Kuliner

Rekomendasi Tempat Oleh-oleh Khas Kota Malang

Bagikan Artikel Ini:

Pergi liburan dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan orang tersayang adalah kegiatan yang menyenangkan. Melepaskan rasa lelah dan stres karna seharian bekerja dengan mengunjungi tempat wisata dan tidak lupa sambil membeli oleh-oleh khas kota tersebut.

Sama halnya bagi yang ingin mengunjungi kota Malang sebagai destinasi liburan, dapat mengunjungi banyak sekali tempat wisata di sana dan berburu oleh-oleh kota Malang. Berikut rangkuman mengenai beberapa pusat oleh-oleh khas kota Malang yang bisa dikunjungi bagi yang ingin membeli oleh-oleh khas kota Malang.

  1. Buah Apel
Photo By: https://cdn-asset.jawapos.com/

Kota Malang memang terkenal dengan apelnya dan selalu menjadi salah satu pilihan oleh-oleh bagi wisatawan. Banyaknya perkebunan apel yang dibudidayakan di kota Malang dapat menjadi salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi. Menemukan buah apel pun tidak sulit karena dapat ditemukan di setiap sudut kota, dan pilihan tempat yang sering dikunjungi untuk membeli apel Malang adalah di pasar kota Batu, pasar Sukun, pasar besar, dan di sepanjang jalan kota Malang. Jadi membeli apel sebagai salah satu oleh-oleh kota Malang adalah sesuatu yang wajib.

  1. Sari Apel

Selain dalam bentuk buah, apel juga dapat diambil sarinya dan menjadi salah satu oleh-oleh yang patut untuk dicoba. Buah apel yang biasa diambil sarinya oleh para produsen adalah jenis apel manalagi dan apel romebeauty. Sari buah ini akan ditempatkan dalam wadah gelas plastik atau dalam mangkok plastik kecil dan diberi seal untuk menjaga agar tetap bersih dan mudah untuk dibawa.

Meskipun banyak sari apel yang dijual, konsumen perlu berhati-hati karena salah satu oleh-oleh khas kota Malang ini juga dapat dicampur dengan bahan pengawet dan pemanis buatan. Perlu diperhatikan terlebih dahulu serta harus lebih jeli dalam memilih sari apel yang terhindar dari bahan-bahan berbahaya. Oleh-oleh ini dapat ditemukan di seluruh tempat wisata di kota Malang.

  1. Keripik Buah

Tidak hanya buah apel saja yang menjadi primadona di kota Malang ini untuk dijadikan oleh-oleh. Kota Malang yang memiliki tanah yang sangat subur sangat cocok digunakan untuk berkebun buah apapun. Karena banyaknya buah yang ditanam, akan menjadi suatu hal yang memusingkan bagi warga Malang saat memasuki masa panen. Buah yang dipanen memiliki jumlah yang banyak dan juga memiliki umur simpan yang pendek.

Photo By: https://wisatapro.com/

Untuk menyiasatinya, akhirnya buah-buah ini akan diolah menjadi makanan maupun minuman. Salah satunya adalah mengolahnya buah menjadi keripik. Keripik buah yang disediakan memiliki tekstur yang garing dan renyah sehingga sangat nikmat untuk dikonsumsi. Macam-macam keripik buah yang dapat ditemui adalah keripik buah rambutan, salak, semangka, kelengkeng, nangka, dan tentu saja keripik buah apel.

Jajanan ini dapat ditemui di semua kawasan wisata serta pusat oleh-oleh kota Malang dengan harga dan merk dagang yang bervariasi.

  1. Olahan Telo

Selain buah-buahan, wisatawan juga akan menemukan oleh-oleh khas kota Malang yang lain, yaitu berbagai olehan telo yang dapat ditemukan di Repoeblik Telo. Tempat ini menwarkan berbagai macam aneka makanan dengan bahan dasar dari telo atau ubi, lebih tepatnya adalah ubi ungu. Beberapa produk makanan olahan telo yang ditawarkan disini adalah pizza, nugget, es krim, bakpao, dan keripik.

Untuk bisa menemukan oleh-oleh ini, wisatawan dapat menemukannya di Jl. Raya Purwodadi No. 1, Lawang yang merupakan pusat oleh-oleh sekaligus tempat makan dan difasilitasi dengan WiFi gratis.

  1. Keripik Tempe

Tempe menjadi salah satu makanan yang wajib ada bagi masyarakat Indonesia saat akan bersantap bersama dengan keluarga. Selain harganya yang murah, tempe juga dapat diolah menjadi makanan yang bervariasi dan tentu saja sangat nikmat untuk disantap.

Photo By: https://s4.bukalapak.com/

Begitu pula di kota Malang yang menjadikan tempe sebagai salah satu oleh-oleh kota Malang yang bisa menjadi pilihan. Olahan tempe yang dihasilkan adalah dalam bentuk keripik. Meskipun hampir setiap daerah memiliki olahan keripik tempe ini, tidak ada salahnya untuk membeli keripik tempe ini sebagai salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Olahan keripik tempe ini dapat ditemui di sentra industri keripik tempe, yaitu di Kampung Sanan, yang terletak di Jl. Sanan, Purwantoro, Kota Malang.

  1. Malang Strudel

Oleh-oleh khas kota Malang yang lain adalah Malang Strudel dan merupakan salah satu makanan baru di kota Malang. Meskipun hadir sebagai makanan baru, Malang Strudel sangat diburu oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh yang wajib dibawa pulang.

Karena merupakan makanan baru di kota Malang, kue ini hanya ada di kota Malang tepatnya dapat ditemukan di gerai Malang Strudel yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta 2 Kav 6, Kota Malang, Jl. Diponegoro No. 171C, Kota Batu, Jl. Ardimulyo, No.14, Singosari, Kab. Malang. Variasi rasa yang ditawarkan pun cukup banyak, seperti rasa nanas, jeruk, kurma, choco banana, mixfruits, dan variasi rasa lainnya yang tentu menggugah selera.

  1. Pia Mangkok

Kota Yogyakarta dan Bali terkenal dengan bakpia mereka sebagai salah satu oleh-oleh wajib saat berkunjung ke sana. Hal itu juga belaku di kota Malang yang juga menawarkan kue pia sebagai salah satu pilihan oleh-oleh. Kue pia yang ditawarkan tentu saja sangat berbeda dengan kue pia dari kota Yogyakarta dan Bali.

Photo By: https://tourwisatamalang.com/

Kue pia khas kota Malang ini bernama Pia Mangkok. Oleh-oleh khas Malang ini memiliki masa simpan sampai 2 minggu dari masa produksinya, jadi alangkah lebih baik jika membeli kue ini yang baru saja diproduksi. Kue ini dijual di toko yang terletak di Jl. Semeru 25, dengan varian rasa yang disediakan yaitu cokelat, keju, kacang hijau, dan durian.

  1. Cokelat Tempe

Sebelumnya ada keripik tempe yang dapat dijadikan salah satu oleh-oleh dari Malang, olahan tempe lainnya yang dapat dijadikan referensi oleh-oleh kota Malang ini adalah cokelat tempe. Oleh-oleh ini sangat cocok untuk diberikan kepada orang terkasih. Rasa dari cokelat tempe ini sungguh memanjakan lidah dengan campuran rasa manis sekaligus gurih.

Cokelat tempe yang bernama de’Konco ini hadir dengan variasi rasa yang unik dan lezat yaitu pedas, strawberry, apel, dan susu. Cokelat ini memiliki harga yang berkisar dari 8 ribu rupiah sampai dengan 11 ribu rupiah dan outletnya berada di Jl. Danau Laut Tawar F1/F19, Sawojajar Kedungkandang, Malang dengan jam buka dimulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 11 malam,

  1. Puthu Lanang Celeket

Siapa yang tidak mengenal kue putu ? rasanya yang gurih dan manis dengan baluran kelapa ini merupakan salah satu jajanan pasar yang sangat enak, terutama jika dikonsumsi saat panas. Kue putu ini pun adalah sebagai oleh-oleh khas kota Malang dengan nama Puthu Lanang Celeket.

Photo By : https://s3.ap-southeast-2.amazonaws.com/

Terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen, Malang, tempat yang menjual kue putu ini merupakan warung makanan tertua legendaris di kota Malang dengan jam buka dimulai dari pukul 17.45-21.30 WIB.

Selain kue putu, warung ini juga menjual jajanan pasar lainnya seperti klepon, cenil, lupis. Kue putu ini memiliki tekstur yang lembut dan terasa nikmat saat tercampur dengan gula jawa di dalamnya saat disantap.

Namun perlu diketahui bahwa kue putu tidak dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dan bagi yang ingin menikmati kue ini, dapat datang  ke warung ini dan langsung menyantapnya. Dengan harga sebesar rp 10.000,- kita sudah dapat menikmati kue Puthu Lanang Celeket ini.

  1. Carang Mas

Nama makanan ini mungkin akan terdengar asing di telinga para anak milenial. Salah satu oleh-oleh khas kota Malang ini berupa jajanan tradisional atau lebih tepatnya kue kering yang dibuat dari ubi jalar dan gula merah/gula Jawa. Bentuknya menyerupai mie yang digulung dengan bentuk bulat kemudian digoreng.

Photo By: https://4.bp.blogspot.com/

Kue carang mas yang memiliki rasa renyah dan manis ini dapat ditemui di daerah Batu, Malang dan daerah lainnya dengan nama “Kremes” atau “Grubi”. Pleh-oleh ini sangat cocok untuk dibagikan bersama dengan keluarga dan memiliki umur simpan selama beberapa hari. Selain menggunakan bahan dasar dari ubi, kue carang mas juga menggunakan bahan dari pisang dan apel, sehingga memiliki varian rasa.

  1. Bakpao Sayang

Bakpao yang dijual ini memiliki warna kulit yang putih kekuningan dan tidak memiliki remah seperti kue bakpao yang dijual dengan harga murah. Warna kulit bakpao juga menunjukkan bahwa bakpao ini tidak memakai bahan pemutih. Hampir sama dengan isian kue bakpao lainnya, bakpao sayang memiliki variasi isi yang juga bermacam-macam namun lebih banyak.

Variasi rasa di dalamya adalah kacang hitam, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, keju, selai blueberry, selai strawberry, selai srikaya, dan selai nanas.

Bakpao sayang ini terletak di Jl. Raya Langsep No. 11 Malang.

  1. Kaos dan Aksesoris

Tidak hanya soal makanan, kota Malang juga memiliki pusat oleh-oleh khas kota Malang lainnya, yaitu pusat kaos dan aksesoris. Bagi yang ingin membeli kaos khas kota Malang ini dapat mengunjungi Soak Ngalam.

Toko ini menyediakan berbagai barang seperti jaket, kaos, tas, dan aksesoris lainnya dengan menggunakan tulisan boso walikan Malang. Soak Ngalam bukan hanya satu-satunya tempat bagi yang ingin berburu kaos dan aksesoris. Toko lain yang wajib dikunjungi adalah di Kerasok Ngalam. Meskipun sama-sama menjual berbagai jenis kaos dan aksesoris khas kota Malang, toko Kerasok Ngalam ini menawarkan harga yang jauh lebih murah kepada pengunjung.

Yang ingin mengunjungi toko kaos dan aksesoris ini dapat datang langsung ke toko yang terletak di Jl. Kawi Atas No. 24, Gading Kasri, Klojen, Malang (Soak Ngalam) dan Jl. Teratai C.9 No. 5, Perum Bedali Indah, Lawang, Kab. Malang (Kerasok Ngalam).

  1. Keramik dan Souvenir

Membawa pulang oleh-oleh khas kota Malang dalam bentuk keramik dan souvenir juga dapat menjadi pilihan. Bertempat di Dinoyo, Kota Malang, wisatawan dapat menemukan dan memilih berbagai kerajinan dari keramik yang dapat menjadi buah tangan untuk keluarga.

Photo By: https://ngalam.co/

Begitu banyak pilihan oleh-oleh khas kota Malang yang dapat menjadi pilihan saat akan berkunjung ke Malang. Jadi saat bepergian atau menghabiskan masa liburan di Malang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang menjadi kekhasan kota Malang untuk orang terdekat.

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close