Sponsored

Jasa Ekspor Pengiriman Barang ke Jepang & Tips Mencari Jasa Ekspor Barang

Bagikan Artikel Ini:

Candi.id – Jepang merupakan negara maju yang memiliki pasar yang bagus untuk menjual produk lokal asal Indonesia. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang merupakan pelaku UMKM skala kecil dan menengah. Ada banyak produk lokal asal Indonesia yang sangat berpotensi untuk laris di pasar Jepang, salah satunya adalah makanan olahan, produk otomotif, peralatan rumah, dan energi terbarukan. Terlebih lagi, kini Kementerian Perdagangan sudah mengumumkan pengumuman resmi bahwa peluang Ekspor barang ke Jepang sudah mulai dibuka kembali. Tetapi, beberapa bulan yang lalu Jepang menutup semua akses dari luar karena situasi pandemi yang buruk.

Buat Anda yang ingin ekspor barang ke luar negeri, pasti kurang rasanya jika belum tahu tips mencari Jasa Ekspor barang ke Jepang . Pasalnya, memilih jasa ekspor pengiriman merupakan hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum mengirim barang ke luar negeri.
 

Tips Mencari Jasa Ekspor Barang ke Jepang

Tips mencari jasa ekspor barang ke Jepang - Candi.id
Dengan teknologi yang semakin canggih, kemudahan dalam bertransaksi juga semakin maju. Anda tidak perlu capek ke luar negeri hanya untuk mengantarkan barang dagangan Anda. Sebaliknya, Anda hanya perlu duduk manis di rumah dan mengirimkan barang dagangan Anda melalui ekspor jepang ke indonesia secara online.  Namun, ada banyak kekhawatiran yang pasti muncul dalam benak Anda ketika ingin mengirim barang ke luar negeri. Kekhawatiran tersebut dapat berupa keamanan, kecepatan pengiriman, biaya, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi jika ini adalah kali pertama Anda mengirimkan barang ke luar negeri.

Anda perlu hati-hati karena ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih jasa ekspor barang ke Jepang. Kami akan memberikan tips buat Anda dalam mencari Jasa Ekspor terpercaya agar barang Anda tetap selamat sampai tujuan tanpa rasa khawatir.
 

1. Perhatikan Biaya Pengiriman

Bagi Anda para pedagang, biaya ekspor barang ke luar negeri merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, Anda tetap harus memperhitungkan profit, apakah biaya pengiriman tersebut merugikan penjualan Anda atau tidak. Selain itu, adanya transparansi biaya juga perlu dipertimbangkan karena belum tentu setiap jasa ekspedisi memiliki fasilitas seperti ini. Transparansi biaya ini meliputi biaya packing maupun biaya-biaya lain yang kemungkinan akan muncul di negara Jepang , seperti biaya Customs Duty, Terminal Handling, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda sudah mengetahui kemungkinan biaya tambahan yang akan dibebankan.
 

2. Perhatikan Garansi Keamanan / Asuransi

Salah satu hal terpenting yang menjadi bahan pertimbangan untuk memilih jasa ekspedisi pengiriman adalah garansi keamanannya. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang super terjangkau sehingga membuat Anda terburu-buru melakukan transaksi. Sebelum memutuskan untuk mengirim barang, tanyakah pada jasa ekspedisi tersebut, apakah ada jaminan barang aman sampai Jepang atau tidak. Jika pihak ekspedisi tidak bisa memastikan hal tersebut, maka Anda perlu memilih ekspedisi lainnya yang lebih terpercaya.
Kualitas dan kondisi barang sangat berpengaruh pada kelangsungan penjualan Anda. Anda pasti tidak ingin barang yang Anda kirim ternyata rusak atau pecah sesampainya di Jepang, bukan? Terlebih lagi jika produk yang Anda jual adalah sesuatu yang berharga nilainya. Hal seperti ini tentu saja akan membuat pembeli/customer merasa kecewa dan mereka pasti akan kapok untuk membeli produk Anda lagi. Konsekuensinya, Anda pasti akan disalahkan atas kejadian tersebut, padahal kesalahan murni dari pihak ekspedisi pengiriman.
 

3. Legalitas Perusahaan 

Garansi keamanan saja tidak cukup, Anda juga perlu memeriksa legalitas perusahaan jasa ekspedisi pengiriman tersebut. Perusahaan yang sudah professional dibuktikan dengan adanya dokumen legalitas. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, kredibilitas perusahaan jasa ekspedisi pengiriman tersebut juga patut untuk dipertimbangkan. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya testimony/feedback dari customer-customer lama yang sudah berpengalaman melakukan transaksi di jasa ekspor tersebut. Jika kebanyakan mereka mengeluh, maka hindari untuk menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Pilihlah jasa ekspedisi bintang lima yang memiliki track record yang baik dan sudah berpengalaman dalam melayani customer secara profesional.
 

4. Mudah Dihubungi dan Cepat Tanggap

Salah satu bukti/tanda bahwa jasa ekspedisi pengiriman tersebut memang terpercaya adalah dengan cara mereka merespon setiap pertanyaan dan kebutuhan Anda. Jika dari awal saja sudah lama dalam merespon, kemungkinan pergerakan progress barang Anda juga akan berjalan lambat.  Selain itu, jika mereka susah dihubungi, Anda juga pasti akan kesulitan saat ingin tracking dan mengawasi jalannya progress pengiriman. Jangan sampai Anda diteror oleh pembeli Anda akibat nomor resi yang terlambat dikirim dan masalah-masalah besar lainnya.
Media yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi jasa ekspedisi adalah lewat sosial media seperti Twitter dan Instagram. Untuk skala yang lebih bonafit lagi, Anda bisa menghubungi lewat kontak mereka yang tersedia di website jasa ekspedisi tersebut. Nah, jika sosial media dan website saja tidak punya, bisa dipastikan jasa ekspedisi tersebut masih belum kompeten di bidangnya atau bahkan abal-abal.
 

5. Layanan yang Memuaskan 

Anda bisa melihat kualitas sebuah jasa ekspedisi dari cara mereka melayani Anda. Jasa ekspedisi berkualitas selalu mengutamakan kenyamanan dan kepercayaan pelanggannya. Oleh karena itu, pilihlah jasa ekspedisi yang aktif dan komunikatif. Pastikan pula mereka benar-benar memahami kebutuhan Anda sebelum Anda mempercayakan barang Anda pada mereka.
 

6. Sistem yang Bisa Dilacak

Karena Anda ekspor barang ke Jepang , maka sudah pasti jarak yang ditempuh sangatlah jauh dan butuh waktu berhari-hari untuk sampai tujuan. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih jasa ekspedisi yang bisa dilacak pengirimannya lewat website atau aplikasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot menanyakan barang Anda sudah sampai mana kepada pihak pengiriman.
 

7. Jaringan / Jangkauan yang Luas

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum ekspor barang ke Jepang adalah memperhatikan jaringan dari jasa ekspedisi tersebut. Apakah jasa ekspedisi pengiriman yang Anda gunakan telah bekerja sama dengan vendor pengiriman barang lain? Dengan adanya kerja sama ini, barang yang Anda kirim akan terjamin dan bisa dipastikan mendarat aman di negara tujuan.

Kilo.id adalah Jasa pengiriman barang ke Jepang, yang tercepat, terpercaya & termurah. Bagi Anda yang ingin ekspor barang ke Jepang, Anda bisa menghubungi Kilo.id. Anda bisa mengirim barang ekspor ke Jepang dengan mudah, aman, dan cepat tentunya. Kilo.id telah menangani ekspedisi pengiriman barang ekspor dan impor dari banyak negara sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga : 3 Cara Menghasilkan Uang dari Travel Blogger & 5 Tips Menjadi Travel Sukses
 

Sebutkan 3 Tips mencari jasa ekspor barang ke Jepang!

1. Perhatikan biaya pengiriman Bagi Anda para pedagang, biaya pengiriman merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, Anda tetap harus memperhitungkan profit, apakah biaya pengiriman tersebut merugikan penjualan Anda atau tidak. Selain itu, adanya transparansi biaya juga perlu dipertimbangkan karena belum tentu setiap jasa ekspedisi memiliki fasilitas seperti ini. Transparansi biaya ini meliputi biaya packing maupun biaya-biaya lain yang kemungkinan akan muncul di negara Jepang , seperti biaya Customs Duty, Terminal Handling, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda sudah mengetahui kemungkinan biaya tambahan yang akan dibebankan. 2. Perhatikan garansi keamanan/asuransi Salah satu hal terpenting yang menjadi bahan pertimbangan untuk memilih jasa ekspedisi pengiriman adalah garansi keamanannya. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang super terjangkau sehingga membuat Anda terburu-buru melakukan transaksi. Sebelum memutuskan untuk mengirim barang, tanyakah pada jasa ekspedisi tersebut, apakah ada jaminan barang aman sampai Jepang atau tidak. Jika pihak ekspedisi tidak bisa memastikan hal tersebut, maka Anda perlu memilih ekspedisi lainnya yang lebih terpercaya. Kualitas dan kondisi barang sangat berpengaruh pada kelangsungan penjualan Anda. Anda pasti tidak ingin barang yang Anda kirim ternyata rusak atau pecah sesampainya di Jepang , bukan? Terlebih lagi jika produk yang Anda jual adalah sesuatu yang berharga nilainya. Hal seperti ini tentu saja akan membuat pembeli/customer merasa kecewa dan mereka pasti akan kapok untuk membeli produk Anda lagi. Konsekuensinya, Anda pasti akan disalahkan atas kejadian tersebut, padahal kesalahan murni dari pihak ekspedisi pengiriman. 3. Mudah dihubungi dan Fast Respon Salah satu bukti/tanda bahwa jasa ekspedisi pengiriman tersebut memang terpercaya adalah dengan cara mereka merespon setiap pertanyaan dan kebutuhan Anda. Jika dari awal saja sudah lama merespon, kemungkinan pergerakan progress barang Anda juga akan berjalan lambat. Selain itu, jika mereka susah dihubungi, Anda juga pasti akan kesulitan saat ingin tracking dan mengawasi jalannya progress pengiriman. Jangan sampai Anda diteror oleh pembeli/customer Anda akibat nomor resi yang terlambat dikirim dan masalah-masalah besar lainnya. Media yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi jasa ekspedisi adalah lewat sosial media seperti twitter dan Instagram. Untuk skala yang lebih bonafit lagi, Anda bisa menghubungi lewat kontak mereka yang tersedia di website jasa ekspedisi tersebut. Nah, jika sosial media dan website saja tidak punya, bisa dipastikan jasa ekspedisi tersebut masih belum kompeten di bidangnya atau bahkan abal-abal.

Apakah mengecek legalitas perusahaan ekspedisi perlu dilakukan?

Ya perlu, Garansi keamanan saja tidak cukup. Anda juga perlu memeriksa legalitas perusahaan jasa ekspedisi pengiriman tersebut. Perusahaan yang sudah professional dibuktikan dengan adanya dokumen legalitas. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, kredibilitas perusahaan jasa ekspedisi pengiriman tersebut juga patut untuk dipertimbangkan. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya testimony/feedback dari customer-customer lama yang sudah berpengalaman melakukan transaksi di jasa ekspor tersebut. Jika kebanyakan mereka mengeluh, maka hindari untuk menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Pilihlah jasa ekspedisi bintang lima yang memiliki track record yang baik dan sudah berpengalaman dalam melayani customer secara profesional.

Apakah ekspedisi pengiriman barang ekspor perlu sistem yang bisa dilacak?

Karena Anda ekspor barang ke Jepang , maka sudah pasti jarak yang ditempuh sangatlah jauh dan butuh waktu berhari-hari untuk sampai tujuan. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih jasa ekspedisi yang bisa dilacak pengirimannya lewat website atau aplikasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot menanyakan barang Anda sudah sampai mana kepada pihak pengiriman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close