Di era digital saat ini, pemanfaatan jasa SEO sangat penting, terutama bagi perusahaan yang hendak melakukan pemasaran secara online. SEO merupakan strategi yang digunakan agar bisa membuat sebuah website dapat dikenali oleh mesin pencari.

Setelah dikenali oleh mesin pencari, maka peringkat website tersebut dapat meningkat sehingga direkomendasikan dan berada pada halaman pertama pencarian. Dengan demikian, ketika pengguna internet mencari informasi, maka website muncul sebagai rekomendasi.

Penerapan SEO dilakukan untuk meningkatkan peringkat website secara organik sehingga hasil didapatkan bertahan lama. Oleh sebab itu, penerapannya menggunakan strategi khusus, mulai dari penentuan keyword, pembuatan konten, dan lain sebagainya. 

Ketahui Manfaat Menggunakan Jasa SEO 

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu strategi yang diterapkan pada sebuah website. Penerapan strategi ini bertujuan agar website atau situs web bisa bertengger di posisi teratas pencarian Google.

Karena mesin pencari seperti Google hanya merekomendasikan konten relevan dengan pencarian, maka sebuah website harus menerapkan strategi SEO sehingga kontennya dapat relevan dengan algoritma mesin pencari dan kebutuhan audiens.

Bagi pemilik situs web, baik pribadi, organisasi, maupun perusahaan, secara umum SEO memberikan manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Adanya jasa SEO dengan penerapan strategi Search Engine Optimization akan membantu sebuah situs web bisa berada pada halaman pertama mesin pencari. Website berada di halaman pertama merupakan yang paling diminati oleh pengguna internet. 

Jika berhasil berada di posisi ini, maka sebuah situs web memiliki kesempatan dikunjungi lebih tinggi. Artinya, lebih banyak orang datang, mengenal, dan mengetahui mengenai situs tersebut.

2. Mendatangkan Trafik Organik

SEO akan mendatangkan pengunjung secara alami atau organik, sehingga perkembangan situs web terjadi secara normal. Selain itu, pengunjung yang datang sesuai target sehingga akan menguntungkan pemilih website tersebut.

3. Meningkatkan Peluang Konversi

Jasa SEO juga akan membantu meningkatkan peluang konversi. Sebagai contoh sebuah situs web perusahaan berhasil meningkatkan pengunjung laman setelah menerapkan SEO, maka pengunjung tersebut bisa jadi melakukan tindakan lanjutan.

Pengunjung mulanya hanya mencari informasi, kemudian melakukan pengisian formulir atau melakukan pembelian produk. 

4. Dapat Memberikan Return of Investment yang Lebih Baik

Return of Investment merupakan parameter untuk mengukur efisiensi/keuntungan sebuah investasi. Menggunakan jasa Search Engine Optimization juga merupakan investasi, karena ada biaya dikeluarkan.

Biaya dikeluarkan untuk penerapan Search Engine Optimization akan memberikan hasil sebanding. Jadi, dapat dikatakan sebagai investasi jangka panjang yang baik.

Bagaimana Jasa SEO Meningkatkan Posisi Sebuah Website?

Sebelum Anda menggunakan strategi Search Engine Optimization pada situs web yang dimiliki, harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya. Pahami bagaimana cara SEO bekerja dan penerapannya terhadap mesin pencari, misalnya Google.

Dalam meningkatkan peringkat sebuah situs web, SEO bekerja dengan alami, memanfaatkan keyword atau kata kunci yang dimasukkan pengguna pada mesin pencari. Hasil diberikan Google kepada pengguna disebut SERP atau search engine result page.

Agar website Anda muncul pada halaman SERP ini, maka diperlukan adanya strategi diterapkan oleh jasa SEO. Sebab SERP hanya akan memberikan hasil organik (menggunakan SEO) dan iklan bayar per klik (PPC) saja. 

Jika pemilik website tidak menggunakan iklan PPC, maka harus menerapkan SEO sehingga dapat muncul secara alami di halaman pertama pencarian.

Google sebagai mesin pencari selalu ingin memberikan hasil terbaik bagi penggunanya. Untuk menghasilkan SERP sesuai pencarian pengguna, digunakan bot atau robot otomatis sehingga dapat mengumpulkan data di halaman website dan memasukkannya ke indeks.

Algoritma akan menganalisis halaman dalam indeks, dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Kemudian menentukan urutan halaman situs web untuk muncul dalam hasil penelusuran. Proses ini disebut tahapan ranking.

