Lifestyle

Jual Saffron Dengan Kualitas Premium No. 1

Bagikan Artikel Ini:

Saffron merupakan rempah-rempah yang kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki aroma yang sangat kuat. Rempah yang satu ini ternyata berasal dari putik bunga Crocus Sativus.

Saffron tumbuh di Iran, Kashmir, Spanyol, India, Yunani, dan beberapa daerah saja. Jumlah stoknya yang terbatas menjadi salah satu alasan kenapa Saffron ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Bahkan Saffron ini menjadi rempah yang paling mahal di dunia.


 

Manfaat Saffron

Dibalik harganya yang sangat mahal tentu saja ada berbagai manfaat di dalamnya. Dilansir dari HealthLine, berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

  • Melawan Radikal bebas

Dalam sejumlah studi menyebutkan kalau Saffron ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini bisa membantu tubuh untuk melawan stres oksidatif serta radikal bebas.

Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan stress oksidatif ini merupakan penyebab untuk berbagai masalah kesehatan tubuh. Misalnya adalah penyakit kanker dan penyakit jantung.

Jenis antioksidan yang terdapat pada rempah Saffron ini adalah Crocetin, Kaemferol, Safranal, dan Crocin. Semua antioksidan ini dipercaya bisa melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.

  • Meningkatkan Mood

Saffron juga dikenal sebagai rempah sinar matahari. Dalam sebuah studi menyatakan bahwa jika mengkonsumsi 30 mg Saffron setiap hari, maka sama saja seperti mengkonsumsi obat konvensional untuk depresi seperti Fluoxetin, Citalopram, dan Imipramine.

Ternyata mengkonsumsi Saffron dengan dosis di atas sama efektifnya seperti mengkonsumsi ketiga obat depresi di atas. Pada bunga Saffron akan terlihat benang. Benang tersebut ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi depresi ringan.

Tapi masih perlu dilakukan lebih banyak lagi penelitian untuk menguatkan argumen di atas.

  • Mengurangi Gejala PMS

Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan gejala yang menggambarkan gejala fisik, emosi, dan psikologis seorang wanita. Gejala ini akan terjadi sebelum dimulainya manstrubasi. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa Saffron ini bisa membantu mengobati gejala PMS.

Wanita berusia 20 sampai 45 tahun sangat efektif untuk mengkonsumsi 30 mg Saffron. Bahkan lebih efektif jika dibandingkan dengan plasebo untuk mengobati gejala PMS seperti nyeri, mual, sakit kepala, dan iritabilitas.

Mencium Saffron selama 20 detik juga bisa mengurangi gejala PMS lainnya seperti kecemasan. Bahkan bisa mengurangi kadar hormon stres kortisol. Sehingga rempah ini juga bisa diolah lebih lanjut untuk dijadikan Aromatherapy Oil.

  • Mengurangi Nafsu Makan

Salah satu kebiasaan yang bisa meningkatkan berat badan adalah ngemil. Ini adalah sudah kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, bahkan bisa menemani seseorang ketika bekerja atau belajar. Tanpa disadari berat badan mereka akan bertambah.

Mengkonsumsi Saffron ternyata bisa membantu seseorang untuk mencegah ngemil dan mengurangi nafsu makan. Jadi, buat Anda yang ingin menurunkan berat badan, Saffron adalah pilihan yang tepat digunakan.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker

Saffron kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu sel tubuh dalam menetralisir radikal bebas. Radikal bebas ini adalah pemicu penyakit kronis yaitu Kanker.

Sifat antioksidan pada Saffron ini juga bisa menurunkan kandungan kolesterol darah, mencegah terjadinya sumbatan dalam pembuluh darah dan arteri.

  • Meningkatkan Penglihatan

Orang dewasa biasanya memiliki masalah penglihatan kabur yang disebut dengan degenerasi makula terkait usia (AMD). Mengkonsumsi bunga Saffron ternyata bisa meningkatkan penglihatan mata dan melindunginya dari kerusakan radikal bebas yang berkaitan dengan AMD.

  • Mencegah Gangguan pada Sistem Saraf

Antioksidan yang terkandung pada Saffron juga bisa melindungi tubuh dari gangguan sistem saraf. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu menyebutkan jika senyawa Crocin pada Saffron bisa mengurangi kerusakan dan peradangan oksidatif di otak.

Saffron juga bisa meringankan gejala penyakit Alzheimer karena bisa meningkatkan daya ingat, bahkan mengatasi peradangan di otak. Penderita Alzheimer ringan bisa mengkonsumsi Saffron selama 22 minggu, maka akan mengalami peningkatan kognitif seperti halnya mengkonsumsi obat donepezil.

  • Meningkatkan Libido

Saffron juga bisa meningkatkan gairah seks dan fungsi seksual pada wanita dan pria. Rempah ini memiliki efek yang positif dalam mengatasi disfungsi ereksi ataupun masalah dorongan seks. Bahkan bunga ini juga sangat bermanfaat untuk wanita yang mengalami disfungsi seksual akibat efek samping obat antidepresan.

Cara Mengkonsumsi Saffron


 
Cara mengkonsumsi Saffron terbilang sangat mudah dan praktis. Caranya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Ambil 3-5 helai Saffron dan campurkan dengan 500 ml – 1 liter Air hangat.
  • Jika digunakan untuk proses penyembuhan, Anda hanya membutuhkan 7-9 helai Saffron dan mencampurkannya dengan 1 liter air. Minum dengan aturan pakai 3-4 kali sehari selama 1 minggu.
  • Kemudian tunggu campuran tersebut selama 30 menit sampai berwarna kuning keemasan. Setelah itu ramuan Saffron siap dikonsumsi, bahkan helai Saffron juga aman untuk ditelan.
  • Sangat dianjurkan untuk diseduh dengan air hangat, bukan air panas. Karena air panas akan menghilangkan kandungan nutrisi pada Saffron, sehingga khasiatnya tidak akan begitu maksimal.

 

Perbedaan Saffron Asli dan Palsu

 

Melawan Radikal bebas

Dalam sejumlah studi menyebutkan kalau Saffron ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini bisa membantu tubuh untuk melawan stres oksidatif serta radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan stress oksidatif ini merupakan penyebab untuk berbagai masalah kesehatan tubuh. Misalnya adalah penyakit kanker dan penyakit jantung. Jenis antioksidan yang terdapat pada rempah Saffron ini adalah Crocetin, Kaemferol, Safranal, dan Crocin. Semua antioksidan ini dipercaya bisa melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.
 

• Meningkatkan Mood

Saffron juga dikenal sebagai rempah sinar matahari. Dalam sebuah studi menyatakan bahwa jika mengkonsumsi 30 mg Saffron setiap hari, maka sama saja seperti mengkonsumsi obat konvensional untuk depresi seperti Fluoxetin, Citalopram, dan Imipramine. Ternyata mengkonsumsi Saffron dengan dosis di atas sama efektifnya seperti mengkonsumsi ketiga obat depresi di atas. Pada bunga Saffron akan terlihat benang. Benang tersebut ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi depresi ringan. Tapi masih perlu dilakukan lebih banyak lagi penelitian untuk menguatkan argumen di atas.
 

• Mengurangi Gejala PMS

Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan gejala yang menggambarkan gejala fisik, emosi, dan psikologis seorang wanita. Gejala ini akan terjadi sebelum dimulainya manstrubasi. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa Saffron ini bisa membantu mengobati gejala PMS. Wanita berusia 20 sampai 45 tahun sangat efektif untuk mengkonsumsi 30 mg Saffron. Bahkan lebih efektif jika dibandingkan dengan plasebo untuk mengobati gejala PMS seperti nyeri, mual, sakit kepala, dan iritabilitas. Mencium Saffron selama 20 detik juga bisa mengurangi gejala PMS lainnya seperti kecemasan. Bahkan bisa mengurangi kadar hormon stres kortisol. Sehingga rempah ini juga bisa diolah lebih lanjut untuk dijadikan Aromatherapy Oil.
 

Mengurangi Nafsu Makan

Salah satu kebiasaan yang bisa meningkatkan berat badan adalah ngemil. Ini adalah sudah kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, bahkan bisa menemani seseorang ketika bekerja atau belajar. Tanpa disadari berat badan mereka akan bertambah. Mengkonsumsi Saffron ternyata bisa membantu seseorang untuk mencegah ngemil dan mengurangi nafsu makan. Jadi, buat Anda yang ingin menurunkan berat badan, Saffron adalah pilihan yang tepat digunakan.
 

• Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker

Saffron kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu sel tubuh dalam menetralisir radikal bebas. Radikal bebas ini adalah pemicu penyakit kronis yaitu Kanker. Sifat antioksidan pada Saffron ini juga bisa menurunkan kandungan kolesterol darah, mencegah terjadinya sumbatan dalam pembuluh darah dan arteri. • Meningkatkan Penglihatan Orang dewasa biasanya memiliki masalah penglihatan kabur yang disebut dengan degenerasi makula terkait usia (AMD). Mengkonsumsi bunga Saffron ternyata bisa meningkatkan penglihatan mata dan melindunginya dari kerusakan radikal bebas yang berkaitan dengan AMD.
 

• Mencegah Gangguan pada Sistem Saraf

Antioksidan yang terkandung pada Saffron juga bisa melindungi tubuh dari gangguan sistem saraf. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu menyebutkan jika senyawa Crocin pada Saffron bisa mengurangi kerusakan dan peradangan oksidatif di otak. Saffron juga bisa meringankan gejala penyakit Alzheimer karena bisa meningkatkan daya ingat, bahkan mengatasi peradangan di otak. Penderita Alzheimer ringan bisa mengkonsumsi Saffron selama 22 minggu, maka akan mengalami peningkatan kognitif seperti halnya mengkonsumsi obat donepezil.
 

• Meningkatkan Libido

Saffron juga bisa meningkatkan gairah seks dan fungsi seksual pada wanita dan pria. Rempah ini memiliki efek yang positif dalam mengatasi disfungsi ereksi ataupun masalah dorongan seks. Bahkan bunga ini juga sangat bermanfaat untuk wanita yang mengalami disfungsi seksual akibat efek samping obat antidepresan.

Baca Juga: Tahukah Kamu Perbedaan Masker Bedah Dan Masker Respirator
 

Cara Menentukan Kualitas Saffron

...

Terdapat tiga produsen Saffron terbesar di dunia yaitu Afghanistan, India, dan Iran. Sementara negara lain yang memperoduksinya dengan jumlah yang lebih sedikit adalah Selandia Baru, Inggris, Australia, Ajerbaizan, Spanyol, Italia, dan Yunani.

Saffron dari Kashmiri India dikenal memiliki benang sutra panjang dan bagian kepalanya lebih tebal serta berwarna lebih gelap.

Standar internasional yang dikhususkan untuk Saffron adalah ISO 3626-1: 2011. Jika sudah memiliki standar universal tersebut, maka Saffron tersebut sangat baik untuk digunakan.

Komponen yang diuji adalah Crocin untuk warna, Picrocorin untuk rasa, dan Safranal untuk aroma. Semuanya dilakukan dengan uji Photospecroscopy. Crocin biasanya dijadikan pertimbangan utama dibandingkan komponen yang lainnya karena bisa dipengaruhi oleh zat-zat lain.

Bubuk dan benang Saffron asli dinilai dari angka I sampai IV, dimana angka I adalah yang terbaik dan IV adalah yang paling rendah. Tingkat I memiliki kandungan Crocin > dari 190, tingkat II > 150, tingkat III >110 dan tingkat IV<110.
 

Jenis Saffron

Ada dua jenis Saffron yang tersedia di pasaran yaitu Saffron Attar dan Saffron Kashmir.

  • Saffron Iran

Saffron Attar dari Darjeeling Aroma sangat terkenal dengan aroma bunga sejak dulu. Saffron Attar ini berasal dari India dan bisa menghasilkan aroma yang lebih enak jika dicampur dengan Rose Attar.

Saffron Attar ini memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya menyehatkan jantung dan pikiran. Penggunaan jenis Saffron ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan mental dan jernih dan persepsi yang meningkat. Saffron Kashmir

Saffron Kashmir juga dikenal dengan putik bunga Saffron yang memiliki harga cukup menarik. Bagian yang diambilnya adalah kepala putik yang berwarna kuning. Kualitas Saffron Kashmir ini tak perlu dipertanyakan lagi karena memang diambil langsung dari Kashmir, India.

Kashmiri Saffron yang berkualitas juga harus memenuhi Grade 1 atau grade tertinggi yang berasal dari ISO 3632, the International Standard Set of Saffron. Saffron Kashmir ini terbilang cukup mahal karena produksi tahunannya dibatasi yaitu sekitar 2000-2500 kg yang kurang 1% dari total produksi di dunia.

Setelah dipanen, sebagian besar stok Saffron Kashmir akan dijual ke restoran-restoran Michelin di Dunia, kolektor pribadi, hingga penikmat rempah-rempah halus dan langka.

Saffron Kashmir bisa digunakan sebagai campuran pada masakan yang akan membuat rasa makanannya menjadi lebih berwarna dan kaya rasa. Selain itu Saffron ini juga bisa digunakan untuk suplemen yang diminum setiap hari.

Jika akan digunakan sebagai suplemen, ambil 5 helai Saffron dan masukkan ke dalam gelas yang di dalamnya sudah terdapat air. Kemudian diamkan semalam, dan minum di keesokan harinya. Konsumsi secara rutin selama sebulan, setelah 1-2 minggu berhenti dulu kemudian konsumsi lagi.

Saffron juga bisa diolah menjadi attar atau minyak wangi karena bisa menghasilkan aroma yang khas.

Kedua jenis Saffron di atas bisa didapatkan dari Darjeeling Aroma dengan harga yang cukup terjangkau.

Siapa Darjeeling Aroma ?

Darjeeling Aroma merupakan perusahaan yang menawarkan berbagai produk aromatherapy seperti Peppermint oil, Minyak Eucalyptus, Minyak Vetiver, Minyak Akar Wangi, Carrier Oil, Castor Oil, Minyak Jojoba dan Essential Oil Diffuser.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2017 dan produknya adalah 100% bahan alami serta teruji secara klinis.

Produknya sudah sesuai dengan standar internasional mulai dari Shea Butter, diffuser, hingga Saffron. Dalam penggunaan oleh wanita hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Meskipun terbuat dari bahan alami, tapi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara langsung.

Untuk pembeliannya bisa langsung melalui official website Darjeeling Aroma. Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email. Setelah itu Anda akan melakukan verifikasi data dan mengisi alamat rumah.

Jika sudah melakukan verifikasi, Anda tinggal memilih produk yang diinginkan. Sementara untuk pembayarannya bisa melalui ATM atau transfer bank. Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan bonus khusus dari Darjeeling Aroma untuk pembelian produk tertentu.

Produk Saffron bisa Anda dapatkan di Darjeeling Aroma dengan harga mulai dari Rp139 ribu. Ada tiga jenis Saffron yang tersedia yaitu Saffron Kashmir, dan Iran. Semua produk tersebut memiliki kualitas No I, sehingga sangat layak untuk Anda dapatkan.
 

Kesimpulan

Saffron merupakan rempah-rempah yang kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki aroma yang sangat kuat. Rempah yang satu ini ternyata berasal dari putik bunga Crocus Sativus.Dibalik harganya yang sangat mahal tentu saja ada berbagai manfaat di dalamnya. Dilansir dari HealthLine, berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Anda bisa langsung membeli di toko yang menjual saffron Anda pun juga bisa membeli melalui marketplace Darjeeling Aroma yang tersedia sehingga lebih praktis dan mudah.

Darjeeling-Peppermint-Essential-Oil-Aromatherapy

Darjeeling Aroma menawarkan essential oil, carrier oil, butter kosmetik, saffron, minyak wangi tradisional, dan kemenyan serta serpihan/potongan kayu gaharu 100% murni dan alami langsung dari sumbernya yang dijual dengan harga terjangkau agar dapat dimiliki oleh semua kalangan dan lulus uji lab semua batch produknya serta memastikan keberlanjutan/sustainaibility dan harga yang adil untuk para petani.

LOKASI DARJEELING SEMBRANI AROMA
Wisma Monex 9th Floor, Jl. Asia Afrika No 133-137 Bandung 40112
T +6222-73512031
P +6282299989320
E [email protected]

 

Apa itu Saffron?

Saffron merupakan rempah-rempah yang kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki aroma yang sangat kuat. Rempah yang satu ini ternyata berasal dari putik bunga Crocus Sativus.

Apa Manfaat Saffron?

Dibalik harganya yang sangat mahal tentu saja ada berbagai manfaat di dalamnya. Dilansir dari HealthLine, berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Bagaimana Membedakan Saffron Asli dan yang Palsu?

Cara untuk membedakan Saffron asli dan palsu tentu saja sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa membuktikannya langsung ketika menyeduhnya dengan air hangat. Saffron asli tidak akan langsung menguning ketika direndam dengan air. Warna kuningnya akan muncul secara perlahan dalam waktu beberapa menit. Jika Saffron langsung berubah menjadi warna kuning ketika direndam, maka tandanya palsu. Karena jika warnanya langsung menjadi warna kuning, berarti ada tambahan pewarna buatan. Jadi Anda bisa membuktikannya langsung setelah membeli untuk membedakan Saffron asli dan palsu.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close