Tempat wisata untuk anak di Jakarta - 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Mengajak anak-anak pergi wisata akan menjadi memori masa kecil yang begitu berharga ketika nanti dewasa. Ajaklah mereka untuk pergi berwisata ke tempat-tempat yang seru dan menyenangkan. Apa saja rekomendasi tempat wisata untuk anak di Jakarta yang cocok untuk pengalaman berharga mereka?

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Anak-anak

Bermain sambil belajar di tempat wisata? Tentu saja sangat bisa! Apalagi jika kalian mengajak anak-anak ke tempat wisata edukatif seperti berikut ini:

1. Jakarta Aquarium

Memberi edukasi kepada anak-anak tentang dunia laut bisa kalian lakukan sambil berwisata. Salah satunya dengan mengunjungi Jakarta aquarium. Di sini anak-anak akan bertemu dengan binatang-binatang lucu serta menikmati keindahan beraneka ragam kehidupan laut.

Anak-anak juga bisa berinteraksi dengan binatang laut dengan bermain di touch pool. Mereka juga bisa melihat indahnya ikan pari yang berenang mengarungi air di Aqua Trekking. Terdapat pertunjukan menarik berupa teater kelas dunia “Pearl of The South Sea” yang menampilkan tarian bawah laut.

Harga tiket masuk tempat wisata anak di Jakarta Aquarium cukup terjangkau yakni Rp125.000 untuk anak-anak dan Rp150.000 untuk dewasa pada hari Senin – Jumat. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu tiketnya Rp150.000 untuk anak-anak dan Rp200.000 untuk dewasa.

Kalian bisa datang langsung ke Neo Soho Mall, Jakarta Barat setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00 malam. Sambil bermain bisa juga kalian berbelanja di mall ini.

2. Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

Tentu akan menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan ketika bisa mengajak anak-anak belajar mengenal dunia luar angkasa yang menyimpan banyak misteri. Jika mereka memiliki rasa penasaran terhadap luar angkasa, roket, dan dunia antariksa, maka Skyworld adalah tempat yang cocok.

Di tempat wisata anak ini, mereka melihat replika roket berukuran raksasa yang ada di ruang pamer. Mereka juga bisa belajar dari aneka diorama perjalanan astronot hingga bisa mencapai luar angkasa. Wawasan pengetahuan akan semakin bertambah dengan diorama tatanan tata surya di sini.

Tempat wisata untuk anak di Jakarta - 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta - Candi
Tempat wisata untuk anak di Jakarta – 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta – Candi

Anak-anak juga bisa berfoto dengan kostum astronot di area Skyworld control room. Menariknya lagi tersedia 2 wahana yang tidak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke sini yaitu cinema 5D dan planetarium. Di kedua tempat ini kalian bisa melihat tayangan menjelajahi angkasa lengkap dengan sensasi terbangnya.

Terdapat juga playground dan area mini waterpark yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak. Mereka bisa bermain trampolin, ayunan, seluncuran, wall climbing.

Harga tiketnya sangat terjangkau hanya Rp70.000 saja. Buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 8.00 – 17.00 pada hari Sabtu dan Minggu serta 9.00 – 17.00 pada hari Senin – Kamis.

3. The Wave Pondok Indah Waterpark

Melihat eksotisme pantai dengan keindahan pasir putihnya seperti yang ada di Bali atau Jogja kini tidak harus jauh-jauh dari Jakarta. Kalian bisa mengajak anak-anak untuk berlibur ke The Wave Pondok Indah Waterpark dan bermain air sepuasnya di sini.

Anak-anak juga bisa mencoba bermain selancar di wizard slide di bawah pengawasan dan pengarahan dari staf pelatih yang ada di sana. Bersantai di lazy river akan menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak-anak.

Bagian yang paling seru adalah ketika bermain tembakan air dan menanti raksasa di aqua play menumpahkan air. Kalian bisa mengunjungi tempat wisata yang berada di area Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan ini.

