Gedang Klutuk Batu - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Jangan dulu bersantai. Rasakan dulu hasil menanam, memanen, dan meminum kopi dengan suasana berbeda di Gedang Klutuk Batu.

Hukum alam yang berbunyi “apa yang kau tandur maka itulah yang kau panen”, pasti sudah tidak asing di telinga kalian. Namun, jangan bermain filosofi. Lebih baik. kalian kunjungi saja Gedang Klutuk Batu.

Sebuah tempat yang sangat pas untuk bersantai, bercanda mesra dengan pasangan, berkenalan lebih dekat dengan kehidupan para petani, dan berelaksasi menghilangkan penat.

Apalagi buat kalian yang kangen dengan kampung halaman, jangan lupa mampir ke sini.

Kenapa harus ke sini?

Karena suasananya bakal membuatmu asyik bernostalgia akan kampung halaman.

 

Gedang Klutuk Batu: Pengalaman Tak Terlupakan Bercanda dengan Alam

Gedang Klutuk Batu - Candi
Gedang Klutuk Batu – Candi

Sebuah tempat yang berkonsep “fresh from farm to your table” atau “garden to table” ini memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Apalagi ada beberapa sisi dari Gedang Klutuk Batu yang cukup menarik untuk diulas. Apa saja itu? Ini dia ulasannya.

  • Alamat Gedang Klutuk Batu

Buat kalian, datang dari mana saja bisa mencari alamat sekaligus mendapat panduan arah dari Google Maps dengan pencarian namanya langsung.

Atau langsung ke alamatnya di Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315.

  • Suasana Gedang Klutuk Batu

Pertama kali memasuki area Gedang Klutuk Batu, kalian akan melewati sebuah pergola dari kayu. Kalian mengenalnya dengan anjang-anjang.

Anjang-anjang adalah jalinan kayu yang berfungsi untuk merambatnya tanaman jalar.

Tanamannya berupa markisa dan manisa. Karena masih beberapa bulan dari masa penanaman, tumbuhan markisa dan manisa belum tumbuh tinggi, baru sekitar satu atau dua meter.

Kemudian bagian bawahnya digunakan untuk jalan. Jalanan yang berupa bebatuan yang disusun datar. Batu-batuan ini bisa digunakan untuk terapi kaki yang menyehatkan.

Karena belum merambat terlalu tinggi, area bawah pergola masih panas di siang hari. Jadi, paling pas untuk mendatanginya pada saat pagi.

Kalian bisa bebas jalan-jalan tanpa terganggu teriknya matahari. Bisa juga sore atau malam hari. Tentunya baik pagi, siang, sore, atau malam membawa sensasi sendiri-sendiri.

Pagi hari di sini sangat sejuk dengan angin semilir lembut dari sawah. Kemudian ada matahari yang belum begitu terik menyengat kulit.

Siang harinya, kalian bisa jalan-jalan di areal persawahan dan beristirahat di saung. Kala rehat inilah, kalian akan mendapatkan sensasi tenangnya area dengan semilir anginnya yang menentramkan hati.

Sore harinya, ada sunset yang bisa kalian temukan di balik bukit nun jauh di sana. Dengan tempias cahaya yang kian melindap menambah epik pemandangan.

Namun, malam hari tak kalah menawan. Malam harinya, kalian akan ditemani suara alam. Mulai dari derik jangkrik, dengkung kodok, dan serangga lain yang habitatnya di sawah.

Ketika malam, lampu berwarna kuning akan menyala dan menemani kalian dengan temaramnya yang soft.

Sayangnya, kursinya cukup keras karena masih dari kayu atau kombinasi besi dan kayu. Mejanya sendiri ada yang single, double, atau meja untuk kelompok kecil sekitar empat atau lima orang.

Kalian juga bisa meminta kursi tambahan jika memang membutuhkannya. Kursi tambahannya berupa kursi plastik.

  • Menu Makanan di Gedang Klutuk Batu

Gedang Klutuk Batu - Candi
Gedang Klutuk Batu – Candi

Paling terkenal di sini adalah Akker Kofie, yang menyediakan minuman kopi kesukaan kalian.

Lalu ada Pawon Gedang Klutuk.

Apa saja layanan keduanya?

Akker Kofie

Bukan hanya tempat bersantap, Gedang Klutuk juga bisa menjadi destinasi bersantai yang pas bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

Kalian bisa mengenalkan anak akan suasana alam pedesaan. Nongkrong sambil ngopi bercanda ria juga bisa.

Membahas nongkrong sambil ngopi, Akker Kofie menyediakan kopi biji lokal berjenis songgoriti, arjuna, dan panderman.

Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing yang membuat siapa pun dalam sekali sruput langsung ketagihan. Meski proses menyeduhnya hanya dengan metode tubruk.

Atau populernya kopi kenthel yang meraciknya mengkombinasikan bubuk lokal asli dengan gula tebu halus.

Kalau orang Jawa, mengenalnya dengan kopi nasgithel atau panas legi dan kenthel. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, legi itu manis. Jadi, kopinya itu panas, manis dan kental.

Selain kopi original tubruk, kalian juga bisa memesan kopi Cappucino.

Demi bisa menghasilkan kopi Cappucino favorit pengunjung dengan karakteristik yang berbeda dengan kedai kopi lain, Akker Kofie menggunakan susu sapi sebagai campuran susunya.

Pawon Gedang Klutuk

Jika di Akker Kofie kalian bisa mendapatkan sajian minuman kopi, di Pawon Gedang Klutuk menyediakan minuman berupa rempah-rempah alias jamu dan teh rosela.

Gedang Klutuk Batu - Candi
Gedang Klutuk Batu – Candi

Kalian bisa memesan teh rosella hangat atau iced yang sudah di-mix dengan lemon grass dan daun mint. Perpaduan ini menciptakan kesegaran yang menyejukkan tenggorokan. Pastinya juga sehat.

Salah satu yang cukup favorit dari minuman jamu di sini adalah wedang uwuh, baik original ataupun susu uwuh.

Kalian juga bisa mendapat air mineral freeflow.

Untuk makanan camilan paling favorit ada dua macam, yaitu pisang wijen dan tempe mendoan.

Sedangkan makanan utama berupa nasi paru yang rasanya jos, mantap rempahnya. Khas nusantara yang sangat murah bumbu sehingga masakan lebih terasa kaya rasa.

Jangan lupa, pesan Budapest Cake, dessert terfavorit di sini. Wajib banget kalian coba.

Pawon Gedang Klutuk juga bekerja sama dengan para warga di sekitar untuk membantu meningkatkan perekonomian warga.

Salah satunya dengan kolaborasi pertanian sekitar yang menghasilkan menu Ow-MieGodhog yang mie-nya terbuat dari sawi segar. Homemade loh. Rasanya juga enak.

Istimewanya lagi, semua makanan dan minuman yang disajikan di sini hampir semuanya sebagian besar dari hasil menanam atau nandur sendiri. Memanennya sendiri sebelum proses pengolahan menjadi makanan siap santap.

Jadi, aman banget. Bahan bakunya juga fresh semua.

  • Harga di Gedang Klutuk Batu

Gedang Klutuk Batu

Semua harga cukup terjangkau untuk kantong. Tidak akan membuat kantong jebol. Karena semua makanan dan minuman yang tersedia dilabeli dengan harga Rp2.000 sampai Rp15.000.

Apalagi perpaduan dari kopi tubruk kenthel dan pisang goreng wijennya bisa kalian beli hanya dengan sepuluh ribu saja.

Enak sudah pasti, kenyang juga iya, uang tetap aman terkendali.

  • Sosial Media Gedang Klutuk Batu

Gedang Klutuk Batu buka dari pukul delapan pagi sampai sepuluh malam. Menerima sistem pembayaran berupa tunai atau barter.

Untuk mengetahui informasi terkini dan ter-update dari Gedang Klutuk kalian bisa mengikuti sosial media Instagramnya di Gedang Klutuk (@gedangklutuk.batu).

Ingin menghubunginya? Langsung ke 0857-3363-0272.

Catatan untuk kalian yang ingin ke sini, hindari musim hujan atau sedia payung sebelum hujan. Karena konsepnya benar-benar outdoor sehingga kalau hujan kalian harus berlarian mencari tempat berteduh.

Apalagi kafe kopi dan pawon-nya yang berupa satu ruangan untuk pemesanan dan peracikan. Makin menyulitkan kalian mencari tempat yang teduh kala hujan.

Jadi, pastikan untuk ke sini saat cuaca mendukung ya. Selebihnya, Gedang Klutuk Batu sangat recommended buat nyantai, bercanda ria, dan pastinya kencan dengan si doi.

 

Gedang Klutuk

Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Telp : 085733630272

Kategori : Garden to Table

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *