. Bagaimana? Sangat menarik untuk dijadikan tempat berlibur bukan?

  1. Lanjutkan Keseruan Di Jatim Park 2

Kalau Anda masih kurang dengan wahana yang ada di Jatim Park 1, tenang. Anda bisa melanjutkan keseruan di tempat wisata Malang berikutnya. Yakni Jatim Park 2. Di Jatim Park 2 Anda bisa bermain sambil belajar. Ada pun wahana yang terdapat di Jatim Park 2 adalah Zona Museum, Zona Secret Zoo, dan Pohon inn hotel. Yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi adalah sangkar burung raksasa dan berbagai diorama.

Photo By: http://1.bp.blogspot.com/

Setiap harinya Jatim Park 2 buka dari pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Akan tetapi, untuk Eco Green Park pada pukul 4 sore sudah ditutup. Sedangkan harga tiket yang harus Anda bayarkan saat berkunjung di hari-hari biasa adalah sebesar Rp. 75.000 untuk 2 objek wisata (Museum Satwa dan Secret Zoo) dan Rp. 95.000 untuk 3 objek wisata (Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park, dan Museum Bagong). Untuk tiket akhir pekan, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp.105.000 untuk 2 objek wisata dan Rp. 125.000 untuk 3 objek wisata.

  1. Ingin Nongkrong Santai? Ke Alun-Alun Kota Malang Saja!
Photo By: http://www.instanbooking.id/

Alun-alun kota Malang menjadi salah satu wisata menarik di Malang. Tidak hanya sekedar nongkrong, di sini Anda bisa merasakan pengalaman memberi makan merpati yang terbang bebas seperti di negara-negara Eropa. Menarik kan?

  1. Belum Sempurna Kalau Belum Petik Apel

Kota Malang memang terkenal dengan buah apelnya. Kalau Anda sudah berada di kota Malang, jangan lupa untuk merasakan pengalaman memetik buah apel dari pohonnya langsung.

  1. Mampirlah Ke Masjid Tiban Malang
Photo By: Masjid Tiban Malang

Masjid yang berarsitektur Timur Tengah ini terdiri dari 9 lantai yang dilengkapi dengan area satwa, toko souvenir, dan toko makanan ringan. Selain untuk beribadah, Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik di Malang. Untuk masuk ke Masjid ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.

  1. Luangkan Waktu Untuk Berkunjung Ke Museum Angkut

Mencari wisata terbaik di kota Malang? Museum Angkut salah satunya. Dengan biaya tiket masuk senilai Rp. 50.000 untuk hari biasa dan Rp. 75.000 di akhir pekan, Anda akan dibuat takjub dengan koleksi yang ada. Sebab di tempat inilah mobil-mobil antik bermarkas.

Photo By: https://blogkulo.com/
  1. Pulau Sempu, Keindahan Hutan Dan Danau Yang Tak Mengecewakan

Pulau Sempu layak untuk masuk dalam jajaran wisata terbaik di kota Malang. Berjarak sekitar 75 kilometer dari kota Malang, Anda akan dibawa pada petualangan yang tak mengecewakan. Berawal dari menyebrangi pantai Sendang Biru dengan kapal motor untuk sampai pulau Sempu, perjalanan Anda akan berlanjut dengan trekking melewati hutan untuk menuju danau Segara Anakan. Tidak hanya sampai di situ, Anda bisa menghabiskan waktu dengan camping di pantai tersembunyi.

Tertarik untuk mengunjungi wisata menarik di Malang? Jangan lupa masukkan destinasi wisata ini ke dalam daftar wajib kunjunganmu, ya! Selamat berlibur.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close