Ekonomi

Per April 2017, Pertamina EP Cetak Laba Bersih US$192 Juta

Per April 2017, Pertamina EP Cetak Laba Bersih US$192 Juta

Pengeboran minyak

Jakarta – PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas, membukukan laba bersih sebesar US$ 192 juta atau setara Rp 2,59 triliun (kurs Rp 13.500) hingga akhir April 2017 atau sektiar 32% dari target laba bersih sepanjang 2017 sebesar US$ 596 juta.  Sedangkan pendapatan perusahaan hingga April tercatat US$ 802 juta atau 32% dari target tahun ini sebesar US$ 2,814 miliar.

“Kalau produksi tidak naik, kita harus makin giat efisiensi agar profit tetap bagus,” ujar Direktur Utama Pertamina EP Nanang Abdul Manaf lewat siaran pers, Sabtu (3/6) di Jakarta.

Menurut Nanang, efisiensi dilakukan terus. Biaya-biaya yang tidak langsung berhubungan dengan produksi dievaluasi. Tidak hanya itu, dari sisi operasional efisiensi dilakukan, salah satunya dengan melakukan renegosiasi kontrak dengan perusahaan jasa migas.

“Kami lakukan renegosiasi, biar sama-sama bangkit dari kondisi saat ini. Kegiatan itu kedepan akan terus dilakukan, biar profit terjaga karena produksi belum tercapai,” katanya.

Hingga 29 Mei 2017, produksi minyak Pertamina EP mencapai 85 ribu barel per hari atau sekitar 94% dan gas 969 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) atau 93% dari target sebesar 1.041 MMSCFD. Realisasi tersebut hampir mencapai target yang sudah dicanangkan, namun hasil beberapa pemboran di akhir 2016 belum menunjukkan hasil seperti proyeksi di awal.

“Kami masih mempunyai banyak potensi lain untuk dikembangkan dalam rangka mencapai target produksi nasional,” katanya.

Menurut Nanang, secara garis besar seluruh lapangan fluktuatif dengan kecenderungan stabil pada kisaran angka target produksi, saat ini yang sudah mencapai target adalah dari Pertamina EP Asset 4.

Untuk mencapai target produksi dan lifting sesuai dengan RKAP adalah dengan percepatan dan penambahan RK baik bor, workover maupun well intervention, serta peningkatan kualitas kandidat sumur maupun proses pelaksanaan pekerjaannya, kemudian melakukan percepatan proses PSE dan penyusunan POD sumur eksplorasi.

TAGS : Pertamina EP Hulu Migas Kementerian ESDM

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/17035/Per-April-2017-Pertamina-EP-Cetak-Laba-Bersih-US192-Juta/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz