Rencanakan Liburan Anda yang Lebih Mudah dan Murah-Candi
Bagikan Artikel Ini:

Libur panjang menjadi salah satu hal yang paling dinantikan oleh hampir semua orang. Tujuannya tentu tidak lain yaitu ingin melepaskan kepenatan setelah menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Dengan liburan murah pun, kamu sudah bisa melepas rasa lelah dan menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta.

Menjelang hari liburan tiba, semua harga pesawat, penyewaan kendaraan, hotel dan penginapan akan naik drastis. Misalnya ketika hari raya Natal dan tahun baru tiba.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu memiliki perencanaan dengan matang supaya liburan bisa tetap memuaskan meskipun dengan budget yang minim.

Tips Liburan dengan Budget yang Minim dan Mudah

1. Rencanakan dari Jauh Hari

Pastikan untuk merencanakan liburan kamu dari jauh-jauh hari. Kapan waktu yang akan kamu gunakan untuk berlibur? Akhir tahun atau mengambil jatah cuti?

Hal seperti ini perlu rencanakan supaya kamu bisa memesan tiket jauh sebelum waktu liburan tiba. Karena membeli tiket jauh hari sebelum tanggal pemberangkatan akan jauh lebih murah. Jadi sangat disarankan untuk memesan tiket pemberangkatan sedini mungkin.

Selain itu, sesuaikan juga waktu berlibur dengan tujuan destinasi kamu. Apakah lokasi tersebut akan banyak pengunjungnya atau tidak ketika nanti kamu liburan. Apakah waktu liburan kamu itu sesuai dengan musim atau cuaca yang ada disana.

Kemudian pastikan kalau tujuan lokasi liburan kamu itu sudah disetujui oleh semua keluarga, teman maupun pasanganmu. Jangan sampai mereka menyesal setelah mengunjungi tempat liburan nanti. Alternatifnya, kamu bisa merekomendasikan tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Tapi jika kamu tidak suka keramaian dan ingin ketenangan ketika liburan nanti, pilihlah destinasi wisata yang tidak ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang baru tereksplor. Biasanya tempat yang belum tereksplor tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan.

2. Susun Agenda Perjalanan

Rencanakan Liburan Anda yang Lebih Mudah dan Murah - Candi

Jika telah menentukan tempat tujuan liburan, selanjutnya kamu sudah bisa mengatur agenda perjalanannya. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi secara online untuk membantu mengatur agendanya.

Aturlah agenda perjalananmu sebaik mungkin seperti pemilihan waktu dan transportasi yang akan digunakan. Tentukan juga penginapan mana yang akan digunakan. Bahkan budget yang dibutuhkan untuk liburan nanti juga perlu dipertimbangkan.

Sesuaikan agenda liburan kamu dengan lokasi wisata yang akan dikunjungi. Sehingga semua rencana perjalanan kamu bisa disesuaikan sejak awal. Sesuaikan juga jam operasi tempat destinasi wisata dan modal transportasi yang akan digunakan ke lokasi wisata.

Dengan mengatur agenda, waktu liburan kamu akan menjadi lebih menyenangkan. Dan tentu saja kamu bisa menikmati waktu liburan dengan lebih efektif. Karena waktu liburan itu sebentar, jadi manfaatkanlah momentum itu sebaik mungkin.

3. Hitung Biaya Pengeluarannya

Tujuan dan agenda perjalanannya telah dibuat, selanjutnya kamu sudah bisa menghitung budget yang diperlukan. Lakukan perhitungan dengan lebih teliti supaya keuangan kamu tidak jebol setelah liburan nanti.

Apa saja komponen yang harus kamu perhitungkan? Pertama adalah biaya tiket perjalanan dan penginapan. Keduanya harus benar-benar kamu perhitungkan karena keduanya adalah komponen yang sangat penting.

Kemudian perhitungkan juga biaya untuk makan selama liburan nanti. Anggarkan juga biaya untuk belanja dan untuk membeli oleh oleh supaya tidak pengeluarannya tidak kebablasan. Setelah itu biaya transportasi dan biaya masuk ke lokasi wisata juga harus dipertimbangkan.

Satu komponen lagi yang sangat penting adalah biaya tak terduga. Berikan presentasi yang lebih besar untuk komponen ini karena banyak hal yang akan terjadi di luar perkiraan kamu.

Misalnya tiket pesawat dan penginapan yang akan naik dalam beberapa waktu ke depan. Atau harga transportasi dan biaya masuk ke tempat wisata akan lebih mahal dari biasanya.

Pastikan semua komponen tersebut kamu masukkan dalam budget liburan. Jadi kamu bisa mempersiapkannya dengan teliti sejak awal. Dalam beberapa waktu ke depan mungkin akan ada komponen yang mengalami peningkatan harga.

4. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Anggap saja kalau rencana liburan kamu sudah benar-benar fiks dan sudah diatur sebaik mungkin. Di tahap ini kamu sudah bisa membeli tiket perjalanan meskipun dari sekarang.

Dengan memesan tiket perjalanan dari jauh-jauh hari, kamu memiliki kemungkinan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jika beruntung, kamu juga bisa memanfaatkan event promo atau diskon yang disediakan oleh pihak maskapai penerbangan.

Tak hanya memesan tiket pesawat, lakukan juga pemesanan hotel sejak awal. Lakukan pemesanan di waktu-waktu terbaik supaya mendapatkan harga yang ramah dengan isi dompet.

Beberapa penyedia penginapan juga biasanya akan menyediakan voucher atau diskon di waktu-waktu tertentu. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menghemat biaya pengeluaran untuk perjalanan liburan nanti.

5. Persiapkan Dana Cadangan

Kamu tetap membutuhkan dana cadangan meskipun biaya untuk liburan nanti telah diatur sedemikian rupa. Karena dana ini bisa membantumu nanti ketika liburan maupun pasca liburan. Jangan sampai keuangan kamu jebol setelah liburan selesai.

Pasalnya kamu memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk mengeluarkan lebih banyak uang. Bahkan besarnya di luar yang telah kamu rencanakan sebelumnya. Tapi hal seperti ini bisa kamu atasi dengan mempersiapkan dana cadangan.

6. Gunakan Travel Insecure

Ketika melakukan perjalanan, keselamatan tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Kamu bisa memanfaatkan travel insecure pada setiap pemesanan tiket perjalanan.

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan dari travel insecure ini, terutama untuk hal-hal yang tidak inginkan. Misalnya kehilangan barang bawaan di bagasi pesawat. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa memberikan klaim sehingga waktu liburan akan tetap lebih aman dan lancer.

7. Mulai Nabung dari Sekarang

Liburan kamu tidak akan terlaksana meskipun telah direncanakan secara teratur dan matang jika tidak ada budget. Setelah menentukan budget yang diperlukan untuk liburan nanti, kamu sudah mendapatkan gambaran biaya yang diperlukan.

Untuk mewujudkannya tentu saja kamu harus menabung. Kamu bisa menyisihkan pendapatannya kamu beberapa persen untuk liburan nanti. Bahkan kamu bisa mencari pendapatan lainnya supaya bisa bisa mencapai target biaya liburan yang telah ditentukan sebelumnya.

8. Belanjalah dengan Bijak

Bagi kebanyakan orang lebih mudah membelanjakan uang mereka ketika sedang liburan. Padahal mereka hanya membeli sesuatu yang tidak perlu. Jika dilakukan terus menerus, pengeluaran biaya liburan kamu bisa jebol.

Oleh sebab itu belanjalah dengan bijak sesuai dengan budget yang telah ditentukan di awal. Hal ini juga akan membantu kamu untuk mencegah biaya pengeluaran yang tidak penting.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah membeli oleh-oleh. Kamu tentu saja ingin membeli banyak oleh-oleh untuk diberikan kepada orang-orang terdekat. Tapi pastikan untuk membelinya secara tidak berlebihan.

Kalau bisa kamu cari saja di pusat oleh-oleh yang biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga budget kamu tidak akan membengkak untuk membeli oleh-oleh.

Rencanakan Liburanmu dengan Blublub

Blublub merupakan aplikasi travel planner yang bisa digunakan untuk menyusun rencana liburan kamu. Kamu bisa mencari paket liburan murah disini karena banyak pilihan paket trip dengan harga terjangkau.

Blulub ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin pergi ke destinasi wisata air di Indonesia. Karena aplikasi travel agent ini lebih berfokus pada layanan wisata air yang bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling.

Tak hanya itu, Blublub ini juga bisa kita gunakan untuk mencari tempat wisata dengan pemandangan pantai dan bawah laut yang indah. Blublub ini adalah perantara yang menghubungkan kamu dengan diving counter di Indonesia.

Sederhananya, kamu bisa berlibur dengan lebih efisien jika menggunakan layanan Blublub. Karena kamu tinggal pesan tiket trip, berangkat, kemudian menikmati liburan tanpa harus memikirkan perencanaan wisata. Sehingga waktu kamu untuk beraktivitas bisa dinikmati dengan lebih optimal.

Pilihan Paket Liburan Di Blublub

Kalau kamu ingin berlibur dengan harga yang lebih ekonomis, kamu bisa menggunakan layanan Bliblub. Ada beberapa pilihan paket liburan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, terutama diving dan snorkeling. Berikut ini adalah beberapa paket tour yang bisa kamu manfaatkan.

1. 5 Day/4 Night Basic Package Raja Ampat

Siapa yang tidak kenal dengan objek wisata berkelas internasional yang satu ini. Raja Ampat memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona. Kamu bisa memanfaatkan pilihan paket 5 Day/4 Night Basic Package Raja Ampat jika ingin berlibur ke destinasi terbaik di Indonesia ini.

Paket ini tersedia untuk 6 orang, jadi kamu  bisa berlibur dengan keluarga atau teman dekat. Nantinya kamu akan mendapatkan fitur yang sangat lengkap mulai dari tempat penginapan, peralatan diving gratis, dan sebagainya.