Harga tiket masuk untuk the wave pondok Indah waterpark mulai dari Rp100.000 pada hari Senin – Jumat dan Rp150.000 saat weekend. Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari Mulai pukul 6 sampai 9 malam.

4. Houbii Urban Adventure Park

Kapan lagi bisa merasakan sensasi bermain hingga memeras keringat namun dengan kegiatan indoor? Di Houbii Urban Adventure Park anak-anak bisa merasakan berbagai pengalaman yang menarik dengan mencoba berbagai aktivitas seru dan asyik di sini.

Taman petualang yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta ini menawarkan berbagai ragam aktivitas asyik yang sangat cocok untuk diikuti semua kalangan khususnya anak kecil. Anak-anak pasti akan senang karena mereka bisa menyalurkan energi yang masih begitu aktif-aktifnya.

Otot tubuh juga akan terlatih demi menjaga tubuh tetap aktif. Apalagi mereka juga bisa bersosialisasi dengan teman-teman baru yang sebaya dengan mereka.

Berbagai permainan menarik patut kalian coba di sini. Contohnya seperti trampolin yang luas, high rope course, ninja course obstacle, dodgeball arena, extreme slide, dan masih banyak lagi.

Harga tiketnya masih sangat terjangkau mulai dari Rp93.500 . Untuk jam operasionalnya mulai pukul 12.00 – 21.00 pada hari Senin – Jumat dan pukul 8.00 – 21.00 pada hari Sabtu – Minggu.

5. Kitchen Magic

Anak-anak sudah mulai menunjukkan bakat memasak dan ketertarikan untuk melakukan aktivitas tersebut? Maka ajaklah mereka untuk bermain masak-masakan di Kitchen Magic. Tempat wisata edukasi yang berlokasi di Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan ini memberikan pengalaman berbeda dengan kelas belajar memasak.

Tempat ini menyediakan beberapa kelas memasak yang terbagi kategorinya berdasarkan usia anak. Semua usia bisa bergabung di sini mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa sekalipun. Akan lebih seru lagi jika ikut program Mom and Kids yang bakal menguji kekompakan bersama si kecil dalam memasak.

Tiket masuk dikenakan berdasarkan paket yang diambil. Paket cookies decoration seharga Rp60.000 , cooking class Rp150.000 , dan cooking class & cake decoration Rp210.000 . Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 – 20.00 malam.

6. Museum of Toys

kapan lagi bisa menikmati serunya bermain bersama mainan-mainan yang lucu di sini. Museum of toys merupakan museum mainan pertama di Indonesia yang memiliki banyak koleksi mainan dari designer mainan lokal hingga internasional.

Museum ini sebenarnya menampilkan berbagai koleksi pribadi milik Win Satrya dan beberapa kolektor mainan lainnya. Mereka mengumpulkannya selama kurun waktu kurang lebih 15 tahun. Tak heran jika terdapat lebih dari 3 ribu figurine dengan edisi terbatas yang ditampilkan dengan gaya unik, bernilai sejarah, dan filosofi menarik.

Harga tiket masuk tempat wisata anak-anak ini mulai dari Rp60.000 pada hari Senin sampai- Jumat dan Rp80.000 saat weekend. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 – 18.00 pada hari Minggu – Kamis dan pukul 09.00 – 20.00 pada hari Jumat – Sabtu. Lokasinya berada di daerah Cipondoh, Tangerang.

7. Kidzania

Destinasi wisata anak yang satu ini cukup populer karena selain terkenal dengan keseruannya bermain di wahana yang ada, namun juga sangat edukatif. Dengan membawa anak-anak berlibur ke tempat wisata profesi seperti ini mereka bisa belajar mengenal dan mencoba langsung untuk menjalankan berbagai profesi.

Tempat wisata untuk anak di Jakarta - 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta - Candi
Tempat wisata untuk anak di Jakarta – 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta – Candi

Mulai dari profesi koki, dokter, pemadam kebakaran, pilot, polisi, hingga penyiar radio. Anak-anak juga bisa bermain berbagai wahana menarik yang ada di sini. Tempat wisata yang berlokasi di Mall Pacific Place, Jakarta Selatan ini juga dekat dengan restoran sehingga setelah selesai bermain bisa langsung makan.

Harga tiket masuknya mulai dari Rp150.000 pada hari Senin – Kamis, hari Jumat Rp200.000 dan akhir pekan Rp250.000. Jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00 – 16.00 pada hari Senin – Kamis serta pukul 09.00 – 14.00 dan 15.00 – 20.00 pada hari Jumat – Minggu.

8. DoubleTree by Hilton

Membawa anak-anak menginap di Jakarta bakal lebih menyenangkan jika kalian memilih hotel yang ramah anak dan memiliki beragam fasilitas. Maka DoubleTree by Hilton Jakarta bisa menjadi tempat untuk staycation terbaik bersama anak-anak di akhir pekan.

Anak-anak bisa menikmati ruang bermain yang tersedia di hotel ini sekaligus kolam renang anak. Menariknya lagi hotel ini sangat ramah anak-anak dan memiliki fasilitas club anak yang bakal membuat anak bakalan betah menginap di hotel ini.

DoubleTree by Hilton berlokasi di daerah Cikini, Jakarta Pusat. Untuk menginap di sini, kalian harus merogoh kocek mulai dari Rp700 ribu-an hingga Rp 5 juta-an.

9. Fauna Land Ancol

Ancol memang selalu memberikan wahana dan permainan menarik untuk anak-anak. Namun ada satu destinasi wisata menarik yang ada di sini yakni Fauna Land Ancol. Tempat wisata ini bukan hanya tempat hiburan biasa, namun juga bisa sebagai sarana edukasi untuk anak-anak.

Fauna Land merupakan kebun binatang yang letaknya ada di eco fashion building Ancol yang dibangun dengan nuansa hutan tropis. Flora dan fauna di sini hidup berdampingan dengan sangat harmonis dan terinspirasi dari daerah Papua.

Disini anak-anak bisa mengenal dan menjumpai singa putih, burung-burung eksotis, kangguru putih, kucing, dan masih banyak lainnya. Akan lebih seru jika kalian mengambil paket Safari River Cruise untuk menikmati dan merasakan pengalaman mengarungi sungai sambil berpetualang dengan cara yang tidak biasa.

Harga tiket masuk mulai dari Rp65.000 pada hari Senin – Jumat dan Rp75.000 saat weekend. Jika ingin membeli tiket termasuk paket River Cruise, maka harganya Rp90.000 dan Rp100.000. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan 08.00 – 17.00 WIB pada akhir pekan.

10. Pinisi Science and Edutainment Park

ingin mengajak anak bermain sekaligus belajar? Pinisi Science and Edutainment Park adalah tempat yang sangat cocok. Disini anak-anak akan belajar dan mengenal berbagai kebudayaan yang terdapat di Indonesia sehingga mereka bisa melestarikannya kelak ketika dewasa nanti.

Anak-anak akan diajarkan untuk bermain wayang, membatik, menari tari tradisional, dan hal-hal seru lainnya. Kegiatan menarik di sini akan menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak karena selain sebagai tempat hiburan di sini juga sebagai wahana edukasi.

Tempat wisata yang beralamatkan di Pasar Raya Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp65.000 saat weekdays dan Rp75.000 saat weekend (1 – 3 tahun).

Sedangkan anak usia 4 – 16 tahun tiketnya Rp135.000 dan Rp165.000 . Orang dewasa di atas 16 tahun harus membayar Rp85.000 dan Rp125.000.

11. Kebun Binatang Ragunan

Bermain dan berwisata ke Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi salah satu kegiatan seru dan menarik sekaligus edukatif. Karena sekaligus untuk mengenalkan anak-anak tentang berbagai jenis satwa yang ada ada di kebun binatang ini.

Disini anak-anak akan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang menarik secara langsung. Mulai dari berbagai jenis unggas, burung, mamalia, reptil, gajah, jerapah, dan banyak lainnya. Jadi anak-anak tidak hanya mengenal binatang dari gambar atau foto saja melainkan mereka bisa bertemu langsung saat berwisata di tempat ini.

Di sini juga tersedia beberapa warna menarik yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yakni hanya Rp3.000 saja. Kalian bisa datang langsung ke area Pasar Minggu, Jakarta Selatan setiap hari kecuali Senin mulai pukul 07.00 – 14.00 WIB.

12. J-Sky Ferris Wheel

Wah, kapan lagi bisa mencoba bianglala tertinggi di Indonesia selain di J-sky yang berada di rooftop bangunan berlantai 3 AEON Mall Jakarta Garden City. Tinggi bianglala ini mencapai 100 meter dari permukaan tanah dengan diameter 50 meter.

Kalian bisa memilih 32 gondola yang tersedia di sini dengan kapasitas maksimal 6 orang per gondola. Tenang, tidak perlu khawatir karena keamanan dan kenyamanan setiap gondola sudah dipastikan kualitasnya apalagi dilengkapi dengan penyejuk udara.

Bahkan ada juga gondola yang menggunakan sofa kulit yang empuk sehingga pengunjung bisa sangat nyaman menikmati pemandangan indah dari gondola ini. Material yang dibangun untuk bianglala ini menggunakan material yang dibawa langsung dari Jepang dan bahkan diklaim bisa tahan gempa sehingga aman.

Kalian bisa datang langsung ke area AEON Mall di Cakung, Jakarta Timur setiap hari dengan harga tiket mulai dari Rp50.000 hingga Rp300.000.

13. Trans Studio Cibubur

Jika khawatir membawa anak-anak pergi berlibur jauh dengan cuaca yang sering berubah-ubah maka indoor theme park bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi kini sudah hadir salah satu indoor theme park terbesar di dunia Indonesia yakni Trans Studio Cibubur.

Di sini anak-anak bisa bermain di wahana Jurassic Island dan berpetualang di antara dinosaurus yang menyelamatkan diri dari rekayasa genetika yang mengancam mereka. Petualangan akan menjadi semakin seru dan nyata karena ada efek cahaya teknologi 4D dan suara yang digunakan.

Tempat wisata untuk anak di Jakarta - 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta - Candi
Tempat wisata untuk anak di Jakarta – 14 Rekomendendasi Tempat Wisata Anak-anak di Jakarta – Candi

Area snow playground juga bisa menjadi area yang patut kalian coba. Di sini anak-anak bisa merasakan seperti sedang berlibur di Negara Swiss. Kalian bisa datang langsung ke Jalan alternatif Cibubur, Jakarta Timur dan siapkan tiket mulai dari Rp300.000 – Rp400.000.

14. Wowzonia

Wowzonia merupakan tempat bermain yang bekerjasama dengan franchise dari Singapura. Tempat wisata anak di Jakarta ini menghadirkan berbagai sarana hiburan indoor yang seru dan mengasyikkan dengan berbagai wahana unik dan menarik. Anak-anak mulai dari usia 3 sampai 12 tahun bisa bermain di sini.

Wahana unik yang tersedia di tempat wisata ini diantaranya seperti kapal bajak laut dengan konsep glow in the dark. Tersedia pula tempat bermain yang terdiri dari seluncuran, trampolin ruang balok, jembatan gantung, dan terowongan minecraft berbentuk dinosaurus hingga arena bermain perang-perangan.

Tempat wisata untuk anak-anak ini berlokasi di area Kemang, Jakarta Selatan dan tiketnya Rp55.000 saat weekdays dan Rp83.000 saat weekend untuk batita serta anak usia 3 sampai 12 tahun dengan tiket Rp165.000. Sementara itu, tiket untuk orang dewasa Rp55.000 baik saat hari biasa maupun weekend.

Mengajak liburan anak akan menjadi kenangan yang berharga bagi mereka. Mencari tempat wisata yang menarik di Jakarta tidak hanya untuk sekedar hiburan saja namun jika bisa sekaligus untuk sarana edukasi. Kalian bisa memilih salah satu dari rekomendasi tempat wisata anak-anak di Jakarta di atas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *