Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali - Diving Tanjung Benoa - Candi
Bagikan Artikel Ini:

Musim panas, Bali dan liburan? Aduh, ketiganya cocok sekali ‘kan? Pokoknya perfect!

Kenapa sempurna? Karena ketika membicarakan tentang Bali, maka kalian tidak bisa melepaskannya dari olahraga air, seperti diving Tanjung Benoa.

Olahraga air yang terkenal hingga mancanegara ini memiliki keunikan tersendiri yang sayang sekali kalau kamu lewatkan begitu saja.

Memang apa keunikannya? Salah satunya adalah adanya tempat menyelam yang pas banget untuk pemula. Semakin pas untuk masuk ke daftar tujuan wisata kamu ‘kan?

Hanya itu saja? Tentu saja tidak.

Ada banyak fakta menarik yang bakalan kalian dapatkan di sini yang membuat kalian semakin ingin menyelam di Tanjung Benoa. Check these out!

Sebelah Manakah Tanjung Benoa, Bali?

Ketika berbicara tentang Bali, maka Pantai Sanur, Legian, Nusa Dua lebih terkenal daripada Tanjung Benoa. Padahal, Tanjung Benoa juga ada di Kuta lho.

Sebelah mananya?

Tanjung Benoa merupakan kelurahan di Kuta Selatan, Badung, Bali, Indonesia dengan kode pos 80361. Jadi, kalau dari Bandara Ngurah Rai, butuh waktu sekitar 27-33 menit menuju ke selatan untuk sampai di Tanjung Benoa.

Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali - Diving Tanjung Benoa - Candi-
Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali – Diving Tanjung Benoa – Candi

Sesampainya di Tanjung Benoa, kalian akan mendapati hamparan laut yang menghipnotis mata. Kalian akan menemui banyak pilihan Tanjung Benoa watersport.

Jadi, kalian bisa menentukan olahraga atau kegiatan wisata apa yang ingin kalian lakukan.

Wisata Menarik Tentang Tanjung Benoa

Kalau kalian mengira Tanjung Benoa hanya punya pantai, maka kalian salah. Setidaknya ada 5 tempat yang menjadi daya tarik dan tidak cukup untuk kalian kunjungi dalam 1 hari, yaitu:

  1. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa termasuk pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. Di tempat inilah, kalian bisa melakukan berbagai water sport seperti:

  • Surfing.
  • Mengendarai speed boat dan jet ski.
  • Parasailing.
  • Sea walker.

Jadi, kalian bisa pilih aktivitas sesuai dengan kesukaan kalian.

2. Penangkaran Penyu

Di Bali, terdapat tempat penangkaran penyu hijau yang bisa kalian kunjungi yang disebut dengan Pulau Penyu Bali. Uniknya, di lokasi ini kalian bisa menemui satwa lain seperti burung, kadal, ular.

Kalian juga bisa menaiki glass bottom boat untuk melihat keindahan bawah laut tanpa harus snorkeling. Jadi, cocok untuk kalian yang tak bisa berenang.

3. Hutan Bakau Tanjung Benoa

Di Tanjung Benoa terdapat vegetasi bakau di Hutan Bakau Tanjung Benoa. Kalau kamu tertarik mengunjungi kawasan ini, maka kamu perlu menggunakan speed boat dan jet ski.

4. Kuil Caow Eng Bio

Untuk kalian yang ingin wisata religi di Tanjung Benoa, kalian bisa mengunjungi Kuil Caow Eng Bio. Kuil Budha ini memiliki ornamen unik yang akan menarik perhatian kamu saat berkunjung.

5. Pura Dalem Ning Lan Taman Beji

Di Tanjung Benoa, terdapat pura dengan arsitektur unik yang menjulang tinggi bernama Pura Dalem Ning Lan Taman Beji. Tempat ibadah umat Hindu ini memiliki ukuran tembok yang unik dan menarik. Apalagi, bahan bangunan dari kayu dan batu putih membuat tempat ini menjadi semakin menarik.

Scuba Diving, Water Sport Tanjung Benoa yang Tidak Boleh Kalian Lewatkan

Banyak orang yang memilih datang ke Tanjung Benoa untuk melakukan scuba diving. Scuba diving berbeda ya dengan snorkeling walaupun keduanya sama-sama merupakan olahraga air.

Jadi, apa itu scuba diving?

Kalau kalian belum tahu tentang scuba diving, aktivitas ini termasuk ke dalam kategori olahraga ekstrem. Aktivitas yang disebut juga dengan self-contained underwater breathing apparatus ini butuh teknik menyelam khusus dengan perlengkapan lengkap.

Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali - Diving Tanjung Benoa - Candi
Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali – Diving Tanjung Benoa – Candi

Alat khusus yang bisa kalian pergunakan saat scuba diving, yaitu:

  • Regulator tahap 1 dan 2.
  • Tabung udara.
  • Octopus.
  • Baju selam.
  • BCD (Buoyancy Compensator Device)
  • Pemberat badan.
  • Fin atau kaki katak.
  • Snorkel.
  • Tank valve.
  • Deep gauges.
  • Pressure gauges.
  • Dive computer.
  • Senter.
  • Sarung tangan.
  • Hook.

Karena peralatan yang cukup kompleks, maka dari itu, kalian akan butuh instruktur untuk mendampingi proses diving. Kecuali, jika kalian sudah memiliki lisensi dan ahli dalam hal diving.

Fakta Diving di Tanjung Benoa

Salah satu atraksi utama di Tanjung Benoa yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu watersport-nya. Di tempat ini, kalian bisa snorkeling dan diving sambil menikmati keindahan bawah laut. Wih, keren nggak tuh?

Ngomong-ngomong tentang snorkeling dan diving, ada fakta menarik yang perlu kalian tahu. Setidaknya ada 7 fakta yang bisa Candi bagikan, yaitu:

1. Lokasi untuk Snorkeling dan Diving di Tanjung Benoa

Kalian mungkin bingung, “Lah, Tanjung Benoa kan besar, terus di mana tempat untuk snorkeling dan diving?”

Kalau kalian ingin diving atau sekedar melakukan snorkeling, kalian bisa langsung ke Pantai Tanjung Benoa.

Lokasi diving Tanjung Benoa bisa kalian tempuh menggunakan mobil dalam waktu 27-33 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Rutenya:

  • Dari Ngurah Rai, kalian harus melewati Jl. Airport Ngurah Rai hingga sampai di Bundaran.
  • Setelah itu, pilih jalur lurus yang menuju ke arah Bali Mandara Toll Road.
  • Terus ke selatan hingga sampai di pertigaan The Vie Residence.
  • Lalu belok kiri ke Jalan By Pass Ngurah Rai.
  • Sampai di pertigaan pertamina Nusa Dua, belok kiri menuju ke Jl. Pratama Raya.
  • Setelah sampai di bundaran, belok kiri lagi.
  • Sesampainya di pertigaan, kalian harus belok kanan untuk sampai di pintu masuk Pantai Tanjung Benoa.

Jika kalian dari Kuta, kalian dari Kuta, maka setidaknya butuh waktu 40 menit untuk sampai di Tanjung Benoa.

Ingat ya, waktu tempuh bisa berbeda-beda. Itu semua tergantung dari kepadatan jalan yang ada di Bali atau sekitar Tanjung Benoa kala itu dan kondisi kendaraan kalian.

Mudah kan rute ke Pantai Tanjung Benoa?

2. Banyak Pilihan Atraksi Wisata

Sesampainya di Tanjung Benoa, kalian akan melihat hamparan pantai dengan pasir putih. Selain itu, kalian akan dengan mudah menemukan aneka atraksi water sport yang bisa kamu pilih, beberapa di antaranya:

  • Banana boat.
  • Flying fish.
  • Jet ski.
  • Snorkeling.
  • Intro scuba diving.
  • Seawalker Tanjung Benoa.

Water sport di atas ada yang bisa kalian lakukan sendiri, ada pula yang bisa kalian lakukan secara berbarengan. Misalnya, banana boat.

Bagaimana dengan snorkeling dan diving? Kedua atraksi wisata tersebut bisa kalian lakukan sendiri atau bersama-sama.

Bersama-sama dalam hal ini artinya kalian mengenakan diving set sendiri dan melakukan diving dan snorkeling secara bersamaan.

Jadi, kalian tetap akan mendapatkan keseruan saat berwisata di Tanjung Benoa baik sendiri atau bersama dengan teman/keluarga.

3. Cocok untuk Pemula dan Ada Instruktur yang Mendampingi

Tidak bisa kalian pungkiri kalau ada banyak tempat diving di Bali yang bisa kalian pilih.

Sayangnya, masing-masing tempat seperti Tanjung Benoa, Sanur, Amed Karangasem memiliki karakteristik tempat yang berbeda. Jadi, tidak semua tempat diving bisa ramah untuk pemula.

Bagaimana dengan Tanjung Benoa? Apakah cocok untuk pemula?

Kalian tenang saja! Kalian bisa snorkeling dan diving dengan nyaman dan aman di Tanjung Benoa. Hal ini karena Tanjung Benoa memiliki ombak yang tenang.

Ketenangan ombak ini akan mempermudah kalian untuk melakukan diving dan snorkeling. Di sisi lain, kalian bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Tidak hanya itu, tempat untuk menyelam di Tanjung Benoa memiliki kedalaman sekitar 4-8 meter saja. Jadi, kalian akan tetap merasa aman walaupun masih pemula di bidang diving.

“Saya masih pemula, apa yang akan saya dapatkan agar bisa menyelam dengan aman?”

Ada beberapa hal yang akan kalian dapatkan sebelum mulai menyelam, yaitu:

  • Instruksi dan Pengenalan Dasar

Sebelum kalian mulai scuba diving, kalian akan mendapatkan instruksi terlebih dahulu. Bahkan, sebelumnya, terutama saat proses belajar diving di Bali, kalian akan diperkenalkan dengan peralatan menyelam. Mulai dari tabung oksigen hingga masker.

Kalian juga akan diajari tentang teknik menyelam. Salah satunya adalah cara bernafas dalam air.

  • Pendampingan selama Proses Menyelam

Selama proses menyelam, ada 1 guide atau instruktur yang akan mendampingi kalian. Adanya instruktur ini tentu akan membuat kalian merasa lebih nyaman dan aman saat melakukan diving.

Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali - Diving Tanjung Benoa - Candi
Fakta Snorkeling di Tanjung Benoa Bali – Diving Tanjung Benoa – Candi

Jadi, walaupun kalian masih pemula tapi kalian tetap bisa menikmati proses menyelam di Tanjung Benoa dengan aman dan nyaman.

Jika kalian sudah siap, pemandu akan mengarahkan kapal ke lokasi menyelam dengan pemandangan laut yang indah. Nantinya, kalian akan bisa menikmati keindahan laut dalam waktu 15-40 menit. Tergantung dari tour operator yang kalian pilih.

Setelah itu, kalian tidak akan merasa rugi karena sudah menikmati indahnya bawah laut alam Indonesia.

4. Waktu Kunjung Tanjung Benoa yang Tepat

Mungkin banyak di antara kalian yang bingung, kapan sih harus ke Tanjung Benoa?

Perlu kalian tahu, musim ramai Tanjung Benoa adalah di bulan Agustus dan Desember. Kalau kalian menghindari suasana yang terlalu ramai, maka sebaiknya liburan ke Tanjung Benoa selain di bulan Agustus dan Desember.

Selain itu, kalian perlu mempertimbangkan kapan terjadinya pasang surut air laut. Kenapa? Karena wahana air di Tanjung Benoa tergantung dari kondisi air.

Saat bulan mati atau tilem, wisata air baru buka mulai pukul 11.00 hingga sore hari. Sebaliknya, saat pasang purnama atau bulan penuh, wisata air baru buka mulai pukul 09.00-16.00 WITA.

Kalau kalian ingin menyelam di kondisi air yang bagus, sebaiknya kalian diving sebelum pukul 12.00 WITA.

Jadi, daripada kalian terkecoh atau kurang nyaman apalagi di masa pandemi seperti ini, sebaiknya lebih teliti lagi sebelum datang. Jangan sampai kalian menjadi kurang nyaman dan aman saat berlibur di Tanjung Benoa.

5. Harga untuk Diving di Tanjung Benoa

Kalau kalian tertarik untuk mencoba diving, kalian perlu menyiapkan budget sekitar Rp300.000 per orangnya. Harga tersebut hanya untuk WNI saja ya.

Lalu, berapa harga untuk WNA? Harga untuk WNA sekitar Rp325.000 atau sekitar USD 90 per orang..Sebagai catatan, harga diving di Bali di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Jadi, kalian perlu mengecek lagi harganya saat hendak melakukan diving di Tanjung Benoa.

Kok mahal? Sebenarnya tidak terlalu mahal mengingat diving merupakan salah satu olahraga ekstrim yang butuh perlengkapan lengkap.

Dengan tarif Rp300.000 per orang, kalian sudah akan mendapatkan:

  • Asuransi peserta.
  • Speed boat sebagai alat transportasi.
  • Alat untuk scuba diving.
  • Instruktur.

Harga dan fasilitas di atas bisa berbeda-beda per tur operatornya ya. Jadi, kalian perlu lebih jeli dan membandingkan harga dan fasilitas apa saja yang akan kalian dapatkan.

6. Persyaratan yang Harus Kalian Penuhi sebelum Diving

Sebelum kalian melakukan diving, kalian harus memenuhi persyaratan yang pengelola tentukan. Dengan begitu, kalian akan merasa nyaman dan aman saat menyelam.

Memangnya apa saja persyaratannya? Ada beberapa persyaratan yang harus kalian ketahui dan patuhi, yaitu:

  • Bisa berenang.
  • Berusia minimal 8-12 tahun dan usia maksimal adalah 65 tahun.

Kenapa usia minimalnya berbeda? Hal ini karena masing-masing tur operator memiliki persyaratan yang berbeda. Bahkan, ada tur operator yang tidak mewajibkan kalian bisa berenang sebelum melakukan diving.

Walaupun begitu, kalian perlu mengkonfirmasi lagi ke pihak tur operator mengenai apa yang sebaiknya dan tidak boleh kalian lakukan.

Selain itu, sebelum diving, kalian juga perlu melaporkan mengenai kondisi kalian. Misalnya:

  • Apakah sedang hamil atau tidak?
  • Sedang proses penyembuhan dengan mengkonsumsi obat tertentu atau tidak?
  • Apakah sebelumnya kalian mengkonsumsi alkohol?

Dengan informasi yang kalian berikan, tur operator bisa meminimalisir hal yang tidak kalian inginkan. Misalnya pingsan saat sedang diving karena tidak kuat menahan tekanan di dalam air.

7. Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan

Semenjak pandemi, tak sedikit tempat wisata yang harus tutup karena berbagai macam faktor. Salah satunya adalah karena penyebaran virus yang cukup masif.

Apakah bisa diatasi? Bisa dan karena itu, pengelola Tanjung Benoa menerapkan protokol kesehatan yang harus kalian patuhi.

Sebelum memasuki kawasan Tanjung Benoa, kalian wajib;

  • Menggunakan masker.
  • Menjaga jarak setidaknya 1 meter.
  • Rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
  • Suhu di bawah 37.3oC.

Selain itu, pengelola menyarankan agar kalian membawa peralatan diving sendiri untuk meminimalisir penyebaran virus korona.

Bagaimana jika tidak punya diving set? Apa harus membeli?

Tenang, kalian bisa kok menyewa alat diving seperti diving suit di tur operator kalian. Namun, pastikan kebersihan dan keamanan peralatan untuk diving dan snorkeling tetap terjaga dengan baik ya.

Dengan begitu, kalian pun akan nyaman dan aman saat menggunakan perlengkapan menyelam di Tanjung Benoa.

Alternatif untuk Menikmati Keindahan Bawah Laut

Tidak semua orang bisa diving dan mungkin kalian salah satunya. Namun, di saat yang bersamaan kalian ingin menikmati keindahan bawah laut di Tanjung Benoa.

Jika itu terjadi, kalian tidak perlu khawatir, ada kok cara lainnya untuk menikmati keindahan bawah laut Tanjung Benoa. Ada 2 cara, yaitu snorkeling dan seawalking.

Snorkeling membutuhkan perlengkapan yang lebih sederhana daripada diving, seperti jaket pelampung dan snorkel. Asalkan kalian bisa mengapung, kalian akan lebih mudah melakukan snorkeling.

Sedangkan seawalker memungkingkan kamu untuk berjalan di dalam air dengan menggunakan helm kedap air. Tenang saja, kalian tetap bisa bernafas di dalam air karena pengaliran oksigen lewat selang udara pada helm.

Jadi, kamu bisa memilih antara snorkeling, diving atau seawalker untuk menikmati keindahan bawah laut Tanjung Benoa.

Diving Tanjung Benoa bisa menjadi pilihan bagi pemula untuk belajar menyelam karena arus dan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Dengan pembekalan, peralatan menyelam yang lengkap dan guide akan membantu kalian untuk diving lebih aman dan nyaman. Jadi, kalian tidak perlu takut untuk menyelam ya dan selamat liburan!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *