Wisata

10 Fakta Menarik Tentang Gili Trawangan Lombok

Bagikan Artikel Ini:

Pulau Gili Trawangan Lombok  adalah salah Pulau Terbesar dari tiga gili yang terdapat di sebelah barat pulau Lombok,  Pulau dengan penduduk sekitar 800 jiwa ini menyuguhkan keindahan pantai , laut, biota laut serta budaya lokalnya.  Anda Mungkin Sudah sering mendengar tentang Gili Trawangan bahkan ada yang sudah mengunjungi Gili Trawangan, Tapi Apakah anda tahu tentang fakta unik dan menarik tentang gili trawangan ?

Bagaimana caranya agar bisa ke gili trawangan? Apabila anda dari Lombok anda harus menuju pelabuhan bangsal  atau teluk nare lalu anda menyewa boat yang ada di pelabuhan. Untuk Anda yang  dari Bali biasanya terdapat tempat penyewaan fast boat di counter transportasi di setiap daerah wisata di Bali

Berikut 10 Fakta Menarik Tentang Gili Trawangan Lombok

  1. Dahulunya Tempat Pembuangan Narapidana
Dahulunya Tempat Pembuangan Narapidana
Photo by Mitch Lensink on Unsplash

Siapa yang menyangka tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika di Lombok ini dahulunya adalah tempat pembuangan narapidana. Tetapi itu benar adanya dahulu ketika penjara penuh , raja yang saat itu memimpin membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru Sekitar tahun 1970 di jadikan persinggahan oleh orang orang bugis dari Sulawesi yang akhirnya menetap disini bersama warga Sasak dan Bali.

  1. Tempat Untuk Menikmati Sunrise dan Sunset Sekaligus
Tempat Untuk Menikmati Sunrise dan Sunset Sekaligus
Photo by Joshua Earle on Unsplash

Pulau Gili Trawangan adalah Pulau yang relatif Kecil yang memiliki sisi bagian Barat dan sisi bagian Timur, serta jarak antar sisi barat dan sisi timur tidaklah jauh sehingga pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam

  1. Dihuni Oleh Banyak Kucing
Dihuni Oleh Banyak Kucing
Photo by Jari Hytönen on Unsplash

Bagi Anda pecinta kucing hal ini pastinya menjadi  hal yang akan membuat kalian berlama lama di Gili Trawangan. Para warga lokal sangat menghargai makhluk hidup tidak terkecuali kucing , Oleh karena itu Kucing dibiarkan hidup bebas dan berkembang biak  di pulau ini.

Bahkan di Pulau ini juga terdapat klinik khusus kucing lengkap dengan toko makanan kucing yang membuat anda dapat bermain main dengan hewan mungil ini, namun biarpun kucing bebas hidup di pulau ini keberadaanya masih tetap di kontrol oleh komunitas pecinta hewan ,sehingga keberadaanya tidak menggangu para wisatawan.

  1. Pesta Yang Diadakan Setiap Hari
Pesta Yang Diadakan Setiap Hari
Photo by Matty Adame on Unsplash

Semakin larut malam pulau ini bukannya semakin sepi malah justru semakin ramai.Kehidupan Malam  dengan nuansa pesta disini sangatlah menarik perhatian sejumlah wisatawan yang ingin menikmati hingar bingar yang berbeda di tempat ini, setiap harinya akan di rotasi tempat di adakannya pesta serta mendatangkan DJ  untuk menambahkan kemeriahan.

  1. Harga Kebutuhan Yang Mahal 3 Kali Lipat
Harga Kebutuhan Yang Mahal 3 Kali Lipat
Photo by Jill Heyer on Unsplash

Sudah Bisa dipastikan dengan akses yang hanya bisa dilalui melalui jalur laut dengan speedboat maupun kapal tradisional yang memerlukan biaya yang tidak sedikit serta pendistribusian ke sekitaran pulau yang tidak menggunakan kendaraan bermotor , tidak mengherankan lagi jika harga kebutuhan di sini jauh lebih mahal dari tempat tempat lain pada umumnya.

  1. Pulau Bebas Kendaraan Bermotor
Pulau Bebas Kendaraan Bermotor
Photo by https://pesona.travel/

Di Gili Trawangan tidak terdapat kendaraan bermotor , karena memang berdasarkan peraturan daerah tidak di perbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, Satu satunya transportasi yang terdapat di Gili Trawangan adalah Cidomo. Cidomo adalah alat transportasi mirip delman perbedaanya terletak pada rodanya cidomo menggunakan roda mobil bekas, selain itu di Gili Trawangan para warganya juga menyewakan sepeda kayuh untuk di gunakan para wisatawan.

  1. Mengelilingi Pulau hanya Membutuhkan 2 Jam
Mengelilingi pulau hanya membutuhkan 2 jam
Photo by Aron Visuals on Unsplash

Pulau Gili Trawangan tergolong pulau yang kecil dengan panjang 3km dan lebar 2km anda dapat mengelilingi pulau dengan berjalan kaki maupun dengan bersepeda, sembari berkeliling pulau anda akan di suguhi pemandangan pantai yang menawan serta  penjual aksesoris ,kaos , kerajinan tangan, kuliner, dan bar sepanjang jalan di pinggir pantai.

  1. Hukuman Berat Bagi Pencuri
Hukuman Berat Bagi Pencuri
Photo by http://kanaljabar.com/

Di Pulau Gili Trawangan Lombok, hukuman bagi pencuru sangatlah berat selain diserahkan ke pihak berwenang, tetapi sebelum diserahkan ke pihak yang berwenang mereka harus mendapatkan sanksi  seuai aturan setempat, bagi mereka yang tertangkap tangan mencuri akan di arak keliling pulau oleh petugas keamanan setempat tanpa mengenakan baju dandi kalungkan tulisan “Saya Pencuri” setelah diarak keliling pulau mereka tidak diijinkan lagi tinggal di Gili Trawangan aturan ini berlaku kepada semua warga setempat dan wisatawan.

  1. Hampir Semua Turis Adalah Turis Asing
Hampir Semua Turis Adalah Turis Asing
Photo by Johan Mouchet on Unsplash

Harus diakui walupun minat wisatawan domestik sangat tinggi ke Pulau Gili Trawangan , bila di perhatikan lagi pengunjung yang ada di pulau ini mayoritas adalah wisatawan mancanegara , ini dikarenakan para wisatawan asing ini merasa senang dengan suasana pantai yang terdapat di pulau ini layaknya seperti pantai di Hawai dengan jajaran kafe di pinggir pinggir pantai.

  1. Hotel Murah Ada di Tengah Pulau,Sedangkan Yang mahal ada Di Pinggiran
Hotel Murah Ada di Tengah Pulau,Sedangkan Yang mahal ada Di Pinggiran
Photo by Paolo Nicolello on Unsplash

Pada umumnya memang terdapat banyak hotel  hotel mahal serta restoran  di pinggir pantai karena memang  memiliki panorama indah serta dekat dengan keramain seperti dermaga dll , Sedangkan para warga lebih banyak tinggal di tengah pulau yang terbilang lebih sepi. Maka dari itu harga hotel di pinggiran pantai sangatlah mahal hingga puluhan juta permalam walaupun fasilitas yang ditawarkan dengan yang di tengah pulau tidak lah berbeda jauh.

sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Gili_Trawangan

https://www.superadventure.co.id/news/18013/7-fakta-unik-gili-trawangan-pulau-favorit-wisatawan-luar-negeri/

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close