Kuliner

10 Tempat Makan di Malang yang Enak dan Legendaris

Bagikan Artikel Ini:

Malang merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi kebanyakan orang untuk berlibur, selain banyak menyuguhkan tempat wisata yang menarik malang juga mempunyai sajian kuliner yang khas yang bisa membuat lidah para pecinta kuliner bergoyang.

 

Tidak susah menemukan tempat makanan enak di malang karena jumlahnya yang banyak serta sangat beragam jenis  kulinernya dari mulai bakso, rawon, soto dan masih banyak lagi. Dari banyaknya tempat makan di malang terdapat makanan Legendaris yang bahkan sudah ada sejak masa penjajahan belanda. Nah berikut tempat makan legendaris di malang yang sudah di rangkum dari berbagai sumber:

 

DAFTAR TEMPAT MAKAN DI MALANG YANG ENAK DAN LEGENDARIS

 

  1. BAKSO PRESIDENT

 

Bakso President
Sumber : https://arifsetiawan.com/

 

Sudah Berdiri sejak tahun 1977 Abah Sugito Selaku Pendiri awalnya mengawali usahnya sebagai penjual bakso pikul keliling, kini Bakso President menjadi salah satu tempat makan terpopuler yang ada di kota malang. Mengapa dinamakan Bakso President ? Apakah para presiden sering makan disini ? Nama Bakso President sendiri di karenakan lokasi warungnya yang berada di belakang Bioskop President yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan

 

Beralamatkan di  Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111 buka mulai pukul 08.00 hingga 21.30 WIB dan lokasinya tepat di sebelah rel kereta api bakso president memberikan sensasi makan yang menarik.

 

Di samping itu Bakso President menawarkan banyak menu makanan diantaranya : Bakso Biasa, Bakso Urat, Bakso Telor, Bakso Bakar, Bakso Goreng, Bakso Udang, siomay, ati ampela, tahu, lontong,dan mie hargaya pun berfariatif mulai 7000 hingga 20000 anda juga bisa memesan Bakso Campuran harganya tergantung jenis bakso apa saja yang anda pilih.

 

  1. DEPOT HTS LAWANG MALANG

 

onde onde hts malang
Sumber : https://graphixto.com/

 

Bagi anda yang ingin menikmati jajanan murah meriah di malang tidak salahnya anda mengunjungi Depot HTS  yang terletak di Jl. DR. Wahidin No.123, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur yang buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Depot yang sudah berdiri sejak 1927 ini merupakan tempat persinggahan favorit bagi para pelancong yang melakukan perjalanan keluar kota Malang kea arah Pasuruan, Sidoarjo maupun Surabaya.

 

Makanan yang terkenal di depot HTS ini adalah onde onde dan rawon merahnya selain itu masih banyak lagi menu menu yang tak kalah menggugah selera para pengunjung seperti nasi goring jawa, sop buntut, gule , rawon hitam, pecel, semur dan lain sebagainya.Untuk onde ondenya sendiri memiliki tekstur kencal dan mempunyai beberapa varaian isian seperti kacang hijau, kacang merah dan isi kelapa.

 

  1. WARUNG LAMA HAJI RIDWAN

 

warung lama haji ridwan
Sumber : https://jatimtimes.com/

 

Kuliner malang legendaris lainnya yaitu Warung Lama Haji Ridwan. Tempat ini sudah sangat popular berkat citarasanya yang lezat dan khas di kalangan masyarakat  bahkan sejak zaman penjajahan belanda. Di tempat makan ini anda dapat menikmati sajian masakan jawa kuno yang sudah ada sejak dulu serta memiliki cita rasa khas yang masih sama.

 

Beberapa menu yang patut anda coba adalah : rawon, gule sapi, kare ayam kampong, krengsengan sapi, ayam bumbu rujak, sate usus, sate daging, empal, babat, otak dan masih banyak menu lainnya. Warung Lama Haji Ridwan sendiri berlokasi di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur dan mulai buka pukul 08.00 – 16.00 WIB.

 

  1. SOTO DAGING RAHAYU

 

warung soto daging rahayu
https://www.sumeneptimes.com/

 

Bagi anda pecinta soto yang sedang berwisata ke kota malang, anda wajib mampir ke warung soto daging rahayu terletak di Gg. 7, Mergosono, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB, meskipun warungnya terlihat sangat sederhana tapi untuk cita rasa tidak kalah dengan rumah makan besar bahkan bisa dibilang lebih nikmat.

 

Siapa sangka warung yang terlihat sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1928, ciri khas soto ini sendiri ada pada penyedapnya. Biasanya soto lain menggunakan krupuk udang sebagai koyanya untuk soto daging rahayu menggunakan bahan dasar kelapa

 

  1. RUMAH MAKAN CAIRO

 

sate daging kambing
Sumber : https://travelingyuk.com/

 

Rumah makan ini menyajikan masakan khas dari timur tengah beralamatkan di Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Makanan yang terkenal di rumah makan ini adalah sate kambingnya  tak heran banyak wisatawan dari berbagai kota yang menyempatkan waktunya untuk dating ke Rumah Makan Cairo.

 

Sejak awal berdiri yaitu 1928, rumah makan ini menjadikan daging kambing bahan utamanya, olahan dagingnya sendiri memiliki tekstur yang lembut dan tidak memiliki bau khas kambing serta irisan dagingnya cukup besar sehingga cocok dijadikan tempat makan siang serta dijadikan tempat makan bersama keluarga.

 

  1. RAWON BRINTIK

 

rawon brintik
Sumber : https://gpswisataindonesia.wordpress.com/

 

Rawon adalah masakan khas jawa timur yang berupa sup daging sapi dan memiliki kuah hitam karena berasal dari  kluwek. Salah satu tempat makan di malang  yang terkenal dengan rawonnya adalah Rawon Brintik. Nama Brintik sendiri berasal dari istri sang pendiri yang memilki rambut kriting atau dalam bahasa jawanya brintik beralamatkan di Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur  dan buka mulai pukul 05.00 – 16.00 WIB.

 

Rawon Brintik sendiri sudah berdiri pada tahun 1942 dagingnya memiliki tekstur yang sangat lembut serta dalam penyajiannya rawon dan nasi di campurkan dalam 1 piring seperti ciri khas rawon di Malang pada umumnya

 

  1. SOTO GEPRAK MBAH DJO

 

soto geprak mbah djo
Sumber : https://www.cindenian.com/

 

Soto Geprak Mbah Djo  adalah salah satu tempat makan murah dan terkenal di kota Malang. Cita rasa serta kualitas masakan benar benar lain dibandingkan  dengan soto pada umumnya karena menggunakan cara pengolahan serta resep rahasia sejak tahun 1935. Selain soto anda juga dapat menemukan menu menarik lainnya seperti bakso, pecel, ayam , bebek, rawon dan masih banyak lagi.

 

Cara pengolahannya pun terbilang unik dalam pemotongan dagingnya tidak lah di potong melainkan dengan cara menumbuk daging hingga halus sehingga serat daging terpisah dengan sendirinya. Untuk menjamin dari segi kebersihan, kesehatan, dan efektifitasnya, maka untuk saat ini sudah menggunakan mesin modern penumbuk daging lokasi soto geprak mbah djo terletak di Jl. Letjend S. Parman No.77-79, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

 

  1. PECEL KAWI

 

pecel kawi
Sumber : https://arifsetiawan.com/

 

Pecel kawi adalah salah satu makan tradisional legendaris yang ada di kota malang  beralamatkan di Jl. Kawi Atas No.46, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur , kualitas rasa khas Pecel Kawi sudah diwariskan secara turun menurun. Bumbu pecelnya terasa enak dan sangat gurih, selain pecel juga terdapat menu lainnya seperti : Rawon, Soto, Lodeh dan masih banyak lagi. Bila anda sedang mencari dimana sarapan enak di Malang ? Maka langsung saja anda dating ke Warung Pecel Kawi yang mulai pukul 05.30 – 21.00 WIB.

 

  1. PUTU LANANG CELAKET

 

putu lanang celaket
Sumber : https://www.goodindonesianfood.com/

 

Selain onde onde HTS masih ada satu lagi jajanan pasar enak khas malang lainnya yang sangat di sayangkan untuk dilewatkan begitu saja yaitu Putu Lanang Celaket.  Di tempat ini anda dapat memilih aneka macam jajanan seperti putu, cenil, lupis, klepon,  dan sejenisnya yang disajikan di atas daun pisang yang diguyur air gula merah kental dan ditaburi parutan kelapa.

 

Putu Lanang Celaket  terletak di ujung sebuah gang, Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT.03, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur muali buka pada pukul 17.30 – 22.00 WIB. Usaha ini  sudah dirintis sejak 1935 di Kawasan Celaket ini banyak diburu pecinta jajanan tradisional  Jawa di Kota Malang.

 

  1. WARUNG RUJAK CINGUR BU DHE RUK

 

rujak cingur bu dhe ruk
Sumber : http://www.aremafood.com/

 

Warung Rujak Cingur Bu dhe Ruk bisa dikatakan inilah warung rujak cingur tertua yang masih ada di Kepanjen. Warung ini sudah berdiri sejak 1960 dan terletak di Jl. Suruji No.8, Kepanjen, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163 dan mulai buka pada pukul 11.00 – 15.00 WIB. Saking terkenalnya Warung Rujak Bu dhe Ruk sampai sampai gang sempit ini pun di beri nama gang rujak .

 

 

Sumber Referensi : https://www.anekawisata.com/tempat-wisata-kuliner-di-malang-yang-enak-dan-murah.html

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close