Setelah pengurutan selesai, maka hasilnya bagus disuguhkan kepada pengguna. Agar situs web bisa mendapatkan rangking teratas, maka pemanfaatan jasa SEO sangat dibutuhkan.

Dalam penentuan ranking ini, mesin pencari akan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci atau frasa relevan. Ada 3 elemen kunci dalam algoritma digunakan mesin pencari, yaitu kata kunci, struktur situs, dan copywriting.

Elemen Inti dalam Penerapan SEO

 

Dalam penerapan Search Engine Optimization terdapat dua elemen inti yang membuat situs menjadi lebih ramah dan dapat dipercaya oleh pengguna serta mesin pencari. 

Kedua elemen inti ini adalah SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya digunakan untuk meningkatkan performa Search Engine Optimization pada laman website. 

Keduanya merupakan perpaduan untuk dapat mengoptimalkan sebuah situs web. Oleh sebab itu, keduanya harus dijalankan beriringan. Berikut penjelasannya:

1. SEO On-Page

Dalam pemanfaatan jasa SEO istilah SEO on-page berarti teknik optimasi dengan mengoptimalkan konten dan hal-hal teknis yang terdapat pada halaman situs web. Komponen-komponen yang dioptimalkan adalah:

  • Heading, yaitu judul pada konten yang dimasukkan pada halaman website. Bisa berupa judul utama, sub judul, atau sub-sub judul. Biasanya menggunakan struktur H1, H2, H3, dan seterusnya.
  • URL, yaitu alamat sebuah halaman situs web, pada halaman ini biasanya disematkan kata kunci relevan. Struktur URL harus dibuat rapi sesuai dengan kategori agar mudah bagi mesin pencari mengenalinya.
  • ALT Text untuk gambar, yaitu teks alternatif pada setiap gambar yang ada. Fungsinya agar ketika gambar tidak muncul, maka teks akan muncul sebagai alternatif.
  • Konten, yaitu konten atau artikel pada sebuah website, isinya harus informatif, bermanfaat, jelas, dan tidak membosankan. Semakin bagus dan informatis konten, maka peluang berada di peringkat teratas mesin pencari makin tinggi.
  • Internal link, yaitu link ditautkan pada konten/halaman lain di website yang sama. Linknya harus relevan dengan pembahasan di konten tersebut.
  • Page speed, yaitu komponen menandakan kecepatan sebuah halaman website ditampilkan secara utuh. 

2. SEO Off-Page

Kemudian dalam penerapan jasa SEO juga dikenal istilah SEO off-page yaitu teknik optimasi dengan cara mengoptimalkan website secara eksternal atau dari luar website. Komponen-komponen yang diperlukan, yaitu:

  • Backlink, yaitu tautan atau link yang mengarah ke website Anda dari website lain, media sosial, newsletter, dan lain sebagainya. Backlink harus berkualitas agar mendatangkan pengunjung ke halaman situs web.
  • Domain authority atau DA yaitu parameter untuk menilai kredibilitas sebuah situs web.
  • Promosi, yaitu tindakan untuk melakukan promosi website melalui berbagai channel. Misalnya menggunakan jasa iklan untuk meningkatkan traffic website.

Strategi Jasa SEO dalam Membuat Website Terdeteksi Mesin Pencari

Pada dasarnya proses optimasi SEO merupakan proses panjang dan berkelanjutan. Terutama karena sebuah website akan bersaing dengan website lain yang juga menggunakan SEO.

Oleh sebab itu, penggunaan Search Engine Optimization harus dilakukan terus menerus agar konten di dalamnya selalu dideteksi oleh mesin pencari Google. Dalam penerapannya, tahapan membuat strategi SEO adalah sebagai berikut:

1. Buat Konten Sesuai Kebutuhan Audiens

Tahapan pertama adalah membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna internet. Saat membuat konten harus memiliki mindset content-friendly, artinya membuat konten menarik yang mampu membantu menyelesaikan masalah.

Oleh sebab itu, tersedia jasa SEO yang membantu Anda membuat konten menarik dan sesuai kebutuhan pengguna. Sebab semua pengguna ketika melakukan pencarian di mesin pencari pasti ingin menemukan sesuai.

Dengan menyajikan konten yang sesuai dan mampu memberikan penyelesaian masalah pengguna, pasti akan dilirik oleh Google kemudian disarankan ke pengguna tersebut.

Bahkan Google sudah memberikan clue melalui People Also Ask sebagai rekomendasi mengenai apa yang sering dicari pengguna.

Jadi, konten yang dibuat harus menyangkut materi yang sesuai dan isinya menarik. Bisa ditambahkan gambar, infografis, atau tautan video.

2. Lakukan Riset Keyword

Jasa SEO menawarkan konten yang telah disertai keyword sesuai. Keyword atau kata kunci ini didapatkan melalui riset mendalam. Apa pentingnya riset keyword untuk sebuah konten, yaitu membantu konten masuk dalam pencarian Google.

Riset kata kunci akan membantu Anda menemukan tren yang ramai saat ini. Dengan demikian, bisa mengetahui topik apa paling diminati sehingga dapat membuat konten sesuai dengan topik tersebut. 

Ada beberapa indikator dalam melakukan riset keyword seperti volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, kata kunci disarankan, SERP, dan search intent. Pembahasan lebih lanjut pada poin berikutnya.

3. Gunakan Longtail Keyword

Masih berkaitan dengan riset keyword yang dilakukan saat memanfaatkan jasa SEO. Para SEO specialist biasanya melakukan riset pada dua jenis kata kunci, yaitu short tail keyword dan long tail keyword.

Untuk short tail keyword biasanya terdiri atas dua kata sedangkan long tail keyword terdiri atas tiga kata atau lebih. Lebih disarankan menggunakan long tail keyword sebab mempersempit volume pencarian sehingga lebih spesifik.

Mayoritas orang-orang lebih banyak melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang panjang. Bahkan trafik penggunaannya 70% lebih tinggi dibandingkan kata kunci pendek.

4. Tingkatkan Kecepatan Website

Tahapan selanjutnya yang dilakukan jasa SEO dalam optimasi sebuah website sehingga bisa berada di halaman utama pencarian Google adalah meningkatkan kecepatan website.

Salah satu hal yang membuat pengguna internet sebal saat mengakses sebuah situs adalah loadingnya lama alias lola. Hal ini bisa membuat pengguna meninggalkan halaman tersebut karena tidak sabar menunggu proses load page yang lama.

Selain pengguna, bagi mesin pencari kecepatan akses situs web juga menjadi parameter apakah website tersebut layak direkomendasikan atau tidak. 

Jadi, mau sebagus apapun konten yang dibuat, memiliki banyak backlink, dan memiliki visual ciamik, tetap tidak akan menarik apabila loading page lama. Pengunjung akan merasa tidak nyaman, bahkan beralih ke situs web lain dengan akses lebih cepat.

Pastikan kecepatan load page tidak lebih dari 3 detik sehingga pengguna internet merasa nyaman ketika berkunjung ke website Anda. Untuk bisa meningkatkan kecepatan load page, harus dilakukan tes kecepatan.

Patokan atau tolak ukurnya adalah apabila kecepatan load di bawah 1 detik, maka sebuah website dianggap sempurna. Apabila kecepatan load di antara 1-3 detik masuk kategori rata-rata.

Namun, jika kecepatan load di atas 7 detik dianggap sebagai website yang buruk. Bisa gunakan tools GTMetrix untuk mengetahui kecepatan akses sebuah situs web.

5. Optimasi Gambar

Membuat konten menarik merupakan hal penting, salah satu caranya dengan memasukkan gambar ke dalam konten. Jasa SEO specialist mengutamakan penggunaan gambar dalam artikel sehingga pembaca tidak mudah bosan.

Namun, penggunaan gambar juga bisa membuat loading page jadi lebih lama. 

Oleh sebab itu, pastikan menggunakan ukuran gambar yang sesuai. Pastikan menggunakan format gambar PNG atau JPEG, bisa juga menggunakan WEBP yang memiliki opsi paling bagus. 

Format WEBP minim kompresi, 26% lebih kecil dari format PNG dan 25-34% lebih kecil dibandingkan JPEG dengan tampilan gambar yang masih bagus serta enak dilihat.

Mengenal Riset Keyword yang Penting dalam Penerapan SEO

Dikatakan sebelumnya bahwa dalam melakukan riset keyword ada indikator yang perlu diperhatikan. Indikator-indikator ini akan membuat hasil riset didapatkan sesuai dengan kebutuhan dari website yang dikembangkan. Berikut adalah indikator dalam melakukan riset kata kunci yang harus diperhatikan:

1. Volume Pencarian

Dalam menggunakan jasa SEO dalam mengoptimasi sebuah website, pemilik tentu tidak lagi direpotkan dengan berbagai kegiatan optimasi, termasuk riset kata kunci. 

Akan tetapi, memahami mengenai bagaimana penerapan SEO dilakukan tetap penting. Misalnya kegiatan riset kata kunci dengan memperhatikan indikator volume pencarian. 

Volume pencarian kata kunci adalah berapa banyak sebuah kata kunci dicari pengguna di mesin pencari dalam kurun waktu tertentu. Jumlahnya bisa didapatkan dengan menggunakan keywords tools.

Melalui tools ini bisa dilihat seberapa banyak sebuah kata kunci dicari dalam waktu sebulan terakhir. Sebagai contoh, kata kunci XYZ menunjukkan volume 100.000, artinya sudah dicari di Google sebanyak 100.000 kali dalam sebulan.

2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci

Selanjutnya indikator yang dilihat saat jasa SEO saat melakukan riset kata kunci adalah tingkat kesulitan sebuah kata kunci atau keyword difficulty. Indikator ini akan menunjukkan seberapa sulit sebuah kata kunci muncul pada pencarian Google.

Dalam keyword tools terdapat skala 1-100 sebagai ukuran tingkat kesulitan kata kunci menembus pencarian. Semakin tinggi skalanya, maka makin sulit untuk berada di pencarian teratas.

Akan lebih baik apabila memilih kata kunci dengan skala kesulitan yang rendah. Sehingga lebih ramah terhadap mesin pencari dan lebih mudah ditemukan pengguna internet.

3. Saran Kata Kunci

Indikator ketiga yang dilihat oleh penyedia jasa SEO ketika melakukan riset keyword adalah keyword suggestion. Indikator ini berkaitan dengan kata kunci yang muncul dalam pencarian dan berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Sebagai contoh, melakukan riset untuk kata kunci “Makanan Enak”, kemudian muncul saran “Makanan Enak Manis”, “Makanan Enak Mudah Dibuat”, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, bisa menambah pertimbangan kata kunci yang akan digunakan dalam konten.

4. SERP

Indikator keempat yang dipertimbangkan oleh penyedia jasa SEO ketika melakukan riset kata kunci adalah SERP. SERP akan menampilkan situs mana saja yang berhasil mendapatkan posisi teratas ketika pengguna melakukan pencarian kata kunci.

Dengan melihat situs-situs yang muncul pada SERP bisa membuat tolak ukur mengenai kualitas konten atau artikel seperti apa bisa masuk pencarian utama. 

Dengan demikian, dapat membuat jenis artikel atau konten terstruktur sesuai kebutuhan pembaca. Bukan meniru, tapi menjadikannya sebagai referensi sehingga konten yang dibuat juga akan disukai oleh pembaca.

Kesimpulan

Penerapan Search Engine Optimization atau SEO merupakan hal penting bagi sebuah website, terutama untuk website baru. Dengan penerapan SEO sebuah situs web bisa menduduki posisi di halaman pertama pencarian Google dengan cara alami.

Sebab penerapannya memanfaatkan seluruh elemen dalam maupun luar website tersebut. Mulai dari pengaturan konten, penggunaan keyword, pengaturan URL, kualitas kecepatan akses, hingga backlink, diatur sebaik mungkin untuk mendatangkan pengunjung. 

Dengan menggunakan jasa SEO dalam mengoptimalkan sebuah situs web melalui tahapan-tahapan yang tepat, maka akan membuat bot Google memasukkan website tersebut ke dalam ranking rekomendasi sehingga bisa berada pada halaman SERP.

FAQ

1. Apa saja SEO strategi jitu dalam menaklukkan Google?

  • Membuat konten sesuai kebutuhan audiens
  • Riset keyword
  • Menggunakan long tail keyword
  • Meningkatkan kecepatan website
  • Optimasi gambar.

2. Apa saja manfaat yang didapatkan dari penerapan SEO pada sebuah situs web?

  • Meningkatkan visibilitas
  • Mendatangkan trafik organik
  • Meningkatkan peluang konversi
  • Memberikan return of investment atau ROI yang lebih baik.

3. Elemen inti apa saja yang digunakan dalam penerapan oleh Jasa SEO?

Ada dua elemen inti yang digunakan dalam penerapan SEO yaitu SEO on-page terdiri atas heading, URL, ALT Text, Konten, Internal link, serta page speed. Selain itu, ada SEO off-page yang terdiri atas backlink, domain authority, dan promosi.