Sponsored

Apa yang Dimaksud dengan Colocation Server?

Bagikan Artikel Ini:

Colocation server merupakan sebuah pilihan hosting yang disarankan untuk pengusaha kecil. Namun, memang yang ingin mendapatkan fitur-fitur secara gratis dari departemen TI. Untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya akan menggunakan tim TI yang sudah profesional. Fungsinya sebagai pengelola dan perencanaan situs web milik perusahaan. Karena, memiliki bermacam-macam cara agar bisa menjalankan situs webnya.

Server ini nantinya akan memakai berbagai bandwidth untuk menyimpan severmu pada rak milik orang lain. Meski harganya memang lebih terjangkau atau ekonomis dibandingkan dengan web hosting, tetapi untuk jumlah bandwidth-nya sebanding. Memiliki dua cara untuk menggunakan server ini. Pertama, cara menggunakannya yaitu dengan kamu mencari ke lokasi di mana server ini berada lalu menginstalnya langsung dari rak tersebut. Kedua, melakukan sewa untuk mendapatkan servernya.
 

Keuntungan Menggunakan Colocation Server

 
Saat menggunakan salah satu jenis server, tentu saja yang kamu pikirkan adalah apa keuntungan saat kamu memilih untuk memakai server tersebut. Benar, kan? Maka dari itu, yang harus kamu ketahui adalah keuntungan-keuntungan yang akan kamu terima saat memakai server ini. Di antaranya:

Pertama, dari segi biaya, dengan kamu menggunakan server ini dan mengeluarkan biaya setara dengan harga standar dari web hosting biasa, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas dengan kecepatan bandwidth yang tinggi. Jadi, tentu kamu akan lebih menghemat biaya jika memakai server ini. Sisa anggaran yang kamu miliki bisa digunakan untuk hal lain yang bisa memajukan usahamu. Bahkan kamu dapat menyimpan data dalam jumlah yang banyak sekaligus hanya dengan mengeluarkan biaya standar.

Kedua, memiliki fasilitas untuk pemadaman yang terbilang baik. Karena, jika hanya disediakan fasilitas generator cadangan saja, belum bisa memaksimalkan dalam penjagaan server. Maka, saat terjadi pemadaman, situs-situs web akan diturunkan. Yang akan membayar fasilitas seperti pembangkit listrik serta listrik cadangan agar server akan bisa dilindungi adalah penyedia colocation server itu sendiri.

Ketiga, saat menggunakan server ini, kamu sebagai klien tidak perlu bergantung pada setiap penyedia hosting jika ingin menginstal software yang kamu inginkan atau perlukan. Karena, kamu bisa menginstalnya sendiri. Namun, apabila kamu memang memutuskan untuk memakai Coldfusion atau ASP, maka yang harus kamu lakukan adalah membeli perangkatnya terlebih dahulu baru kemudian menginstalnya.
 

Kekurangan

 
Saat sebuah server memiliki banyak keuntungan, jangan heran jika memiliki kekurangan juga. Maka dari itu, sebelum benar-benar menggunakan server ini, kamu tidak hanya harus mencari keuntungan yang akan didapatkan melainkan juga mengetahui kekurangan yang akan kamu terima. Hal ini agar kamu bisa mempersiapkan diri mengenai hal yang tidak akan kamu dapatkan.

Pertama, colocation server sangat sulit untuk ditemukan, kamu tidak akan dengan mudah mendapatkannya. Padahal, kamu harus mendapatkan lokasi server ini dekat dengan lokasi perusahaanmu. Fungsinya adalah agar dalam pengelolaan dan penjagaan server menjadi lebih mudah. Kecuali jika memang kamu berada di kota-kota besar, maka pilihan server ini tentu lebih banyak dan jangkauannya pun lebih luas.

Kedua, harga bisa saja lebih mahal dibandingkan dengan memakai web hosting. Hal ini akan berlaku ketika kamu memilih untuk menggunakan server, tetapi menjaga dan mengelolanya sendiri. Karena ketika kamu melakukan semuanya sendiri, maka kamu pun harus siap membeli peralatan yang dibutuhkan sendiri, dan untuk biaya pembelian peralatannya, sudah pasti tidak masuk dalam kategori yang ekonomis.
Bagi kamu yang memang ingin mencari colocation server, kamu bisa mengunjungi nexdatacenter.com. Di sana, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai penyewaan server dan lain sebagainya.
 
Baca Juga : Platform Layanan SehatQ
 
 

Apa yang Dimaksud dengan Colocation Server?

Colocation server merupakan sebuah pilihan hosting yang disarankan untuk pengusaha kecil. Namun, memang yang ingin mendapatkan fitur-fitur secara gratis dari departemen TI. Untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya akan menggunakan tim TI yang sudah profesional. Fungsinya sebagai pengelola dan perencanaan situs web milik perusahaan. Karena, memiliki bermacam-macam cara agar bisa menjalankan situs webnya.

Sebutkan Keuntungan Menggunakan Colocation Server!

Pertama, dari segi biaya, dengan kamu menggunakan server ini dan mengeluarkan biaya setara dengan harga standar dari web hosting biasa, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas dengan kecepatan bandwidth yang tinggi. Jadi, tentu kamu akan lebih menghemat biaya jika memakai server ini. Sisa anggaran yang kamu miliki bisa digunakan untuk hal lain yang bisa memajukan usahamu. Bahkan kamu dapat menyimpan data dalam jumlah yang banyak sekaligus hanya dengan mengeluarkan biaya standar. Kedua, memiliki fasilitas untuk pemadaman yang terbilang baik. Karena, jika hanya disediakan fasilitas generator cadangan saja, belum bisa memaksimalkan dalam penjagaan server. Maka, saat terjadi pemadaman, situs-situs web akan diturunkan. Yang akan membayar fasilitas seperti pembangkit listrik serta listrik cadangan agar server akan bisa dilindungi adalah penyedia colocation server itu sendiri. Ketiga, saat menggunakan server ini, kamu sebagai klien tidak perlu bergantung pada setiap penyedia hosting jika ingin menginstal software yang kamu inginkan atau perlukan. Karena, kamu bisa menginstalnya sendiri. Namun, apabila kamu memang memutuskan untuk memakai Coldfusion atau ASP, maka yang harus kamu lakukan adalah membeli perangkatnya terlebih dahulu baru kemudian menginstalnya.

Sebutkan kekurangan Menggunakan Colocation Server!

kekurangan Menggunakan Colocation Server,yaitu : Pertama, colocation server sangat sulit untuk ditemukan, kamu tidak akan dengan mudah mendapatkannya. Padahal, kamu harus mendapatkan lokasi server ini dekat dengan lokasi perusahaanmu. Fungsinya adalah agar dalam pengelolaan dan penjagaan server menjadi lebih mudah. Kecuali jika memang kamu berada di kota-kota besar, maka pilihan server ini tentu lebih banyak dan jangkauannya pun lebih luas. Kedua, harga bisa saja lebih mahal dibandingkan dengan memakai web hosting. Hal ini akan berlaku ketika kamu memilih untuk menggunakan server, tetapi menjaga dan mengelolanya sendiri. Karena ketika kamu melakukan semuanya sendiri, maka kamu pun harus siap membeli peralatan yang dibutuhkan sendiri, dan untuk biaya pembelian peralatannya, sudah pasti tidak masuk dalam kategori yang ekonomis.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close