2. Paket Tour PADI Discover Scuba Diving Experience

Pengen nyelam tapi belum punya sertifikat menyelam? Tenang saja karena Blublub akan melayani kebutuhan kamu. Dengan paket ini, kamu akan mendapatkan sertifikat menyelam yang resmi dari PADI (Professional Association of Diving Instruction).

Setelah mendapatkan sertifikat, kamu bisa melakukan penyelaman di seluruh spot diving yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Paket liburan edukasi ini bertempat di Raja Ampat, Papua Barat.

3. Paket Liburan ke Gili dan PADI Open Water Course

Kamu bisa kurus dan dapat sertifikat menyelam dengan waktu tiga hari saja. Nantinya kamu akan belajar dari tim professional yaitu Blue Martin Dive yang tentu saja sudah berpengalaman mengajar menyelam.

Paket yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan sambil belajar menyelam. Kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut Gili Trawangan yang ada di Nusa Tenggara Barat.

4. Paket Tour Tulamben dan Padang Bali (2 Days/4 Dives)

Dengan harga Rp2 jutaan saja kamu sudah bisa menikmati keindahan bawah laut pantai Padang Bai dan Tulamben, Bali. Keduanya menjadi tempat yang sangat populer bagi kalangan diver baik di dalam maupun luar negeri.

Semua itinerary yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan lengkap oleh Blublub. Di hari pertama kamu akan pergi ke Bali Diving yaitu Padang Bai dan diving di dua spot. Spot yang pertama adalah Blue Lagoon dan kedua di Jepun.

Di hari kedua perjalanan dilanjutkan ke daerah Tulamben dan disini kamu bisa diving di dua spot menyelam. Sehingga aka nada 4 spot diving yang bisa kamu jelajahi di dalam paket ini.

Itulah sedikit tips yang ingin merencanakan liburan murah dan mudah yang bisa coba. Jika kamu ingin berlibur untuk menikmati keindahan bawah laut dengan aktivitas diving dan snorkeling, sebaiknya gunakan Blublub. Karena nantinya kamu juga akan mendapatkan lisensi diving dari PADI langsung.

Kesimpulan

Hal berlibur seperti ini perlu rencanakan dan dirincikan mengenai tujuan, budget, agenda kegiatan, dan hal-hal lain yang kemungkinan terjadi. Rencanakan dari jauh-jauh hari dan usahakan masih bisa mengganti waktu atau mundur jikalau ada kepentingan mendesak. Memesan tiket jauh sebelum waktu liburan tiba. Karena membeli tiket jauh hari sebelum tanggal pemberangkatan akan jauh lebih murah.

Liburan bersama blublub - Candi

Sesuaikan juga waktu berlibur dengan tujuan destinasi kamu. Survei juga lokasi tersebut akan banyak pengunjungnya atau tidak dan waktu liburan kamu itu sesuai dengan musim atau cuaca yang ada disana.

Visit Indonesia, Dive Indonesia, Live aboard, Dive trips, lob, Dive Centers, Dive License

 

Baca Juga: AMIT SAKHRANI, GENERAL MANAGER HILTON BALI RESORT YANG BARU

LOKASI PT. BIRU INDAH UTAMA

MTH Square Lt. UG 11A/02, Jalan MT Haryono Kav. 10, Kel. Cipinang Cempedak, Kec. Jatinegara, Kota Adm. Jakarta Timur, Prop. DKI Jakarta

T : +62811869293

E :  [email protected]

Google Maps

1. Mengapa perlu membuat agenda perjalanan?

Mengatur agenda perjalananmu sebaik mungkin seperti pemilihan waktu dan transportasi yang akan digunakan. Tentukan juga penginapan mana yang akan digunakan. Bahkan budget yang dibutuhkan untuk liburan nanti juga perlu dipertimbangkan. Sesuaikan agenda liburan kamu dengan lokasi wisata yang akan dikunjungi. Sehingga semua rencana perjalanan kamu bisa disesuaikan sejak awal. Sesuaikan juga jam operasi tempat destinasi wisata dan modal transportasi yang akan digunakan ke lokasi wisata.

2. Berapa pilihan paket liburan yang ditawarkan oleh Blublub?

• 5 Day/4 Night Basic Package Raja Ampat • Paket Tour PADI Discover Scuba Diving Experience • Paket Liburan ke Gili dan PADI Open Water Course • Paket Tour Tulamben dan Padang Bali (2 Days/4 Dives)

3. Mengapa kita harus meggunakan platform Blublub?

Blulub ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin pergi ke destinasi wisata air di Indonesia. Karena aplikasi travel agent ini lebih berfokus pada layanan wisata air yang bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling. Sederhananya, kamu bisa berlibur dengan lebih efisien jika menggunakan layanan Blublub. Karena kamu tinggal pesan tiket trip, berangkat, kemudian menikmati liburan tanpa harus memikirkan perencanaan wisata. Sehingga waktu kamu untuk beraktivitas bisa dinikmati dengan lebih optimal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *