Pantai Terindah di Indonesia
Bagikan Artikel Ini:

Pantai adalah sebuah batas antara daratan dan lautan. Keindahannya banyak membuat orang datang untuk berkunjung menikmatinya. Menikmati pemandangan pantai terbukti ampuh membuat pikiran menjadi kembali fresh dan siap menyambut esok hari.

Indonesia terkenal akan negara kepulauan sehingga banyak pantai bertebaran di seluruh Nusantara. Berikut ini dirangkumkan beberapa pantai yang sangat cocok dikunjungi dan sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Sawarna

Pantai

Mengawali jelajah pantai, kali ini kita akan mengulas tentang pantai sawarna. Pantai Sawarna sedang menanjak popularitasnya di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pantai ini berlokasi di daerah Lebak, Banten.

Bukan tanpa alasan, pantai yang berada di ujung barat Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sangatlah indah. Akses lokasi juga terbilang cukup mudah. Kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor bisa dengan mudah menjangkau tempat ini.

Untuk tiket masuk tidaklah terlalu mahal. Cukup dengan merogoh kocek Rp5.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan dari pantai Sawarna. Berlibur ke pantai Sawarna merupakan pilihan destinasi paket komplit. Banyak pantai dan atraksi wisata berada cukup dekat dengan pantai ini.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Gambar laut yang indah terlukis di hadapan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini pernah dijadikan tempat untuk syuting film fenomenal Indonesia, Laskar Pelangi. Keindahan alamnya terbingkai dari ombak laut yang tenang, batuan granit dan pantai berpasir putih.

Lokasi pantai Tanjung Tinggi berada di wilayah Belitung. Akses menuju pantai ini juga cukup mudah untuk dijangkau. Harga tiket masuk ke pantai ini adalah Rp10.000 saja.

Untuk wisatawan dari luar Belitung, tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup menempuh perjalanan 45-60 menit dari bandara HAS Hanandjoeddin pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

3. Pantai Gili Trawangan

Pantai selanjutnya yang bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur adalah Pantai Gili Trawangan. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang lumayan terkenal di kalangan wisatawan. Pantai ini berada di wilayah Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pantai Gili Trawangan hanya bisa diakses menggunakan kapal laut saja. Aksesnya bisa dari pelabuhan yang ada di sekitar kota Lombok atau yang langsung dari pulau Bali. Tiket masuk ke pulau ini adalah Rp2.500 untuk wisatawan domestik dan Rp5.000 untuk wisatawan mancanegara.

Pulau Gili Trawangan sudah menyediakan paket lengkap untuk kenyamanan wisatawan. Tempat makan, ATM, penginapan hingga yang paling penting spot wisata. Spot yang paling terkenal adalah spot-spot snorkeling yang keindahannya sudah mendunia.

4. Pantai Ngurtafur

Pemandangan pantai

Berada di wilayah kabupaten Maluku Tenggara, pantai Ngurtafur adalah salah satu hidden gem Indonesia. Pantai ini merupakan gambar pemandangan pantai yang sangat unik.

Pantai Ngurtafur tidak seperti gambaran pantai biasanya. Pantai ini seperti membelah lautan dengan pasir pantai yang timbul di tengahnya. Pantai ini tidak memiliki vegetasi tumbuhan seperti pantai pada umumnya.

Jenis pantai ini merupakan hamparan pasir pantai laut yang berliuk-liuk. Pantai Ngurtafur ini lumayan panjang dengan perkiraan sepanjang 2 km dari ujung ke ujung.

Pantai ini masih tergolong sangat sepi sehingga masih belum diterapkan tiket masuk. Tentu saja tidak ada pedagang yang berada di pantai ini karena itu perlu membawa bekal agar tidak kelaparan saat berwisata.

5. Pantai OraGambar Laut

Jika berada di kepulauan Maluku mengunjungi Pulau Seram adalah keharusan. Pada pulau ini terdapat pantai Ora. Pantai ini merupakan satu diantara banyak pantai yang sangat indah di Indonesia.

Pantai ini menawarkan gambar laut yang menakjubkan. Bayangkan saja karena kejernihan dari air lautnya biota dan terumbu karang bisa dilihat dari permukaan airnya. Keadaan ini sangat cocok untuk snorkeling dan diving pada kedalaman yang rendah. Tidak heran banyak yang menyebut pantai ini duplikat pantai di Maladewa.

Pantai ini merupakan surga yang tersembunyi sehingga rute menuju pantai ini sangat indah melewati kelokan pegunungan.

Sayangnya belum ada kendaraan umum yang menuju wisata ini tapi ada kendaraan yang bisa disewa. Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp25.000.

6. Pantai Pink/Pantai Tangsi

Wilayah Lombok juga menyimpan salah satu pantai unik di dunia yaitu pantai pink. Seperti namanya pantai ini memiliki pasir yang memancarkan warna merah muda. Pancaran ini berasal dari percampuran antara pasir pantai dari pecahan halus terumbu karang yang berwarna pink.

Pelancong yang ingin mengunjungi pantai ini cukup merogoh uang sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk bagi wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara harus merogoh kocek hingga Rp50.000 per orang.

Sayangnya fasilitas pantai ini belum lengkap, tidak adanya penginapan mempengaruhi jam buka wisata ini. Jika ingin mengunjungi usahakan sebelum jam 5 sore sudah meninggalkan wilayah pantai karena pulau ini tidak berpenghuni.

Pantai Tangsi memiliki daya tarik utama dari pantainya namun pemandangan lautnya juga tidak kalah indah. Warna kebiruan dari pantai ini menambah kontras dari warna pantai dan lautnya. Mempesona.

7. Pantai Suluban

Berbicara mengenai pantai, tidak boleh melewatkan pantai suluban di Uluwatu, Bali. Dikalangan pelancong mancanegara pantai ini terkenal dengan nama Blue Point Beach. Pantai ini terkenal juga sebagai tempat surfing yang cukup bagus dengan ombak besarnya.

Pantai ini lumayan unik karena harus melewati anak tangga untuk sampai di pantai tersebut. Sayangnya untuk anak di bawah 12 tahun kurang cocok karena banyak pecahan karang bertebaran dan ombak yang tergolong besar.

Jika ingin berkunjung ke pantai ini tidak perlu memikirkan tiket masuk karena gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Cukup terjangkau untuk daerah wisata kelas Bali, Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp15.000 untuk mobil.

8. Pantai di Kepulauan Karimun Jawa

Kembali ke pulau Jawa namun sedikit bergerak ke Utara ada kepulauan yang terkenal keindahannya. Kepulauan tersebut bernama Karimunjawa. Wisata di kepulauan ini adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal.

Wilayah yang terpisah dari pulau Jawa membuat kepulauan ini lumayan terjaga keasliannya. Apalagi pantai-pantai yang berada di kepulauan ini masih sangat asri. Jika ditelaah lebih lanjut pantai di kepulauan Karimunjawa didominasi oleh pantai putih yang sangat indah.

Selain pantai-pantai tersebut snorkeling di Karimunjawa adalah keharusan. Banyak spot yang tidak terlalu dalam namun biota lautnya lumayan lengkap. Cukup menyewa perahu dan mereka akan membawa anda ke spot terbaik dari wisata pulau Karimunjawa.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp5.000 di hari kerja dan Rp7. 500 di akhir pekan. Wisatawan mancanegara harus merogoh kocek hingga Rp150.000 untuk hari kerja dan Rp225.000 di akhir pekan.

9. Pantai Senggigi

Jika berwisata ke Lombok Anda jangan melewatkan pantai Senggigi. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menjanjikan keindahannya. Berada di ujung barat dari Pulau Lombok akses jalannya termasuk yang cukup mudah.

Ada banyak sekali angkutan yang bisa membawa wisatawan dari pusat kota ke pantai. Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan karena di pantai Senggigi sudah banyak warung didirikan untuk memuaskan rasa lapar Anda.

Selain dari pusat kota Lombok, anda bisa mengunjungi pantai Senggigi langsung dari Bali. Ada kapal yang membuka rute dari Bali – Senggigi – Bali setiap harinya. Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp15.000.

Jangan lupa untuk membawa cinderamata khas Lombok untuk dibawa pulang ya.

10. Pantai Kelingking

Berwisata ke Bali perlu juga mengunjungi wisata pantai yang anti-mainstream. Salah satunya adalah berkunjung ke pantai kelingking. Pantai ini merupakan pantai yang berada di Nusa Penida, Bali.

Di kalangan wisatawan, pantai ini terlihat seperti jari kelingking sehingga pantai ini dinamakan demikian. Namun beberapa orang menyebut pantai ini dikelilingi tebing yang berbentuk kepala T-rex.

Keunikan dari pantai ini adalah jalanan menuju pantai yang cukup sulit. Pengunjung harus menuruni tebing yang memiliki kemiringan 70°-80°. Namun kesulitan ini terbayar dengan keindahan pantainya.

Di sini Anda juga bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan pari Manta. Berwisata di Pulau Penida adalah paket komplit.

Harga tiket masuk pantai ini Rp5.000 per orang. Parkir motor dikenakan tarif Rp5.000 dan mobil bertarif Rp10.000. Banyak pantai terdekat dari Pantai Kelingking yang tidak kalah indah.

11. Pantai Diamond

Pantai terdekat dari pantai atuh di Nusa Penida adalah pantai diamond. Pantai ini menawarkan pasir putihnya sebagai daya tarik utama. Selain ini karena tergolong wisata yang masih baru Anda bisa merasakan sensasi pantai pribadi di Diamond Beach ini.

Bentang alam di pantai ini cukup menawan sehingga wisatawan bisa dengan mudah mengabadikan keindahan alamnya. Tiket masuknya juga lumayan murah hanya kisaran Rp5.000 per orang. Tidak heran banyak yang berwisata di pantai ini karena tempatnya yang cukup bersih dan belum banyak yang berkunjung.

12. Pantai Parangtritis

Membicarakan soal pantai tidak afdol rasanya tidak menyebutkan nama pantai Parangtritis. Pantai ini terletak di wilayah provinsi Yogyakarta. Pantai ini langsung bersinggungan dengan laut selatan sehingga ombaknya lumayan besar.

Besarnya ombak tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk berkunjung. Pasir hitamnya yang lumayan unik dan bentang pantai yang cukup luas bisa membuat liburan terasa menyenangkan. Akses ke pantai ini juga termasuk sangat mudah.

Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan kecil atau besar. Tidak lupa banyak sekali toko yang menawarkan cinderamata untuk dibawa pulang pelancong. Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp10.000 saja.

Menikmati keindahan pantai dengan kuda? Bisa sekali. Cukup sewa andong yang sering malang-melintang di sekitaran pantai ini. Di pantai ini juga disediakan banyak spot foto murah yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen berkunjung ke Parangtritis.

Menikmati pantai Parangtritis yang paling afdol adalah saat sore hari. Saat ini adalah saat yang tepat menikmati matahari tenggelam. Warnanya sangat indah dengan perpaduan deburan ombak dan langit yang perlahan menggelap menyatu bersama warna pasir pantai Parangtritis.

13. Pantai Kanawa

Menutup rekomendasi pantai kali ini Anda akan dibawa ke pantai Kanawa. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Pantai ini adalah surga tersembunyi dari provinsi ini selain wisata komodo.

Wisatawan yang hendak mengunjungi pantai Kanawa tidak perlu takut untuk penginapan karena banyak pondok kecil bertebaran. Selain itu pelancong bisa menikmati pula keindahan bawah laut dengan diving atau snorkeling.

Pada pantai Kanawa terkenal akan ribuan bintang laut yang bertebaran. Tidak sulit menemukan binatang ini di pinggiran pantai menunggu air laut menyapu mereka kembali kembali ke lautan.

Biaya masuknya dipukul rata per rombongan. Maksudnya entah yang datang 10 orang per rombongan atau 5 orang per rombongan biayanya tetap flat yaitu Rp100. 000.

Pemandangan pantai di Indonesia sangatlah menakjubkan dan indah. Beberapa sudah memenuhi segala fasilitas sedangkan beberapa yang lain masih minim fasilitas. Inilah saatnya untuk masyarakat dan pemerintah bekerjasama agar semua wilayah pantai bisa tereksplor secara maksimal dan bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

1. Berapa harga tiket masuk Pantai di Kepulauan Karimun Jawa?

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp5.000 di hari kerja dan Rp7. 500 di akhir pekan. Wisatawan mancanegara harus merogoh kocek hingga Rp150.000 untuk hari kerja dan Rp225.000 di akhir pekan.

2. Berapa harga tiket masuk ke pantai sengigi?

Untuk memasuki pantai ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 15.000,- per orang

3. Berapa harga tiket masuk ke pantai kelingking?

Harga tiket masuk pantai ini Rp5.000 per orang. Parkir motor dikenakan tarif Rp5.000 dan mobil bertarif Rp10.000. Banyak pantai terdekat dari Pantai Kelingking yang tidak kalah indah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *