Pasar tradisional Indonesia - 9 Pasar Tradisional Indonesia yang Lengkap dan Murah - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Selain destinasi wisata dan makanan khas yang harus dicoba saat berkunjung ke suatu daerah, aktivitas seru apa lagi yang bisa kalian lakukan? Yup, jawabannya menyambangi pasar. Pasar tradisional Indonesia punya keunikan dan ciri khas masing-masing untuk tiap-tiap daerah.

Jadi, kalau kalian pengen lebih mengenal kebiasaan dan berinteraksi langsung dengan warga asli suatu daerah, kalian wajib banget ke pasar yang ada di daerah tersebut.

Di artikel kali ini, akan diulas beberapa rekomendasi pasar tradisional paling terkenal dan terlengkap dari suatu daerah. Penasaran ada pasar apa saja yang masuk list, berikut info lengkapnya.

1. Pasar Tanah Abang, Jakarta

Pasar paling tersohor pertama di Indonesia ada Pasar Tanah Abang Jakarta. Tidak hanya warga Jakarta yang mengetahui keberadaan pasar ini, orang di luar Jakarta bahkan luar Jawa tahu tentang pasar ini. Apalagi kaum pedagang dan reseller, semuanya bakalan membeli barang dagangan di pasar ini.

Tahukah kalian kalau pasar fenomenal ini sudah berusia lebih dari 250 tahun yang terhitung sejak tahun 1735. Dulunya pasar Tanah Abang dikenal oleh kaum kolonial Belanda sebagai De Nabang.

Pusat Barang Grosir Terlengkap Ada di Pasar Ini

Tidak mengherankan jika pasar ini terkenal banget, mengingat pasar Tanah Abang menjadi pusat Barang Grosir terbesar dan terlengkap di Indonesia. Terdapat barang jualan seperti mukena, pakaian anak-anak hingga dewasa, kerudung, baju batik, sprei, gorden, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Bukan hanya barang rumah tangga, barang-barang seperti aksesoris, tas, ransel, hingga oleh-oleh khas haji juga ada, lho!

Pasar tradisional di Jakarta ini terdiri dari beberapa blok yang hampir semuanya menjual barang dalam satuan lusin juga satuan kodi.

Tapi, kalau kalian ingin membeli barang satuan atau eceran juga tersedia di sini, tinggal nyari, aja!

Harga Miring jadi Incaran Warga

Seperti yang kalian ketahui bahwa harga barang grosiran selalu lebih murah dibanding harga eceran. Kalau kalian ingin membeli barang eceran tapi dengan harga grosir bisa kalian dapatkan di pasar ini. Harga miring yang ditawarkan para pedagang di sini sukses menjadi incaran warga Jakarta dan luar Jakarta.

Walaupun harga barang-barangnya murah tapi kualitasnya juga tetap oke. Makanya banyak orang yang rela jauh-jauh datang ke pasar ini.

Terdapat pengunjung yang mengakui bahwa di Pasar Tanah Abang ia bisa mendapatkan produk seharga 100 hingga 150 ribu yang di tempat lain produk tersebut dijual seharga 250 hingga 300 ribu. Jauh beda banget kan harganya. Pokoknya belanja di pasar Tanah Abang nggak bakalan nyesel, deh!

Selain Pasar Tanah Abang ada pasar Senen yang tidak kalah tersohor di Jakarta. Bagi kalian pecinta barang bekas atau prelove, Pasar Senen adalah surganya. Usia pasar ini tidak jauh beda dengan Pasar Tanah Abang, jadi bisa dibilang Pasar Senen juga sesepuhnya pasar di daerah Jakarta.

Pasar tradisional Indonesia - 9 Pasar Tradisional  Indonesia yang Lengkap dan Murah - Candi
Pasar tradisional Indonesia – 9 Pasar Tradisional Indonesia yang Lengkap dan Murah – Candi

Pasar Senen, Surganya Barang Preloved

Barang bekas atau preloved selalu punya pelanggan dan market sendiri. Kalau kalian penyuka barang preloved, Pasar Senen adalah surganya. Barang bekas yang ditawarkan tidak hanya pakaian. Sepatu, sandal, tas, hingga onderdil kendaraan semuanya tersedia di pasar ini.

Walaupun barang yang dijual adalah barang bekas namun kondisinya masih sangat layak pakai dengan kualitas yang tidak berubah. Keuntungan yang bisa kalian peroleh dengan membeli barang bekas disamping harganya yang jauh lebih murah, kalian juga bisa mendapatkan barang bermerek.

3. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Ke Jogja namun belum mampir ke Pasar Beringharjo, rasanya seperti ada yang kurang. Salah satu pasar tradisional yang terkenal di Indonesia ini diketahui para wisatawan sebagai tempat untuk berburu batik khas Jogja. Pasar yang usianya hampir setua kota Jogja ini menjadi landmark dan tujuan populer saat di Jogja.

Usia pasar ini dapat terlihat dari struktur bangunan los-los pasar yang merupakan perpaduan arsitektur kolonial dan tradisional Jawa.

Pasar tradisional Indonesia - 9 Pasar Tradisional  Indonesia yang Lengkap dan Murah - Candi
Pasar tradisional Indonesia – 9 Pasar Tradisional Indonesia yang Lengkap dan Murah – Candi

Keunikan Berbagai Jenis Batik yang Ditawarkan di Pasar Beringharjo

Penggemar busana yang mencirikan Indonesia yaitu batik wajib banget menyambangi Pasar Beringharjo saat ke Jogja. Produsen batik yang dijual di pasar ini sebagian besar berasal dari Yogyakarta, Pekalongan, dan Solo.

Ada banyak jenis batik yang ditawarkan di pasar ini. Mulai dari yang harganya murah yaitu batik printing dan batik cap hingga batik berharga mahal seperti batik tulis sutra.

Produk batik yang ditawarkan juga sangat beragam. Diantaranya ada kemeja batik, batik sarimbit, sprei batik, daster batik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kisaran Harga Batik di Pasar Beringharjo

Produk yang banyak diburu konsumen seperti gamis batik cap dengan harga sekitar 100 ribu hingga 300 ribu. Harga produk batik puluhan ribu juga ada kayak kemeja batik dengan harga paling murah 35 ribu.

Semakin mahal harga batik tentunya menunjukkan bahwa kualitasnya juga semakin bagus. Pokoknya segala kebutuhanmu akan batik bakal terpenuhi di pasar yang satu ini.

Sedikit tips untuk kalian yang ingin berburu batik di Pasar Beringharjo, jangan malu untuk menawar, ya! Kalau kalian pengen dapat harga yang lebih murah, datanglah lebih pagi untuk menjadi pelanggan pertama sebagai penglaris.

Jika kalian tidak mengetahui harga suatu produk batik, ada baiknya kalian melakukan survei dulu untuk mengetahui harga asli dan membandingkan harganya. Jadi, kalian bisa menawar berdasar hasil survei kalian.

Tidak hanya batik yang dijajakan di pasar Beringharjo, tapi terdapat juga barang antik, berbagai jenis panganan dan jajanan pasar, sembako, pakaian, dan lain sebagainya.

4. Pasar Induk Gedebage, Bandung 

Kalau ke Bandung sempatkan mampir ke Pasar Induk Gedebage untuk wisata belanja sekaligus wisata kuliner. Sama halnya Pasar Senen, Jakarta di sini kalian bisa berburu barang-barang bekas berkualitas baik dengan harga miring.

Hunting Barang Bekas Berharga Miring 

Ada banyak jenis pakaian branded yang langsung diimpor dari luar negeri tersedia di pasar ini. Mulai dari baju murah, celana, kemeja, jaket, sweater, hingga jas ada di sini. Tidak jarang barang brand ternama seperti Adidas, Nike, Zara, Uniqlo, dan lain sebagainya semua tersedia di Pasar Cimol Gedebage.

Tips berbelanja barang bekas di Pasar Gedebage Bandung, ada baiknya kalian datang di sore hari saat toko sudah mulai tutup. Di jam tersebut pedagang akan membanting harga sehingga kalian bisa menawar barang hingga harga termurah.

Waktu lain yang juga dijamin harga yang dipasang penjual merupakan harga termurah yaitu pada hari “buka karung”. Di hari tersebut kalian bisa membeli barang bekas yang baru dibuka/dibongkar dari karungnya. Mana tau kalian bisa dapat pakaian dari merek dan desainer ternama, kan?

5. Pasar Atas dan Pasar Lereng, Bukittinggi 

Hayo, siapa dari kalian yang liburan kali ini berencana ke kota Padang? Kalau kalian ke Padang jangan hanya ke Jam Gadang, sempatkan juga untuk singgah di Pasar Atas dan Pasar Lereng, Bukittinggi atau lebih dikenal dengan Pasar Bukittinggi.

Pasar ini memiliki lokasi tepat di belakang Jam Gadang. Pasar ini terbagi jadi tiga zona yaitu Pasar Atas, Pasar Bawah, dan Pasar Lereng.

Eksplor 3 Zona Pasar Bukittinggi, Ada Apa Aja?

Pasar tradisional Bukittinggi memang sangat cocok dijadikan salah satu tujuan wisata di kota Padang. Soalnya, pasar ini cukup komplit, jadi wisatawan tidak hanya bisa berbelanja di pasar ini tapi juga bisa berwisata kuliner makanan khas Padang dan mengenal budaya masyarakat Padang lebih dekat.

Di Pasar Atas didominasi oleh toko yang menjual kebutuhan sandang seperti kain dan pakaian. Kalau kalian berencana membeli oleh-oleh berupa kain khas Bukittinggi yaitu kain songket bisa hunting di Pasar Atas. Tidak hanya itu, oleh-oleh khas Bukittinggi berupa souvenir juga ada di zona ini.

Di Pasar Bawah menjual segala kebutuhan dapur yakni sayur, ikan, daging, hingga bumbu masakan Padang asli tersedia di sini.

Bagi kalian yang ingin icip-icip makan nasi Padang di Kota Padangnya langsung bisa mampir di Pasar Lereng. Icip-icip juga kuliner khas Sumatera Barat lainnya seperti nasi Kapau, dadiah, karak kaliang, dan keripik balado.

6. Pasar Klewer, Solo 

Tujuan destinasi ikonik di Solo salah satunya ada pasar tradisional Solo yaitu Pasar Klewer. Pasar ini digadang-gadang menjadi pasar produk tekstil terbesar se-Asia Tenggara. Nama Klewer yang berarti “barang dagangan yang menjuntai ke bawah” ini menjadi surga bagi para penggemar batik.

Pasar tradisional Indonesia - 9 Pasar Tradisional  Indonesia yang Lengkap dan Murah - Candi
Pasar tradisional Indonesia – 9 Pasar Tradisional Indonesia yang Lengkap dan Murah – Candi

Berburu Batik Berharga Miring 

Pasar Klewer dikenal juga sebagai pasar batik. Hal ini bukan tanpa alasan karena sebagian besar toko di Pasar Klewer menjual berbagai jenis batik, terutama batik khas Solo.

Batik solo memiliki banyak peminat karena motifnya yang beragam. Seperti motif parang, motif Kawung, motif sawat, dan lain-lain.

Motif yang populer yaitu motif solo sidomukti dan motif solo sidoluruh. Selain itu, batik Solo memiliki keunggulan dimana pewarna yang digunakan dalam proses membatik berupa bahan alam yaitu soga. Harga batik solo yang murah juga menjadi daya tarik buat pembeli.

Dibanderol mulai dari harga ribuan hingga ratusan ribu tergantung motif serta kualitas bahan.​

7. Pasar Seni Sukawati, Bali

Satu lagi pasar tradisional yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing, ada Pasar Seni Sukawati, Bali. Dari namanya sudah ketahuan kalau di pasar banyak dijajakan benda-benda seni yang bisa jadi buah tangan sepulang dari Bali.

Pusat Belanja Oleh-Oleh di Bali

Mengunjungi suatu daerah tentunya tidak lengkap jika belum berbelanja oleh-oleh. Nah, kalau kalian ke Bali tidak susah untuk menemukan pusat penjual oleh-oleh khas Bali karena semuanya ada di Pasar Seni Sukawati.

Oleh-oleh khas Bali seperti apa? Diantaranya benda seni seperti lukisan, patung, kain khas Bali, bingkai hingga pajangan atau ornamen khas Bali. Baju khas Bali yaitu baju barong, tas rajutan dan kaos oblong khas Bali juga tersedia di Pasar ini.

Selain itu, terdapat pula makanan khas Bali yang bisa kalian coba tentunya. Aneka jajanan pasar atau cemilan khas Bali yang bisa jadi oleh-oleh diantaranya ada brem dan arak Bali, pie susu, pia legong, serta kopi kintamani.

Pasar Seni Sukawati buka dari jam 6 pagi, jadi kalau kalian mengincar harga miring datanglah lebih pagi. Kalau kalian tidak tau perkiraan harga pas dari suatu barang yang akan dibeli, sebaiknya lakukan survei harga dulu ke beberapa toko sebelum memutuskan membeli.

Kalau kalian pandai menawar, tawarkan hingga sepertiga dari harga yang disebutkan penjual karena itulah harga aslinya. Jadi, kalian bisa dapat barang murah dengan kualitas bagus.

8. Pasar Terapung, Banjarmasin

Pasar Terapung yang menjadi ikon kota Banjarmasin jadi destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Pasar tradisional ini memiliki ciri khas yang mana transaksi jual-beli terjadi di atas perahu tradisional yang bernama “jukung”.

Di Banjarmasin ada tiga pasar yang masuk kategori pasar terapung yaitu Pasar Terapung Lok Baintan, Pasar Terapung Muara Kuin, dan Pasar Terapung Siring. Diantara ketiganya yang paling populer di kalangan wisatawan yaitu Pasar Terapung Lok Baintan.

Pasar tradisional Indonesia - 9 Pasar Tradisional  Indonesia yang Lengkap dan Murah - Candi
Pasar tradisional Indonesia – 9 Pasar Tradisional Indonesia yang Lengkap dan Murah – Candi

Sama halnya dengan pasar tradisional yang lain, Pasar Terapung Lok Baintan juga menjual segala macam kebutuhan dapur. Seperti sayur, ikan, buah serta makanan dan jajanan khas kota Banjarmasin.

Namun, ada satu hal yang unik dari pasar ini yaitu transaksi jual-beli masih menggunakan sistem barter. Di pasar ini mereka menukarkan hasil bumi dengan barang yang ingin dibeli.

Kalau kalian ingin merasakan berbelanja di atas perahu atau sampan, di pasar ini tersedia perahu yang bisa kalian sewa untuk membawa kalian berkeliling pasar terapung. Tapi kalau kalian takut jatuh di air, kalian bisa kok berbelanja di darat.

9. Pasar Johar, Semarang

Berpelesiran ke Kota Semarang, ada Pasar Johar yang telah ada sejak tahun 1860. Dinamakan pasar Johar karena dulunya pasar ini dikelilingi oleh pohon Johar sebagai pagar. Namun pohon Johar ini sudah tidak tampak lagi setelah adanya perluasan dari bangunan pasar.

Pasar dua lantai ini menyediakan segala macam kebutuhan dapur dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Pasar yang sempat terbakar di tahun 2015 ini kini sudah pulih dan beroperasi kembali.

Pasar ini terbilang paling lengkap di Semarang. Pakaian, makanan, hingga peralatan elektronik semuanya tersedia di pasar ini. Souvenir khas Semarang yang bisa jadi buah tangan juga banyak di sini. Seperti gantungan kunci, kaos oblong, pernak-pernik berbahan kayu hingga kaca bisa kalian bawa pulang.

Banyaknya hal menarik yang bisa dijumpai di pasar membuatnya layak untuk jadi tujuan atau destinasi wisata saat berkunjung ke suatu daerah.

Daftar pasar tradisional Indonesia yang sudah banyak dibahas di atas menambah wawasan dan referensi kalian terkait destinasi wajib saat berada di suatu daerah. Sudah punya rencana mau ke pasar mana?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *