Lifestyle

Olahraga Yang Efektif Bisa Menurunkan Berat Badan Untuk Wanita

Bagikan Artikel Ini:

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita – Jika Kamu ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan ingin mempertahankannya, jangan mencoba menggunakan metode diet yang ekstrim. Usaha terbaik kamu adalah mengubah gaya hidup dengan aman dan realistis yang dapat dilanjutkan hingga jangka panjang. Kamu harus melihat dan mengatur pola makan, olahraga, dan perilaku lainnya. Jenis perubahan seperti ini akan membantumu untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan pada saat yang sama dapat memperbaiki kesehatan, bukan justru merusaknya.

Sekarang ini, olahraga menjadi pilihan yang paling banyak digemari masyarakat. Dengan aktifitas olahraga tentunya akan membakar banyaknya kalori yang ada pada tubuh, terutama jika Kamu melakukannya dengan konsisten. Bukan hanya itu saja, olahraga ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Kamu akan dapat menurunkan berat badan dengan cepat melalui penerapan beberapa trik dan cara berikut ini.

Olahraga Yang Efektif Bisa Menurunkan Berat Badan Untuk Wanita

1. Yoga

Olahraga Yang Efektif Bisa Menurunkan Berat Badan Untuk Wanita
Photo by kike vega on Unsplash

Yoga adalah penyatuan dari bahasa sansekerta. Bisa juga disebut dengan penyatuan alam. Yoga adalah 6 dari filsafat hindu dan aktivitasnya berupa meditasi mengerahkan panca indranya dan pikiran secara menyeluruh. Bahkan yoga bisa dijadikan pengobatan alternatif dilakukannya pemanasan, olah tubuh atau meditasi. Orang yang melakukan yoga disebut yogis. Yoga juga memiliki 2 sebutan untuk membedakan orang yang melakukan yoga itu pria atau wanita. 2 sebutan tersebut adalah yogin dan yogini. Yogin bagi pria dan yogini bagi wanita.

Yoga adalah aktivitas gerakan olah tubuh dan juga pikiran yang sangat fokus pada kekuatan dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur, rangkaian gerakan dan pernapasan adalah komponen utama yoga. Yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita dengan baik. Meskipun olahraga ini kelihatan sangat sederhana dan hanya berupa gerakan yang lambat saja, tapi terbukti ampuh bisa membakar kalori dalam jumlah yang banyak.

Selain bisa membakar kalori dalam jumlah yang banyak, yoga juga bisa mengurangi stres dan dapat membuat tubuhmu akan terasa menjadi lebih ringan dari biasanya dan tidur akan menjadi lebih nyenyak. Peneliti menyarankan bahwa dua kali sesi yoga sepanjang 90 menit per minggu dapat menurunkan lingkar pinggang hingga 1,5 inci.

2. Jogging

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://mx.depositphotos.com/

Jogging merupakan olahraga yang paling banyak diminati. Jogging adalah suatu aktivitas fisik yang melibatkan otot besar yang dilakukan dengan berjalan santai atau berlari lari kecil dengan durasi dan waktu tertentu. Karena olahraga ini tidak membutuhkan persiapan atau teknik yang sulit, bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, dan bisa dilakukan oleh semua kalangan. Maka, olahraga ini menjadi primadona ditengah-tengah kalangan masyarakat. Selain itu, olahraga ini sangat sederhana dilakukan, jogging juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Jogging termasuk salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga ini secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit. Manfaat jogging selain bisa menurunkan berat badan, yaitu:

–       Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

–       Mengurangi kolesterol serta menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tetap stabil.

–       Mencegah diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

–       Memperbaiki suasana hati, meredakan stres, dan mengurangi risiko depresi.

–       Membuat tidur lebih nyenyak.

3. Bersepeda

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://rentalsepedayogyakarta.wordpress.com/

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga yang bisa Kamu kendarai dengan santai, serta merupakan salah satu alat transportasi darat yang menggunakan sepeda. Sepeda pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19 Masehi. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun hanya sekadar di pedesaan dan perkotaan saja.

Untuk Kamu yang senang bersantai dan menikmati udara pagi yang sejuk, olahraga bersepeda bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Bersepeda akan membuat tubuh bergerak dan aktif, sehingga bisa membakar banyak kalori, membakar lemak dan tubuh masih tetap bugar. Lakukan olahraga ini dengan teratur, sekitar 2 – 3 kali dalam seminggu, agar berat badan ideal bisa segera didapatkan. Manfaat bersepeda juga bisa meningkatkan sensitivitas dan menurunkan risiko Kamu mengalami penyakit jantung, kanker, meredam stres, mengurangi insomnia, menyehatkan tulang dan sendi, serta kematian prematur.

4. Berjalan

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://asset-a.grid.id/

Berjalan termasuk ke dalam olahraga cabang atletik. Gerakkan berpindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian disebut Berjalan. Berjalan juga merupakan olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan serta olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita obesitas yang berjalan selama 50 hingga 70 menit sebanyak 3 kali seminggu mengalami penurunan lemak tubuh dan lingkar pinggang sekitar 1,1 inci.

5. Berenang

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by Arisa Chattasa on Unsplash

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang termasuk ke dalam olahraga air. Olahraga berenang yang menggerakkan semua organ tubuh ini juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa berenang selama 60 menit sebanyak 3 kali seminggu bisa menurunkan lemak pada tubuh dan faktor yang berisiko penyakit jantung seperti kolesterol dan trigliserida darah.

Seseorang yang berenang juga memiliki fleksibilitas lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Postur tubuhmu pun akan menjadi lebih baik dengan olahraga ini.

6. Lompat Tali

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://p4.wallpaperbetter.com/

Olahraga lompat tali atau biasa kita sebut Skipping ini ternyata bukan hanya permainan anak sekolah saja. Lompat tali adalah sebuah permainan dimana satu orang atau lebih melompati sebuah tali yang digerakkan secara memutar sehingga gerakan tali tersebut melintasi bagian bawah kaki mereka dan atas kepala mereka. Terdapat berbagai jenis lompat tali yang meliputi: gaya bebas tunggal, kecepatan tunggal, pasangan, kecepatan tiga orang, dan gaya bebas tiga orang.

Lompat tali juga termasuk salah satu olahraga yang paling mudah untuk Anda lakukan. Tidak harus ke luar rumah, skipping ini bisa dilakukan di dalam rumah atau bahkan area taman. Meski terlihat sederhana, olahraga ini juga efektif membakar kalori dan bisa menurunkan berat badan dengan baik. Jika dilakukan dengan rutin dan dikombinasikan dengan pola makan yang sehat, lompat tali bisa membuat lemak terbakar dan berat badan turun. Jika dilakukan selama satu jam per hari, kamu bisa membakar hingga 900 kalori. Manfaat lain lompat tali selain untuk menurunkan berat badan, yaitu:

–       Dapat meninggikan badan

–       Membuat tubuh menjadi lentur dan bugar

–       Mengurangi cedera kaki

–       Meningkatkan kepadatan tulang

–       Melatih pernapasan

7. Kick Boxing

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://img2.goodfon.com/

Olahraga yang populer dan banyak diminati ini merupakan perpaduan antara Muay Thai dengan tinju. Olahraga bela diri ini mengandalkan kontak fisik secara intens seperti menendang, meninju, dan menghindari pukulan sehingga membutuhkan fisik dan stamina yang kuat. Kick boxing berfokus pada beberapa gerakan yang aktif dan juga melibatkan kedua kaki serta tangan. Kickboxing memerlukan keseimbangan yang baik dan kecepatan kaki untuk menendang dan bergerak. Jika dilakukan secara rutin, latihan ini menghasilkan kaki yang ramping dan mengencangkan bokong serta dapat membakar banyak kalori.

Kickboxing efektif sebagai pelampiasan stres. Gerakan meninju, menendang dan membloking serangan dengan cepat membutuhkan konsentrasi penuh sehingga masalah dalam pikiran seseorang bisa teralihkan sejenak. Untuk Kamu yang suka olahraga seru dan menggunakan banyak energi, Kick Boxing akan menjadi pilihan yang sangat tepat. selain mendapatkan penurunan berat badan, Kamu juga akan mendapatkan tubuh yang lebih berotot, menjadi lebih fleksibel dan stamina pun ikut meningkat melalui olahraga yang satu ini.

8. Aerobik

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://cms.sehatq.com/

Olahraga senam memang sangat digemari oleh masyarakat luas untuk mengisi waktu olahraga dipagi hari. Salah satunya adalah Aerobik. Aerobik sendiri berasal dari kata “aero” yang berarti oksigen. Sehingga, senam aerobik ini dapat kita artikan sebagai senam yang menggunakan oksigen. Setiap gerakan yang ada di dalam senam ini bertujuan untuk meningkatkan oksigen yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh. Oksigen memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan dan proses pembakaran ataupun proses metabolisme di dalam tubuh.

Olahraga yang cukup banyak diminati kaum wanita ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Aerobik telah dikenal sejak lama dan masih sangat diminati hingga saat ini. Gerakan yang lincah dan juga bersemangat menjadi ciri khas aerobik. Aerobik juga ampuh untuk membuat berat badanmu turun dengan cepat. Jika dilakukan dengan intensitas tinggi dan rutin, maka berat badan impian pasti bisa kamu capai.

Tubuh akan bergerak aktif dan mengeluarkan banyak keringat ketika melakukan olahraga yang satu ini, sehingga pembakaran kalori bisa terjadi dengan maksimal. Dengan begitu, bisa dipastikan berat badan akan turun dengan cepat. Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah. Kamu bisa membeli CD senam yang banyak dijual atau melihat tutorialnya di internet. Manfaat dari senam aerobik ini selain untuk menurunkan berat badan, yaitu:

–       Menurunkan tekanan darah

–       Menjaga kesehatan jantung

–       Meningkatkan suasana hati

–       Dapat mengurangi gejala asma

–       Membantu tidur menjadi lebih mudah

9. Pilates

Olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan untuk wanita
Photo by https://wallpaperaccess.com/

Pilates adalah jenis latihan yang fokus pada keseimbangan, fleksibilitas, penguatan postur tubuh. Pilates sangat cocok untuk Kamu yang sedang mencari jenis latihan yang tidak terlalu berat namun sangat efektif baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Hampir sama dengan yoga, latihan pilates juga akan membuat Kamu melatih pikiran, konsentrasi, serta pernapasan. Pilates memang ditujukan untuk mengkoneksikan antara pikiran dan tubuh jadi Kamu agar dapat meningkatkan kebugaran serta keseimbangan mental dalam satu gerakan yang sama.

Pilates dikembangkan oleh Joseph Pilates dari Jerman, karena itu nama latihan ini diambil dari nama belakangnya walaupun awalnya latihan ini disebut Contrology. Joseph Pilates adalah seorang tukang kayu dan pesenam, Ia berpikir bahwa kesehatan fisik dan kesehatan mental sangat berhubungan sehingga Ia membuat jenis latihan pilates ini. Latihan atau olahraga ini sangat mudah dilakukan dan juga bisa dikerjakan di rumah.

Olahraga ini bisa menjadi cara agar dapat menurunkan berat badan yang ideal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan pilates selama 90 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat mengecilkan lingkar pinggang, perut, dan pinggul. Manfaat dari olahraga yang satu ini selain bisa menurunkan berat badan, yaitu:

–       Kebugaran seluruh tubuh

–       Melatih kekuatan tubuh

–       Membentuk postur tubuh

–       Menambah energi

Beberapa olahraga yang efektif bisa menurunkan berat badan tersebut dapat kamu lakukan secara teratur dan mudah untuk dilakukan, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak karena keinginan untuk memiliki tubuh yang ideal. Pilih olahraga yang paling cocok untuk kamu lakukan demi menurunkan berat badanmu dan tetap bugar.

Kesimpulan

Apakah ada cara menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan modal yang banyak dan mudah untuk dilakukan ?

Ada, dengan melakukan jogging saja sudah bisa menurunkan berat badan dengan cepat jika dilakukan secara teratur

Bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat ?

Melakukan olahraga seperti jogging, berenang, yoga, dan lain lain serta mengatur pola makan yang baik

Apa manfaat olahraga selain menurunkan berat badan?

Dapat melatih kekuatan dan daya tahan tubuh serta dapat menurunkan risiko berbagai gejala penyakit

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close